Home » » Slowakia 0-2 Paraguay

Slowakia 0-2 Paraguay

Written By Haris Ahmad on Thursday, June 24, 2010 | 10:53 AM



Paraguay membuka harapan lolos ke babak 16 Besar setelah dalam matchday kedua Grup F Piala Dunia 2010 di Stadion Free State, Bloemfontein, menghempaskan Slowakia 2-0.

Hasil ini membuat Paraguay untuk sementara memimpin klasemen dengan nilai empat hasil sekali menang dan imbang. Sedangkan Slowakia terperosok ke dasar klasemen dengan satu poin.

Di laga terakhirnya, Paraguay akan menghadapi Selandia Baru, sementara Slowakia bertemu tim tangguh Italia.

Dalam pertandingan ini, Paraguay akhirnya menurunkan striker andalan Roque Santa Cruz yang sebelumnya diragukan tampil karena menderita cedera. Kehadiran Santa Cruz membuat Paraguay memainkan tiga striker sekaligus.

Laga baru berjalan tiga menit, Santa Cruz sudah menghadirkan ancaman di pertahanan Slowakia. Namun tendangannya masih berhasil ditepis kiper Jan Mucha, sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Paraguay kembali melakukan tekanan. Nelson Valdez menusuk dari sektor kanan pertahanan Slowakia pada menit ke-19. Valdez lalu memberikan umpan kepada Cristian Riveros yang tendangannya mengarah menuju Mucha.

Akhirnya Paraguay unggul lebih dulu melalui Enrique Vera pada menit ke-28. Berawal dari tusukan Lucas Barrios dari sektor tengah yang selanjutnya mengirimkan umpan kepada Vera untuk kemudian menaklukkan Mucha.

Slowakia akhirnya berhasil mendapatkan peluang bagus di menit ke-37, namun sundulan Kornel Salata yang menerima umpan sepak pojok masih melambung di atas mistar gawang Justo Villar.

Mucha kembali harus jatuh bangun untuk menyelamatkan gawangnya dari ancaman Santa Cruz. Kiper Slowakia ini berhasil mengamankan gawangnya ketika kakinya menghalau peluang yang didapat striker Paraguay tersebut. Hingga babak pertama usai, skor tetap bertahan 1-0.

Di babak kedua, Paraguay tidak mengurangi tekanan ke pertahanan Slowakia. Keunggulan satu gol yang didapat di 45 menit pertama menumbuhkan motivasi pemain dari negara Amerika Latin tersebut.

Kendati tetap menguasai permainan, dominasi Paraguay tidak seperti di babak pertama. Slowakia mulai berani keluar menyerang untuk mengejar ketertinggalan mereka. Permainan pun berjalan imbang. Namun Slowakia kesulitan untuk menembus pertahanan Paraguay.

Sebaliknya, permainan taktis Paraguay membuat mereka mampu memanfaatkan celah di lini pertahanan Slowakia. Vera nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-73, tapi umpan dari Santa Cruz tak bisa dikonversi menjadi gol.

Paraguay akhirnya menggandakan keunggulan lima menit sebelum pertandingan berakhir. Tendangan menyusur tanah yang dilepaskan Riveros tak mampu dibendung Mucha yang pandangannya terhalang pemain belakangan Slowakia.

Slowakia yang mencoba untuk memperkecil ketertinggalan menaikkan tempo permainan. Tapi sudah terlambat, karena Paraguay menurunkan tempo, dan memperkuat pertahanan. Hingga pertandingan berakhir, Paraguay tetap menjaga skor 2-0.


SLOWAKIA

Mucha: 7 – Kendati gawangnya dijebol dua kali, performa Mucha sudah cukup bagus. Setidaknya ia mementahkan tiga peluang emas milik Paraguay yang didapat Santa Cruz dan Riveros.

Pekarik: 6 – Lebih cenderung bermain bertahan, walau saat itu tim sedang membutuhkan serangan dari sektor sayap kanan. Hanya berani sesekali meninggalkan posnya.

Skrtel: 5,5 – Skrtel beberapa kali kehilangan posisi, serta sering membuat keputusan tidak tepat. Terlalu terburu-buru menghalau bola tanpa melihat posisi rekan satu timnya.

Salata: 6,5 – Memberikan kontribusi cukup besar, serta mampu mematahkan umpan-umpan lambung yang dilepaskan pemain Paraguay. Ketika mencoba naik menyerang, konsentrasinya langsung buyar.

Durica: 6,5 – Diberi kepercayaan untuk mengawal pertahanan, namun tidak berani mengambil risiko ketika pemain lawan mulai masuk ke sektor belakang Slowakia. Sekali mengambil risiko, justru mendapatkan kartu kuning.

Sestak: 6 – Banyak memberikan kontribus sepanjang babak pertama, serta sekali memberikan umpan silang kepada Vittek. Tidak maksimal di pertandingan melawan Paraguay.

Strba: 6,5 – Terlalu kaku di sektor tengah hingga sepanjang babak pertama. Ketika diberi kebebasan untuk membantu menyerang, justru sering kebingungan dengan posisinya.

Hamsik: 5,5 – Diharapkan memberi warna terhadap permainan Slowakia seperti pada laga perdana, namun tampil tidak sesuai harapan. Tidak bisa melepaskan diri dari kepungan pemain Paraguay.

Weiss: 6,5 – Kebintangan Weiss di laga perdana seolah redup di pertandingan ini. Putra pelatih Slowakia itu hanya bisa memberikan tekanan, tapi sulit melakukan penyelesaian akhir.

Kozak: 6,5 –
 secara keseluruhan penampilan Kozak cukup memuaskan, walau sempat terburu melakukan tendangan bebas menjelang babak pertama berakhir.

Vittek: 6,5 – Tidak terlalu merepotkan barisan pertahanan Paraguay, karena performanya tak sebagus seperti laga sebelumnya. Sekali melepaskan tendangan ke arah gawang.

Pemain Pengganti

Holosko: 6 – Masuk menggantikan Sestak 20 menit menjelang pertandingan berakhir, namun tak memberikan pengaruh berarti bagi tim.

Stoch: n/a – Masuk ketik pertandingan tersisa tujuh menit.

PARAGUAY

Villar: 7 – Pertandingan yang nyaman bagi penjaga gawang, karena hanya sekali bekerja menghalau tendangan yang cukup keras yang mengarah ke gawangnya menjelang laga usai.

Bonet: 6,5 – Beberapa kali bek kanan ini terlambat mengantisipasi tusukan pemain Slowakia yang berada di wilayahnya. Mampu meningkatkan performanya di babak kedua.

Da Silva: 7 – Kendati harus sedikit bekerja keras untuk mematikan pergerakan Vittel, bek Paraguay ini memperlihatkan kestabilan sepanjang pertandingan.

Alcaraz: 7 – Tampil bagus di babak pertama ketika berhasil memotong umpan-umpan terobosan lawan. Tak terlalu mendapat tekanan berarti di barisan belakang.

C. Morel: 7,5 – Kontrak yang belum jelas bersama klubnya tak mempengaruhi performa Morel. Sering membantu serangan dari sektor kiri, dan memberikan pengaruh cukup bagus.

Vera: 8 – Bersama Santa Cruz sukses mengobrak-abrik pertahanan Slowakia yang buruk. Mencetak gol dengan cara yang indah, serta mendapatkan sejumlah peluang emas.

V. Caceres: 7 – Gelandang Paraguay yang sukses menjadi jembatan antara lini belakang dan depan. Namun Caceres lebih cenderung sering bertahan.

Riveros: 7,5 – Beberapa kali memberikan ancaman di pertahanan lawan, sehingga membuat Mucha harus jatuh bangun mengawal gawangnya. Sumbangan golnya menjelang pertandingan berakhir memastikan kemenangan Paraguay.

Santa Cruz: 7,5 – Baru pulih dari cedera membuat performa Santa Cruz tidak maksimal. Kendati demikian, memberikan Paraguay warna permainan ofensif di daerah pertahanan lawan.

Barrios: 7,5 – Penampilan impresif diperlihatkan striker kelahiran Argentina ini di babak pertama. Pintar bekerja sama dengan rekannya. Menjadi kreator terciptanya gol pertama.

H. Valdez: 7 – Hanya bisa menghadirkan ancaman di pertahanan lawan, tanpa bisa melakukan penyelesaian akhir. Dengan kemampuan yang dimilikinya, seharusnya performa Valdez bisa lebih baik dibandingkan di laga ini.

Pemain Pengganti

Torres: 6,5 – Masuk menggantikan Valdez di pertengahan babak pertama. Sekali melepaskan tembakan, namun melebar dari gawang.

Cardozo: n/a – Hanya bermain delapan menit di laga ini.

E. Barreto: n/a – Dimasukkan dua menit sebelum pertandingan hanya untuk mengulur waktu.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger