Home » , » Alasan Nabi Sayang Banget sama Kucing! Fakta Ilmiah Bicara

Alasan Nabi Sayang Banget sama Kucing! Fakta Ilmiah Bicara

Written By Haris Ahmad on Tuesday, September 28, 2010 | 2:50 PM

Spoiler for Nabi dan kucing

Agan2 pasti sering denger kalau Nabi suka banget sama kucing,
tapi emg nabi sayang semua binatang dan mereka semua diperlakukan mulia.
Bnyk kisah2 ttg kucing (karena kucing memang binatang
yang banyak berkeliaran disekitar manusia).
Bahkan nabi juga memiliki kucing peliharaan 

Stiap Nabi menerima tamu di rumah, nabi SELALU ngegendong mueeza (nama kucingnya) dan ditaruh dipahanya.
Salah satu sifat Mueeza yang paling nabi demen:
'Mueeza selalu mengeong ketika mendengar azan, seolah-olah ngeongnya ky ngikutin lantunan suara adzan'

Nabi berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan layaknya menyanyangi keluarga sendiri.

Terus, pernah juga nabi mau ngambil jubahnya, eh ada Muezza lagi bobo diatasnya.. Nabi pun memotong belahan lengan yang ditiduri mueeza dari jubahnya supaya ga ngebangunin Muezza.

Pas Nabi pulang ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk kepada majikannya.
Sebagai balasan, nabi menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke badan kucing itu


Spoiler for pertanyaaan
Nabi menekankan di beberapa hadis bahwa kucing itu tidak najis.
Bahkan diperbolehkan untuk berwudhu menggunakan air bekas minum kucing karena dianggap suci.

Kenapa Rasulullah Saw yang buta baca-tulis, berani mengatakan bahwa kucing suci, tidak najis?
Lalu, bagaimana Nabi mengetahui kalau pada badan kucing tidak terdapat najis?


oke! sekarang ane bakal nunjukin kesuperistimewaan dari KUCING!
inilah alasan2 kenapa Nabi sayang Kucing
cekidot gan!!

Spoiler for fakta2 ilmiah
Spoiler for fakta 1
Pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri.
Otot kucing itu juga dapat menyesuaikan dengan sentuhan otot manusia.

Permukaan lidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang runcing, benjolan ini bengkok mengerucut seperti kikir atau gergaji. Bentuk ini sangat berguna untuk membersihkan kulit. Ketika kucing minum, tidak ada setetes pun cairan yang jatuh dari lidahnya.

Sedangkan lidah kucing sendiri merupakan alat pembersih yang paling canggih,permukaannya yang kasar bisa membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya.
(makanya gigi kucing ga ada yg koneng gan  )


Spoiler for fakta 2

Telah dilakukan berbagai penelitian terhadap kucing dan berbagai perbedaan usia, perbedaan posisi kulit, punggung, bagian dalam telapak kaki, pelindung mulut, dan ekor.
Pada bagian-bagian tersebut dilakukan pengambilan sample dengan usapan.
Di samping itu, dilakukan juga penanaman kuman pada bagian-bagian khusus.
Terus diambil juga cairan khusus yang ada pada dinding dalam mulut dan lidahnya.

Hasil yang didapatkan adalah:

1. Hasil yang diambil dari kulit luar tenyata negatif berkuman, meskipun dilakukan berulang-ulang.
2. Perbandingan yang ditanamkan kuman memberikan hasil negatif sekitar 80% jika dilihat dari cairan yang diambil dari dinding mulut.
3. Cairan yang diambil dari permukaan lidah juga memberikan hasil negatif berkuman.
4. Sekalinya ada kuman yang ditemukan saat proses penelitian, kuman itu masuk kelompok kuman yang dianggap sebagai kuman biasa yang berkembang pada tubuh manusia dalam jumlah yang terbatas seperti, enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus. Jumlahnya kurang dan 50 ribu pertumbuhan.
5. Tidak ditemukan kelompok kuman yang beragam.

Berbagai sumber yang dapat dipercaya dan hasil penelitian laboratorium menyimpulkan bahwa kucing tidak memiliki kuman dan mikroba.
Liurnya bersih dan membersihkan.


Komentar Para Dokter yang Bergelut dalam Bidang Kuman

Menurut Dr. George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing.
Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.

Dr. Gen Gustafsirl menemukan bahwa kuman yang paling banyak terdapat pada anjing,
manusia 1/4 anjing, kucing 1/2 manusia.
Dokter hewan di rumah sakit hewan Damaskus, Sa’id Rafah menegaskan bahwa kucing memiliki perangkat pembersih yang bemama lysozyme.

Kucing tidak suka air karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air (lumpur, genangan hujan, dll)
Kucing juga sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya. Ia tdk banyak berjemur dan tidak dekat2 dgn air.
Tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya. Inilah yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing.


Spoiler for fakta 3

Dan hasil penelitian kedokteran dan percobaan yang telah di lakukan di laboratorium hewan, ditemukan bahwa badan kucing bersih secara keseluruhan.Ia lebih bersih dari manusia.


Spoiler for mukjizat hadits nabi

Sisa makanan kucing hukumnya suci.
Hadis Kabsyah binti Ka’b bin Malik menceritakan bahwa Abu Qatadah, mertua Kabsyah, masuk ke rumahnya lalu ia menuangkan air untuk wudhu.
Pada saat itu, datang seekor kucing yang ingin minum.
Lantas ia menuangkan air di bejana sampai kucing itu minum.
Kabsyah berkata, “Perhatikanlah.” Abu Qatadah berkata, “Apakah kamu heran?”
Ia menjawab, “Ya.”
Lalu, Abu Qatadah berkata bahwa Nabi SAW prnh bersabda, “Kucing itu tidak najis. Ia binatang yang suka berkeliling di rumah (binatang rumahan),” 
(HR At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Abu Dawud, dan Ibnu Majah).

Diriwayatkan dan Ali bin Al-Hasan, dan Anas yang menceritakan bahwa Nabi Saw pergi ke Bathhan suatu daerah di Madinah.
Lalu, beliau berkata, “Ya Anas, tuangkan air wudhu untukku ke dalam bejana.”
Lalu, Anas menuangkan air. Ketika sudah selesai, Nabi menuju bejana.
Namun, seekor kucing datang dan menjilati bejana. Melihat itu, Nabi berhenti sampai kucing tersebut berhenti minum lalu berwudhu.
Nabi ditanya mengenai kejadian tersebut, beliau menjawab, “Ya Anas, kucing termasuk perhiasan rumah tangga, ia tidak dikotori sesuatu, bahkan tidak ada najis.”

Diriwayatkan dari Dawud bin Shalih At-Tammar dan ibunya yang menerangkan bahwa budaknya memberikan Aisyah semangkuk bubur.
Namun, ketika ia sampai di rumah Aisyah, tenyata Aisyah sedang shalat. Lalu, ia memberikan isyarat untuk menaruhnya.
Sayangnya, setelah Aisyah menyelesaikan shalat, ia lupa ada bubur. Datanglah seekor kucing, lalu memakan sedikit bubur tersebut.
Ketika ia melihat bubur tersebut dimakan kucing, Aisyah lalu membersihkan bagian yang disentuh kucing, dan Aisyah memakannya.
Rasulullah Saw bersabda, “Ia tidak najis. Ia binatang yang berkeliling.” Aisyah pernah melihat Rasulullah Saw berwudhu dari sisa jilatan kucing,
(HR AlBaihaqi, Abd Al-Razzaq, dan Al-Daruquthni).

Hadis ini diriwayatkari Malik, Ahmad, dan imam hadis yang lain. Oleh karena itu, kucing adalah binatang, yang badan, keringat, bekas dari sisa makanannya suci.


Spoiler for tambahan

ane juga baca, kalau jaman dulu kucing dipakai buat terapi..
dengkuran kucing yang 50Hz baik buat kesehatan CMIIW
selain itu mengelus kucing juga bisa menurunkan tingkat stress


Spoiler for sumber

ane dapat dari browsingan.. lupa dimana 

penelitian dilakukan di rumah sakit Hamdan dan rumah sakit Yaman di Damaskus.


Nah, dari fakta diatas ane menarik kesimpulan:

1. makan, minum, bobo bareng kucing tidak apa2.. 
Spoiler for bobo siang bareng kucing

2. kucing sangat bersih, melebihi manusia.

Namun mslh yang timbul dr kucing biasanya karena kutu kucing dan alergi bulu 
Soal penyakit mandul untuk wanita, ga bakal terjadi kalau kucing tinggal di lingkungan bersih, dikasih makanan yang sehat.. 
(tentunya daging2an karena mereka karnivora, atau makanan kucing yg di toko2 juga bisa)


Sekarang, apakah pantas kucing dibunuh karena mencuri ikan?
Kalau itu kucing piaraan agan, agan wajib mendidik kucing dengan cara yang baik.
Kalo dikasi makanan yg cukup, diajarin makanan mana yang ga boleh disentuh,
disayang, diperhatiin,
pasti kucing ga bakal ngelanggar aturan dari agan..

Ketidaktanggungjawaban kita sama piaraan sendiri justru yang berakibat buruk

Trs gmn sm binatang lain?
Semut, nyamuk, cicak, kecoa, tikus, dan semua binatang2 lain yang tidak kita pelihara?
Apa boleh kita bunuh?

Kalo kata ane sih sebaiknya JANGAN.. Membunuh binatang sendiri juga ada ketentuannya

Spoiler for alasan ane

Binatang baru boleh dibunuh utk 2 alasan:
1. Dimakan, dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia.
2. Gangguan yang membahayakan jiwa.

poin 2 yang ane tekanin,
- Misal ada hama menyerang tanaman padi, bisa dibunuh dengan pestisida atau naro predator alaminya.
- Misalnya ada buaya segede rumah menyatronin rumah warga, makan sapi sekali hap, makan bayi ky ngemil, nah itu boleh di ko'it in 
- Ular masuk rumah?? Tunggu dulu! kasih peringatan buat pergi (sampai 3 hari diperingatin, nah kalo udh 3 hari dia masih betah di rumah, mending dijadiin dompet aja gan 
- nyamuk aides agepty, semprot gan.. crooott..


Jd selama ada cara lain buat mengusir binatang2 yang jadi pengganggu,
menurut ane akan lebih bijak untuk dilakukan daripada langsung membunuh binatang itu.

ini sekedar info pembuktian ilmiah..  ya.. 





Toxoplasma berasal dari infeksi parasit Toxoplasma gondii.
Adapun penularannya pada manusia melalui empat cara yaitu:
1. Scr tidak sengaja memakan makanan yang tercemari parasit ini. Misalnya kita makan sayuran yang tidak dicuci bersih dan ternyata parasit toxo telah mencemarinya.
2. Memakan daging sapi, kambing, babi, ayam, atau anjing yang mengandung parasit toxo yang tidak dimasak dengan sempurna (matang).
3. Infeksi melalui placenta bayi dalam kandungan.
Seorang ibu hamil yang terinfeksi Toxoplasma bisa menularkan parasit ini pada janin yang dikandungnya, penularan ini disebut penularan secara congenital.
4. Melalui transfusi darah, transplantasi organ dari seorang donor yang kebetulan menderita toxoplasmosis

Toxoplasma bisa menyerang baik perempuan ataupun laki2.
Sesungguhnya tak hanya kucing yang bisa terinfeksi parasit Toxoplasma, karena semua hewan berdarah panas (unggas dan mamalia) bisa terinfeksi sebagai induk semang perantaranya (Intermediate host).
Parasit dr intermediate host dpt menular jika kita MENGKONSUMSINYA.
Bedanya sm kucing Toxoplasma menyelesaikan keseluruhan siklus hidupnya di usus halus kucing, dan akan dikeluarkan bersamaan dengan feces/kotorannya.
Mungkin karena alasan inilah maka kucing menjadi tersangka utama toxoplasma bagi sebagian kita,
Sementara sapi, kambing, ayam, anjing dan hewan lainnya tidak, meski sama-sama punya “bibit” Toxoplasma di tubuhnya.

TIPS UTK MENGHINDARI TOXOPLASMA:
1. Sediakan pasir/tempat kotoran untuk kucing dan sebaiknya dibersihkan setiap hari.
Nah kita jg harus rajin2 bersih2, lagian kucing kl mpup dipasir SELALU dikubur, krn kucing itu sendiri SADAR kali ya . Malah sbnrnya kl ga ada pasir/tanah, kucing nahan mpup sekuat tenaga, kl bener2 udh ga tahan, paling dia cari pojokan. Makanya sediain lahan mpup buat kucing 
2. Cegahlah kucing agar tidak berburu tikus, burung, lalat dan kecoa.
(kasih makan yg bersih, matang dan layak)
3. Jangan memberi makan hewan peliharaan dengan daging, jeroan, tulang dan susu mentah, tapi masaklah terlebih dahulu.
4. Setelah mencuci daging mentah sebaiknya cuci tangan dengan sabun agar tak ada parasit yang tertinggal di tangan.
5. Cucilah tangan dengan sabun setiap kali hendak makan.
6. Hindari memakan daging mentah/setengah matang.
Makanlah daging yang benar-benar telah dimasak sampai matang.
7. Cuci bersih sayur-mayur dan buah-buahan yang hendak dikonsumsi mentah sebelum dimakan (dilalap).
8. Untuk ibu-ibu hamil, sebaiknya tidak membersihkan tempat kotoran kucing ataupun mencuci daging/jeroan selama masa kehamilan.
Mintalah bantuan orang lain untuk mengerjakannya.

9. Untuk ibu-ibu yang berencana untuk hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan darah untuk mengetahui ada tidaknya infeksi Toxoplasma.
10.Jika anda memelihara kucing, latihlah dari kecil kucing tersebut dengan membiasakannya buang kotoran tidak sembarangan
yaitu di kamar mandi sehingga mudah dibersihkan
.


SOAL ASMA:
Spoiler for asma
Asma adalah suatu keadaan di mana saluran nafas mengalami penyempitan karena hiperaktivitas terhadap rangsangan tertentu, yang menyebabkan peradangan, penyempitan ini bersifat sementara.
Penyakit ini salah satunya dikarenakan kelainan di paru / di jantung yang bersifat keturunan (biasanya sejak kecil gejalanya sudah mulai tampak).
Khusus asma yang disebabkan kelainan di paru saja, ada yang bersifat intrinsik (dalam tubuh sendiri), dan ekstrinsik baik psikosomatitik (dipacu beban psikis tertentu) maupun non-psikosomatitik - biasanya mirip penderita alergi (tak tahan / salah tanggapan sistem imun).
Dari analisa kemungkinan jenis dan penyebab sesak, tentulah yang bersifat ekstrinsik yang dapat sembuh dengan menghindari atau menetralisir pencetus timbulnya serangan asma.

Jadi orang kambuh asmanya bukan hanya karena bulu kucing, tapi bisa juga gara2 debu, sesak krn keramaian, stress, asap, serbuk bunga, udara dingin, olahraga, dll.
Bulu kucing hanya menjadi PEMICU sama seperti faktor2 yang lain.


Jadi kl agan2 pengen pelihara kucing tapi takut asma atau alergi,
tanyain sm pak dokter dulu, agan termasuk yg sensitif/alergi bulu atau ngga.

Kl pun ttp ngotot pengen punya kucing, jaga jarak aja sm jaga kebersihan aja 

Kl soal rabies,
setau ane persentase pembawa rabies 90% dari anjing. Sedangkan kucing hanya 3% (sm ky monyet), dan sisanya binatang2 lain.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger