Home » » Cara Mengetahui Compressor Yang Baik Atau Siap Pakai

Cara Mengetahui Compressor Yang Baik Atau Siap Pakai

Written By Haris Ahmad on Monday, May 31, 2010 | 2:24 PM

Pertama yang dilakukan adalah ukur tiga terminal compressor ke body compressor dengan multitester ohm x 1K jika ada tahanan/ohm atau jarum multitester bergerak berarti compressor contact body/korslet.

Jika tidak ada tahanan/jarum multitester tidak bergerak segera lakukan yang dibawah ini.
Pasang pentil pengisian freon pada pipa tekan/discharge dengan cara di las, setelah selesai pasang manifold meter yang berwarna merah.
untuk pengecekan compressor pada outdoor unit pasang selang manifold warna merah pada kran nepel 1/4 dan kencangkan.
pastikan 2 buah kran nepel 1/4 dan 3/8 telah dibuka ke arah kanan dengan kunci L.

Meter yang berwarna merah pada manifold adalah untuk mengukur tekanan tinggi/high presure 0-500 psi, sedangkan meter yang berwarna biru adalah untuk mengukur tekanan rendah/low presure 0-150 psi.
Setelah manifold meter warna merah terpasang pada pipa tekan/discharge atau telah terpasang pada drat nepel 1/4 (untuk pengecekan compressor yang berada pada outdoor unit) dengan kran manifold tertutup penuh.

Barulah anda jalankan compressor, perhatikan pada meter warna merah apakah jarum berjalan sampai menyentuh angka 500 psi, jika menyentuh angka 500 psi berarti compressor dalam keadaan baik atau siap pakai.

Ukur juga amper compressor pada waktu pengetesan tekanan, normal atau tidak? tergantung berapa pk compressor yang akan anda test.
Perhatikan juga pada pipa hisap/suction bila compressor yang anda test tekanannya.
Apakah ada angin yang keluar atau tidak pada pipa hisap/suction, jika ada angin yang keluar, otomatis meter yang tadinya menunjuk angka 500 psi akan turun kebawah.
Ini menunjukan klep hisap pada compressor sudah tidak dapat tertutup rapat alias bocor.
Bila ini terjadi, compressor tidak layak pakai alias berkondisi jelek, walaupun dapat mengeluarkan tekanan sampai 500 psi(per square inch).
Share this article :

4 Komentar:

  1. apa oli brpngaruh pd tekanan & klep kompnya?

    ReplyDelete
  2. Sangat berpengaruh, pengisian oli tidak boleh terlalu banyak ataupun terlalu sedikit.

    ReplyDelete
  3. AC polytron saya yang 1/2 PK tidak dingin....
    bahkan sudah dicek semuanya oleh tekhnisi dr polytron... sampai diganti compresor yg baru, tapi tetap ga dingin... saya bingung, apa yang rusak.... tlng masukannya

    ReplyDelete
  4. kalau kompresor sudah diganti tetapi masih tetap tidak dingin ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. apakah sistem ada kebuntuan atau kebocoran? coba cek kelistrikan? dan yang terakhir coba periksa kebersihan AC anda. jika tidak ada masalah pastikan saat pengisian freon sistem benar2 vakum, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap pendinginan. selain itu yang perlu diperhatikan besarnya PK dengan besar ruangan. apakah di dalam ruangan terdapat banyak benda elektronik atau manusia? karena ini termasuk panas yang dapat mengurangi kedinginan dari AC tersebut

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger