Home » » DATA PENELITIAN

DATA PENELITIAN

Written By Haris Ahmad on Wednesday, June 9, 2010 | 3:17 PM


Berdasarkan cara pengambilannya, data terbagi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

DATA PRIMER
Adalah data yang diambil dari sumber data secara langsung oleh peneliti atau yang mewakilinya di mana peneliti melakukan pengukuran sendiri. Data tersebut misalnya data kuesioner, data pengukuran tinggi atau berat badan, di mana peneliti melakukan pengukuran sendiri.

DATA SEKUNDER
Adalah data yang diambil tidak dari sumber langsung asli. Misalnya data yang diperoleh dari buku, dari suatu dokumen, atau bisa juga dari hasil kuesioner yang telah dilakukan oleh peneliti lain.

Misalnya anda melakukan penelitian tentang rasio-rasio keuangan yang ada di Bursa Efek Indonesia, ya termasuk data sekunder. Tetapi misalnya anda memberikan kuesioner terhadap direktur pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, namanya data primer.

Sebenarnya pembagian data ke dalam primer dan sekunder tidak terlalu menjadi kajian penting dalam suatu naskah penelitian. Akan tetapi, kadang-kadang banyak dosen yang mempermasalahkan dan tidak mau memberikan tanda tangannya sebelum di naskah ditambahi keterangan tentang data primer dan sekunder. Tetapi dalam kasus lain, ada juga yang mahasiswanya bener-bener buta. Sehingga ketika ujian ditanya data yang digunakan data apa? Primer atau sekunder? Mahasiswa tersebut tidak bisa menjawab alias bingung. Dalam kasus ini, ya mungkin memang dalam naskah harus dicantumkan pengertian data primer dan data sekunder.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger