Home » , » Faktor Pembentuk Tren Pasar

Faktor Pembentuk Tren Pasar

Written By Haris Ahmad on Tuesday, January 25, 2011 | 2:30 PM


Tren adalah sesuatu yang memungkinkan trader dan investor untuk bisa mendapatkan keuntungan, entah tren untuk jangka panjang atau jangka pendek, dalam pasar yang bergerak satu arah atau di kisaran terbatas, maupun perubahan dari harga yang satu ke harga selanjutnya. 
Trenlah yang menciptakan keuntungan atau kerugian.Ada empat faktor utama yang akan menyebabkan fluktuasi tren jangka panjang ataupun jangka pendek. Faktor-faktor itu adalah pemerintah, transaksi internasional, spekulasi dan ekspektasi, dan penawaran dan permintaan.

KEKUATAN PASAR BESAR
Mempelajari bagaimana faktor-faktor besar ini membentuk tren untuk jangka panjang bisa memberikan gambaran mengenai tren tertentu yang sedang berkembang, mengapa tren terbentuk dan bagaimana tren di masa yang akan datang bisa terjadi. Berikut ini adalah keempat faktor tersebut.
1. Pemerintah
Pemerintah memiliki pengaruh yang besar dalam pasar bebas. Kebijakan fiskal dan moneter memiliki efek yang signifikan dalam pasar keuangan. Dengan menaikkan dan menurunkan suku bunga pemerintah dan bank sentral bisa secara efektif memperlambat atau berusaha mempercepat pertumbuhan ekonomi dalam sebuah negara. Ini dinamakan kebijakan moneter. Jika pengeluaran pemerintah meningkat atau berkurang, ini dikenal dengan kebijakan fiskal, dan bisa digunakan untuk mengurangi pengangguran dan atau menstabilkan harga. Dengan menentukan tingkat suku bunga yang berlaku dan jumlah uang beredar di pasar, pemerintah bisa merubah seberapa besar aliran investasi ke dalam dan ke luar negara.
2. Transaksi Internasional
Aliran dana antar negara berimbas pada kekuatan ekonomi sebuah negara dan mata uangnya. Semakin banyak uang yang meninggalkan sebuah negara, semakin lemah ekonomi dan mata uang negara tersebut. Negara yang memiliki ekspor lebih dominan, apakah barang atau jasa, secara terus-menerus akan membawa uang ke dalam negara mereka. Uang ini kemudian bisa diinvestasikan ulang dan bisa juga menstimulasi pasar keuangan di dalam negara tersebut.
3. Spekulasi dan ekspektasi
Spekulasi dan ekspektasi adalah bagian tak terpisahkan dari sistem keuangan. Dimana konsumen, investor dan politisi yakin bahwa ekonomi ke depan dihasilkan dari apa yang dilakukan sekarang. Ekspektasi langkah di masa yang akan datang tergantung dari tindakan saat ini dan membentuk baik tren saat ini dan masa yang akan datang. Indikator sentimen merupakan yang biasa digunakan untuk mengukur bagaimana kelompok-kelompok tertentu merasakan kondisi ekonomi saat ini. Analisis dari indikator ini dan juga bentuk analisa fundamental dan teknikal lainnya bisa menciptakan sebuah bias atau ekspektasi dari tingkat harga yang akan datang dan arah tren.
4. Penawaran dan Permintaan
Penawaran dan permintaan untuk produk, mata uang dan investasi lainnya menciptakan dinamika tarik-dorong pada harga. Harga dan suku bunga berubah seiring dengan perubahan penawaran dan permintaan. Jika sesuatu pada permintaan dan penawaran mulai melemah, harga akan naik. Jika penawaran naik melebihi permintaan saat ini, harga akan turun. Jika penawaran relatif stabil, harga bisa berfluktuasi naik atau turun seiring dengan perubahan tingkat permintaan.

EFEK PADA TREN JANGKA PENDEK DAN PANJANG
Dengan faktor-faktor ini menyebabkan fluktuasi jangka pendek dan panjang di pasar, menjadi penting untuk mengetahun bagaimana kesemua elemen tersebut bersama-sama menciptakan sebuah tren. Memang faktor-faktor ini berbeda secara kategori, mereka terhubung secara erat satu sama lain. Kebijakan pemerintah akan berimbas pada transaksi internasional, yang memainkan peran dalam spekulasi, dan permintaan dan penawaran memainkan perannya dalam setiap faktor tersebut.

Penerbitan berita pemerintah, seperti proposal perubahan dalam kebijakan pengeluaran dan pajak, juga keputusan dari bank sentral untuk mempertahankan atau merubah suku bunga memiliki efek dramatis dalam tren jangka panjang. Suku bunga dan tingkat pajak yang rendah bisa memicu konsumsi dan pertubuhan ekonomi. Ini memiliki kecenderungan untuk mendorong harga pasar lebih tinggi, tetapi pasar tidak selalu merespon hal ini karena sesuatu dan lain hal juga sedang memainkan perannya. Suku bunga dan tingkat pajak yang lebih tinggi, contohnya, mengurangi konsumsi dan menghasilkan kontraksi atau penurunan jangka panjang pada harga pasar.

Dalam jangka pendek, penerbitan berita ini bisa menyebabkan fluktuasi besar pada harga seiring dengan trader dan investor melakukan aksi beli dan jual sebagai respon dari informasi tersebut. Meningkatnya aktivitas menjelang pengumuman seperti ini bisa menciptakan tren jangka pendek, sementara ini tren jangka panjang akan mulai terbentuk ketika investor benar-benar telah menangkap dan mencerna bagaimana imbas dari informasi yang diumumkan kepada pasar.

EFEK INTERNASIONAL
Transaksi internasional, neraca pembayaran antar negara dan kekuatan ekonomi lebih sulit untuk dianalisa dalam basis harian, tetapi mereka memiliki peran besar dalam tren jangka panjang di banyak pasar. Pasar valas adalah patokan seberapa baik mata uang dan ekonomi sebuah negara. Tingkat permintaan yang tinggi terhadap sebuah mata uang berarti mata uang tersebut akan naik relatif terhadap mata uang lainnya.

Nilai dari mata uang sebuah negara juga memainkan sebuah peran bagaimana pasar lainnya akan berkinerja di negara tersebut. Jika mata uang sebuah negara lemah, hal ini akan mengurangi investasi di negara tersebut, seiring dengan potensi profit yang dikikis oleh lemahnya mata uang.

EFEK PELAKU PASAR
Analisa dan posisi apa yang diambil oleh trader dan investor berdasarkan pada informasi yang mereka terima mengenai kebijakan pemerintah dan transaksi internasional akan menciptakan spekulasi ke mana harga akan bergerak. Ketika cukup banyak orang setuju mengenai arah, pasar memasuki sebuah tren yang bisa bertahan sendiri dalam waktu bertahun-tahun.

Tren juga tercipta oleh pelaku pasar yang salah dalam analisanya, dipaksa untuk keluar dan melikuidasi kerugiannya sehingga mendorong harga bergerak lebih jauh dalam arah saat ini. Dengan semakin banyaknya investor yang berhasil mendapatkan keuntungan dari sebuah tren, pasar menjadi jenuh dan tren berbalik arah, setidaknya untuk sementara waktu.

EFEK PENAWARAN DAN PERMINTAAN
Ini adalah situasi dimana penawaran dan permintaan memainkan perannya. Penawaran dan permintaan mempengaruhi individual, perusahaan dan pasar keuangan secara keseluruhan. Di beberapa pasar, seperti pasar komoditi, penawaran ditentukan oleh jumlah produk fisik. Penawaran dan permintaan untuk minyak secara konstan berubah, sesuai dengan berapa harga yang ingin dibayarkan oleh salah satu pelaku pasar untuk hari ini dan di masa yang akan datang.

Ketika penawaran berkurang dan permintaan meningkat, kenaikan jangka panjang pada harga minyak bisa terjadi seiring dengan pelaku pasar mengalahkan satu sama lain untuk bisa mendapatkan penawaran dari komoditi. Produsen menginginkan harga yang lebih tinggi dari apa yang mereka punya, dan tingkat permintaan yang lebih tinggi mendorong harga yang ingin dibayarkan pembeli lebih tinggi.

Semua pasar memiliki dinamika yang serupa. Saham berfluktuasi dalam skala jangka pendek dan panjang, menciptakan tren. Ancaman penawaran yang berkurang di harga saat ini memaksa pembeli untuk membeli di harga yang tinggi dan lebih tinggi lagi, menciptakan kenaikan harga yang besar. Jika sekelompok besar penjual akan memasuki pasar, hal ini akan meningkatkan tingkat penawaran dari saham yang tersedia dan bisa menekan harga turun. Hal ini terjadi di semua jangka waktu.

PENUTUP
Tren umumnya diciptakan oleh empat faktor besar: pemerintah, transaksi internasional, spekulasi/ekspektasi, dan penawaran dan permintaan. Semua area ini terhubung satu sama lain seiring dengan ekspektasi kondisi masa depan yang membentuk keputusan saat ini dan keputusan saat ini tersebut membentuk tren. Pemerintah mempengaruhi tren sebagaian besar melalui kebijakan fiskal dan moneter. Kebijakn ini mempengaruhi transaksi internasional dimana akhirnya akan mempengaruhi kekuatan ekonomi. Spekulasi dan ekspektasi akan mendorong harga berdasarkan apa yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang. Dan akhirnya perubahan penawaran dan permintaan akan menciptakan tren seiring dengan pelaku pasar berusaha mendapatkan harga terbaik. 
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger