Home » » Tips mencari & Pindah Kos

Tips mencari & Pindah Kos

Written By Haris Ahmad on Friday, August 20, 2010 | 1:13 PM

Tips Nyari Rumah Kos
PertamaPerhatikan lingkungannya, nyaman atau tidak, aman atau tidak, biasanya klo buat juragan yang nyari kos-kosan yang bebas nyari rumah kos yang lingkungannya cuek seperti daerah perkotaan, daerah kampus, karena biasanya kalo daerah perkampungan kos-kosannya terlalu dipantau oleh masyarakat sekitar jadi kadang-kadang agak risih juga gan, apalagi kalo mau pacaran di kos namun biasanya kos-kosan yang aman sebenarnya kos-kosan sering dipantau masyarakat, tapi semuanya relatif, paling efektif cari rumah kos yang deket kalo mau kemana-mana kekampus or tempat kerja deket, mau cari makan deket, hiburan deket contohnya kalo di Jogja daerah Babarsari, saran ane pilih yang paling nyaman dan juga aman.

KeduaPerhatikan pemilik/penjaga kos dan penghuninya, biasanya ada kos2an yang dijaga ada juga yang ditinggal atau cuman sesekali di kunjungin ama yang punya apalagi kalo mau nagih kos2an, tergantung kita bisa koperatif atau gak sama mereka kalo kita pinter cari muka maka mereka gampang dijinakan, apalagi kalo cuman penjaga kos sering2 dibeliin nasi kucing ma rokok aja gan dah jinak dia, kemudian penghuninya/ atau sesama penghuni kosnya, biasanya kalo mahasiswa sih nyari temen kosnya sama2 mahasiswa juga, tapi di kos2an yang byk karyawannya juga bisa asik kok kalo kita pinter bergaul, kalo cowok mungkin gak terlalu mempermasalhkn masalah penghuni, tapi kalo kaskuserwati biasanya nyari tmn satu kosnya yang gak rese dan gak terlalu ngurusin(ngopenin) intinya sih kalo bisa cari kos-kosan yang penjaganya sama penghuninya gak rese

KetigaPerhatikan peraturan dan fasilitas kos-kosan, ini paling penting buat diperhatikan sebelum nyari kos-kosan, kalo juragan yang mau lebih private cari kos2an yang kamar mandinya didalam kamar, kalo yang gak terlalu mempermasalahkan kamar mandi yang berada diluar juga gak masalah, namun kalo mau cari kos-kosan yang kamar mandi diluar cek dulu keadaan kamar mandinya, biasanya ada juragan yang gak betah sama kamar mandi yang jorok kan ini penting buat di cek, kalo ada pembantu yang ngebersihin enak gan, kalo jadwal piket ane gak jamin dah, kecuali kos-kosan cewe baru pada rajin piket bersihin kamar mandi, kemudian dilihat juga ada dapur bersama atau gak kalo juragan biasanya masak carinya yang ada dapunya gan, biasanya kalo ada dapur tinggal tombokan beli gas 3kg(senjata mematikan Indonesia) tergantung aturan gan, bahkan kadang ada kulkas bersama juga, kemudian yang perlu di perhatikan agan bawa kendaraannya apa mobil tau motor, kalo buat motor biasanya gak terlalu bermasalah, yang bawa mobil nih harus cek juga tempat parkirnya memungkinkan atau gak, aman atau gak, kemudian masalah peraturannya, jangan lupa tanya gan kosnya biasanya di tutup jam berapa, kunci pagar di pegang masing2 atau gak, biasanya buat para juragan yang sering keluar malam a.k.a dugem nyarinya yang 24jam atau kalo yang ditutup, megang kunci pager kos2an masing2, terus yang perlu ditanyain jam bertamu cewek/cowoknya sampe jam hhihii, terkadang ada juga aturan kalo lawan jenis gak boleh masuk kamar, ini juga perlu di tanyain gan. Intinya kalo bisa cari kos-kosan yang gak mempersulit aktifitas, dan tidak membatasi ruang gerak kita gan

KeempatPerhatikan suasana dan posisi kamar kos, kalo ini relatif sih gan, biasanya kan kamar kos2an ada yang suasananya nyaman damai ada juga yang angker nah kalo bisa sih kita pas masuk ke kos2an yang suasananya nyaman damai kalo perasaan kita gak enak atau keliatan angker pikir2 lagi aja gan, soalnya kalo kos2an yang byk setannya bikin kita males2an gan, terutama males ibadah, belum lagi kalo ketemu or liat yang aneh2 bikin gak betah kan, kemudian posisi kamar biasanya kamar kos kalo posisinya dilantai 2 suhunya panas, gerah tapi kalo plafonnya 2m lebih tingginya suhunya gak begitu panas jgn lupa juga gan liat posisi matahari gan, dulu TS pernah dapet kos2an yang menghadap timur lantai 2 jadi kalo matahari terbit pagi2 enak banget seger gan, kalo pingin yang sejuk cari posisi kamar yang gak kena matahari langsung tapi jangan yang lembab juga, kalo buat yang cari kosan kamar mandi luar dan sering beser atau sering melakukan kegiatan di kamar mandi cari posisi kamar paling deket kamar mandi, liat juga kira2 kalo pacaran dikos, byk yang seliweran depan kamar ato gak, kan gak enak gan kalo lagi asik2 pacaran orang lalu lalang depan kamar intinya sih cari posisi yang paling pewe gan
Tips Persiapan Pindah Kos
Pertama, persiapkan kamar yang mau di pindahin, kalo dah dapet kos2an yang mau dipindahin, juragan pastiin dulu kira2 mau di cat ulang atau gak, kalo mau di cat ulang sebaiknya sebelum pidah2 barang di cat dulu gan biar enak, trus lantainya di bersihin kalo bisa di pel atau minimal di sapu, memang setelah kita pidahin barang bisa kotor lagi, tapi setelah pindahin barang bersih2nya gak terlalu berat. intinya karam yang mau dipindahin dah siap lahir bathin hhehe..

Kedua, persiapin barang2 pindahan dan kendaraan buat ngangkatnya, paling efektif kalo pindahan kita juga pilih2 barang2 kita yang mau dibawa, dibuang atau di sumbangin jadi selain pindahan kita juga pilih2 barang kita yang masih layak di pake tau musti beli baru, kadang juga namanya anak kos, sampah atau barang2 gak berguna banyak disimpen, ini perlu kita pisahin, kemudian kita juga sekalian bersihin perabot2, seperti lemari dll, pengalaman TS dulu bersihin lemari jamuran sampe akhirnya nyerah dan beli lemari baru karena jamurnya dah akut hhehe.. dan yang paling penting beli KARDUS yang banyak, kardus fungsinya buat bawa barang2 kecil seperti, buku, setrikaan, piring2, baju-baju, dll intinya kardus buat bawa barang yang kecil2 barang2 dan dalam lemari, kalo yang pecah belah dilapisi koran atau kertas gan sama di kardusnya kasih tulisan "JGN DIBANTING", pengalaman TS dulu sampe 4 buah kardus rokok yang gede, 2 buah kardus aqua, kalo pingin simple pas mindahin barang kardusnya ditulisin apa aja barang yang ada di dalemnya biar gampang pas mindahinnya, setelah selesai semua tinggal cari jasa angkutan mobil pickup yang siap mengantar kita sampai tujuan, inget gan jangan sampe keujanan liat cuaca juga, kalo bisa sih gak bolak balik gan jadi gak ribet kita, satu lagi gan, jangan lupa pamitan sama temen satu kos, dan pemiliknya gan hhehe..

Ketiga, tentukan posisi dari perabot yang mau kita atur, dimulai dari barang2 yang gede dulu seperti lemari, kasur, meja, tv, dll setelah semua selesai kita atur, tinggal masukin barang2 yang kecil2 dah, kalo dah selese semua tinggal bersih2 dan kenalan sama penghuni kos yang lainnya deh hhehe..
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger