Monday, May 24, 2010

Kumpulan Kerusakan Pada Ac Split Dan Solusi Memperbaikinya

Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada ac split adalah kebocoran freon, ini dapat ditandai dengan adanya salju pada bagian atas evaporator dan pipa instalasi yang berukuran 1/4 yang menyambung kebagian outdoor unit.
selain kebocoran freon masih ada lagi kerusakan-kerusakan yang lainnya.
mengapa ac split tidak mau dingin???

1. Check pada remote control, apa posisi operation mode berada pada posisi cool? bila tidak pada posisi cool, pindahkan pada posisi cool.

2. Check pada remote control, apa posisi pengaturan suhu terlalu tinggi?
bila terlalu tinggi, turunkan pada suhu yang terkecil.

3. Check outdoor unit, apakah dapat power supply dari indoor unit?
anda bisa lihat, apa fan motor outdoor unit berputar atau tidak?
bila tidak berputar berarti belum mendapatkan aliran listrik dari indoor unit.

4. Check pada outdoor unit, apa pipa ac split yang berukuran kecil mengeluarkan salju/es?
jika mengeluarkan salju/es berarti unit ac split ada kebocoran freon.
cari kebocoran, perbaiki dan isi freon kembali.

5. Check pada outdoor unit, ukur tekanan freon dengan manifold dan ukur amper compressor.
nilai amper compressor yang normal dapat anda lihat pada tabel spesifikasi disisi indoor unit.
tekanan freon yang normal, jika tidak terjadi kebocoran freon pd unit ac split, adalah 75 psi (jika compressor dapat beroperasi).
namun jika compressor tidak dapat beroperasi tekanan freon bila di ukur dengan manifold adalah 150 psi.
jika fan motor outdoor beroperasi, tetapi compressor tidak dapat start berarti ada kerusakan pada bagian compressor sbb:

-mekanik pada compressor rusak, ini dapat menyebabkan compressor macet/tidak dapat beroperasi.

- overload pada compressor rusak.

- running capasitor rusak.

- kabel-kabel yang menuju ke compressor terputus/terbakar.

- gulungan dinamo pada motor compressor sudah tidak bagus.
ini dapat ditandai dengan amper yang begitu tinggi/diatas batas normal jika diukur dengan clamp meter atau tang ampere.

6. ac split mati total???

solusinya adalah:
yang harus anda periksa pertama kali adalah, mcb yg berada pada box pembagian listrik.

-periksa apa ada mcb yang khusus buat power supply ac turun?
bila ada yang turun segera naikan kembali.

-periksa sikring yang ada pada steker dan komponen pcb ac anda.
bila putus ganti dengan sikring yang baru.

-periksa juga trafo power supply yang berada pada komponen pcb.
apakah berfungsi dengan baik?

bila mcb untuk power ac split sudah dinaikan.
sikring pada steker dan sikring yang ada pada komponen pcb sudah diganti dengan sikring yang baru.
lalu ac split kembali dioperasikan, tetapi tidak lama kemudian mcb turun lagi berarti:
ada korsleting pada ac split anda, biasanya yang korsleting ada pada bagian outdoor unit, yaitu compressor sudah contact body.
atau mcb yg anda gunakan untuk power supply ac split anda terlalu kecil nilai ampernya.

7. sewaktu ac split dioperasikan, lampu timer pada indoor unit berkedip-kedip.
-ini menandakan thermis yang ada pada komponen pcb rusak.
solusinya adalah:
ganti thermis dengan yang baru (thermis penempatannya ada dievaporator yang kabelnya berwarna hitam yang dihubungkan ke komponen pcb)
-Tekanan/freon didalam sistem berkurang
solusinya adalah:
Bila tekanan freon dalam sistem berkurang, berarti ada kebocoran dibagian indoor unit, instalasi pipa ac split atau pada outdoor unit.
cari kebocoran tersebut dengan menuangkan air yang dicampur dengan sabun detergen disetiap sambungan nepel antara indoor unit dengan instalasi pipa, sambungan nepel antara outdoor dengan instalasi pipa.
cari juga kebocoran pada bagian evaporator pada indoor unit dan disetiap sambungan pengelasan pada bagian outdoor unit.
bila letak kebocoran sudah ditemukan, perbaiki dengan cara mengencangkan mur nepel pada indoor atau outdoor unit, lakukan pengelasan pada evaporator dan sambungan pipa pada outdoor unit.
setelah diperbaiki lakukan vakum pada semua sistem dan isi freon kembali.
-compressor ac mengalami gangguan/macet, solusinya adalah:
periksa running capasitor apakah mengalami kerusakan?
periksa kabel-kabel yang menuju ke compressor, apakah terputus?
periksa overload yang berada diatas body compressor, apakah mengalami kerusakan?

8. ketika ac split dioperasikan dengan remote control, ac tidak mau start, tetapi bila bila dioperasikan dengan menekan tombol manual yang berada pada indoor unit, ac split mau start.

solusinya adalah:
cek sensor yang berada pada bagian komponen pcb ac split.
mungkin terkena air, keringkan sensor dengan cara mengelapnya.
periksa juga battery pada remote control mungkin sudah lemah.
cek juga remote controlnya mungkin rusak karena terjatuh.

9. ketika ac split dioperasikan, fan motor pada indoor berputar kencang lalu berhenti tidak beroperasi sama sekali.
ini menandakan kerusakan ada pada fan motor indoor, ganti fan motor indoor dengan yang baru.

10. ketika ac split dioperasikan, 15 menit kemudian air menetes dari bawah sisi indoor unit.(ac split dalam kondisi normal/dingin)
talang air/selang pembuangan air pada indoor unit sudah penuh dengan lumut, cuci ac split dengan mesin steam.
pada ac split yang menggunakan evaporator leter L, berarti mempunyai dua talang air yaitu diatas yang menyatu pada body indoor unit dan satunya berada dibawah yang bisa anda lepaskan dari indoor unit.
bila talang air yang dibagian bawah sudah dibersihkan tetapi talang yang atas tidak dibersihkan kebocoran air masih saja tetap terjadi.

11. ketika ac split dioperasikan, compressor pada outdoor unit mengalami overload/compressor tidak bekerja karena panasnya melebihi dari 150 derajat.
solusinya adalah:

-cek amper compressor dengan tang amper
-periksa overload apakah masih berfungsi dengan baik?
-periksa oli yang berada pada compressor, bila kurang oli tambahkan dengan oli compressor.
-ganti strainer dan pipa kapilernya yang mungkin sudah tersumbat.
-bersihkan outdoor unit apabila condenser tertutup oleh debu/kotoran.
-buka plat pembatas ruangan compressor, agar panas compressor dapat dibuang oleh fan motor outdoor unit.

12. ketika ac split dioperasikan dan sewaktu indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit, compressor berbunyi kencang dan ac split tidak mengeluarkan dingin.
solusinya adalah:

-cek running capasitor, bila rusak ganti dengan yang baru.
-bila running capasitor dalam kondisi baik, berarti compressor mengalami kemacetan pada mekanik compressornya dan anda harus mengganti compressor dengan yang baru apabila cara dibawah ini tidak berhasil memutar mekanik compressor.

tips mengatasi compressor macet

-pergunakan starting capasitor atau perbesar nilai micro pada running capasitor.
-balik putaran arah compressor dengan memindahkan kabel power yang berada pada running capasitor keposisi kaki running capasitor yg disebelahnya dan coba dlm beberapa detik, setelah itu kembalikan pada posisi semula.
-masukan tekanan freon pada pipa hisap/suction ketika compressor mulai start.
-pukul dengan martil pada bagian mekanik compressor.
-naikkan tegangan listrik untuk mencoba memutar mekanik compressor.


cara mengisi freon pada ac split

Pertama-tama yang harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan ac split.
setelah outdoor unit mendapatkan supply listrik dari indoor unit, buka nepel penutup pentil pengisian freon dengan kunci inggris.
lalu pasang selang berwarna biru yang berada pada manifold di pentil pengisian freon. 
setelah selang manifold berwarna biru terpasang, adakah tekanan freon? 
dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yang berwarna biru.

jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin atau ac split ada kebocoran.
cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yang diberi air sabun, bila tidak diperbaiki atau dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali.

bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yang harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan atau pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki atau dilas, sistim pendingin atau ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.

vakum yang baik harus mencapai 30", lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum???
tenang saja masih ada cara, yaitu dengan menggunakan compressor atau outdoor unit yang akan kita isi freonnya, caranya adalah sebagai berikut :

1. pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon (posisi kran ditabung freon dlm keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).

2. buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yang ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.

3. masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan (posisi klep nepel ditutup).

4. operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.

5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.

6. setelah tidak ada angin yang keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yang berada pada kran nepel 3/8 (posisi kran nepel terbuka penuh).

7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yang sudah masuk kedalam sistem pendingin atau ac split.
pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
buka kran manifold........ sebentar........ lalu tutup kembali, lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yang sudah masuk pada jarum penunjuk yang ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 yang berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yang ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.

bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac split menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin.
perhatikan juga amper compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas amper(current) yang dapat anda lihat pada sisi indoor unit.
video cara pengisian freon pada ac split


Alat Yg Dibutuhkan Dalam Pengisian Freon Ac Split

Cara pengisian pada ac split membutuhkan sebuah alat yaitu manifold, yang dapat anda lihat pada gambar disamping ini.
seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya manifold mempunyai 2 meter tekanan, satu berwarna biru yang berfungsi untuk mengukur tekanan rendah pada sistem pendingin.
dan satunya lagi berwarna merah yang berfungsi untuk mengukur tekanan tinggi pada sistem pendingin.

manifold mempunyai 3 selang penghubung yaitu:

1. selang berwarna biru yang berada dibawah meter warna biru dihubungkan atau dipasangkan pada drat pentil pengisian freon yang berada pada kran nepel 3/8 di outdoor unit.

2. selang berwarna kuning yang berada ditengah kedua meter biru dan merah dihubungkan atau dipasangkan pada tabung freon.

3. selang yang berwarna merah yang berada dibawah meter warna merah dihubungkan atau dipasangkan pada drat nepel 1/4 (kran tekan pada outdoor unit) ini hanya untuk, mengukur tekanan yang dihasilkan oleh compressor.
dalam hal ini kedua pipa instalasi ac split yang menuju ke indoor unit harus dilepaskan terlebih dahulu tanpa melepaskan kabel power yang berada pada outdoor unit.
lalu operasikan ac split, bila outdoor unit sudah mendapatkan supply listrik dari indoor unit pasang selang berwarna merah dengan kencang pada drat nepel 1/4 (kran nepel tekan/discharge) pada outdoor unit. 
perhatikan jarum pada meter berwarna merah,masihkah mampu menyentuh angka 500 psi?
bila jarum menunjukan ke angka 500 psi,berarti compressor berkondisi baik.


Panduan cara memasang AC split















Cara pemasangan ac split dapat anda lakukan bila tool/alat-alat kerja sudah anda miliki, seperti:
- kunci-kunci perkakas contoh obeng kembang, palu, kunci inggris dsb.
- flare nut yaitu sebuah alat untuk mengembangkan ujung pipa ac split.
- pemotong pipa, yang berfungsi untuk memotong pipa ac ac split.
- bor listrik.
- manifold.
- freon/regrigerant.

pemasangan ac split yang baru biasanya dilakukan oleh teknisi dari toko ac yang anda beli, tapi bila anda sudah menpunyai teknisi atau ingin pasang sendiri anda bisa membeli unit ac nya saja.


pertama-tama yang harus dilakukan dalam pemasangan ac split adalah melihat posisi dimana ac split akan dipasang dan kemana jalur pipa instalasi ac split harus ditempatkan, diatas plafon, ditanam didalam tembok atau melubangi tembok dengan cara memboboknya dengan sebuah pahat.

setelah menentukan posisi ac split yang cocok, buka dus yg berisi indoor unit yang didalamnya terdapat indoor unit, bracket indoor, kabel power supply untuk ke outdoor unit dan remote control.
dibelakang indoor unit terdapat bracket yang harus anda lepaskan, lalu pasang pada dinding dengan posisi yamg anda inginkan.
memasang bracket indoor dapat anda lakukan dengan memakunya dengan paku beton atau mengebornya bila ingin menggunakan fisher, posisikan bracket indoor dengan waterpas agar tidak miring kekanan dan kekiri agar air yang keluar dari indoor unit dapat dengan lancar keluarnya.

setelah bracket indoor terpasang, pada bagian mana drat nepel dari pipa indoor unit akan diposisikan?

bila pada bagian kanan bawah dari bracket indoor, anda harus membuat lubang atau membobok temboknya yang diameter bobokannya sesuai dengan selang pembuangan air dan pipa ac yang keluar dari indoor unit.


bila anda tidak ingin membobok tembok anda dapat mengeluarkan drat nepel yang keluar dari indoor melalui sisi kanan atau kiri dari indoor yang sudah disediakan.
setelah bracket indoor terpasang dan bobokannya sudah siap, pasang indoor unit pada bracket dan posisikan drat nepel keluar dari indoor unit pada lubang bobokan tembok.
setelah indoor terpasang pada bracket, dorong keatas dan tarik kebawah agar indoor terkunci dengan bracket.


biasanya bila anda membeli ac split yang merknya bukan changhong, anda tidak akan mendapatkan pipa ac split dan bracket outdoornya.

jadi anda harus membeli pipa ac split, tergantung berapa meter yang anda butuhkan untuk pemasangan ac split nya dan membeli bracket outdoor bila posisi untuk outdoor unit harus diletakan dibawah plafon atau digantung pada dinding tembok.
setelah pemasangan indoor telah selesai dilakukan, beralih ketahap pemasangan pipa instalasi ac split.
pipa instalasi ac split ini terbuat dari tembaga yang lentur dan mudah dibentuk dalam pelaksanaan pemasangannya.
tapi hati-hati jangan sampai ada instalasi pipa ac split yang tertekuk atau penyok, karena dapat menghambat sirkulasi freon yang dapat menyebabkan ac split tidak mau dingin atau bekerja dengan normal.


instalasi pipa ac split harus disesuaikan dengan kapasitas ac/pk nya, bila ac split anda 1 pk 0,75 pk atau 0,50 pk berarti harus menggunakan pipa instalasi ac split yang berukuran 1/4 dan 3/8.
semakin besar kapasitas ac split, semakin besar pula ukuran instalasi pipa ac split yang digunakan.

buka 2 buah mur nepel yang berada pada pipa di indoor unit dengan menggunakan 2 buah kunci inggris.
jangan kaget bila ada angin yang keluar saat anda melepaskan 2 buah nepel tersebut, yang keluar itu bukan freon tapi hanya angin.

setelah 2 buah nepel pada indoor unit anda lepaskan, masukan nepel 3/8 pada pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 lalu lihat pada ujung pipa instalasi ac split, apakah pada diameter pipanya terpotong dengan rata? bila tidak rata lakukan pemotongan dengan pemotong pipa.

setelah pipa ac split terpotong dengan rata, masukan pipa instalasi ac split pada lubang penjepit flare nut yang berukuran sama dengan pipa ac split yang akan kita flareng, ketinggian pipa yang keluar pada ujung bibir flareng kira-kira 0.2 cm.
setelah pipa instalasi ac berada tepat pada lubang penjepit flareng, pasang pemutar flareng dengan mata flareng yang berbentuk kerucut pada penjepit flareng, lalu putar sampai mengenai pipa instalasi ac split agar bisa mengembang.
lakukan hal yang sama pada pipa instalasi ac split yang berukuran 1/4.



setelah selesai melakukan pengembangan pada pipa instalasi ac split dengan flareng, pasang pipa instalasi ac split yang sudah dipasang nepel ke drat nepel pipa ac split yang keluar dari indoor unit dan sesuaikan.

ukuran pipa instalasi ac split 3/8 ke 3/8 pada drat nepel indoor unit dan ukuran pipa instalasi ac split 1/4 ke 1/4 pada drat nepel indoor unit.


kencangkan mur nepel kedua-duanya dengan menggunakan 2 buah kunci inggris agar tidak terjadi ruang kebocoran freon.

setelah dikencangkan mur nepelnya tutup dengan pembungkus pipa/hamaflex, kemudian lilitkan solasi untuk merapatkan pembungkus pipa agar tidak terjadi kondensasi.
setelah selesai melakukan pemasangan nepel pipa instalasi ac split pada drat nepel indoor unit, atur posisi instalasi pipa ac split agar kelihatan rapih.

selanjutnya pemasangan kabel power untuk supply listrik kebagian outdoor unit.

buka tutup indoor unit, kemudian lihat pada bagian komponen pcb yang terdapat terminal untuk pemasangan kabel power ke bagian outdoor unit biasanya disitu tertulis 1 dan 2 dan N L.
untuk kabelnya pergunakan sesuai ukuran pk ac split nya biasanya standart dari pabrik adalah ukuran 3 X 2.5 untuk ukuran ac split 1 pk.




masukan kabel untuk power outdoor unit melalui lubang bobokan pipa ac dan pasang kabel pada terminal yg berada dibagian bawah komponen pcb, kabel warna hitam pada terminal no 1, kabel warna biru pada terminal no 2, dan kabel warna kuning pada ground, kencangkan dengan menggunakan obeng kembang.

setelah selesai melakukan pemasangan kabel power untuk outdoor unit, kita ketahap pemasangan instalasi pipa ac split pada outdoor unit.
yang harus dilakukan pada tahap ini sama dengan apa yang dilakukan pada tahap pemasangan instalasi pipa ac split pada indoor unit.

untuk pemasangan kabel power outdoor unit, buka tutup power suplly outdoor unit yang berada diatas kran valve.
setelah selesai melakukan pemasangan instalasi pipa ac split dan pemasangan kabel power supply untuk outdoor unit, tahap berikutnya adalah pengecekan kebocoran diantara 4 buah kembang nepel yang baru kita buat, yaitu 2 kembang nepel pada indoor dan 2 kembang nepel pada outdoor.

caranya adalah sebagai berikut :
pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon, lalu pasang selang berwarna kuning pada mesin vakum.
lalu lakukan pemakuman agar tidak terdapat udara didalam evaporator dan pipa instalasi ac split.




vakum yang baik harus mencapai 30', bila telah selesai divakum jarum pada manifold bergerak keatas, berarti ada ruang kebocoran freon.
lakukan pemeriksaan kebocoran dengan kuas yang diberi air sabun pada kembang nepel yang berada pada indoor unit dan outdoor unit.

biasanya ruang kebocoran terjadi karena kembang nepel pecah dan mur nepel kendor/tidak dikencangkan, lakukan flereng ulang pada kembang nepel yang pecah atau kencangkan kembali mur nepel yang kendor.

bila jarum pada manifold tidak bergerak atau tetap pada angka 30' berarti tidak terdapat ruang kebocoran, lalu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan yg 3/8 dengan menggunakan kunci L , buka sampai kedua kran nepel terbuka penuh.
bila sudah membuka kran nepel tahap selanjutnya adalah menyambungkan aliran listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit.

ingat...kabel power suply yang berwarna coklat harus diposisi - atau api , agar sewaktu ac split tidak dioperasikan, dibagian outdoor unit tidak tersambung langsung dengan aliran listrik.
setelah penyambungan power suplly selesai, ac split siap untuk dioperasikan.

bila anda tidak mempunyai mesin vakum, pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan pasang selang yang berwarna kuning pada tabung freon.
buka mur nepel ukuran 1/4 pada outdoor unit lalu masukan tekanan freon agar freon dapat mendorong udara keluar melalui mur nepel 1/4 pada outdoor unit.
pada saat freon keluar, kencangkan kembali mur nepel 1/4 dan masukan tekanan freon kembali sampai mencapai 100 psi.

lihat dan perhatikan, bila jarum manifold turun dan tidak lagi menunjukan angka 100 psi, berarti ada ruang kebocoran pada 4 buah kembang nepel yang anda buat.
cari ruang kebocoran dengan menggunakan kuas yang diberi air sabun bila sudah menemukan ruang kebocoran segera diperbaiki.




tapi bila jarum pada manifold tetap menunjukan angka 100 psi, berarti instalasi pipa ac split tidak terdapat ruang kebocoran.
segera buang sisa tekanan freon yang berada pada instalasi pipa ac split, tapi jangan buang semuanya sisakan sampai 5-10 psi.

setelah itu buka mur penutup kran nepel 1/4 dan 3/8 lalu buka kedua kran valve dengan menggunakan kunci L sampai terbuka penuh dan pasang kembali mur penutup kran valve dengan kencang.

bila sudah membuka kran nepel, tahap selanjutnya adalah penyambungan aliran listrik pada kabel power supply yang berada di indoor unit.
dan bila sudah melakukan penyambungan listrik pada kabel power supply yang berada pada indoor unit barulah ac split anda telah siap untuk dioperasikan.


panduan cara memcuci mesin pendingin ac















Cara mencuci ac split dapat anda lakukan bila anda mempunyai sebuah mesin steam.
selain itu anda juga harus menyiapkan sebuah terpal yg berukuran panjang 3 meter dan lebar 1,5 meter.
terpal ini berfungsi untuk mengalirkan air kotor dari ac yg kita service ke sebuah bak/ember yg diletakan dibawah ujung terpal.
anda juga membutuhkan plastik ukuran panjang 1,5 meter dan lebar 30 cm untuk menutupi bagian atas indoor unit agar disaat anda mencuci ac split, tekanan air yg keluar dari mesin steam tidak membasahi plafon.


anda juga harus menutupi bagian komponen pcb dengan sebuah kantung plastik, agar air tidak mengenai komponen pcb.
bila air mengenai komponen pcb akan mengakibatkan kerusakan dan ac split tidak akan berfungsi/mati total.
Pertama-tama sebelum melakukan pencucian ac split anda harus terlebih dahulu mencabut steker ac agar aliran listrik tidak tersambung pada ac split.
ini untuk menjaga keselamatan agar anda tidak tersengat arus listrik disaat anda mencuci ac split.

selanjutnya buka tutup indoor unit, ada sebuah ac split merk tertentu yg menyembunyikan letak posisi baut pengunci tutup indoor unit.
jika anda tidak mengetahui letak posisi baut pengunci tutup indoor unit itu, saya sarankan membaca buku petunjuknya.
setelah tutup indoor unit terbuka, pasang terpal yg bagian atas sebelah kanan yg sudah diikatkan sebuah tali plastik atau karet ban dalam, agar terpal dapat menggantung/terikat dibawah sisi indoor unit.

jangan lupa pasang plastik dibagian atas indoor unit, dan kantung plastik untuk menutupi bagian komponen indoor unit.
selanjutnya bila pemasangan terpal sudah dilakukan dan mesin steam sudah dipasang, operasikan mesin steam dan tunggu sampai tekanan air keluar dari ujung selang.
mesin steam yg merknya terkenal dapat secara otomatis ke posisi off bila pada ujung spray gun ditutup.

tapi bila mesin steam anda tidak otomatis, saya sarankan pada waktu pencucian ac, anda meminta bantuan seseorang untuk mengoperasikan mesin steam dan menambahkan air kedalam bak yg susut karena terhisap oleh mesin steam.
lakukan penyemprotan pada evaporator bagian atas dulu, lalu turun kebagian bawah dan lakukan berulang-ulang sampai evaporator bersih dari kotoran dan lumut.
bila lubang selang pembuangan air dialihkan kesebelah kanan, semprot lubang pembuangan air sampai lumut yg berada pada selang pembuangan air keluar semua.
tapi bila lubang pembuangan air berada disebelah kanan dekat komponen pcb, hati-hati menyemprotnya karena semprotan air dapat mengenai komponen pcb.

untuk itu pergunakan selang yg panjangnya 50 cm yg diameternya lebih kecil dari lubang pembuangan air, agar selang dapat masuk ke lubang pembuangan air dan semprotkan selang tersebut agar kotoran/lumut yg berada pada lubang pembuangan air dapat dibersihkan/dikeluarkan.
setelah bagian evaporator dibersihkan, beralih kebagian blower yg berada dibawah evaporator, lakukan penyemprotan sampai air yg mengalir keluar melalui terpal menjadi bening/bersih.

lakukan lagi penyemprotan pada bagian evaporator dan bagian blower sampai benar-benar indoor unit menjadi bersih.
setelah penyemprotan indoor telah selesai dilakukan, lap bagian bawah sisi indoor unit dengan kain kering, lalu lepaskan terpal dan kantung plastik pada komponen indoor unit.
bersihkan tutup indoor unit beserta filternya, bila sudah dibersihkan lap tutup dan filter indoor unit sampai benar-benar kering, khususnya bagian yg menutupi komponen pcb.

pasang kembali tutup indoor unit dan jangan lupa pasang kembali bautnya.
setelah penyemprotan pada indoor unit telah selesai, beralih kebagian outdoor unit, dibagian ini tidak diperlukan terpal atau kantung plastik.semprotkan bagian condenser yg dipenuhi oleh debu, cuci outdoor sampai bersih.
setelah penyemprotan/pembersihan pada outdoor selesai dilakukan, operasikan ac split, keringkan air yg keluar dari bagian blower indoor ketika ac dioperasikan.


Panduan Cara Penggantian Compressor Pada Ac Split

Cara penggantian compressor pada ac split dibutuhkan sebuah alat pengelasan yaitu tabung camping gas dan tabung oxigen.
bisa juga dilakukan dengan pengelasan menggunakan blender, bila anda belum mempunyai tabung oxigen.

bila anda menggunakan sistem pengelasan dengan menggunakan blender, waktu anda ingin melepaskan dua buah sambungan pipa di compressor "yg bertanda lingkaran merah pada gambar" anda harus membuka semua tutup body outdoor agar hawa panas dari blender tidak mengenai compressor.
tapi saya sarankan anda menggunakan sistem pengelasan dengan campuran oxigen, agar pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

setelah melepaskan dua buah sambungan pipa pada compressor, lepaskan tiga buah mur yg berada pada bagian bawah kaki compressor dengan menggunakan kunci ring atau pas ukuran 12-13.

setelah melepaskan tiga buah mur pada kaki compressor, angkat compressor keluar dari dudukannya.
penggantian compressor harus sesuai dengan type label yg berada pada body compressor, atau bisa juga diganti dengan dasar persamaan kapasitas pendinginan.

contoh sebuah compressor national 1 pk bisa diganti dengan compressor merk hitachi yg berukuran 1 pk juga, walaupun pada kaki compressornya berbeda dengan merk national sehingga baut pada lubang dudukan pada kaki compressor hanya dapat dipakai 1 atau 2 buah saja.
pada waktu penggantian compressor, ganti pipa kapiler dan saringannya agar freon dapat bersikulasi dengan lancar.

bila anda belum mengetahui cara pencarian terminal compressor (s c r) dapat anda lihat pada tutup terminal compressor.
atau anda bisa juga dengan mengukur tahanan 3 buah terminal compressor tersebut dengan sebuah multitester.
caranya adalah sebagai berikut :

posisikan multitester pada skala ohm x 10 ukur semua tahanan ketiga terminal compressor sampai menemukan tahanan yg terkecil, bila sudah anda dapatkan tahanan yg terkecil, satu terminal yg tidak tersentuh probe tester itu adalah (s)atau starting yg dihubungkan dengan running capasitor.
sedangkan untuk pencarian (r) nya ukur dari terminal (s) dengan terminal lainnya, tahanan yg terbesar adalah (r) yg juga dihubungkan dengan running capasitor dan 1 line listrik dan tahanan yg terkecil adalah (c) yg dihubungkan langsung dengan line listrik.

setelah compressor, saringan dan pipa kapiler sudah terpasang dan nepel pipa instalasi juga sudah terpasang pada kran valve, operasikan ac split.
pasang selang manifold warna biru pada pentil pengisian freon dan buka kran manifold warna biru/tekanan rendah.
setelah outdoor unit mendapat supply listrik lakukan pemakuman yaitu dengan cara menutup kran valve hisap dengan kunci L sampai tertutup rapat.

angin akan keluar dari ujung selang yg berwarna kuning, diamkan sampai angin habis atau tidak ada lagi angin yg keluar dari ujung selang warna kuning.
setelah angin yg keluar benar-benar habis, tutup kran manifold warna biru sampai benar-benar tertutup rapat.
buka kran hisap yg tadinya ditutup dengan kunci L sampai terbuka penuh, lalu pasang selang manifold warna kuning pada tabung freon.
buka kran pada tabung freon lalu isikan freon dengan cara membuka kran manifold warna biru/tekanan rendah.

lakukan pengisian freon sambil melihat amper compressor pada tang amper, bila amper normal lanjutkan pengisian freon.
tapi bila amper tinggi, ganti pipa kapiler dengan ukuran yg lebih besar dan lakukan pengecekan kebocoran pada sambungan compressor yg baru di las dengan air sabun bila outdoor sudah terisi dengan freon.


Panduan Cara Penggantian Compressor Kulkas

Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas compressor/pk lemari es yg akan anda ganti, sebaiknya anda mencatat kode/type lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut.
bila compressor yg akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal.
perlu juga anda ketahui pengisian freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada ac split.

ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler yg ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yg digunakan pada ac split dan ac window.
dengan pipa kapiler yg berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan aliran freon jika ada kotoran yg terbawa pada saat freon mengalir.
ganti strainer dan pipa kapiler dengan yg baru bila anda ingin mengganti compressor yg rusak dengan compressor yg baru.

alat yg dibutuhkan untuk mengganti compressor lemari es adalah:

1. alat-alat pengelasan yaitu tabung lpg dan tabung oksigen.
2. manifold.
3. freon 12 atau freon 134A tergantung pada data spesifikasi yg ada pada lemari es.
4. pentil pengisian freon.
5. perak/kawat las tembaga.
6. pemotong pipa/cutter
7. flare-nut/flereng
8. tools/kunci perkakas

compressor lemari es ada dua macam yaitu:
1. compressor piston
2. compressor rotary
compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yg memakai compressor jenis rotary.
dalam hal kwalitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.

saya pernah mengganti compressor lemari es dengan jenis rotary, pada hari pertama sampai hari ketiga, lemari es tidak ada masalah(dalam keadaan dingin/normal).
pada hari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran freon pada pipa kapiler yg menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor.

mau tidak mau saya harus mengganti compressor yg rusak itu dengan compressor yg baru kembali.
tapi tidak saya ganti dengan type compressor yg sama, saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan tambahan karena ruang dudukan compressor rotary yg begitu sempit.
karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontal dalam penempatannya.

compressor piston pada lemari es, pipa keluarannya ada yg tiga buah dan lima buah.
adapun pipa-pipa yg keluar tiga buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge.
- satu pipa hisap/suction.
- satu pipa untuk pengisian freon.

pipa-pipa yg keluar lima buah adalah:
- satu pipa tekan/discharge
- satu pipa hisap/suction
- satu pipa untuk pengisian freon.
- dua pipa untuk pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor.

sebelum kita melepaskan compressor yg rusak yaitu dengan cara memanaskan sambungan pipa tekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan.
dan sebelum anda melakukan pelepasan pipa yg berada dibagian compressor, cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor dan pastikan freon pada sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang !!! semuanya.
yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8 (panjang sekitar 10 cm) yg berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian freon.

setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yg baru, bila compressor yg anda ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yg menuju ke terminal compressor, jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabel yg menuju ke compressor.
saya sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba dulu menjalankan compressor.
sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat menukarnya kembali.

bila compressor dapat beroperasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap.
bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan tembaga yg keluar dari comppressor.

setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan sudah selesai, beralih pada pengelasan pentil pengisian freon.
sewaktu melakukan pengelasan pentil, buka pentil agar seal/karet tidak meleleh terkena hantaran panas, setelah terpasang dan lap dengan kain basah agar hawa panas pada pentil menghilang, setelah itu pasang kembali pentil seal dan kencangkan.

beralih ketahap pemasangan strainer, terserah anda mau memakai strainer isi silica gel atau strainer kosong/tanpa isi silica gel.
strainer, lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yg 2 lubang dan 1 lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 cm dan ujungnya biarkan terbuka jgn dilas.)
bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.

pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut.
bila anda ingin mengganti pipa kapiler bisa lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa condenser.
jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari es.

setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai angka 30" bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer.
bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas berarti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa kapiler yg baru saja anda las.
tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.
cara penggunaan manifold sudah saya pernah tulis, silahkan baca terlebih dahulu yg belum mengerti cara penggunaan manifold.

setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka kran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yg ada pada manifold dan isi freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop. (lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi agar compressor tidak cepat panas) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere.

liat sudah berapa tekanan freon yg sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran freon dievaporator.
bila ada berarti aliran freon berjalan lancar, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju(ini untuk lemari es satu pintu)
untu lemari es dua pintu kita bisa melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal.

untuk pengisian freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran freon mengalami kebuntuan.
untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian freon dan manifold sudah menunjukan tekanan 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi?
bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar.


Periksa kerusakan AC mobil

Prinsip kerja mesin pendingin semuanya sama, yg berbeda hanya alat spare-part dan freonnya saja, pada ac mobil menggunakan compressor yg digerakkan dengan sebuah vanbelt melalui putaran mesin.
compressor ac mobil menggunakan clutch/kopling untuk menggerakan piston didalam compressor, pipa pengeluarannya berbentuk drat luar dengan tulisan S untuk suction/hisap D untuk discharge/tekan.

coba anda perhatikan selang karet bernepel dari compressor drat D (discharge/tekan) pasti menuju pada condenser yg berada didepan radiator mobil anda, dari condenser disambungkan pada strainer yg mempunyai sight glass (kaca untuk melihat aliran freon) lalu dari strainer menuju Expansion valve (pengganti pipa kapiler) baru masuk kedalam evaporator dan kembali kepada compressor drat S (suction/hisap).

evaporator dan condensor pada ac mobil model sekarang terbuat dari almunium, jadi bila terjadi kebocoran anda bisa membeli yg baru atau memilih untuk dilas.
anda bisa mengelasnya di jalan wr buncit raya dekat kantor imigrasi jakarta selatan, ini anda lakukan bila kebocoran pada evaporator/condenser tidak terlalu banyak bocornya, soalnya biaya las dihitung perlubang.

hal-hal yg membuat ac mobil anda menjadi tidak dingin

1. Adanya kebocoran pada selang karet suction atau discharge.
bila anda ingin memperbaiki sendiri anda dapat memotong selang karet tepat ditempat yg terjadi kebocoran dengan pisau cutter.
masukan 2 buah klem baut yg ukurannya lebih dari selang karet ac mobil anda, lalu masukan pipa ac ukuran 5/8 panjang 10 cm kedalam selang karet yg anda potong tadi lalu kencangkan klem baut untuk menekan pipa 5/8 agar tidak terjadi kebocoran.
lakukan vakum dengan mesin vakum kemudian isi freon R134A atau R12, ditoko spare-part ac ada yg menjual freon R134A ukuran 3 ons, belilah 2 botol untuk ac mobil yg tidak doble blower.
tapi bila ac mobil anda doble blower belilah 3 atau 4 botol.
pentil pengisian freon pada compressor ac mobil sekarang berdrat dalam, tidak seperti comppressor ac mobil R12 berdrat luar yg langsung dapat dipasangkan selang manifold.
anda harus membeli alat tambahan agar selang manifold dapat terpasang pada compressor ac mobil R134A.

2. Tekanan yg dikeluarkan oleh comppressor ac mobil anda sudah lemah, mungkin klep tekan dan klep hisap yg berada dalam comppressor ada yg patah.
kalau compressor tekanannya sudah berkurang, saya sarankan anda menggantinya dengan yg baru.

3. Evaporator dan condenser tertutup oleh debu atau kotoran.
anda dapat merasakan desiran angin yg keluar dari blower ac mobil anda, bila udara yg keluar tidak beraturan berarti blower ac mobil anda harus dicuci dengan mesin steam.

4. Extra fan pada condenser tidak dapat berputar
chek apa ada aliran lstrik 12 volt dc pada kabel yg menuju extra fan.

5. Evapporator mengalami kebocoran.
untuk mengeceknya memang agak sulit karena anda harus membuka evaporator tersebut.

6. condenser mengalami kebocoran.
untuk mengeceknya anda siramkan air sabun pada sisi kanan dan kiri condensor tersebut, perhatikan apa ada gelembung udara yg keluar diantara tekukan U nya.
periksa juga sambungan nepel di compressor, strainer, condenser dan di evaporator, ini dilakukan bila freon masih tersisa dalam sistem ac mobil anda.

7. Chek thermostat apakah dapat menghubungkan aliran listrik.

ac mobil menggunakan switch pressure, jadi bila tidak ada tekanan freon dalam sistem ac mobil anda, compressor tak mau hidup walaupun switch ac anda geser keposisi on.
dan untuk mengecek apa freon dalam ac mobil anda berkurang atau tidak, anda dapat melihat pada sight glass yg berada pada strainer/drier.
bila anda melihat aliran freon ada berbusa berarti ada pengurangan freon tapi bila yg anda lihat seperti aliran air dan tidak berbusa berarti ac mobil anda berkondisi baik/tidak ada pengurangan freon.


Freon Produksi Pertamina Yang Ramah Lingkungan

"Musi Cool produksi Pertamina UP III Plaju memiliki keunggulan ramah lingkungan, hemat energi dan bernilai ekonomis tinggi sehingga pada saatnya nanti dapat menjadi produk unggulan," demikian ditegaskan GM Pertamina Unit Pengolahan (UP) III Plaju Mulyono Abdullah, Rabu (5/2).
Produksi refrigerant hidrokarbon, bernama Musi Cool (MC), yang ramah lingkungan ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina dalam menghasilkan produk ramah lingkungan. "Langkah pro aktif ini juga merupakan upaya perusahaan dalam mematuhi peraturan pemerintah mengenai lingkungan," paparnya.

Keunggulan lain dari MC adalah aman bagi konsumen. UP III Plaju bekerjasama dengan Dinas Penelitian & Laboratorium Bidang Pengolahan Direktorat Hilir Pertamina melakukan ujicoba produksi refrigerant hidrokarbon pada pertengahan 2002. "Kami sudah lakukan beberapa tes dan hasilnya menunjukan bahwa MC aman bagi konsumen," papar staf Process Engineering UP III Taryono kepada pertamina.com, Kamis (7/2).
Hasil uji coba tersebut juga menunjukan bahwa MC terbukti mampu menurunkan pemakaian energi listrik 15 sampai 20 persen dibandingkan dengan penggunaan CFC (Chloroflourocarbon).

Produk Musi Cool, terbagi dalam MC-12, MC-22, dan MC-134, tergolong Non ODS (Non Ozone Deploting Substance), aman dan hemat energi. Pertamina UP III Plaju memproduksi sekitar empat ton per hari yang setara dengan pengisian bahan pendingin untuk 8.000 mobil per hari. Taryono menjelaskan bahwa dalam tahap persiapan ini, penggunaan MC baru dimanfaatkan pada peralatan perkantoran, kendaraan, perumahanan, dan operasional kilang dalam lingkungan Pertamina UP III sendiri. "Tahun ini kami masih akan melengkapi fasilitas blending dan filling. Rencananya pada 2004 kami akan launching ke masyarakat," tegasnya.

Lebih lanjut Taryono menjelaskan bahwa MC dapat digunakan untuk AC (window/split), AC mobil, lemari es, dan water dispenser tanpa perlu melakukan penggantian komponen saat peralihan dari tipe refrigeran sebelumnya (CFC). "Jenis produk MC sudah disesuaikan dengan produk sebelumnya sehingga tidak merepotkan konsumen," ungkapnya.

Refrigeran Hidrokarbon (HC) merupakan diversifikasi produk yang meningkatkan margin kilang Pertamina.
Di samping mengembangkan Refrigran HC, potensi diversifikasi produk UP III lainnya yaitu: Residu Buthane ex Unit Alkilasi sebagai produk aerosol, Naphta-I ex CDU-V sebagai produk pertasol, Stream SBPX ex Unit STAB C/A/B sebagai minasol, Stream produk STAB C/a/B sebagai produk shellsol, Stream Heavy Alkilate ex Unit Alkilasi sebagai produk solvent isophar (Specialty Solvent) serta produk lainnya.
sumber : www.pertamina.com


Cara Memperbaiki Evaporator Kulkas

Karena sulitnya mengambil es batu pada lemari es satu pintu/frezzer, membuat sebagian orang ceroboh menggunakan benda tumpul untuk mengangkat es batu yang sudah dipenuhi oleh bunga es.
atas kecerobohannya dapat membuat evaporator terkena tusukan benda tumpul tersebut, sehingga evaporator menjadi bocor dan anda sudah pasti mengeluarkan kocek untuk memanggil teknisi kulkas agar kulkas/frezzer menjadi normal kembali.

mengapa pada lemari es satu pintu bila lama beroperasi begitu banyak mengeluarkan bunga es?
jawabanya adalah lemari es satu pintu, evaporatornya tidak dilengkapi dengan heater seperti yang terdapat pada lemari es dua pintu.
pada lemari es dua pintu yang menggunakan fan motor pada bagian pintu atasnya, es batu dalam plastik yang sudah beku dapat dengan mudah kita ambil.

Bila sudah bocor, dapatkah evaporator diperbaiki kembali???
jawabannya...bisa, dengan menggunakan lem besi yaitu lem dalam tube kecil yang satu berwarna hitam dan yang satunya berwarna putih dan dapat anda beli pada toko bangunan.
campurkan dengan takaran yang sama antara putih dan hitam, dalam waktu lima menit lem akan menjadi keras seperti batu.

untuk hasil yang maksimal, usahakan sebelum menempelkan lem besi pada evaporator lemari es satu pintu yang tertusuk benda tajam, evaporatornya diamplas dan besihkan dengan lap kering terlebih dahulu.
dan anda pastikan dalam evaporator sudah tidak ada lagi tekanan sisa freon.
setelah diamplas sampai catnya hilang, barulah anda aduk lem tersebut.
setelah campurannya rata, tempelkan atau letakan pada lubang evaporator yg mengalami kebocoran tersebut dan biarkan sampai beberapa jam.
bila masih ada tekanan freon pada tempat yang bocor, biarkan sisa freonnya habis terlebih dahulu, setelah habis sisa freonnya barulah melakukan penambalan dengan lem besi tersebut.

cara diatas untuk menekan biaya pembelian evaporator, sehingga pengeluaran biaya perbaikan lemari es anda tidaklah begitu besar, cukup mengeluarkan biaya pengisian freonnya saja.


Penghitungan Beban Pendinginan

Di negara maju seperti Amerika serikat, dalam hal pemasangan ac selalu menggunakan software kalkulasi beban pendinginan.

Tujuan dari Penghitungan beban pendinginan antara lain untuk:

-Menyediakan informasi untuk pemilihan peralatan dan perancangan Sistem AC yang effisien dan efektif.
-Menyediakan data untuk evaluasi kemungkinan optimasi atau pengurangan beban.

Secara tidak langsung, penghitungan beban pendinginan dapat membantu:

-Penaksiran beban daya listrik.
-Penyesuaian disain arsitektural (tata ruang) dan struktural (pembebanan)
-Pembuatan Recana Anggaran Biaya Sementara (Preliminary)
-Lain-lain

Prinsip Cooling Load.

Cara yang sebuah sumber beban memasuki ruangan adalah sebagai berikut:

1. Radiasi sinar matahari melalui permukaan yang transparan seperti jendela
2. Konduksi kalor melalui dinding luar dan atap.
3. konduksi kalor melalaui dinding dalam, plafon dan lantai.
4. Kalor yang dihasilkan didalam ruangan yang bersumber dari penghuni, penerangan, perlengakapan rumah tangga, peralatan dan berbagai macam proses.
5. Penambahan panas yang lainnya.

Jenis heat gain (penambahan panas) yaitu sensible dan laten. Secara sederhana, kalor sensible itu adalah kalor yang diperlukan untuk membuat perubahan temperatur. Sedangkan kalor sensible itu adalah kalor yang diperlukan untuk perubahan wujud suatu zat (air misalnya) tanpa terjadi perubahan temperatur.

Selain itu perlu diperhatikan juga faktor keserempakan (diversity), secara umum faktor keserempakan di terapkan pada penghuni dan penerangan.
Untuk banguan bangunan industrial, aplikasikan juga pada peralatan-peralatan.
Juga waktu terjadi beban puncak, baik itu waktu terpanas dalam setaiap harinya atau pun bulan terpanas dalam setiap tahunnya.
Biasanya penaksiran beban puncak harian dibuatkan "hourly analisys" dengan membuat profil2 beban setiap jamnya untuk beban yang bersumber dari matahari, penerangan, ventilasi, penghuni dan beban atap.

Komponen sensible cooling load dihasilkan dari specific load source untuk waktu yang diberikan dengan menggunakan faktor konversi dari tabel-tabel "Cooling Load Temperature Different" (CLTD) atau "Cooling Load Factor" (CLF).

Informasi yang di butuhkan (Input).

Input untuk External Load.

1. Orientasi dan dimensi bagian-bagian bangunan.
2. Konstruksi bahan-bahan untuk atap, dinding, plafon, partisi interior, lantai dan fenestrasi.
3. Ukuran dan ruangan yang akan di kondisikan.
4. Kondisi luar sekeliling.

Input untuk Internal Load.

1. Penerangan – daya terpasang, Incandescent atau fluorescent, jadwal penggunaan
2. Manusia – Jumlah, aktivitas, lama hunian, jadwal hunian.
3. Peralatan internal – data name plate, lokasi, jadwal penggunaan, konsumsi listrik atau bahan bakar, hooded atau unhooded, banyaknya udara yang hembuskan atau di hisap.

Input untuk Infiltrasi dan ventilasi.

1. Cfm per orang dan atau per feet kubik.
2. Exhaust fan – tipe, ukuran, kecepatan, cfm yang dihasilkan.
3. Pintu-pintu dan jendela-jendela – lokasi, ukuran, jenis dan frekwensi pembukaan.

Ringkasan Umum Formula Perhitungan Cooling Load adalah :

External load.

Atap.

q = U x A x CLTD

dimana :

q : perpindahan panas rata2 (Btu/h)

U : Koefisien perancangan perpindahan kalor (Btu/(hr.ft2.°F))

A: Luas terhitung dari Denah Arsitektural (ft2)

CLTD : Cooling Load Temperature Difference base condition untuk atap (°F )

Dinding

q = U x A x CLTD

dimana :

U : Koefisien perancangan perpindahan kalor (Btu/(hr.ft2.°F))

A: Luas terhitung dari Denah Arsitektural (ft2)

CLTD : Cooling Load Temperature Difference base condition untuk dinding (°F )

Konduksi Kaca.

q = U x A x CLTD

dimana :

U : Jenis kaca dan shading dalam (Btu/(hr.ft2.°F))

A: Luas kaca terhitung dari Denah Arsitektural.

CLTD : Cooling Load Temperature Difference untuk beban konduksi melalui kaca (°F )

Radiasi Sinar matahari.

Q = A x SC x SHGF x CLF

Dimana :

A : luas bersih kaca terhitung dari denah arsitektural (ft2)

SC : Koefisien shading untuk kombinasi jenis gelas dan jenis bayangan.

SHGF : Factor penambahan panas sinar matahari maksimal untuk orientasi yang spesific dari permukaan.

CLF : Cooling Load Factor.
Partisi, plafon, lantai.

q = U x A x TD

dimana :

U : Koefisien perancangan perpindahan kalor (Btu/(hr.ft2.°F))

A: Luas terhitung dari Denah Arsitektural (ft2)

TD : Temperature Difference (°F )

Internal Load.

Penerangan.

q = 3,41 x q1 x Fa x Fbx CLF

dimana :

3,41 : konversi btu/h per watt.

q1 : Total daya lampu (Watt).

Fb : persentase dari penggunaan q1.

Fa : Allowance khusus untuk balast jika menggunakan fluorescent fixture.

CLF : Cooling Load Factor.

Orang.

Penambahan kalor Sensible.

qs = (q/person) x No.of people x CLF.

dimana :

No.of people : Jumlah orang yang berada di ruangan (orang).

q/person : Sensible heat gain per orang (Btu/h).

CLF : cooling load factor dari orang.

Orang.

Penambahan kalor laten.

ql = (q/person) x No. of people

dimana :

No.of people : Jumlah orang yang berada di ruangan (orang).

q/person : latent heat gain per orang (Btu/h).

Peralatan.

Penambahan kalor Sensible.

qs = sensible x CLF

dimana :

sensible = sensible cooling load (Btu/h) dari data manufacturer.

CLF = Cooling load factor.

Peralatan.

Penambahan kalor laten.

qs = latent

dimana :

latent = latent cooling load (Btu/h) dari data manufacturer.

Infiltration & ventilation.

Penambahan kalor Sensible.

qs = 1.10 x (∆T) x scfm

dimana :

1,10 : dalam satuan dalam Btu/h F.

∆T : perbedaan temperatur luar dan dalam (derajat F).

scfm : standard CFM.

scfm = (cfm/ orang) x jumlah orang.

Infiltration & ventilation.

Penambahan kalor laten.

qs = 4840 x (∆W) x scfm.

dimana :

4840 : dalam satuan dalam Btu/h per scfm.

∆W: perbedaan perbandingan kelambaban luar dan dalam (lb of water vapor to lb of dry air).

scfm : standard CFM.

scfm = (cfm/ orang) x jumlah orang.

hal-hal yang kemungkinan menjadi kendala dalam perhitungan Cooling load ini diantaranya sebagai berikut:

1. Satuan yang digunakan adalah menggunakan sistem imperial, dalam bidang HVAC (Heating Ventilation Air Condition) sistem satuan imperial ini sangat populer, tetapi disisi lain untuk segi arsitektural, jarang sekali digunakan di Indonesia, jadi kita harus terlebih dahulu menyesuaikan (membuat konversi) di Calculation Sheet kita.
Sebagai contoh, pada dimensi ruangan bangunan yang dirancang oleh insinyur / arsitek di Indonesia bisanya menggunakan satuan Metrik atau SI, untuk dimensi panjang biasanya menggunakan satuan milimeter atau meter, tetapi pada perhitungan ini menggunakan feet.

2. Minimnya informasi atau data survey mengenai letak bangunan pada koordinat Bujur dan lintang, kelembaban udara, data cuaca dan temperatur rata-rata, dalam buku ASHRAE GRP158, untuk lokasi di indonesia hanya tercatat untuk daerah Jakarta saja. Apalagi dengan adanya Global warming yang membuat kondisi cuaca tidak menentu.

3. Minimnya informasi detail bangunan, misalnya ukuran pintu, kaca dan jendela, serta jenis bahan konstruksi yang digunakan tidak ada pada tabel, sehingga Faktor U harus dihitung terlebih dahulu.

4. Kebanyakan penghitungan Cooling Load di buat pada saat bangunan tersebut belum ada, informasi yang ada biasanya hanya blue print atau gambar2 denah, tampak dan potongan saja.
Pada tahap ini biasanya terjadi banyak sekali perubahan perubahan disain arsitektur dan sehingga berpengaruh pada zona-zona pendinginan yang dirancang.
Dan terkadang terjadi perubahan orientasi bangunan dan tata ruang.

5. Ketelitian pengukuran dimensi panjang, luas dan volume ruangan yang akan di kondisikan, karena terkadang ruangan yang akan dikondisikan bentuknya tidak persegi atau tidak beraturan, hal ini memerlukan ketelitian pengukuran dan perhitungan. Perhitungan luas dinding luar, kaca, pintu dan jendela juga merupakan hal-hal yang memerlukan ketelitian pengukuran dan perhitungan.

6. Belum pastinya jumlah populasi penghuni bangunan.
Jika tidak ada denah interior seperti meja kursi yang secara spesifik dapat menunjukan banyaknya orang, maka biasanya digunakan pendekatan luas ruang per orang.

7. Belum pastinya data2 peralatan dan sistem penerangan, seperti data2 teknis peralatan dan jumlah serta tipe lampu-lampu yang akan di pasang.
Karena untuk penerangan itu sendiri besarnya total daya lampu ditentukan oleh jenis dan kriteria rancangan penerangan.
Antara ruangan yang satu dengan yang lain besar kriteria "Lux"nya biasanya tidak sama.

8. Tentunya harus memiliki tabel2 CLTD, yang akan dijadikan referensi penghitungan Cooling Load ini.

Kendala kendala diatas biasanya memeperlambat proses penghitungan Cooling Load, Apalagi dengan banyaknya zona atau ruangan yang akan dihitung, sehingga semakin tebal pula buku laporan / cooling load calculation report.
Disamping itu sempitnya waktu perencanaan maka terkadang diambil jalan pintas. Misalnya dengan mengkalkulasikan beban berdasarkan luas lantai dengan nilai Btu/h per m2 tertentu misalnya 450, 500, 600 dan lain – lain, atau dengan penaksiran 1 TR atau Ton Refregerant untuk nilai meter persegi tertentu, misalnya 1 TR untuk 20 m2 dan sebagainya.
Penaksiran ini berdasarkan pengalaman proyek-proyek yang sebelumnya. Dan seringkali perhitungan cooling load secara mendetail dianggap sebagai hal yang terlalu teoritis atau dianggap tidak praktis oleh sebagian praktisi.

Maka untuk mempermudah membuat hitungan Cooling load biasanya di gunakan perangkat lunak yang khusus dirancang untuk keperluan itu, seperti coolpack software yang dapat anda download disini.


membuat pompa vakum sederhana


How to make vacum pump with second compressor??

Membuat pompa vakum dengan compressor ac bekas banyak sekali manfaatnya, salah satuya adalah dapat digunakan untuk memompa ban mobil atau motor anda yg kempes.
proses pemakuman pada sistem pendinginan sangatlah penting untuk dilakukan, sisa udara yang tidak dapat terbuang pada sistem mesin pendingin akan bercampur dengan olie compressor dan akan menimbulkan endapan kotoran yang sudah tentu nantinya akan membuat kinerja compressor menjadi kurang baik.

Pada ac split yang sudah tentu menggunakan pipa kapiler berukuran 0,54" dan 0,70" dalam proses pengisian freon jarang sekali terjadi kebuntuan.
biasanya bila sistem pendinginan pada ac split kemasukan air, barulah mengalami kebuntuan.
tapi tidak begitu dengan lemari es, kebuntuan pada pipa kapiler pada lemari es sangatlah sering tejadi.
ini dikarenakan ukuran pipa kapiler lemari es lebih kecil diameter lubangnya dibandingkan dengan pipa kapiler yang digunakan pada ac split.
jadi bila masih ada sisa udara pada sistem pendingin lemari es pada saat melakukan pengisian freon, kebuntuan pada pipa kapiler akan terus terjadi.

Cara membuat pompa vakum :

bahan yang harus disediakan
1. Compressor bekas ukuran 0,5 pk atau bisa juga ukuran 0,7 pk. ( lengkap dengan running capasitor dan overloadnya )
2. pentil 2 buah ukuran 1/4.
3. selang manifold
4. kabel power ( panjangnya terserah anda )

Seperti yang kita ketahui pada compressor ( ac bekas yang layak pakai ) mengeluarkan 2 pipa, 1 pipa tekan yang berada pada samping terminal compressor.
dan satu pipa hisap yang terdapat pada samping compressor/diatas akumulator.
pasangkan satu pentil pada pipa tekan dan pipa hisap lalu di las, sebelum pentil di las keluarkan terlebih dahulu jarum pentilnya.
setelah pentil selesai di las, pompa vakum tersebut sudah dapat dipergunakan.
bagi anda yg belum mengerti cara pencarian SCR pada terminal compressor dapat anda lihat pada postingan saya sebelumnya.
Cara pengelasan pentil pada compressor lihat pada video disini


Cara Memeriksa Remote Control Yang Rusak

Untuk mengecek kerusakan sebuah remote control ac dan remote alat-alat elektronika anda yang lain, tidaklah begitu sulit.
alat yang anda butuhkan adalah sebuah handphone yang ada fitur cameranya.
buka menu camera pada hp lalu arahkan mata sensor pada remote control ke kamera hp (seperti pada gambar disamping ini).
bila anda menekan tombol on/off dan tombol yang lainnya pada remote control, maka dilayar hp anda mata sensor akan menyala atau mengeluarkan cahaya.

bila mata sensor tidak mengeluarkan cahaya pada layar hp, berarti ada kerusakan pada remote control anda.
semoga tips ini dapat membantu anda untuk tidak langsung membeli remote control yang baru. karena bila remote control berfungsi dengan baik tetapi tetap tidak mau mengoperasikan ac atau barang elektronika anda yang lain.
dapat kita prediksi, kerusakan sebenarnya terjadi pada mata sensor atau ic yang berada pada komponen pcb ac atau barang elektronika anda yang lain.


Cara Mencari Terminal S C R Pada Compressor


bila anda belum mengetahui cara pencarian terminal compressor (S C R) dapat anda lihat pada tutup terminal compressor.
atau anda bisa juga dengan mengukur tahanan 3 buah terminal compressor tersebut dengan sebuah multitester.
caranya adalah sebagai berikut :

posisikan multitester pada skala ohm x 10 ukur semua tahanan ketiga terminal compressor sampai menemukan tahanan yang terkecil, bila sudah anda dapatkan tahanan yang terkecil, satu terminal yg tidak tersentuh probe tester itu adalah (S) atau starting yang dihubungkan dengan running capasitor.
sedangkan untuk pencarian (r) nya ukur dari terminal (S) dengan terminal lainnya, tahanan yang terbesar adalah (R) yang juga dihubungkan dengan running capasitor dan 1 line listrik, dan tahanan yang terkecil adalah (C) yg dihubungkan langsung dengan line listrik.
jadi didalam 2 terminal running capasitor dibagian running dari compressor (R) digabung dengan 1 line listrik dan line listrik yang satunya masuk kedalam overload compressor yang menyambung pada terminal (C) compressor.


cara mengukur thermistor

Bagaimana thermistor bekerja?
Termistor terbuat dari bahan semikonduktor dan bekerja dengan cara yang berlawanan dengan RTDs.
Sementara RTDs (resistance temperature detectors) mengalami peningkatan resistensi dengan meningkatnya suhu, termistor cenderung menunjukkan resistensi yang lebih rendah dengan suhu yang lebih tinggi.
Hal ini karena bahan semikonduktor cenderung menghantarkan electron lebih karena suhu meningkat.

Meskipun banyak jenis termistor yang tersedia, termistor dua-kawat adalah yang paling umum untuk pengukuran temperatur .
Memeriksa thermistor harus melakukan pengukuran resistansi (ohm).
Menggunakan multimeter analog maupun yang digital,
Anda harus dapat melihat nilai ohm transducer stabil pada suhu kamar dan menurun sebagai ujung transducer bila dipanaskan.
thermistor umumnya memiliki perubahan besar dalam hambatan per derajat suhu,.

Cara terbaik untuk menguji thermistor adalah ketika thermistor terhubung ke controller.
andai perlu mengecek dengan multi meter dalam mode VDC, lalu pasang kabel probe pada sambungan thermistor.
Pada suhu kamar (25 derajat) Anda akan menerima 2.5VDC, jika Anda menerima 5VDC ini berarti bahwa tidak ada sambungan atau tahanan (ohm) pada thermistor.
Jika Anda menerima 0 VDC berarti bahwa ada short pada thermistor.
Ada controller yang bekerja di 3.3V, dalam controller ini ketika thermistor memutuskan arus adalah 3,3 VDC.
pada suhu kamar (25derajat) kita mendapatkan 1,7 VDC, tentu saja hasilnya bervariasi sesuai suhu pada ruangan.

PTC thermistor memiliki tahanan (ohm) yang meningkat dengan meningkatnya suhu.
NTC thermistor memiliki tahanan (ohm) yang menurun dengan meningkatnya suhu.

Cara lain mengecek thermistor adalah, ukur themistor dengan multimeter pada skala kilo ohm.
Jika perubahan tahanan (ohm) tidak terhingga atau tidak ada tahanan sama sekali, berarti thermistor dalam keadaan rusak.


tips merawat kulkas agar awet


Kulkas alias lemari es adalah benda seperti lemari yang memiliki suhu yang dingin berfungsi untuk mendinginkan atau mengawetkan benda-benda yang dimasukkan ke dalamnya. Hampir setiap rumah pada masyarakat kalangan menengah ke atas memiliki benda elektronik yang dingin menyegarkan tersebut. Agar lemari es di rumah bisa bertahan lebih lama, sebaiknya kita melakukan beberapa hal berikut ini. Dengan begitu kita dapat menghemat pengeluaran anda untuk pembelian baru maupun perbaikan di tempat service / reparasi perangkat elektronik. Inilah kiat tips dan trik merawat / membuat awet kulkas (lemari es) kita :
1. Hindari terlalu lama membuka pintu kulkas agar udara dingin tidakbanyak berhembus keluar sehingga mesin tidak bekerja terlalu keras.
2. Masukkan barang-barang secukupnya tidak berlebihan agar mesin kulkas mudah mendinginkan ruangan dalam kulkas.
3. Hindari dari sinar matahari langsung atau dekat dengan benda-benda yang mengeluarkan panas. Jika ingin memasukkan makanan hendaknya tidak dalam suhu panas, tunggu hingga suhu tidak panas.
4. Set temperatur lemari es sesuai kebutuhan, jangan diset terlalu dingin jika tidak perlu agar mesin pendingin tidak dipaksa bekerja teralu keras serta dapat menghemat biaya listrik.
5. Bersihkan kulkas dengan spon atau lap lembut serta air hangat. Jika terdapat kembang es / bunga es / batu es di dinding lemari es jangan menggunakan benda tajam atau benda keras, cukup matikan kulkas, buka pintu kulkas dan tunggu es mencair normal.
6. Letakkan lemari es tidak menempel di dinding yaitu beri jarak kurang lebih 15 cm. Gunakan tambahan roda kulkas jika tidak ada rodanya agar lebih mudah memindahkan dan membersihkan kulkas.
7. Bersihkan kulkas secara rutin / berkala ada bagian belakang yaitu kondensor dan lain-lain agar tidak banyak debu dan kotoran yang menempel sehingga mesin lemari es mudah melepas panas / kalor.
8. Simpan kartu garansi lemari es anda dan hubungi pusat service resmi jika mengalami gangguan saat masih garansi. Lakukan petunjuk dan larangan pada buku panduan produk kulkas anda agar klaim garansi anda diterima tanpa masalah.
9. Pasang perangkat STAVOL ( stabilizer ) untuk menjaga kemungkinan arus listrik yang naik turun, sebab dengan kondisi arus listrik yang kurang baik ( tegangan naik turun ) akan menimbulkan efek kinerja kulkas tidak bisa optimal ( bisa juga akan menimbulkan kerusakan pada unit kulkas tersebut ).

tips merawat dispenser agar awet dan tahan lama


Pada dasarnya Dispenser di gunakan untuk mendinginkan Air dan juga memanaskan Air dari dalam galon, ada juga merk tersendiri yang hanya memanfaatkan Panasnya saja alias tidak ada pendinginan, walaupun tersedia dengan dua kran berwarna Biru ( warna Biru cenderung simbol Air Dingin ) dan warna Merah ( cenderung simbol Air Panas ). Nah disini saya mencoba untuk kasih tips bagaimana merawat sebuah Dispenser agar tahan lebih lama, Perawatan Dispenser bagi si pengguna tidaklah terlalu Sulit. Seperti pada saat Anda membeli Dispenser baru dari toko, biasanya di dalam dus Dispenser ada sebuah buku panduan pemakaian bagi si penggunanya, dan buku panduan tersebut sangatlah PENTING buat si pemakai Dispenser tersebut, terkadang si pengguna / pemakai Dispenser tidaklah melihat betapa pentingnya buku panduan pemakaian tersebut, Baiklah mari sekarang kita ikuti langkah-langkah bagaimana cara merawat Dispenser milik kita agar lebih tahan lama :
1. Letakan Dispenser di tempat yang Kering dan sejuk, jangan sampai terkena sinar matahari langsung, maksudnya tidak lain adalah jika unit Dispenser sampai terkena sinar matarhari langsung akan mengurangi kinerja pendinginan Unit Dispenser tersebut.
2. Guankan selalu tutup galon yang ada pengaman anti tumpah, jadi dengan kata lain pada saat penggantian galon air yang baru anda tidak akan takut air tumpah.
3. Lap pada bagian unit Dispenser yang terkena air di sebabkan karena ketidak kesengajaan sewaktu dalam mengisi air.
4. Selalu ingat jika anda sehabis mengganti dengan galon yang baru, usahakan sebelum anda mengoprasikan ( menyalakan ) Dispenser Tekan kedua kran Dispenser satu persatu sampai air nya keluar untuk memastikan kalau air dari dalam galon tersebut sudah masuk terisi di dalam tabung Dispenser, jika air nya sudah keluar silahkan Anda oparsikan ( di nyalakan ).
5. Pasang STAVOL ( STABILIZER ) untuk menghidari akan tegangan listrik PLN yang naik turun, tegangan listrik yang naik turun / tidak stabil akan menyebabkan banyak menibulkan berbagai masalah buat kinerja unit Dispenser dan alat elektronic lainnya.
6. Jangan sekali- kali mengoprasionalkan ( menyalakan )unit Dispenser dalam kondisi galon Air KOSONG, sebab akan menimbulkan kerusakan yang serius pada unit Dispenser tersebut.
7. Jika Unit Dispenser tidak di gunakan dalam jangka waktu yang lama / di tinggal keluar kota, lebih baik di matikan / tidak di oprasionalkan dan lepaskan Steker dari Stop Kontak jala Listrik PLN.

Tips merawat ac mobil


Berbicara masalah AC Mobil sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan AC lainnya, pada dasarnya berkendaraan Mobil akan terasa nyaman, jika penyejuk udara (AC) bekerja dengan sempurna. Sekarang ini, AC sudah menjadi suatu kebutuhan apalagi dikota besar. Jika AC tidak dingin, keadaan pun menjadi tidak nyaman, dan jalan keluarnya adalah membuka kaca jendeia mobil. Namun jika kaca jendela tersebut dibuka, maka debu dan asap kendaraan akan masuk, dan sebaliknya jika ditutup ruangan akan terasa panas dan pengap. Gangguan pada AC biasanya dikarenakan kurangnya perawatan. Tips berikut ini dapat membantu Anda melakukan perawatan AC sendiri sebelum kondisi AC menjadi rusak berat:
1. Jagalah selalu kebersihan kabin dari debu dan kotoran. Terutama karpet 2 lembar yang didepan karena akan tersedot kedalam evaporator (lembab) sehingga terjadi jamur dan spora sangat tidak baik buat kesehatan, dan menimbulkan bau yg tidak enak bila pertama kali AC dihidupkan.
2. Saat mencuci mobil, buka kap mesinnya dan semprotkan air yang kencang pada bagian Condensor AC (yang bentuknya mirip radiator dan biasanya terletak di depan radiator) kotoran atau debu yang menempel bila dibiarkan akan mengeras bisa mengakibatkan korosi atau keropos sehingga menjadi bocor pada bagian kondensor AC, atur tekanan air sebelum di semprotkan pada unit condensor AC (kurangi tekanan airnya)
3. Memilih tempat parkir yang teduh jika parkir kendaraan dalam waktu yang cukup lama, Karena kalau di tempat panas biasanya pas pengemudi masuk, ruang dalam cukup panas dan mengakibatkan membutuhkan proses pendinginan yang lama. Selain itu beban pendinginan saat mobil berjalan pun ikut tinggi.
4. Periksalah ExtraFan (kipas) yang didepan Condensor apakah berputar bila AC dinyalakankan. Bila tidak segera ganti, akan mengakibatkan Compressor AC rusak atau selang highpress bisa meledak.
5. Jangan merokok di dalam mobil karena asapnya bisa mengotori Evaporator AC/Cooling Coil Unit karena nikotin yang lengket dan akan berlendir serta menimbulkan bau tak sedap dan susah untuk dihilangkan.
6. Jangan memaksimalkan beban AC saat kendaraan melaju kencang dengan menurunkan temperaturnya.
7. Sebelum menyalakan mesin matikan AC terlebih dahulu, sesudah mesin stabil baru AC dinyalakankan. Begitu pun sebaliknya, matikan AC terlebih dahulu sebelum anda mematikan mesin mobil anda.
8. Jangan memakai pengharum wewangian yang mutunya kurang jelas, akan menimbulkan bau dan sulit untuk dibersihkan. Dan jangan memakai pengharum model colok/gantung ke GRILL sebab sering mengakibatkan GRILL/angin-anginan patah (karena sebagian GRILL sulit diperoleh di pasaran).

Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Unit Outdoor AC


Dalam Posting Air Conditioner kali ini saya akan berbicara masalah yang seringkali terjadi pada unit outdoor AC, komponen yang terdapat pada unit outdoor AC ada beberapa bagian adalah, Compressor + Protector (biasa di sebut dengan OverLoad), Kondensor, Motor Blower (Fan), Capasitor Compressor, dan Capasitor Motor Blower (Fan). Komponen tersebut di atas pada umumnya terdapat pada unit outdoor AC 12000 BTU/h (biasa di sebut dengan 1.5 PK) kebawah, dan untuk komponen outdoor AC 12000 BTU/h (1.5 PK) ke atas seperti 18000 BTU/h (2 PK) ada sedikit perbedaan pada komponen dalam unit outdoor AC.
Kapasitas AC dengan berdasarkan PK:
* AC ½ PK = ±5.000 BTU/h
* AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h
* AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h
* AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h
* AC 2 PK = ±18.000 BTU/h
Pada unit outdoor terdapat komponen yang saya sebutkan di atas tadi adalah yang seringkali mengalami kerusakan adalah Capasitor Compressor, dan Capasitor Motor Blower (Fan) sering kali saya jumpai pada saat perbaikan unit outdoor AC, sebab jika kedua komponen tersebut mengalami kerusakan maka akibatnya Compressor tidak bisa beroprasi dan akan menimbulkan efek kerusakan pada komponen Compressor tersebut jika tidak secepatnya di ganti dengan spare part yang baru, bagi pengguna atau pemakai AC jika tiba-tiba unit AC Anda mengalami gejala yang tidak seperti biasanya atau tidak dingin seperti biasanya di usahakan jangan di nyalakan / di oprasianalkan, segeralah panggil teknisi yang biasa Anda percayai, untuk mengecek kondisi atau keadaan unit AC Anda.



Gangguan / kerusakan yang sering terjadi pada mesin pendingin AC


Gangguan yang terjadi pada AC tidak lepas dari tiga hal, yaitu AC tidak dingin, mengeluarkan suara berisik atau terjadi kebocoran di perangkat indoor. Yang paling mengesalkan tentu jika AC tidak lagi mengembuskan udara dingin. Tapi suara bising yang keluar dari perangkat indoor juga cukup mengganggu kenyamanan tidur dan kebocoran air benar-benar merepotkan karena mengotori ruangan dan bisa merusak dinding ruangan.
Berikut beberapa faktor yang menimbulkan gangguan pada AC dan cara penanggulangannya.
1. AC tidak dingin. Fungsi utama AC adalah untuk menyejukan ruangan, AC yang tidak dingin bisa disebabkan karena pengaturan suhu yang tidak benar. Pastikan angka pengaturan suhu pada remote sudah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, pastikan filter atau sirip indoor AC tidak kotor karena kotoran dapat menghambat hembusan udara AC. Penyebab lainnya adalah freon AC habis atau terjadi kerusakan baik pada sistem kelistrikan AC maupun pada sistem pemipaannya seperti kebocoran kompressor, pipa, evaporator dan kondensor.
2. Suara berisik. Indoor AC yang berisik dapat terjadi karena penempatan dudukan indoor yang kurang baik, ada bagian body AC yang bergetar atau terjadi kerusakan pada bagian indoor. Berhati-hatilah saat ingin membetulkan dudukan indoor. Bila Anda tidak yakin dengan kemampuan sendiri dalam mengatasi masalah ini, segera hubungi ahli perbaikan AC.
3. Kebocoran indoor. Indoor unit kadang mengeluarkan tetesan air atau ’berkeringat’. Tapi bila sampai terjadi kebocoran, berarti ada yang kurang beres dengan AC Anda. Hal ini bisa disebabkan karena AC kotor sehingga mengganggu saluran pembuangan air. Penyebab lainnya adalah karena posisi indoor yang tidak rata atau posisi saluran pembuangan air kurang baik. Bila semuanya sudah diperiksa tapi kebocoran tetap ada, berarti terjadi kerusakan pada saluran penampungan air.
Rutin Dibersihkan
Tidak sedikit dari gangguan-gangguan AC di atas yang disebabkan oleh kotoran. Ingat, AC bekerja dengan cara menyedot dan menyaring udara luar untuk menghasilkan udara sejuk AC ke seluruh ruangan. Konsekuensinya adalah terjadi timbunan kotoran pada komponen AC yang berasal dari udara luar. Bila tidak sering dibersihkan, timbunan kotoran tadi akan menghambat sirkulasi udara dan membebani kerja kompresor dan komponen AC lainnya.
Ada dua proses pembersihan AC. Pertama, pembersihan kecil terhadap indoor unit yang bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. Komponen indoor yang mudah kotor dan harus dibersihkan adalah filter dan penutup AC. Kedua, pembersihan besar yang mencakup komponen evaporator pada indoor unit dan pembersihan pada outdoor unit (bagian luar). Pembersihan besar ini cukup dilakukan tiga bulan sekali.
Pada Umumnya AC sudah dipersenjatai dengan Berbagai macam Technology untuk menyaring partikel debu mikrospik, sekaligus membasmi jamur, bakteri dan menghilangkan bau tak sedap, Dan juga dilengkapi Dengan Mode Good’sleep yang membantu menciptakan atmosfer sejuk, sehat dan teratur sesuai kebutuhan tubuh saat tidur.
Dengan melakukan perawatan rutin terhadap AC, Anda tidak hanya mempertahankan udara sejuk di dalam ruangan tapi juga memperpanjang umur AC.

http://www.iyangmulia.com/?p=26

Prinsip kerja AC / mesin pendingin


Sebenarnya, AC maupun kulkas menggunakan prinsip yang sama yaitu saat cairan menguap diperlukan adanya kalor. Dalam proses ‘menghilangkan’ panas, sistem AC juga menghilangkan uap air, guna meningkatkan tingkat kenyamanan orang selama berada di dalam ruangan tersebut. Filter (penyaring) tambahan digunakan untuk menghilangkan polutan dari udara. AC yang digunakan dalam sebuah gedung biasanya menggunakan AC sentral. Selain itu, jenis AC lainnya yang umum adalah AC ruangan yang terpasang di sebuah jendela. Kunci utama dari AC adalah refrigerant, yang umumnya adalah fluorocarbon[1], yang mengalir dalam sistem, menjadi cairan dan melepaskan panas saat dipompa (diberi tekanan), dan menjadi gas dan menyerap panas ketika tekanan dikurangi. Mekanisme berubahnya refrigerant menjadi cairan lalu gas dengan memberi atau mengurangi tekanan terbagi mejadi dua area. Sebuah penyaring udara, kipas, dan cooling coil (kumparan pendingin) yang ada pada sisi ruangan dan sebuah kompresor (pompa), condenser coil (kumparan penukar panas), dan kipas pada jendela luar.
Udara panas dari ruangan melewati filter, menuju ke cooling coil yang berisi cairan refrigerant yang dingin, sehingga udara menjadi dingin, lalu melalui teralis/kisi-kisi kembali ke dalam ruangan. Pada kompresor, gas refrigerant dari cooling coil lalu dipanaskan dengan cara pengompresan. Pada condenser coil, refrigerant melepaskan panas dan menjadi cairan, yang tersirkulasi kembali ke cooling coil. Sebuah thermostat[2] mengontrol motor kompresor untuk mengatur suhu ruangan.
Gedung-gedung besar menggunakan unit pendingin di mana udara segar diambil kemudian bercampur dengan udara ruangan. Campuran ini disaring dan didinginkan saat melalui sebuah unit pendingin (cooling coils). Bila udara kering, uap air ditambah. Pada akhirnya, udara dingin masuk ke dalam gedung. Willis Carrier, penemu berkebangsaan Amerika, merancang sistem/mekanisme AC pada tahun 1911. Tak lama setelah itu, AC mulai digunakan bukan hanya di pabrik, tapi digunakan juga di dalam gedung, ruangan, bus, kereta api, dan mobil.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan lebih mendetail sehubungan dengan mekanisme AC.
Sebelumnya, kita perlu mengenal bagian-bagian dari AC agar kita dapat memahami sistem kerja AC. Sistem kerja AC terdiri dari bagian yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tekanan supaya penguapan dan penyerapan panas dapat berlangsung. Berikut ini adalah penjelasan mengenai bagian-bagian AC:
Kompresor: Kompresor adalah power unit dari sistem sebuah AC. Ketika AC dijalankan, kompresor mengubah fluida kerja/refrigent berupa gas dari yang bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi. Gas bertekanan tinggi kemudian diteruskan menuju kondensor.
Kondensor: Kondensor adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengubah/mendinginkan gas yang bertekanan tinggi berubah menjadi cairan yang bertekanan tinggi.Cairan lalu dialirkan ke orifice tube.
Orifice Tube: di mana cairan bertekanan tinggi diturunkan tekanan dan suhunya menjadi cairan dingin bertekanan rendah. Dalam beberapa sistem, selain memasang sebuah orifice tube, dipasang juga katup ekspansi.
Katup ekspansi: Katup ekspansi, merupakan komponen terpenting dari sistem. Ini dirancang untuk mengontrol aliran cairan pendingin melalui katup orifice yang merubah wujud cairan menjadi uap ketika zat pendingin meninggalkan katup pemuaian dan memasuki evaporator/pendingin
Evaporator/pendingin: refrigent menyerap panas dalam ruangan melalui kumparan pendingin dan kipas evaporator meniupkan udara dingin ke dalam ruangan. Refrigent dalam evaporator mulai berubah kembali menjadi uap bertekanan rendah, tapi masih mengandung sedikit cairan. Campuran refrigent kemudian masuk ke akumulator / pengering. Ini juga dapat berlaku seperti mulut/orifice kedua bagi cairan yang berubah menjadi uap bertekanan rendah yang murni, sebelum melalui kompresor untuk memperoleh tekanan dan beredar dalam sistem lagi. Biasanya, evaporator dipasangi silikon yang berfungsi untuk menyerap kelembapan dari refrigent.
Jadi, sistem kerja AC dapat diuraikan sebagai berkut :
Kompresor yang ada pada sistem pendingin dipergunakan sebagai alat untuk memampatkan fluida kerja (refrigent), jadi refrigent yang masuk ke dalam kompresor dialirkan ke condenser yang kemudian dimampatkan di kondenser.
Di bagian kondenser ini refrigent yang dimampatkan akan berubah fase dari refrigent fase uap menjadi refrigent fase cair, maka refrigent mengeluarkan kalor yaitu kalor penguapan yang terkandung di dalam refrigent. Adapun besarnya kalor yang dilepaskan oleh kondenser adalah jumlahan dari energi kompresor yang diperlukan dan energi kalor yang diambil evaparator dari substansi yang akan didinginkan.
Pada kondensor tekanan refrigent yang berada dalam pipa-pipa kondenser relatif jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan refrigent yang berada pada pipi-pipa evaporator.
Setelah refrigent lewat kondenser dan melepaskan kalor penguapan dari fase uap ke fase cair maka refrigent dilewatkan melalui katup ekspansi, pada katup ekspansi ini refrigent tekanannya diturunkan sehingga refrigent berubah kondisi dari fase cair ke fase uap yang kemudian dialirkan ke evaporator, di dalam evaporator ini refrigent akan berubah keadaannya dari fase cair ke fase uap, perubahan fase ini disebabkan karena tekanan refrigent dibuat sedemikian
rupa sehingga refrigent setelah melewati katup ekspansi dan melalui evaporator tekanannya menjadi sangat turun.
Hal ini secara praktis dapat dilakukan dengan jalan diameter pipa yang ada dievaporator relatif lebih besar jika dibandingkan dengan diameter pipa yang ada pada kondenser.
Dengan adanya perubahan kondisi refrigent dari fase cair ke fase uap maka untuk merubahnya dari fase cair ke refrigent fase uap maka proses ini membutuhkan energi yaitu energi penguapan, dalam hal ini energi yang dipergunakan adalah energi yang berada di dalam substansi yang akan didinginkan.
Dengan diambilnya energi yang diambil dalam substansi yang akan didinginkan maka enthalpi[3] substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun, dengan turunnya enthalpi maka temperatur dari substansi yang akan didinginkan akan menjadi turun. Proses ini akan berubah terus-menerus sampai terjadi pendinginan yang sesuai dengan keinginan.
Dengan adanya mesin pendingin listrik ini maka untuk mendinginkan atau menurunkan temperatur suatu substansi dapat dengan mudah dilakukan.
[1] Fluorocarbon adalah senyawa organik yang mengandung 1 atau lebih atom Fluorine. Lebih dari 100 fluorocarbon yang telah ditemukan. Kelompok Freon dari fluorocarbon terdiri dari Freon-11 (CCl3F) yang digunakan sebagai bahan aerosol, dan Freon-12 (CCl2F2), umumnya digunakan sebagai bahan refrigerant. Saat ini, freon dianggap sebagai salah satu penyebab lapisan Ozon Bumi menajdi lubang dan menyebabkan sinar UV masuk. Walaupun, hal tersebut belum terbukti sepenuhnya, produksi fluorocarbon mulai dikurangi.
[2] Thermostat pada AC beroperasi dengan menggunakan
lempeng bimetal yang peka terhadap perubahan suhu ruangan. Lempeng ini terbuat dari 2 metal yang memiliki koefisien pemuaian yang berbeda. Ketika temperatur naik, metal terluar memuai lebih dahulu, sehingga lempeng membengkok dan akhirnya menyentuh sirkuit listrik yang menyebabkan motor AC aktif/jalan.