Home » » Kiamat (hal 1-11)

Kiamat (hal 1-11)

Written By Haris Ahmad on Monday, April 25, 2011 | 5:47 PM

Kiamat (hal 1-11)

Diambil dari kitab Detik-detik kiamat, surga dan neraka, Oleh Ust. Mulkan Hamid

Hari kiamat adalah hancurnya alam semesta ini serta berakhirnya kehidupan di dunia. Dengan kiamat tiba berarti dimulainya kehidupan alam akhirat yang sifatnya kekal abadi. Orang islam harus percaya dengan sepenuh hati, bahwa hari kiamat itu pasti datang, tetapi tak seorangpun tahu kapan datangnya kiamat. Wallaahu a’lam, hanya Allah yang tahu. Para rasul dan nabi juga tidak tahu datangnya hari kiamat, tetapi mereka mengetahui tanda-tandanya. Dalam hal ini merupakan peringatan bagi insan semua, bahwa tanda-tandanya sudah jelas. Mempercayai hari kiamat termasuk rukun iman yang kelima. Untuk itu orang-orang beriman tak ada ragu sedikitpun tentang tibanya hari kiamat.
Bencana yang sangat dahsyat yang akan terjadi pada hari kiamat dan tidak ada yang selamat dari bencana itu, kecuali orang-orang yang sudah mempersiapkan dengan iman dan amal shaleh dikala hidup di dunia. Saat itu tak seorangpun yang bisa menolong. Semuanya disibukkan dengan urusan masing-masing. Hanya berbekal iman serta amal shaleh yang bisa terhindar dari bencana besar itu.
Pada hari Kiamat Allah membangkitkan hamba-hamba Nya. Orang baik berkumpul dengan orang baik, demikian pula orang jahat berkumpul dengan orang jahat. Saat itu juga ada orang yang mukanya berseri-seri, dan ada pula yang raut mukanya masam, penuh dengan kegelisahan dan kepanikan. Mereka dibangkitkan untuk dimintai pertanggungjawaban atas segala perbuatan yang telah dikerjakan selama hidup di dunia.
Kebahagiaan serta kesengsaraan yang akan menimpa di akhirat kelak tergantung amalan-amalan yang dikerjakan selama ini. Bila amalnya baik maka kebahagiaan yang akan dirasakan secara hakiki. Namun sebaliknya bila amal jahat yang dikerjakan di dunia ini, maka kesengsaraan yang akan dirasakan.
Dengan mengetahui hal sedemikian itu, tentunya umat manusia akan berlomba-lomba dalam kebajikan yang pada akhirnya membawa keberuntungan bagi kita semua.
Dengan berita datangnya hari kiamat yang menakutkan dan mengerikan itu, maka tidak ada alasan umat manusia menjadi ragu tentang kejadian tersebut. Kita harus yakin, percaya dengan sepenuhnya, bahwa kiamat pasti terjadi.
Firman Allah:
“sesungguhnya hari kiamat akan datang yang tidak diragukan lagi, namun kebanyakan manusia tidak percaya.” (QS. Al Mu’minun : 59)

“Dan sesungguhnya kiamat pasti terjadi, yang tidak ada keraguan atasnya. Dan sesungguhnya Allah akan membangkitkan orang-orang yang ada dalam kubur.” (QS. Al Hajj : 7)

“Demi, sesungguhnya Dia akan mengumpulkan kamu pada hari kiamat yang tidak diragukan lagi kedatanggnya, (yaitu) orang-orang yang merugikan diri sendiri, dimana mereka tidak mau beriman.” (QS. Al An’am : 12)

“Demi yang menerbangkan (debu) seterbang-terbangnya, demi awan yang mengandung hujan, demi kapal yang berlayar dengan mudah, demi yang membagi urusan, sesungguhnya segala apa yang dijanjikan kepadamu adalah benar.” (QS. Adz Dzariyat : 1-6 )

Dengan memahami beberapa firman Allah diatas, maka telah jelas bahwa keraguan tibanya hari kiamat tidak ada dihati orang beriman. Hanyalah umat manusia yang tidak beriman dan tidak mau menggunakan akal fikirannya secara sehat yang merasa ragu datangnya kiamat.

Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger