Home » » Penyakit Asthma (asma)

Penyakit Asthma (asma)

Written By Haris Ahmad on Thursday, June 10, 2010 | 10:14 AM


Penyakit asthma (asma)merupakan salah satu penyakit paru-paru, dimana pada penyakit asma saluran udara pernafasan pada orang-orang yang mengidap penyakit asma mempunyai kepekaan yang sangat tinggi terhadap bahan-bahan allergen dan terhadap hal-hal lain yang bersifat irritans di udara yang disebut dengan irritan. Gejala-gejala asma dimulai saat allergens atau bahan iritans masuk dan menyebabkan lapisan dari jalan udara (saluran udara) membengkak menjadi terinflamasi dan menjadi sempit. Otot-otot pada sekitar saluran udara dapat mengalami kejang, mengekerut dengan cepat, yang akan berakibat pada saluran udara menyempit bahkan bisa lebih parah lagi. Pada saat lapisan saluran udara mengalami inflamasi, maka akan terjadi produksi lendir (mucus) yang berlebihan. Mukus ini akan menyumbat jalan udara dan selanjutnya akan menutup aliran udara. Hal ini disebut dengan serangan asma .
Cara mengendalikan atau mengontrol gejala asma
Beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mengendalikan dan mengontrol gejala asma adalah dengan mengatasi atau malakukan pengobatan pada gejala-gejala yang berkaitan dengan hal-hal yang dapat menyebabkan serangan asma tersebut, serta selalu mengawasi gejala-gejala yang timbul dan mengobatinya segera.
Pengobatan pada munculnya gejala-gejala asma melibatkan pada hal-hal seperti menghindari allergen atau irritans yang dapat menyebabkan serangan asma terjadi,dan selalu mengawasi adanya gejala-gejala asma serta meminum segera obat apabila gejala asma muncul maka anda dapat mengendalikan dan mengontrol gejala asma sehingga tidak membahayakan bagi jiwa dan kehidupan anda.
Beberapa hal yang dapat mencetuskan timbulnya asma dan cara meghindarinya
  • Polusi udara : polusi udara bisa di akibatkan oleh debu di jalanan dan asap kendaraan bermotor jadi jika anda bepergian usahakanlah menggunakan ac dan pintu mobil anda dalam keadaan tertutup
  • Debu : Orang-orang yang alergi terhadap debu sebenarnya adalah alergi terhadap debu-debu kecil dari serbuk. Untuk mengurangi debu di dalam rumah anda, cucilah bedsheet anda setiap minggu dengan menggunakan air panas bersuhu 130 derajat fahrenheit. Tutup matras dan bantal dengan penutup yang kedap udara serta membuka korden dan juga bersihkan karpet yang kotor. Jika perlu gunakan bahan kimia untuk membersihkan dan menghilangkan serta megurangi debu-debu kecil yang menempel. Cobalah untuk tidak memelihara binatang yang berbulu lebat yang dapat menjadi tempat kotoran dan debu melekat pada tubuhnya atau tanaman-tanaman yang dapat menyaring debu.
  • Jamur : sesering mungkin bersihkan dan keluarkan udara kamar mandi , dapur dan ruang bawah tanah, jaga tingkat kelembaban dibawah 50% anda dapat mengatur kelembaban udara dengan menggunakan ac atau pendingin udara dan pengering udara (dehumidifier) untuk menjaga agar jamur tetap terkendali. 

     
  • Serbuk bunga : Jika bahan seperti serbuk sari (tepung sari) dan cendawan dapat menyebabkan timbulnya gejala asma, gunakanlah pendingin ruangan atau ac dan usahakan pintu jendela rumah anda tertutup dan pintu mobil anda tertutup pada waktu anda naik kendaraan.
  • Asap rokok : Jangan merokok atau membiarkan orang merokok di dalam rumah anda atau di dalam mobil anda. Asap tembakau atau rokok dapat membuat kondisi asma anda menjadi lebih buruk.
  • Olah raga : lakukanlah olah raga agar otot-otot di sekitar saluran pernapasan menjadi lebih kuat olah raga seperti berenang dan jogging sangat dianjurkan pada penderita asma. 
  • Perubahan suhu udara
  • Beberapa Makanan tertentu
  • Sulfite ( Bahan pengawet Makanan pada anggur merah, bir, batang selada, sup yang dikeringkan dan jenis makanan lainnya)
  • Obat seperti Aspirin atau ibuprofen (nama merek:advil, motrin, nuprin)
  • Rasa panas dalam perut
  • Infeksi pada sinus
  • Emosi yang kuat
  • Parfum
  • Deodorant semprot
  • Virus
Alat pengukur daya hembus nafas maksimal
Dengan menggunakan alat Peak flow meter anda dapat mengetahui kondisi asma yang anda derita.
Peak flow meter adalah alat yang dapat dipegang dengan tangan yang fungsinya untuk mengukur nilai dari daya hembus nafas tertinggi atau seberapa cepatkah kemampuan anda mengehembuskan udara keluar dari dalam paru-paru. Pengukuran daya hembus nafas maksimal secara teratur dapat membantu anda menggambarkan seberapa burukah kondisi asma yang anda alami.
Untuk menggunakan peak flow meter, terlebih dahulu perlu di ketahui daya hembus nafas terbaik yang dapat dilakukan oleh tubuh. Caranya, ambil nafas dalam dan tiuplah dengan sekuat-kuatnya yang dapat anda lakukan ke dalam mouthpiece. Sehingga daya hembus nafas terbaik adalah angka tertinggi yang ditunjukkan pada peak flow meter selama masa 2 minggu, pengukuran dilakukan pada saat kondisi asma berada dalam kontrol (tidak sedang dalam serangan asma)
Pengobatan asma
Sampai saat ini obat untuk menyembuhkan penyakit asma belumlah ada obat-obat yang ada hanya bersifat pencegahan dan pengobatan serangan asma.Obat-obatan yang digunakan untuk mengatasi asma secara umum dibagi kedalam dua golongan:
1.    Obat pencegah serangan asma yang dikenal sebagai controller medicines of asthma.
2.    Obat untuk mengobati serangan asma yang terkadang disebut dengan rescue medicines
Dokter akan memberitahukan kepada anda tentang obta-obat tersebut dan apa yang harus dan sebaiknya anda lakukan jika mengalami serangan asma.
Cara kerja obat pencegah serangan asma.
  1. Obat pencegah serangan asma membantu mengurangi pembengkakan pada saluran udara pernafasan untuk mencegah terjadinya serangan asma.
  2. Yang termasuk obat pencegah serangan asma seperti: kortikosteroid hisap (nama merek kortikosteroid:azmacort, aerobid, flovent, dan lain-lain), Cromolyn (nama merek: intal), nedocromil (nama merek: tilade).
  3. Obat pencegah serangan asma yang baru dengan sebutan anti-leukotrienes, juga digunakan untuk mencegah timbulnya serangan asma. Yang tergolong obat-obat tersebut meliputi montelukast (nama merek:singulair), zafirlukast (nama merek: accolate) dan zileuton (nama merek: zyflo)
  4. Obat pencegah serangan asma harus dikonsumsi secara teratur, apakah anda menglami atau tidak gejala-gejala asma. Dan perlu dikonsumsi sampai berjam-jam dan berhari-hari dan secara teratur untuk membantu anda mencegah serangan asma
Cara kerja obat untuk mengobati serangan asma
  1. Obat ini akan membebaskan dengan cepat serangan asma dengan membantu merelaksasi otot-otot disekitar saluran udara pernafasan, yang akan membuat jalan udara pernafasan anda terbuka.
  2. Contoh obat untuk mengobati asma adalah bronchodilator hisap beberapa dari bronchodilator hisap seperti brethine, proventil, tornalate dan lain-lain. Obat-obat tersebut dapat digunakan secara teratur atau digunakan saat diperlukan saja untuk mengurangi gejala-gejala serangan asma dengan cepat.
Tanda-tanda bahaya dari serangan asma
  1. Daya hembus nafas maksimal yang dapat dilakukan penderita kurang dari 50% dari Daya hembus nafas maksimal yang terbaik yang bisa dilakukan tubuh.
  2. Batuk dan terdengar bunyi weezing atau tersengal-sengal
  3. Nafas pendek
  4. Terasa sesak pada dada
  5. Menggunakan inhaler
Beberapa jenis obat asma dikonsumsi dengan ukuran dosis dalam inhaler atau hisap. Dokter akan menunjukkan kepada anda bagaimana menggunakan obat tersebut
Asma yang bertambah berat
Tanda-tanda bahwa asma yang anda derita bertambah berat meliputi
  • Munculnya gejala serangan pada malam hari
  • Terjadi penurunan daya hembus nafas maksimal yang bisa dilakukan sehingga memerlukan penggunaan obat-obat dengan kategori rescue medicines dengan lebih sering.
    Segera hubungi dokter jika anda berpikir bahwa asma anda menjadi lebih parah dari sebelumnya
Dapatkan bantuan yang tepat jika:
  • Obat dengan kategori rescue medicines tidak dapat mengobati dan membebaskan anda dari gejala-gejala serangan asma
  • Daya Hembus nafas maksimal tetap menurun (dibawah 50 % dari daya hembus nafas maksimal terbaik yang bisa dilakukan setelah mengkonsumsi obat-obat untuk mengobati gejala serangan asma
  • Bibir atau kuku jari tangan berubah menjadi biru atau kelabu.
  • Mengalami gangguan dalam berjalan atau berbicara
  • Leher, dada atau tulang rusuk tertarik (ikut tertarik) pada saat bernafas
  • Lubang hidung terasa panas saat bernafas
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger