Home » » Test antivirus terbaik kuartal kedua 2010

Test antivirus terbaik kuartal kedua 2010

Written By haris on Friday, August 20, 2010 | 9:29 AM

Setelah hampir 2 tahun sejak Test Antivirus terakhir, akhirnya lembaga independen pengetest antivirus, AV-Test.org kembali mengeluarkan hasil test antivirus terbarunya. Produk yang di test adalah dari kategori Security Suite ( ada 19 produk) dan test pada kuarter pertama 2010 ini ( April – Juni 2010) dilakukan di sistem Windows 7.

Metode dan Hasil Test

Test kali ini sedikit berbeda dengan test sebelumnya. AV-test malakukan test antivirus pada rentang yang cukup lama, yaitu 3 bulan, mulai April 2010 sampai Juni 2010. Test dibagi ke dalam tiga kategori : Protection, Repair dan Usability. Protection adalah statist dan dynamic test dalam mendeteksi malware (virus), Repair adalah kemampuan menghapus malware, virus, rootkit sejenisnya sedangkan Usability adalah seberapa besar produk berpengaruh ke kinerja komputer ( misalnya memperlambat dan juga kesalahan deteksi).
Test kuarter pertama ini ( Periode April sampai Juni 2010) dilakukan di Windows 7. Untuk penilaian, masing-masing dari ketiga kriteria mendapatkan nilai maksimal adalah 6, sehingga total yang bisa didapatkan adalah 18 point. Secara ringkas, hasil akhirnya sebagai berikut :

Hasil lebih Detail

Dengan hanya melihat hasil diatas, mungkin belum bisa memberi gambaran secara lebih jelas mana produk terbaik. Berikut saya tampilkan hasil lebih detail dari test yang dilakukan oleh Av-test ini.

Protection

Proteksi terhadap serangan 0-day (Real-World Testing)
Zero day (0-day) merupakan istilah yang digunakan ketika sebuah sistem (misalnya Windows) ditemukan celah keamanan, tetapi belum terdapat update untuk memperbaikinya (Selengkapnya tentang Zero-day). Hasil test selama April sampai Juni 2010, dengan sample 59 adalah sebagai berikut (dalam persen) :
Blocking malware ketika eksekusi, test ini disebut dengan Dynamic Testing, dan menggunakan sample 16 malware. Hasilnya sebagai berikut (dalam persen)
Static test, merupakan test mendeteksi malware (virus) sebanyak 1.359.862 buah yang beredar selama 2-3 bulan. Hasil rata-rata selama bulan April-Juni 2010 adalah sebagai berikut (dalam persen):
Deteksi widespread malware, yaitu deteksi terhadap malware atau virus yang banyak beredar (berdasarkan WildList). Sample yang digunakan sejumlah 26.964 malware. Hasilnya hampir seluruh security produk mendeteksi 99%-100%, sehingga kemampuannya sudah bagus.

Repair

Untuk Test “Repair” ini adalah kemampuan produk untuk membersihkan atau menghapus virus/malware/rootkit yang sudah menginfeksi komputer. Terdapat 4 test yang dilakukan, dan total menggunakan 54 sample malware dan rootkit ( semacam virus yang sangat tersembunyi). Hasil rata-ratanya sebagai berikut (dalam persen):

Usability

Merupakan test untuk melihat seberapa besar pengaruh produk terhadap kinerja sitem. Semakin kecil nilainya semakin bagus.
Pengaruh dalam memperlambat kinerja komputer, hasilnya dinilai dalam detik, grafik berikut menunjukkan semakin kecil semakin baik.
Test Kesalahan Deteksi, menggunakan sample sebanyak 611.548 file yang sebenarnya aman atau bersih dari virus. Kemudian dihitung jumlah kesalahan deteksinya. Kesalahan Peringatan/mem-Blok, perhitungan seberapa besar kesalahan menampilkan peringatan atau mem-blok aksi tertentu ketika proses installasi dan penggunaan software yang sebenarnya aman (digunakan sample 20). Hasilnya sebagai berikut :

Kesimpulan

Jika kita melihat total nilai dari av-test, maka posisi teratas ditempati oleh 3 produk Security SUite, yaitu : Panda Security Suite 2010, Kaspersky Internet Security dan Symantec Norton Internet Security 2010. Untuk pengaruh dalam memperlambat komputer, produk yang paling ringan adalah BitDefender Security Suite 2010 kemudian di ikuti Avira Internet Security Suite 2010. Produk diatas, kesemuanya di test di platform Windows 7, untuk windows XP masih dalam tahap pengetesan. 
Informasi (hasil) selengkapnya dari dari AV_test.org

Sumber : http://ebsoft.web.id/2010/08/19/test-antivirus-terbaru-2010-kuarter-2-oleh-av-test
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger