Home » » IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ANAK DINI USIA (PADU) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN

IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ANAK DINI USIA (PADU) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN

Written By Haris Ahmad on Saturday, January 22, 2011 | 9:08 AM

IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN ANAK DINI USIA (PADU) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN
 SUMBER DAYA MANUSIA
 (Studi di Kelurahan Tlogowaru Kecamatan Kedungkandang Kota Malang)


PENDAHULUAN
Anak adalah investasi sekaligus potensi dimasa mendatang. Para ahli teori perkembangan sependapat bahwa usia masa dini merupakan The Golden Age (masa emas) yang hanya datang sekali dan tidak dapat diulang dalam kehidupan seseorang.
 Hasil penelitian di Baylor College of Medicine menemukan bahwa apabila anak jarang memperoleh rangsangan pendidikan, maka perkembangan otaknya lebih kecil 20 – 30 % dari ukuran normal anak seusianya (fasli jalal, kompas 13 Juni 2002). Hasil penelitian di atas didukung oleh penelitian lainnya yang membuktikan bahwa perkembangan yang terjadi di masa awal cenderung permanen dan mempengaruhi sikap dan perilaku anak sepanjang hidupnya, sehingga pendidikan dini menjadi sangat penting. Oleh karenanya menyiapkan “Sumber Daya Manusia (SDM) unggul” harus dimulai sejak masa tersebut, bahkan sejak dalam kandungan. Negara maju dalam membangun sumber daya manusianya dimulai sejak dini.
Forum pendidikan dunia th 2003 di Dakar, Sinegal sebagai pertemuan dunia internasional telah memasukkan Pendidikan Anak Dini Usia (PADU)  sebagai salah satu kesepakatan yang harus dilakukan. Indonesia yang menjadi salah satu anggota forum tersebut terikat untuk melaksanakan  komitmen tersebut.
      Pentingnya intervensi tersebut dilandasi oleh salah satu asumsi khususnya dikalangan pendidikan adalah “kualitas anak yang yang masuk proses pendidikan akan mempengaruhi proses belajar selanjutnya”. Rendahnya kualitas pendidikan berdampak pada kualitas input pada jenjang tertentu. Dapat ditengarai bahwa komitmen kita masih cukup rendah terhadap keberadaan anak usia dini dan ini terbukti masih banyaknya anak usia dini yang belum tertampung di sekolah Taman Kanak-Kanak.
Saat ini pendidikan bagi anak dini usia bukan lagi merupakan wacana, melainkan sudah menjadi kebutuhan yang mendesak untuk segera direalisasikan. Hasil penelitian di bidang Neurologi meyakinkan kita bahwa betapa ruginya bila “masa usia emas” anak (terutama usia 4 tahun ke bawah) tidak mendapatkan rangsangan fisik (gizi dan kesehatan) serta rangsangan intelektual (pendidikan) yang memadai.

Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan tersebut di atas, maka yang menjadi fokus penelitian ini, adalah :
    1. Bagaimana  Implementasi Program Pendidikan Anak Dini Usia (PADU) sebagai  upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia ?
    2. Apa sajakah faktor penunjang dan penghambat Implementasi Program  Pendidikan Anak Dini Usia (PADU) di Kelurahan Tlogowaru Kec. Kedungkandang Kota Malang  dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia ?

Tujuan Penelitian

    1. Untuk mengetahui dan mendiskripsikan  Implementasi Program Pendidikan Anak Dini Usia (PADU) dalam upaya meningkatykan kualitas sumber daya manusia
    1. Untuk mendiskripsikan faktor-faktor apa sajakah yang dpat menunjang dan menghambat  Implementasi Program  Pendidikan Anak Dini Usia (PADU) di Kelurahan Tlogowaru Kec. Kedungkandang  Kota Malang ?
Manfaat  Penelitian
1.      Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wacana tentangarti pentingnya pendidikan anak sejak dini, dengan harapan terwujud penungkatan kualitas sumber daya manusia dan tercapainya tarak kesejahteraan dasar anak yaitu pemenuhan kebutuhan fisik dan pengajaran/pendidikan sejak dini.
2.      Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada para pengambil kebijakan, terutama departemen yang terkait seperti Diknas, Kesra  sebagai langkah untuk melakukan evaluasi dalam menentukan arah dan kebijakan pendidikan nasional dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia dan upaya mencapai kesejahteraan anak.


Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger