Home » » Spanyol-Honduras 2-0

Spanyol-Honduras 2-0

Written By Haris Ahmad on Thursday, June 24, 2010 | 11:10 AM


image
Spanyol vs Honduras. (Getty Images)
Meski mempunyai banyak peluang berbahaya untuk dapat menambah kemenangan, namun hingga laga berakhir Spanyol tetap unggul 2-0 atas Honduras. Kedua gol tersebut diciptakan David Villa pada menit ke-17 dan ke-50.
Pada menit ke-77 Vicente Del Bosque telah menggunakan semua jatah pergantian pemain. Tiga pemain yang masuk, yaitu Cesc Fabregas, kemudian Juan Mata, dan Alvaro Arbeloa.
=====
Cesc Fabregas yang masuk menggantikan Xavi Hernandez pada menit ke-65 langsung mendapat kesempatan emas untuk menambah keunggulan Spanyol di sentuhan pertamanya. Namun, peluang itu masih sanggup dimentahkan bek Honduras.
=====
Pelanggaran yang dilakukan pemain bertahan Honduras, Emilio Izaguirre pada menit ke-61 terhadap Jesus Navas berbuah penalti bagi kubu Spanyol. David Villa yang menjadi eksekutor gagal menjalankan tugasnya dengan baik.
=====
Kemenangan di laga melawan Honduras menjadi harga yang tidak bisa ditawar bagi Spanyol. Meski sudah unggul 1-0 di menit ke-17, David Villa cs. sama sekali tidak mengendurkan serangan hingga babak pertama berakhir. Honduras yang sibuk di lini pertahanan kesulitan membangun serangan balasan.
=====
Strategi lebih agresif yang diterapkan Vicente Del Bosque sejak menit pertama membuahkan hasil pada menit ke-17. David Villa berhasil merubah kedudukan menjadi 1-0. Ia berhasil melepaskan tendangan setelah melakukan aksi individunya tidak mampu dihadang para pemain bertahan Honduras.
=====
Sejak menit pertama Spanyol langsung tampil menyerang. Alhasil,  baru lima menit pertandingan berjalan David Villa, Fernando Torres, dan Xavi mendapat peluang emas.
=====
Ada pemandangan menarik sebelum kick-off babak pertama bergulir. Sara Carbonero, seorang reporter olahraga yang sekaligus kekasih penjaga gawang Spanyol, Iker Casillas kembali terlihat di sekitar lapangan pertandingan. Namanya sempat disebut-sebut sebagai salah satu penyebab kekalahan La Furia Roja ketika menghadapi Swiss.
=====
Di partai kedua babak penyisihan Piala Dunia 2010 Grup H kali ini mempertemukan Spanyol melawan Honduras. La Furia Roja membutuhkan kemenangan di laga ini, Selasa (22/6) dini hari WIB, di Stadion Ellis Park, Johannesburg setelah menderita kekalahan dari Swiss di pertandingan pertama.
*****
Starting Line-up


Spanyol: Iker Casillas; Carles Puyol, Gerard Piqué, Joan Capdevila, Sergio Ramos; Xabi Alonso, Sergio Busquets, Xavi; Jesús Navas, David Villa, Fernando Torres.

Cadangan: Pedro, Juan Mata, Javi Martínez, Fernando Llorente, David Silva, Álvaro Arbeloa, Raúl Albiol, Cesc Fábregas, Victor Valdés, Andrés Iniesta, Pepe Reina, Carlos Marchena.

Honduras: Noel Valladares; Maynor Figueroa, Osman Chávez, Emilio Izaguirre, Sergio Mendoza; Amado Guevara, Wilson Palacios, Danilo Turcios, Roger Espinoza, Walter Martínez; David Suazo.

Cadangan: Hendry Thomas, Denis Escober, Edgar Álvarez, Ramón Núñez, Carlos Pavón, Mauricio Sabillón, Johnny Palacios, Ricardo Canales, Oscar Boniek García, Georgie Welcome, Jerry Palacios, Victor Bernárdez.


SPANYOL

Casillas – 6: Kiper Spanyol ini sekarang lebih cepat keluar dari sarangnya bila mendapat ancaman. Selebihnya, ia tidak terlalu bekerja keras.

Sergio Ramos – 8: Lebih cenderung bermain sebagai gelandang serang, karena mendapat kebebasan di atas lapangan. Tapi tidak pernah meninggalkan tugasnya sebagai pemain bertahan.

Puyol – 7: Menghalau setiap bola yang lewat dari hadangan Pique. Beberapa kali naik membantu serangan.

Pique – 8: Piawai menutup lubang yang ada di pertahanan Spanyol, termasuk saat ditinggalkan Ramos. Mampu mematahkan peluang yang didapat pemain Honduras. Mengawali proses terjadinya gol Villa.

Capdevila – 7: Seperti halnya Ramos, Capdevilla jarang bertugas di sektor belakang. Ia lebih sering naik membantu serangan. Dengan mudah menghentikan pergerakan Martinez.

Busquets – 7,5: Bekerja dengan baik untuk menjadi jembatan sektor belakang dan depan. Aksinya melewati tiga pemain lawan cukup memukau.

Xabi Alonso – 8: Berperan penting sebagai pengatur irama permainan Spanyol. Umpan yang dilepaskannya hampir sempurna, dan jarang melakukan kesalahan.

Xavi – 7: Bermain di belakang para striker. Berperan besar dalam setiap serangan Spanyol. Tapi tidak percaya diri untuk melepaskan tendangan walau peluangnya cukup terbuka.

Jesus Navas – 7: Kali ini penampilannya tidak terlalu menggembirakan, tidak seperti ketika menjadi pemain pengganti. Jarang masuk ke kotak penalti lawan. Performanya membaik di babak kedua.

Torres – 6: Mendapat dua peluang emas di babak pertama, tapi gagal mengkonversinya menjadi gol. Walau tidak terlalu bagus di kotak penalti, namun secara keseluruhan tidak terlalu mengecewakan.

Villa – 8,5: Bintang kemenangan Spanyol di pertandingan ini lewat dua gol yang dilesakkannya ke gawang Honduras. Mengancam pertahanan Honduras hingga laga usai. Batal mencetak hat-trick karena gagal mengeksekusi penalti.

Pemain Pengganti

Fabregas – 7: Hampir saja mencetak gol beberapa setelah dimasukkan mengganti peran Xavi.

Mata – 7: Mampu memberikan tekanan melalui sektor kiri, dan beberapa kali memotong umpan pemain Honduras.

Arbeloa – N/A


HONDURAS

Valladares – 6: Melakukan empat penyelamatan gemilang dari 23 tendangan yang dilepaskan pemain Spanyol. Namun gawangnya dibobol Villa dua kali.

Mendoza – 4: Terlalu sering membuang bola secara percuma, dan tak mampu menutup pergerakan Villa. Melakukan penyelamatan penting menjelan pertandingan berakhir.

Figueroa – 6: Sering terlambat mengantisipasi pergerakan Villa. Beberapa kali melakukan pelanggaran yang cukup berbahaya.

Chavez – 6:
 Seperti halnya Figueroa, Chavez juga terlambat menutup pergerakan Villa ketika mencetak gol kedua. Setidaknya, dia bagus mengantisipasi umpan lambung.

Izaguirre – 6:
 Sering bentrok dengan Jesus Navas. Mematahkan sejumlah umpan silang di babak pertama. Menjadi penyebab Honduras mendapat hukuman penalti.

Turcios – 5: Sebagai gelandang serang, dia gagal menjalankan tugasnya. Tak mampu berperan sebagai jembatan sektor belakang dan depan.

Wilson Palacios – 6,5: Terlalu sering melakukan pelanggaran akibat tackling kerasnya. Walau begitu, usahanya mampu menghentikan alur serangan Spanyol.

Guevara – 5,5: Harus bekerja keras untuk mengimbangi lini tengah Spanyol. Tapi tidak jarang mampu mengatasi umpan brilian Spanyol.

Espinoza – 5: Tidak bisa menghadirkan ancaman di sektor kiri, walau sering mendapatkan peluang itu. Harus berhadapan dengan agresivitas Ramos.

Walter Martinez – 5: Mempunyai kecepatan yang bagus, tapi tidak dimanfaatkan secara maksimal. Tidak membantu ketika rekan satu timnya melakukan serangan.

Suazo – 4: Jarang mendapatkan bola sepanjang babak pertama. Tercatat cuma melakukan tendangan ke gawang satu kali.

Pemain Pengganti

Welcome – 6,5: Membuka sejumlah peluang bagi Honduras di babak pertama.

Nunez – 6: Dua kali mencoba melepaskan tendangan ke gawang. Seperti halnya Welcome, dia lebih bagus dibandingkan pemain starter.

Jerry Palacios – N/A
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger