Home » » TUGAS KOMPONEN DASAR KOMPUTER

TUGAS KOMPONEN DASAR KOMPUTER

Written By Haris Ahmad on Saturday, February 5, 2011 | 10:34 AM

Komponen Dasar Komputer 
Memahami tentang bagian-bagian yang berbeda dari sebuah komputer adalah salah satu hal penting selain dari? bagaimana menggunakan komputer. Mengetahui tentang setiap komponen dalam sistem bermanfaat bagi kita saat membeli komputer baru atau memberikan mereka terhadap layanan atau perbaikan. Dengan kata lain, Anda harus tahu apa yang Anda gunakan. Berikut adalah daftar cepat dari semua komponen-komponen komputer dasar yang tetap berguna bagi Anda.
Perangkat keras
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Definisi Komputer Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.



Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Sistem Komputer
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
Perangkat Keras adalah bagian2 dari material komputer. Komponen2 ini mempunyai massa dan akan diinstalasi dengan obeng. Setiap perangkat keras memiliki garansi .
Sedangkan Perangkat Lunak adalah kebalikan dari Perangkat Keras yakni bagian2 yg non material dari komputer. Seperti : BIOS, Sistem operas dan program-program. Perangkat Lunak akan diinstalasikan ke dalam komputer melalui'Keyboard" dan "Mouse".Tidak ada perusahaan pembuat perangkat lunak yg bisa memberikan garansi bahwa perangkat lunaknya 100% tidak memiliki kesalahan.
Pengenalan Hardware Komputer Secara ringkas maka sistem komputer terdiri atas tiga bagian penting yaitu
1. Perangkat keras: Unit pemrosesan sentral (CPU)/Perangkat keras: Prosesor
2. Perangkat keras: Memori ROM dan RAM
3. Perangkat keras: Input/Output
Dimana bagian CPU/Processor, Memori dan Port I/O terletak (terpasang) pada Mother Board, selanjutnya akan diperinci bagian-bagian dari Komputer tersebut :
Central Processing Unit / Processor
Merupakan bagian utama dari komputer karena processor berfungsi untuk mengatur semua aktifitas yang ada pada komputer. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz (Mega Hertz) atau GHz(1000 MegaHertz), dimana semakin besar nilainya semakin cepat proses eksekusi pada komputer.
Memori
Memori berfungsi untuk menyimpan data dan program. Memori beraneka tipe dari yang tercepat aksesnya sampai yang terlambat.
• Tercepat: Chace Memory dan Main Memory
• Terlambat: Sekunder Memory
Selain menyatakan hubungan kecepatan, hirarki tersebut juga menyatakan hubungan – hubungan lain, yaitu :
• Hubungan Harga : Semakin kebawah adalah harganya semakin murah. (Harga dihitung berdasarkan rupiah per bit data disimpan).
• Hubungan Kapasitas : Semakin keatas umumnya kapasitasnya semakin terbatas.
• Hubungan frekuensi pengaksesan : Semakin keatas semakin tinggi frekuensi pengaksesan.
Setiap kali pemroses melakukan eksekusi, pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar intruksi dapat dilakukan secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada hirarki berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan kinerja system. Untuk itu terdapat konsep memori dua level, yaitu ditampung dulu sementara di memori pada hirarki lebih tinggi.


Apa Bagian Dasar Computer? 
Bagian-bagian Komputer

Kenal internet belum tentu mengenal bagian dari komputer. Apa saja sih yang disebut komputer itu. Disini akan dijelaskan dengan gambar.
Yang pertama, tentu saja bagian terpenting yaitu CPU (central Processing Unit), yang berfungsi sebagai otak tempat proses komputasi berlangsung. Lihat gambar dibawah ini.



Itu adalah tampak luar cpu atau kulitnya, sering juga disebut casing. Sedangkan didalamnya bermacam alat teknis berada disitu, mulai dari processor, memory, VGA, power supply dll. Tentu perlu pembahasan teknis untuk mengulas semua itu.

Nah, ini bagian inputnya yang terdiri dari keyboard dan mouse. Tahun 1990-an input device hanya berupa keyboard saja. Perkembangan selanjutnya mulai muncul mouse, pen (berbentuk pulpen). Saat ini sudah ada yang input device berupa sentuhan jari (touch screen) dan suara (kalima perintah). Yang umumnya dipakai untuk komputer rumahan adalah keyboard dan mouse. Fungsinya tentu saja untuk memasukan data.




Yang terakhir yaitu monitor, output sementara, karena hanya tampak buat sementara saja di layar. Fungsinya untuk melihat hasil input ataupun program yang sedang aktif.





1. Central Processing Unit 
Dikaitkan sebagai otak dari komputer, central processing unit (CPU) atau mikroprosesor, yang bertanggung jawab untuk melaksanakan semua fungsi program komputer. Otak komputer terdiri dari ribuan transistor dan tanpa CPU Anda sama saja seperti? tidak memiliki komputer. 

2. Random Access Memory (RAM)
Random Access Memory adalah hardware di dalam komputer yang menyimpan sementara informasi yang menggunakan sementara CPU komputer aktif. Ini adalah salah satu dari komponen-komponen komputer dasar yang membuat sistem berjalan lebih cepat. Menambahkan lebih RAM ke komputer menyebabkan pengurangan jumlah kali CPU membaca data dari hard disk dan dengan demikian, peningkatan fungsi sistem. Seperti disebutkan, RAM menyimpan data sampai komputer dan sekali ditutup, semua data disimpan akan hilang, sehingga memori yang mudah menguap. Ini tersedia dalam berbagai jenis, ukuran dan kecepatan.

3. Hard Disk Drive 
Berikutnya pada daftar komponen-komponen komputer dasar adalah hard disk drive, yang digunakan untuk menyimpan data atau informasi pada hard disk (disk magnetik yang kaku yang dipasang secara permanen dalam sebuah drive unit). Disk ini disebut sebagai media penyimpanan data yang menampung semua informasi dalam komputer dan berfungsi sebagai sarana utama penyimpanan, memegang hampir semua program dan file dalam sistem. 

4. CD dan DVD Drives 
Drive ini biasanya terletak di bagian depan sistem unit (kotak persegi panjang) dari komputer. Alat ini digunakan untuk mengambil data dari CD atau DVD dan beberapa dari mereka mungkin juga digunakan untuk menulis atau merekam data ke CD atau DVD. Dengan cara ini, Anda dapat memutar musik atau video dengan menggunakan CD dan DVD dengan bantuan drive ini. 

5. Floppy Disk Drive 
Komponen komputer ini digunakan untuk bekerja dengan floppy disk (plastik kecil disk magnetis kaku tertutup dalam envelope dengan celah radial; digunakan untuk menyimpan data atau program untuk komputer mikro), juga dikenal sebagai disket. Seperti disk untuk menyimpan sejumlah kecil data, tidak seperti CD atau DVD. Mereka juga lebih rentan terhadap kerusakan dan dengan kedatangan USB flash drive atau pen drive, penggunaannya telah hampir menjadi usang atau kurang populer. 

6. Mouse 
Anda harus menyadari mouse, salah satu esensial dan komponen komputer dasar. Hal ini digunakan untuk menunjuk dan memilih item pada layar komputer untuk meluncurkan program untuk eksekusi. Ia juga dikenal sebagai perangkat periferal komputer karena bukan merupakan bagian dari sistem unit. Semua mouse datang dengan dua tombol dan beberapa dari mereka juga memiliki tombol bergulir di antara tombol-tombol lainnya. Hal ini terutama digunakan untuk menggulung layar komputer atas dan bawah. Perangkat ini terhubung ke sistem unit dengan kabel panjang dan kecil, bentuk persegi panjang, membuatnya mirip mouse yang sebenarnya. Wired mouse datang dengan bola di bagian bawah dan beberapa optik. Anda dapat juga memanfaatkan mouse yang nirkabel. 

7. Keyboard 
Seperti namanya, keyboard digunakan untuk memasukkan teks dan karakter lain di komputer, seperti saya lakukan sekarang! Hal ini mirip dengan mesin tik dalam susunan abjad. Namun, juga memiliki tombol khusus. Mereka termasuk tombol angka, tombol navigasi (terletak di sisi kanan bawah) dan tombol fungsi (F1 - F12). Keyboard juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan fungsi-fungsi yang dapat dilakukan dengan menggunakan mouse. Untuk ini, Anda perlu mengikuti cara pintas keyboard tertentu. Selengkapnya di keyboard komputer. 

8. Monitor, Printer, Speaker dan Modem 
Apa itu monitor komputer? Saya yakin bahwa jawabannya adalah diri jelas. terdiri dalam dua jenis; CRT (tabung sinar katoda) jenis dan LCD (liquid crystal display) jenis. Jenis ini umumnya lebih hemat biaya daripada kemudian satu, sementara yang kemudian memiliki keuntungan menjadi lebih ringan dan tipis.
Monitor LCD = suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama

Monitor CRT = sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi dan oskiloskop , cathode ray tube

Monitor CGA = kartu grafik berwarna pertama yang dikeluarkan oleh IBM dan standar tampilan komputer pertama untuk IBM PC , Color Graphics Adapter

Monitor EGA = Enhanced Graphics Adaptor , mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA

monitor VGA = Video Graphics Adapter , standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987 , merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer



Printer, seperti yang kita tahu, mentransfer data dari komputer ke atas kertas. Itu bukan salah satu komponen komputer dasar yang diperlukan untuk komputer berfungsi. Namun, diperlukan untuk tujuan pencetakan e-mail, kartu, undangan, pengumuman dan sebagainya. Inkjet printer dan laser printer populer adalah dua jenis perangkat ini yang dapat berhasil. 

Speaker adalah alat yang digunakan untuk memutar suara pada komputer dan dapat dianggap sebagai salah satu komponen komputer dasar. Tanpa perangkat tersebut, setiap lagu, film atau suara yang menghasilkan efek pada komputer akan ada kurang dari film bisu! 

Modem, kependekan dari modulator-demodulator juga dapat dikaitkan sebagai salah satu komponen komputer dasar, jika ada penggunaan Internet. Dalam bahasa sehari-hari, ini didefinisikan sebagai sebuah perangkat yang mengubah sinyal digital komputer ke dalam frekuensi spesifik untuk dijalankan di atas kabel telepon atau saluran televisi.

VGA Card

VGA card merupakan bagian komputer, di dalam CPU yang berperan penting untuk menampilkan output process ke monitor. Tanpa VGA card, layar komputer tidak akan menampilkan apa-apa alias blank. VGA card sendiri ada yang berupa slot tambahan ataupun bawaan produsen motherboard atau disebut juga VGA on board.
Seperti apa bentuk VGA card tersebut?


Bagian-bagiannya antara lain terdiri dari memory dan kipas sebagai pendingin. Fungsinya sama, yaitu menampilkan teks dan gambar ke monitor, hanya warna dan desain yang berbeda, tergantung pihak manufaktur. Kipas dibutuhkan untuk mendinginkan komponen VGA card yang panas, karena bagian ini bekerja cukup berat setiap saat.
VGA card yang terlihat diatas merupakan VGA tambahan, bukan on board (tidak menyatu dengan motherboard). Keuntungan VGA card non on board adalah kita dapat dengan mudah menggantinya dengan yang baru apabila terjadi kerusakan atau ingin meningkatkan performa grafis komputer kita.


Casing

Casing merupakan bagian komputer yang berfungsi sebagai pakaian atau pelindung dari CPU. Bentuk yang umum adalah kotak persegi, namun bisa dengan modifikasi bagi mereka yang senang mengotak-atik casing ini.
Selain sebagai pelindung CPU, casing juga bisa berfungsi sebagai pendingin tambahan. Karena biasanya, casing modern saat ini dilengkapi dengan kipas pendingin yang jumlah nya bisa lebih dari satu buah.
Fungsi lainnya yang utama adalah sebagai pondasi untuk menempatkan berbagai bagian komputer lainnya, terutama CPU, seperti motherboard, vga card, soundcard dan lain-lain.
Sebagai pelindung, casing bermanfaat melindungi bagian dalamnya dari kotoran atau debu, dari benturan dengan benda lain, sehingga bagian-bagian yang vital akan aman dan tidak cepat rusak.
Selain fungsi primernya tersebut, casing juga dapat tampil dengan berbagai macam warna dan bentuk yang sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja casing hasil modifikasi ini harganya lebih mahal.
Yang terpenting dalam pemilihan casing adalah fungsi utamanya. Sehingga komputer kita berada dalam keadaan yang aman dan terlindungi.





Power Supply

Masih bagian dalam komputer, yang tersimpan dalam CPU yaitu power supply. Sesuai dengan namanya power supply ini berfungsi mengalirkan listrik ke setiap bagian komputer agar dapat berjalan. Yang biasa dipakai di PC rumahan adalah jenis ATX. 

Bagian belakang terdiri dari socket penghubung ke monitor dan power listrik. Juga terdapat fan atau kipas angin, yang berfungsi mendinginkan udara di dalam kotak power supply tersebut. Bagian depan terdiri dari kabel-kabel kecil untuk mengalirkan listrik ke setiap bagian di dalam CPU atau motherboard.

Tentu saja listrik yang mengalir sudah minim atau diperkecil. Sedangkan di power supply itu sendiri voltase listrik masih besar, sehingga dilarang keras menyentuhnya.



Processor

Tulisan ini lanjutan dari sebelumnya yang membahas isi dari CPU. Kemarin sudah membahas mengenai motherboard, kali ini kita akan membahas processor. Apa sih processor itu? Bagaimana bentuknya? Fungsinya buat apa?

Dibawah ini akan coba dijelaskan apa itu processor. Processor merupakan bagian yang sangat penting dari komputer. Ia bisa diibaratkan sebagai otaknya komputer. Yaitu suatu sirkuit elektronik yang berfungsi secara logik merespon dan mengolah segala intruksi yang menghidupkan komputer.


Motherboard

Tulisan ini bagi yang ingin mengenal isi CPU, diantaranya motherboard atau mainboard. Merupakan bagian induk atau utama yang berada dalam CPU. Berfungsi sebagai papan circuit dari berbagai macam komponen pendukung lainnya.

ANEKA ISTILAH T.I
A and B bit signaling
Prosedur yang digunakan dalam fasilitas transmisi T1 dimana satu bit:byte dari setiap frame keenam p...
A Hardware Programming Language
Suatu bahasa pemrograman tingkat rendah:low level language yang langsung mengendalikan mesin berdasa...
A Language Encouraging Hierarchy
Biasanya disingkat dengan ALEPH. Merupakan sebuah bahasa pemrograman:programming language yang diban...
A Language for Attributed Definitions
Biasanya disingkat dengan ALADIN. Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa yang menjadi input dari mp...
A law
Standar dari organisasi telekomunikasi dunia ITU-T dan badan standarisasi CCITT yang digunakan pada ...
A link
Jenis sambungan akses SS7.
A Manufacturing Language
Biasanya disingkat dengan AML. Bahasa pemrograman tingkat tinggi:high level language yang dibangun o...
A Programming Language
Sebuah bahasa pemrograman:programming language yang awalnya dikembangkan oleh Ken Iverson dari Hardv...
A Simulation Process-Oriented Language
Disingkat dengan ASPOL. Merupakan bahasa pemrograman dengan penulisan mirip dengan ALGOL, yang digun...
A Tools Integration Standard
Disingkat menjadi ASIS. Merupakan suatu perangkat berbasis objek (object-oriented) untuk mengatur la...
A/M
Ampers per meter.
A1
Bahasa pemrograman Address 1 Code. Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh Matthew Newhook, dan digun...
A:
Istilah yang lazim digunakan sebagai penjunjuk drive pertama yang ada di PC:personal computer (biasa...
AAA
Authentication, Authorization, accounting. Adalah sebutan yang menyatakan sebuah proses yang mencaku...
AB Box
Kotak Swicth (pengarah arus). Perangkat ini berfungsi untuk mengarahkan arus ke perangkat alternatif...
BIOS= (Basic Input Output System) , bagian dari sistem operasi yang bisa mengidentifikasi set program yang digunakan untuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disket sistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) dari sistem dan umumnya tersimpan secara permanen. -Program yang digunakan mikroprosesor untuk menyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran data antara sistem operasi komputer dan perangkat tambahan yang terhubung pada komputer.

Flashdisk= memory penyimpan data yang berintegrasi dengan USB (Universal Serial Bus)

I S P = (Internet Service Provider) , perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan

Winamp = suatu pemutar media buatan Nullsoft, yang sekarang merupakan suatu cabang Time Warner. Winamp merupakan perangkat lunak freeware atau shareware multiformat yang skinnable

MP3 = MPEG-1 Audio Layer 3 , salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil

windows media player = perangkat lunak pemutar musik, video dan gambar (foto) buatan Microsoft. 

hak paten = hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada Inventor atas hasil Invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri Invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. (UU 14 tahun 2001, ps. 1, ay. 1)

operating system = OS , perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

cracker = sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya.

e-mail = sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet

yahoo = sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc. yang dirintis oleh oleh David Filo dan Jerry Yang

internet explorer = disingkat IE atau MSIE , sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft

linux = nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix , merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama

id user = nickname

3G = singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology , umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless). 3G juga berguna untuk menelepon, tetapi dengan 3G, penelepon dan penerima bisa saling bertatap muka

USB = Universal Serial Bus , standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA

bluetooth = spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan

infrared = radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang

OHP = Overhead Proyektor , benda yang berguna untuk melihat bayangan gambar diapositif seperti yang umumnya digunakan untuk presentasi di kelas

merek dagang = nama atau simbol yang diasosiasikan dengan produk/ jasa dan menimbulkan arti psikologis/ asosiasi

Monitor LCD = suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampil utama

Monitor CRT = sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi dan oskiloskop , cathode ray tube

Monitor CGA = kartu grafik berwarna pertama yang dikeluarkan oleh IBM dan standar tampilan komputer pertama untuk IBM PC , Color Graphics Adapter

Monitor EGA = Enhanced Graphics Adaptor , mampu menampilkan 16 warna dalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA

monitor VGA = Video Graphics Adapter , standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987 , merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer

Screen saver = Animasi yang ditampilkan apabila tidak ada respon input ke komputer dari user dalam jangka waktu tertentu 

trackball = alat penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan

barcode reader = alat yang digunakan untuk membaca kode barcode

trade secret = kerja intelektual, semacam rencana bisnis, yang merupakan rahasia perusahaan dan tidak berdasar pada informasi publik

backing storage = Media untuk menyimpan data yang berfungsi sebagai pendukung. Umumnya backing storage ini kemampuan simpannya lebih besar daripada penyimpan data utama, namun memiliki kecepatan yang lebih rendah

keyboard = peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer

software = program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras , dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras

hardware = semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya

brainware = Istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem computer

Aplikasi : Sekumpulan program sebagai sebuah paket untuk melakukan tugas khusus (lengkap), misalnya mengolah kata dan mengolah angka dan menggambar.
3 D : Singkatan Three Dimension. Tampilan gambar dengan unsur matra dimensi yang lengkap (panjang, tinggi dan kedalaman).
2 D : Singkatan Two Dimension. Tampilan gambar dengan unsur matra atau 2 dimensi (panjang dan tinggi).
CD ROM : Compact Disc-Read Only Memory. Tempat/pemutar CD yang hanya bisa dibaca, tidak dapat dimasuki data baru atau dihapus.
CD RW : Compact Disc-Read and Write (CD Writer). Tempat/pemutar CD yang bisa dibaca, dan dapat dimasuki data baru atau dihapus.
Gigabyte (Gb) : Satuan ukuran data digital. 1 Gb = 1.024 Mb (Megabyte).
Megabyte (Mb) : Satuan ukuran data digital. 1 Mb = 1.024 Kb (Kilobyte).
Instal : Dari install. Memasukkan dan memasang software atau program dari komputer.
Loading : Proses transfer data (pemindahan data) dari satu media penyimpanan/komputer ke media/komputer lain.
Offline : Suatu keadaan yang menyatakan bahwa sebuah komputer tidak atau belum terhubung ke komputer lain.
Online : Suatu keadaan yang menyatakan bahwa sebuah komputer terhubung ke komputer lain.
Server : Komputer yang menjadi pusat dari sebuah jaringan dan melayani komputer lainnya.
Prosesor : Keping elektronik mungil/kecil yang menjadi otak komputer, terletak di CPU.
Pointer : Tanda panah (atau tanda lain) pada layar monitor yang mewakili posisi dan gerakan mouse.
Desktop : Bidang pada layar monitor yang berisi icon siap klik untuk membuka program.
Icon : Gambar kecil di layar monitor yang mewakili sebuah program, file atau menu
Shortcut : Sebuah langkah pendek, yang diwakili oleh icon, untuk membuka file dan program (cukup dengan mengekliknya).
Wallpaper : Gambar atau pola grafis yang menjadi pengisi layar monitor saat layar tersebut tidak menampilkan jendela aplikasi secara utuh.
Graphics : Diindonesiakan sebagai grafik. Informasi pada komputer yang ditampilkan dalam bentuk gambar atau teks bergaya gambar.
WordArt : Fitur dalam microsoft word untuk membuat teks dengan bentuk yang beragam (lingkaran, bulat, dan lonjong).
ScreenSaver : Gambar bergerak atau animasi pada layar yang akan aktif jika komputer tidak menerima perintah dari kibor (keyboard) dan mouse dalam waktu tertentu.
Toolbars : Garis lebar melintang pada sebuah jendela aplikasi yang berisi tombol perintah.
Font : Bentuk dan gaya huruf yang diberi nama.
Text Box : Fitur dalam microsoft word untuk menuliskan teks yang dapat digeser ke segala sudut lembar dokumen.
ClipArt/Clipart : Koleksi/macam gambar digital yag siap disisipkan ke dalam dokumen yang dikerjakan di komputer

ADN - Advanced Digital Network. Biasanya merujuk kepada saluran leased line berkecepatan 56Kbps.
ADSL - Asymetric Digital Subscriber Line. Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi. Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.
Anonymous FTP - Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki login tertentu. Aturan standar dalam mengakses Anonymous FTP adalah dengan mengisikan “Anonymous” pada isian Username dan alamat email sebagai password.
ARPANet - Advanced Research Projects Agency Network. Jaringan yang menjadi cikal-bakal terbentuknya Internet. Dibangun pada akhir dasawarsa 60-an hingga awal dasawarsa 70-an oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat sebagai percobaan untuk membentuk sebuah jaringan berskala besar (WAN) yang menghubungkan komputer-komputer di berbagai lokasi dengan sistem yang berbeda-beda pula namun dapat diakses sebagai sebuah kesatuan untuk dapat saling memanfaatkan resource masing-masing.
ASCII - American Standard Code for Information Interchange. Standar yang berlaku di seluruh dunia untuk kode berupa angka yang merepresentasikan karakter-karakter, baik huruf, angka, maupun simbol yang digunakan oleh komputer. Terdapat 128 karakter standar ASCII yang masing-masing direpresentasikan oleh tujuh digit bilangan biner mulai dari 0000000 hingga 1111111.
B
Backbone - Jalur berkecepatan tinggi atau satu seri koneksi yang menjadi jalur utama dalam sebuah network.
Bandwidth - Besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.
Binary - Biner. Yaitu informasi yang seluruhnya tersusun atas 0 dan 1. Istilah ini biasanya merujuk pada file yang bukan berformat teks, seperti halnya file grafis.
Bit - BInary digiT. Satuan terkecil dalam komputasi, terdiri dari sebuah besaran yang memiliki nilai antara 0 atau 1.
bps - Bit Per Seconds. Ukuran yang menyatakan seberapa cepat data dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.
Browser - Sebutan untuk perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengakses World Wide Web
Byte - Sekumpulan bit yang merepresentasikan sebuah karakter tunggal. Biasanya 1 byte akan terdiri dari 8 bit, namun bisa juga lebih, tergantung besaran yang digunakan.
C
CGI - Common Gateway Interface. Sekumpulan aturan yang mengarahkan bagaimana sebuah server web berkomunikasi dengan sebagian software dalam mesin yang sama dan bagaimana sebagian dari software (CGI Program) berkomunikasi dengan server web. Setiap software dapat menjadi sebuah program CGI apabila software tersebut dapat menangani input dan output berdasarkan standar CGI.
cgi-bin - Nama yang umum digunakan untuk direktori di server web dimana program CGI disimpan.
Chat - Secara harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana baris-baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard.

D
DNS - Domain Name Service. Merupakan layanan di Internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP address). Singkatnya DNS melakukan konversi dari nama ke angka. DNS dilakukan secara desentralisasi, dimana setiap daerah atau tingkat organisasi memiliki domain sendiri. Masing-masing memberikan servis DNS untuk domain yang dikelola.
DSL - Digital Subscriber Line. Sebuah metode transfer data melalui saluran telepon reguler. Sirkuit DSL dikonfigurasikan untuk menghubungkan dua lokasi yang spesifik, seperti halnya pada sambungan Leased Line (DSL berbeda dengan Leased Line). Koneksi melalui DSL jauh lebih cepat dibandingkan dengan koneksi melalui saluran telepon reguler walaupun keduanya sama-sama menggunakan kabel tembaga. Konfigurasi DSL memungkinkan upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda (lihat ASDL) maupun dalam kecepatan sama (lihat SDSL). DSL menawarkan alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan ISDN.
Download - Istilah untuk kegiatan menyalin data (biasanya berupa file) dari sebuah komputer yang terhubung dalam sebuah network ke komputer lokal. Proses download merupakan kebalikan dari upload.
Downstream - Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari upstream.
E
Email - Electronic Mail. Pesan, biasanya berupa teks, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet. Sebuah alamat email yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya: myname@mydomain.com.
F
Firewall - Kombinasi dari hardware maupun software yang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.
FTP - File Transfer Protocol. Protokol standar untuk kegiatan lalu-lintas file (upload maupun download) antara dua komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Sebagian sistem FTP mensyaratkan untuk diakses hanya oleh mereka yang memiliki hak untuk itu dengan mengguinakan login tertentu. Sebagian lagi dapat diakses oleh publik secara anonim. Situs FTP semacam ini disebut Anonymous FTP.
G
Gateway - Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware maupun software yang menterjemahkan antara dua protokol yang berbeda. Pengertian yang lebih umum untuk istilah ini adalah sebuah mekanisme yang menyediakan akses ke sebuah sistem lain yang terhubung dalam sebuah network.
GPRS - General Packet Radio Service. Salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel). Dibandingkan dengan protokol WAP, GPRS memiliki kelebihan dalam kecepatannya yang dapat mencapai 115 kbps dan adanya dukungan aplikasi yang lebih luas, termasuk aplikasi grafis dan multimedia.
H
Home Page/Homepage - Halaman muka dari sebuah situs web. Pengertian lainnya adalah halaman default yang diset untuk sebuah browser.
Host - Sebuah komputer dalam sebuah network yang menyediakan layanan untuk komputer lainnya yang tersambung dalam network yang sama.
HTML - Hypertext Markup Language, merupakan salah satu varian dari SGML yang dipergunakan dalam pertukaran dokumen melalui protokol HTTP.
HTTP - Hyper Text Transfer Protocol. Protokol yang didisain untuk mentransfer dokumen HTML yang digunakan dalam World Wide Web.
HTTPD - Lihat World Wide Web.
I
IMAP - Internet Message Access Protocol. Protokol yang didisain untuk mengakses e-mail. protokol lainnya yang sering digunakan adalah POP.
Internet - Sejumlah besar network yang membentuk jaringan inter-koneksi (Inter-connected network) yang terhubung melalui protokol TCP/IP. Internet merupakan kelanjutan dari ARPANet dan kemungkinan merupakan jaringan WAN yang terbesar yang ada saat ini.
Intranet - Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secar internal.
IP Address - Alamat IP (Internet Protocol), yaitu sistem pengalamatan di network yang direpresentasikan dengan sederetan angka berupa kombinasi 4 deret bilangan antara 0 s/d 255 yang masing-masing dipisahkan oleh tanda titik (.), mulai dari 0.0.0.1 hingga 255.255.255.255.
ISDN - Integrated Services Digital Network. Pada dasarnya, ISDN merupakan merupakan jalan untuk melayani transfer data dengan kecepatan lebih tinggi melalui saluran telepon reguler. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.
ISP - Internet Service Provider. Sebutan untuk penyedia layanan internet.
L
Leased Line - Saluran telepon atau kabel fiber optik yang disewa untuk penggunaan selama 24 jam sehari untuk menghubungkan satu lokasi ke lokasi lainnya. Internet berkecepatan tinggi biasanya menggunakan saluran ini.
Login - Pengenal untuk mengakses sebuah sistem yang tertutup, terdiri dari username (juga disebut login name) dan password (kata kunci).
M
Mailing List - Juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
MIME - Multi Purpose Internet Mail Extensions. Ekstensi email yang diciptakan untuk mempermudah pengiriman berkas melalui attachment pada email.
MTA - Mail Transport Agent. Perangkat lunak yang bekerja mengantarkan e-mail kepada user. Adapun program untuk membaca e-mail dikenal dengan istilah MUA (Mail User Agent).
MUA - Lihat MTA.
N
Network - Dalam terminologi komputer dan internet, network adalah sekumpulan dua atau lebih sistem komputer yang digandeng dan membentuk sebuah jaringan. Internet sebenarnya adalah sebuah network dengan skala yang sangat besar.
NNTP - Network News Transfer Protocol. protokol yang digunakan untuk mengakses atau transfer artikel yang diposkan di Usenet news. Program pembaca news (news reader) menggunakan protokol ini untuk mengakses news. NNTP bekerja di atas protokol TCP/IP dengan menggunakan port 119.
Node - Suatu komputer tunggal yang tersambung dalam sebuah network.
P
Packet Switching - Sebuah metode yang digunakan untuk memindahkan data dalam jaringan internet. Dalam packet switching, seluruh paket data yang dikirim dari sebuah node akan dipecah menjadi beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keterangan mengenai asal dan tujuan dari paket data tersebut. Hal ini memungkinkan sejumlah besar potongan-potongan data dari berbagai sumber dikirimkan secara bersamaan melalui saluran yang sama, untuk kemudian diurutkan dan diarahkan ke rute yang berbeda melalui router.
PERL - Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Larry Wall yang sering dipakai untuk mengimplementasikan script CGI di World Wide Web. Bahasa Perl diimplementasikan dalam sebuah interpreter yang tersedia untuk berbagai macam sistem operasi, diantaranya Windows, Unix hingga Macintosh.
POP - Post Office Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengambil atau membaca email dari sebuah server. protokol POP yang terakhir dan paling populer digunakan adalah POP3. protokol lain yang juga sering digunakan adalah IMAP. Adapun untuk mengirim email ke sebuah server digunakan protokol SMTP.
PPP - Point to Point Protocol. Sebuah protokol TCP/IP yang umum digunakan untuk mengkoneksikan sebuah komputer ke internet melalui saluran telepon dan modem.
Protokol - Protocol. Seperangkat aturan yang mengatur secara tepat format komunikasi antar sistem. Sebagai contoh, protokol HTTP mengatur format komunikasi antara browser web dan browser server. Protokol IMAP mengatur format komunikasi antara server email IMAP dengan klien.
PSTN - Public Switched Telephone Network. Sebutan untuk saluran telepon konvensional yang menggunakan kabel.
R
RFC - Request For Comments. Sebutan untuk hasil dan proses untuk menciptakan sebuah standar dalam internet. Sebuah standar baru diusulkan dan dipublikasikan di internet sebagai sebuah Request For Comments. Proposal ini selanjutnya akan di-review oleh Internet Engineering Task Force (IETF), sebuah badan yang mengatur standarisasi di internet. Apabila standar tersebut kemudian diaplikasikan, maka ia akan tetap disebut sebagai RFC dengan referensi berupa nomor atau nama tertentu, misalnya standar format untuk email adalah RFC 822.
Router - Sebuah komputer atau paket software yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat tujuan dan alamat asal dari paket data yang melewatinya dan memutuskan rute yang harus digunakan oleh paket data tersebut untuk sampai ke tujuan.
S
SDSL - Symmetric Digital Subscriber Line. Salah satu tipe DSL yang memungkinkan transfer data untuk upstream maupun downstream berjalan pada kecepatan yang sama. SDSL umumnya berkerja pada kecepatan 384 kbps (kilobit per detik).
SGML - Standard Generalized Markup Language. Nama populer dari ISO Standard 8879 (tahun 1986) yang merupakan standar ISO (International Organization for Standarization) untuk pertukaran dokumen secara elektronik dalam bentuk hypertext.
SMTP - Simple Mail Transfer Protocol. Protokol standar yang digunakan untuk mengirimkan email ke sebuah server di jaringan internet. Untuk keperluan pengambilan email, digunakan protokol POP.
SSH - Secure Shell. Protokol pengganti Telnet yang memungkinkan akses yang lebih secure ke remote-host.
T
TCP/IP - Transmission Control Protocol/Internet Protocol. Satu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. TCP/IP harus dapat bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
Telnet - Perangkat lunak yang didesain untuk mengakses remote-host dengan terminal yang berbasis teks, misalnya dengan emulasi VT100. Penggunaan Telnet sangat rawan dari segi sekuriti. Saat ini penggunaan Telnet telah digantikan oleh protokol SSH dengan tingkat keamanan yang lebih baik.
U
UDP - User Datagram Protocol. Salah satu protokol untuk keperluan transfer data yang merupakan bagian dari TCP/IP. UDP merujuk kepada paket data yang tidak menyediakan keterangan mengenai alamat asalnya saat paket data tersebut diterima.
Upload - Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network. Kebalikan dari kegiatan ini disebut download.
Upstream - Istilah yang merujuk kepada kecepatan aliran data dari komputer lokal ke komputer lain yang terhubung melalui sebuah network. Istilah ini merupakan kebalikan dari downstream.
URI - Uniform Resource Identifier. Sebuah alamat yang menunjuk ke sebuah resource di internet. URI biasanya terdiri dari bagian yang disebut skema (scheme) yang diikuti sebuah alamat. URI diakses dengan format skema://alamat.resource atau skema:alamat.resource. Misalnya, URI http://yahoo.com menunjukkan alamat resource yahoo.com yang dipanggil lewat skema HTTP Walaupun HTTP adalah skema yang sering digunakan, namun masih tersedia skema-skema lain, misalnya telnet, FTP, News, dan sebagainya.
URL - Uniform Resource Locator. Istilah ini pada dasarnya sama dengan URI, tetapi istilah URI lebih banyak digunakan untuk menggantikan URL dalam spesifikasi teknis.
Usenet - Usenet news, atau dikenal juga dengan nama “Net news”, atau “news” saja, merupakan sebuah buletin board yang sangat besar dan tersebar di seluruh dunia yang dapat digunakan untuk bertukar artikel. Siapa saja dapat mengakses Usenet news ini dengan program-program tertentu, yang biasanya disebut newsreader. Akses ke server news dapat dilakukan dengan menggunakan protokol NNTP atau dengan membaca langsung ke direktori spool untuk news yaitu direktori dimana artikel berada (cara terakhir ini sudah jarang dilakukan).
UUENCODE - Unix to Unix Encoding. Sebuah metode untuk mengkonfersikan file dalam format Biner ke ASCII agar dapat dikirimkan melalui email.
V
VOIP - Voice over IP. VoIP adalah suatu mekanisme untuk melakukan pembicaraan telepon (voice) dengan menumpangkan data dari pembicaraan melalui Internet atau Intranet (yang menggunakan teknologi IP).
VPN - Virtual Private Network. Istilah ini merujuk pada sebuah network yang sebagian diantaranya terhubung dengan jaringan internet, namun lalu lintas data yang melalui internet dari network ini telah mengalami proses enkripsi (pengacakan). Hal ini membuat network ini secara virtual “tertutup” (private).
W
WAP - Wireless Application Protocol. Standar protokol untuk aplikasi wireless (seperti yang digunakan pada ponsel). WAP merupakan hasil kerjasama antar industri untuk membuat sebuah standar yang terbuka (open standard). WAP berbasis pada standar Internet, dan beberapa protokol yang sudah dioptimasi untuk lingkungan wireless. WAP bekerja dalam modus teks dengan kecepatan sekitar 9,6 kbps. Belakangan juga dikembangkan protokol GPRS yang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan WAP.
Webmail - Fasilitas pengiriman, penerimaan, maupun pembacaan email melalui sarana web.
WML - Wireless Markup Language. Salah satu turunan dari format HTML yang khusus dikembangkan untuk dipakai pada protokol WAP.
World Wide Web - Sering disingkat sebagai WWW atau “web” saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.
X
XML - Extensible Markup Language. Pengembangan lebih lanjut dari format HTML yang digunakan dalam World Wide Web. XML memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan HTML, diantaranya dokumen lebih terstruktur, memungkinkan manipulasi tampilan data tanpa harus berhubungan dengan webserver, serta pertukaran data antar dokumen.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger