Home » » Perubahan Payudara Selama Kehamilan

Perubahan Payudara Selama Kehamilan

Written By Haris Ahmad on Wednesday, June 9, 2010 | 2:08 PM

Kehamilan menyebabkan perubahan pada payudara anda. Payudara anda menjadi lebih penuh, lebih keras, dan daerah seputar putting menjadi lebih gelap. Perubahan ini disebabkan oleh hormone Estrogen dan Progesteron, yang khususnya menyebabkan pertumbuhan kelenjar susu dan penimbunan lemak di payudara. Anda barangkali akan merasakan geli atau rasa tajam di sekitar payudara, disebabkan oleh meningkatnya aliran darah ke dalam payudara.

Ukuran payudara anda tidak berpengaruh mempengaruhi kemampuan anda untuk menyusui. Payudara yang kecil dapat memproduksi susu sebanyak payudara yang besar. Payudara berukuran besar biasanya karena lebih banyak lemaknya, dan bukannya lebih banyak kelenjar susu.
Bagian puting mengandung banyak saraf yang dapat terangsang oleh hisapan bayi. Rangsangan ini memberi sinyal kepada otak untuk: meningkatkan produks susu, meningkatkan aliran susu (Refleks turunnya susu / Let Down Reflex), dan menyusutkan rahim kembali ke ukuran normal dengan lebih cepat.
Daerah puting juga memiliki banyak kelenjar minyak keringat yang berfungsi agar kulit putting senantiasa lembut, lentur, dan terlindungi dari iritasi akhibat hisapan bayi. Minyak yang timbul dari kelenjar ini juga membunuh kuman di sekitar puting. Sementara itu, ASI sendiri memiliki membunuh kuman . Selama hamil, puting menjadi lebih besar. Kadang, kelenjar minyak di daerah ini menjadi keliatan besar seperti benjolan di daerah areola.
Mulai umur kehamilan lima bulan, kelenjar susu mulai memproduksi kolostrum: cairan kental berwarna kuning yang merupakan makanan pertama bayi yang paling vital. Setelah melahirkan, lama kelamaan kelenjar susu memproduksi susu ASI yang lebih encer dan berwarna putih.
Persiapan Menyusui Menjelang Melahirkan
Yang terpenting dalam persiapan menyusui adalah mempersiapkan mental dan psikologi anda. Perawatan fisik payudara itu sendiri, tidak lah sepenting persiapan mental anda.. Kami sarankan anda melakukan hal-hal berikut:
  • Pilihlah dokter yang mendukung keputusananda untuk menyusui. Tanyalah dokter apabilah mungkin untuk menyusui bayi secepat mungkin setelah melahirkan, khususnya apabila tidak terjadi komplikasi melahirkan. Diskusikan dengan dokter anda, pilihan obat penghilang rasa sakit yang paling cocok, karena obat ini mempengaruhi seberapa cepat anda bisa menyusui. Contohnya, Pethidine membuat ibu merasa mual dan membuat bayi menjadi agak teler sesaat setelah melahirkan.
  • Pilihlah rumah sakit yang mendukung menyusui, yaiutu: mengizinkan ibu tidur di satu ruangan dengan anak (rooming-in), mengizinkan menyusui sesuai permintaan bayi (on-demand), tidak memberikan botol (susu formula, air glukosa, atau suplemen lainnya), dsb. Pastikan bahwa suster di rumah sakit itu tahu bahwa anda akan menyusui dan bayi anda tidak boleh diberikan susu botol. Bila perlu, mintalah dokter anda membuat surat khusus untuk suster baik dokter anda ataupun dokter anak anda.
  • Hadirilah kelas-kelas persiapan kehamilan. Biasanya kelas ini mengajarkan teknik pernafasan untuk mengurangi rasa sakit melahirkan. Dengan teknik ini, kemungkinan anda perlu menggunakan penghilang rasa sakit akan berkurang. Pastikan kelas tersebut juga mengajarkan dasar-dasar menyusui.
  • Carilah informasi mengenai menyusui sebanyak mungkin: dari perpustakaan ataupun internet.
  • Pilihlah BH menyusui yang baik: memberikan support kepada payudara, dan juga cukup besar untuk melewatkan putting. Jangan gunakan BH yang terlalu ketat.
  • Jangan mencuci daerah putting dengan sabun, karena minyak naturalnya dapat larut dalam sabun. Apabila daerah putting kekurangan minyak dari kelenjar di sekitar putting, putting menjadi mudah lucu karena terlalu kering. Cukup mencuci putting dengan air saja. Melembabkan putting dengan minyak natural atau anhydrous lanolin (dapat diperoleh di apotek) bisa dilakukan. Jangan memberi vaselin kepada putting atau pelembab yang menggunakan bahab-bahan kimiawi.
Puting terbalik/melesak
Apabila anda memiliki puting terbalik/melesak, periksakanlah payudara dan puting anda kepada dokter atau konsultan laktasi. Dengan perlakuan yang tepat dan persiapan yang matang, dan juga ketabahan hati, anda akan dapat menyusui bayi dengan sukses meskipun putting anda terbalik.
Bagaimana menguji bila anda memiliki putting terbalik atau tidak? Caranya begini. Tekanlah daerah areola menggunakan jempol dan telunjuk, persis hingga bagian ujung putting. Jika ujung putting melesak keluar, meskipun sedikit, artinya putting anda tidak terbalik. Namun, jika ujing putting melesak ke dalam payudara, dan perlu diberikan perlakuan khusus. Kadang kala, putting yang menonjol ketika ditekan malah melesak ke dalam: fenomena ini dinamakan pseudoinverted nipples, dan juga perlu dirawat secara khusus.
Cara menanggulanginya adalah sebagai berikut. Selama hamil, gunakan Breast Shields beberapa jam sehari. Breast shields adalah mangkuk plastic yhang terdiri dari dua bagian untuk digunakan di dalam BH, menimbulkan tekanan untuk mengeluarkan putting.
Namun demikian, banyak pakar yang tidak terlalu yakin dengan manfaat breast shields.
Anda juga dapat menggunakan pompa payudara atau nipplet setiap kali sebelum menyusui untuk menarik puting ini keluar dan juga unutk membantu supaya bayi anda mudah menghisap. Apabila bayi menghisap dengan lancer, hisapan bayi akan menarik putting keluar.
Apabila anda memiliki puting terbalik atau puting rata, adalah penting pada hari-hari awal menyusui untuk memastikan bahwa bayi anda menghisap dengan baik. Jika perlu, datanglah ke klinik laktasi.
Yang patut diingat adalah bayi jangan sampai menghisap ujung puting saja. Bayi harus memasukkan seluruh puting termasuk areolanya ke dalam mulutnya.
Pada dasarnya, hari-hari awal setelah melahirkan adalah proses belajar baik untuk ibu dan juga untuk bayi, yang memerlukan kesabaran dan ketabahan.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger