Home » » Belanda kalahkan Kamerun 2-1

Belanda kalahkan Kamerun 2-1

Written By Haris Ahmad on Friday, June 25, 2010 | 10:44 AM


Belanda menyudahi laga penyisihan Grup E dengan catatan manis. Tiga laga yang dijalankan berhasil memetik tiga poin secara berturut-turut.

Setelah laga perdana mengalahkan Denmark 2-0, kemudian laga kedua menang tipis 1-0 atas Jepang, giliran Kamerun yang menjadi tumbal. Laga ketiga Tim Oranje mampu memetik kemenangan dengan skor 2-1.

Dengan kemenangan menyakinkan itu, tim besutan Bert van Marwijk berhak menjadi juara Grup E dengan mengantongi 9 poin. Sedangkan yang menjadi runner up Grup E adalah Jepang yang telah mengalahkan Denmark dengan skor 3-1.

Dalam babak 16 besar, Belanda akan bertemu dengan runner up Grup F, Slovakia, 28 Juni.

Padahal, Kamerun sempat menyamkan skor menjadi 1-1 melalui gol Samuel Eto'o setalah pada babak pertama tertinggal satu gol lewat gol Robin van Persie.

Namun, Tim Oranje berhasil memukul balik dan mengamankan tambahan tiga poin lewat gol Klaas-Jan Huntelaar enam menit sebelum bubaran.

Huntelaar yang masuk menggantikan Van Persie pada menit 57 berhasil menjawab kepercayaan Van Marwijk. Penyerang yang bermain untuk klub AC Milan itu berhasil melesakkan bola ke gawang Kamerun setelah memanfaatkan bola muntahan.

Huntelaar yang berdiri bebas tanpa pengawalan langsung menyambar bola tersebut. Skor akhirnya berubah menjadi 2-1 untuk kemenangan Belanda. Skor itu juga bertahan hingga pertandingan berakhir.
Susunan pemain
Kamerun: 16-Hamidou Souleymanou; 19-Stephane Mbia, 7-Landry Nguemo, 3-Nicolas Nkoulou (4-Rigobert Song 74'), 2-Benoit Assou-Ekotto, 8-Geremi, 11-Jean Makoun, 6-Alexandre Song, 9-Samuel Eto'o, 13-Eric Choupo-Moting (17-Mohamadou Idrissou 72'), 12-Gaetan Bong (23-Vincent Aboubakar 56').

Belanda: 1-Maarten Stekelenburg; 12-Khalid Boulahrouz, 3-John Heitinga, 4-Joris Mathijsen, 5-Giovanni van Bronckhorst; 7-Dirk Kuyt (17-Eljero Elia 66'), 6-Mark van Bommel, 10-Wesley Sneijder, 8-Nigel de Jong, 23-Rafael van der Vaart (11-Arjen Robben 73'); 9-Robin van Persie (21-Klaas Jan Huntelaar 59').

van persie

BELANDA
Stekelenburg – 7: Tampil apik dengan membuat sejumlah penyelematan cemerlang, termasuk ketika menghalau tendangan Makoun di babak kedua.

Boulahrouz – 6.5: Menggantikan Van der Wiel sebagai bek kanan. Dia juga terlihat trampil dalam menghalau setiap serangan pemain Kamerun. 

Mathijsen
 – 6: Belum memperlihatkan penampilan terbaiknya selama di Piala Dunia kali ini. Dia juga terlalu banyak memberi ruang gerak kepada striker Eto'o.

Heitinga – 7: Bek tengah yang tak pernah kenal lelah. Ia juga cukup tangguh dalam mengawal pergerakan Eto'o maupun Choupo-Moting.

Van Bronckhorst – 6: Bek sarat pengalaman ini harus bekerja ekstra kali ini dalam menjalankan perannya sebagai pemain sayap kiri. Ia juga terlihat kedodoran dalam menutup ruang gerak Geremi.

De Jong
 – 6.5: Melakukan sejumlah penghadangan yang baik terhadap serangan lawan. Ia juga cukup baik dalam membantu lini pertahanan timnya.

Van Bommel 
- 7,5: Penampilannya sejauh ini sebagai salah satu pemain terbaik Belanda di Piala Dunia. Umpannya cukup berpengaruh serta ia juga memperlihatkan kepemimpinan yang baik dalam laga kali ini.

Kuyt – 6: Pemain Liverpool ini terlihat harus bekerja keras dalam melapis serangan Belanda. Namun ia terlihat kesulitan juga untuk bisa menciptakan sejumlah peluang kepada rekan-rekannya.

Sneijder – 7,5 - Penampilannya cukup menonjol. Beberapa kali umpan yang mengalir dari kakinya membuat peluang bagi rekan-rekannya.

Van der Vaart – 7: Gelandang tangguh ini kembali lagi bermain di luar posisinya sebagai pemain sayap kiri. Meski demikian ia juga memperlihatkan ketangguhnya dalam membantu pertahanan serta cukup cepat mengalirkan bola ke depan.

Van Persie
 – 7,5: Striker Arsenal ini akhirnya memperlihatkan juga ketajamannya dalam mencetak gol. Pergerakannya yang cepat kerap membuat lini belakang Kamerun harus bekerja ekstra keras mengawalnya.

Pengganti
:

Huntelaar
 - 7: Nalurinya dalam mencetak gol tak perlu diragukan. Ia telah memperlihatkannya ketika berhasil menjadi penentu kemenangan Belanda. 

Elia
 – 6: Tak terlalu banyak memberikan pengaruh dalam pergantian pemain.

Robben
 - 7: Akhirnya ia bisa juga bermain di Piala Dunia kali ini. Ia menjadi penentu buat terciptanya gol yang dicetak Huntelaar.

KAMERUN

Hamidou - 7: Penampilannya tidak terlalu mengecewakan. Meski gawangnya bergetar dua kali, namun ia berhasil membuat sejumlah penyelamatan penting. Termasuk penyelamatan ketika tendangan van Persie mengalir ke gawang.

Assou-Ekotto
- 7: Terlihat solid di belakang serta memperlihatkan kemajuan dibandingkan saat melawan Denmark sebelumnya.

Chedjou- 7: Pemain bintang Lille ini merupakan salah satu penampil terbaik yang ada di skuad Kamerun dalam laga kali ini. Ia begitu tangguh dalam duel dengan para pemain lawan.

N’Koulou- 6: Kerap mengalami kesulitan dalam menjaga van Persie. Penampilannya yang kurang memuaskan membuatnya harus ditarik ke luar selepas turun minum. 

Mbia
- 6: Ia mengalami kesulitan dalam menjalankan perannya di lapangan tengah. Pemain ini juga kerap kalah bersaing dengan van der Vaart dalam merebut bola di lapangan tengah.

Geremi- 6,5: Penampilannya tidak terlalu mengecewakan. Beberapa kali umpan yang mengalir dari kakinya membuat lini belakang Belanda mengalami kesulitan.

Makoun- 6,5: Sempat mendapatkan peluang untuk bisa mencetak gol, namun ia masih belum bisa menaklukkan kiper Stekeleburg. Pemain bintang Lyon ini juga sempat membuat pergerakan yang baik.

Bong
- 6: Meski cukup apik mengawal Sneijder, namun ia akhirnya harus ditarik ke luar lapangan. Perannya yang sejati sebagai bek ternyata kerap juga membantu lapangan tengah Kamerun.

N'Guemo- 5: Pemain ini juga sempat membuat sebuah kesempatan untuk bisa menyamakan skor. Ia juga kerap kehilangan posisi.

Choupo-Moting- 5: Masih kurang bisa memberikan tekanan ke jantung pertahanan Belanda. 

Eto’o- 7: Peran sentralnya masih terlihat dalam memberikan ancaman. Aksinya yang melewati tiga bek lawan di babak kedua juga memperlihatkan kelasnya. Lalu dengan tenang, pemain ini berhasil menuntaskan eksekusi penalti yang diberikan kepadanya.

Pengganti:


Abubakar - 7: Pemain muda berbakat ini memperlihat penampilannya yang impresif setelah dimainkan sebagai pemain cadangan. Ia juga sempat mengumpan Makoun dengan sebuah passing yang brilian. 

Idrissou 
- N/A

R. Song 
- N/A
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger