Home » » ANALISIS EKSPOR IKAN TUNA INDONESIA

ANALISIS EKSPOR IKAN TUNA INDONESIA

Written By Haris Ahmad on Saturday, January 22, 2011 | 9:31 AM

PENDAHULUAN

Salah satu pendorong pertumbuhan industri dan ekonomi adalah ekspor. Oleh sebab itu, untuk menghadapi era perda-gangan bebas, maka Indonesia dituntut untuk menyusun dan melakukan strategi ekspor yang tepat dan tidak hanya ber-tumpu pada ekspor migas saja. Sehubung-an dengan ini, pemerintah melakukan berbagai kebijakan deregulasi dan de-birokratisasi guna meningkatkan efisiensi ekonomi dan menghilangkan biaya tinggi untuk men-dorong peningkatan ekspor non migas. Upaya tersebut membuahkan hasil dimana jika pada tahun 1987 sektor non migas telah menyumbang 50,07% terhadap ekspor total maka pada tahun 1997 telah meningkat menjadi 81,64% dari nilai ekspor total.



Produk perikanan merupakan salah satu andalan ekspor Indonesia. Mengingat wilayah laut Indonesia yang terdiri atas luas perairan Indonesia kurang lebih 3,1 juta km2 (perairan laut teritorial 0,3 juta km2 dan perairan nusantara 2,8 juta km2) dan perairan Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia (ZEEI) seluas lebih kurang 2,7 juta km2 menyimpan banyak jenis ikan dan hasil perairan lainnya yang mememiliki nilai ekonomis penting.

Pemasaran hasil perikanan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia yang diarah kan pada pasar ekspor memiliki produk andalannya udang dan ikan tuna. Ikan tuna sebagai komoditas ekspor perikanan kedua telah menyumbangkan devisa pada tahun 1998 sebesar US$ 215,134 juta atau naik sebesar 13,57 % dari ekspor ikan tuna pada tahun 1997 yang mencapai US$ 189,43 juta.

Di kawasan ASEAN, Indonesia me nempati urutan kedua sebagai negara produsen ikan tuna setelah Thailand. Hal ini disebabkan perbedaan tingkat eksploitasi baik dari segi jumlah maupun teknologi penggunaan alat tangkap. Mengingat bahwa perairan Indonesia masih luas maka peluang untuk meningkatkan produksi masih besar dan itu berarti juga peluang untuk meningkatkan ekspor sebagai penambah devisa negara juga besar.



Perumusan Masalah

Berdasarkan uraian di atas, diru-muskan permasalahan dalam penelitian ini sebagaimana berikut :



Faktor-faktor apa sajakah yang mem-pengaruhi ekspor produk ikan tuna Indonesia?

Faktor-faktor apa sajakah yang mem-pengaruhi penawaran ikan tuna di pasar domestik ?

Dapatkah dilakukan prediksi data ekspor ikan tuna mulai tahun 2000 – 2005 ?

Strategi apa sajakah yang bisa dite-rapkan untuk meningkatkan ekspor ikan tuna Indonesia ?



Tujuan Penelitian




1 Untuk menganalisis berbagai faktor yang berpengaruh terhadap ekspor ikan tuna Indonesia.

2 Untuk menganalisis berbagai faktor yang berpengaruh terhadap penawaran ikan tuna Indonesia di pasar domestik

3 Untuk melakukan prediksi data ekspor ikan tuna mulai tahun 2000 –2005

4 Untuk mempelajari strategi pemasaran ekspor ikan tuna Indonesia.




KERANGKA KONSEP

Perdagangan Internasional



Perdagangan yang terjadi antara dua negara atau lebih sering disebut per-dagangan internasional. Perdagangan antar negara ini bisa terjadi karena adanya selisih harga barang di berbagai negara yang disebabkan perbedaan dalam jumlah, jenis, kualitas dan cara mengkombinasikan faktor-faktor produksi, perbedaan dalam pendapatan dan selera. Jadi dapat di-simpulkan perdagangan internasional dapat terjadi karena adanya perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran dari berbagai negara ( Nopirin, 1990). Dapat juga dikatakan bahwa ekspor komoditi suatu negara ke negara lain merupakan selisih antara penawaran do-mestik dengan permintaan domestik atau merupakan excess supply. Kondisi ini timbul karena adanya perbedaan harga domestik dengan harga internasional .

Sedangkan harga internasional sendiri memiliki hubungan yang positif dengan ekspor , yaitu apabila harga internasional semakin tinggi maka eksporpun semakin meningkat. (Salvatore, 1997) Ekspor suatu komoditi juga berkaitan dengan nilai tukar mata uang domestik terhadap mata uang negara lain. Sehingga kebijakan ekspor suatu negara..........

Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger