Home » » Sejarah Sistem Operasi Mobile Symbian

Sejarah Sistem Operasi Mobile Symbian

Written By Haris Ahmad on Tuesday, May 31, 2011 | 5:19 PM

Symbian adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Platform Symbian adalah suksesor daripada Symbian OS dan Nokia Seri 60 yang sebelumnya sudah pernah beredar di pasaran; Tidak seperti Symbian OS, yang membutuhkan beberapa sistem antarmuka pengguna, Symbian menyertakan sebuah komponen antarmuka pengguna berdasarkan S60 5th Edition. Versi terakhirnya yaitu Symbian^3 sudah secara resmi dirilis pada kuartal 4 tahun 2010 lalu, pertama kali digunakan pada ponsel Nokia N8.

Symbian OS aslinya dikembangkan oleh Symbian Ltd.. Ini merupakan keturunan dari EPOC dari Psion dan berjalan secara eksklusif di prosesor ARM, walaupun telah ada x86 port yang belum dirilis resmi ke publik. Device berbasis Symbian telah mencakup 29.2% pangsa pasar ponsel pintar dunia pada kuartal pertama tahun 2011. Beberapa perkiraan mengindikasikan bahwa jumlah kumulatif dari ponsel-ponsel yang dipaketkan dengan Symbian OS ini hingga akhir kuartal 2 tahun 2010 lalu berjumlah 385 juta. Hingga 5 April 2011, Nokia merilis Symbian di bawah lisensi baru dan dikonversikan ke model sumber kepemilikan yang dibagikan, berlawanan dari proyek kode sumber terbuka atau open source.


SEJARAH

Pada tahun 1980, berdiri perusahaan pengembang software Psion yang didirikan oleh David Potter. Produk dari perusahaan itu diberi nama EPOC. Sistem operasi ini lebih difokuskan pada penggunaannya di telepon bergerak. Pada tahun 1998, terjadi sebuah kerjasama antara perusahaan Sony Ericsson, Nokia, Motorola dan Psion untuk mengeksplorasi lebih jauh kekonvergensian antara PDA dan telepon selular yang diberi nama Symbian. Pada tahun 2004 Psion menjual sahamnya dan hasil kerjasama ini menghasilkan EPOC Release 5 yang kemudian dikenal dengan nama Symbian OS v5. Sistem operasi dari Symbian OS v5 itu sudah mulai mengintegrasikan kebutuhan implementasi aplikasi pada perangkat seperti PDA selain telepon seluler.

Kemudian muncul perangkat yang dinamakan smartphone dan muncullah pula versi-versi terbaru dari Symbian OS hingga ada yang disebut dengan Symbian v6.0 atau yang lebih terkenal dengan nama ER6 yang merupakan versi pertama dari Symbian OS. Sifatnya terbuka karena pada sistem ini dapat dilakukan instalasi perangkat lunak oleh berbagai pengembang aplikasi. Pada awal tahun 2005, muncul Symbian OS v9.1 dengan sistem keamanan platform baru yang dikenal sebagai capability-based security. Sistem keamanan ini mengatur hak akses bagi aplikasi yang akan diinstal pada peralatan dalam hal mengakses API.

Muncul pula yang disebut dengan Symbian OS v9.2 yang melakukan perbaharuan pada teknologi konektifitas Bluetooth dengan digunakannya Bluetooth v.2.0. Sedangkan yang terbaru, Symbian mengeluarkan Symbian OS v9.3 (dirilis pada tanggal 12 Juli 2006) telah mengusung teknologi wifi 802.11 dan HSDPA sebagai bagian dari komponen standarnya.

Akar Dari Symbian dan Symbian Foundation peregangan Dilaporkan ke akhir Dari komputasi mobile, ketika Pikiran Cerdas Bersatu di sekitar gagasan untuk menemukan cara Terbaik untuk memobilisasi komputasi-untuk membantu Orang melakukan hal Yang lebih Baik, lebih Cepat, sekarang.

Dari hari-hari awal, gagasan yang menjadi Symbian adalah semua tentang kolaborasi-dimulai dengan awal tahun 1980-an David Potter desain game dan software kantor produktivitas untuk komputer pribadi Sinclair, sebuah kemitraan yang meluncurkan “Psion” nama. Dari hari-hari akhir, gagasan Yang menjadi adalah Symbian * Semua Tentang kolaborasi-dimulai years Artikel Baru akhir 1980-sebuah David Potter desain produktivitas perangkat lunak dan peralatan permainan untuk Komputer Pribadi Sinclair, sebuah kemitraan Yang meluncurkan “Psion” Nama. Program-program membantu melahirkan pada tahun 1984 kepada Pelaksana Psion, komputer pertama genggam di dunia-dan salah satu yang cepat akan mendukung database sederhana-untuk-menggunakan bahasa pemrograman, OPL. Program-program membantu melahirkan years PADA 1984 kepada pelaksana Psion, Komputer genggam Pertama di Dunia-dan salah Satu Yang Cepat akan mendukung database Sederhana-untuk-menggunakan bahasa pemrograman, OPL.

Dukungan kolaborasi dari industri untuk tumbuh kekuatan basis software Psion menyebabkan pembentukan bersejarah pada tahun 1998 dari Symbian, perusahaan patungan antara produsen Psion dan telepon Ericsson, Motorola, dan Nokia. Dukungan Dari kolaborasi industri untuk Kekuatan dasar Tumbuh software Psion menyebabkan pembentukan bersejarah years PADA 1998 Dari Symbian, ANTARA patungan anak pajak tangguhan Produsen dan Telepon Psion Ericsson, Motorola, dan Nokia. Selama beberapa tahun berikutnya Symbian membantu membawa ledakan inovasi-perangkat selular dengan perangkat lunak Symbian di dasar lebih dari 100 juta ponsel pada tahun 2006. Selama beberapa years berikutnya Symbian membantu membawa ledakan Inovasi-perangkat seluler perangkat lunak Symbian Artikel Baru di ditempatkan lebih Dari 100 juta ponsel PADA 2006 years.

Pada tahun 2008, langkah berikutnya dari evolusi Symbian berlangsung, dengan Nokia pembelian seluruh aset Symbian dan mulai menyusuri jalan setapak perangkat lunak untuk open source. PADA Tahun 2008, Langkah berikutnya Dari Evolusi berlangsung Symbian, Artikel Baru Nokia seluruh Aset Pembelian Symbian dan menyusuri jalan setapak Mulai perangkat lunak untuk open source. Sebagai Symbian Foundation dan seluruh anggotanya melihat ke masa depan dan miliaran mendatang perangkat mobile saling berhubungan, maka akan inovatif kolaborasi-bekerja sama-yang akan membantu membuat orang lebih produktif, lebih kreatif dan lebih terhibur dari sebelumnya. Sebagai Symbian Foundation seluruh anggotanya dan Melihat ke Masa Depan dan miliaran mendatang saling berhubungan perangkat mobile, Maka akan inovatif kolaborasi-bekerja akan membantu sama-yang Membuat Orang lebih Produktif, Kreatif lebih dan lebih Dari terhibur sebelumnya.

PERKEMBANGAN


* 1980: Psion yang didirikan oleh David Potter 1980: Yang Psion didirikan Dibuat David Potter
* 1984: Agenda Psion meluncurkan 1984: Agenda meluncurkan Psion
* 1986: yang “jauh lebih baik” Psion Organizer II meluncurkan, dengan bahasa pemrograman database sederhana digunakan, OPL. 1986: yang “JAUH lebih Baik” Psion Organizer II meluncurkan, bahasa pemrograman database perlengkapan Sederhana Artikel Baru, OPL.
* 1987: Psion memulai pengembangan dari “Sibo” (“Sixteen Bit Agenda”) keluarga sendiri baru perangkat dan sistem operasi multitasking disebut EPOC untuk menjalankan produk PDA-nya. 1987: Psion memulai pengembangan Dari “Sibo” (“Sixteen Bit Agenda”) Keluarga dan perangkat sistem multitasking memiliki anak pajak tangguhan Aktiva lain Baru Yang disebut EPOC Produk untuk menjalankan PDA-nya.
* 1989: Pertama EPOC16 perangkat, MC400 dan MC200, kapal dengan sedikit terutama 1-, antarmuka grafis keyboard yang dioperasikan. 1989: Pertama EPOC16 perangkat, MC400 MC200 dan, terutama Artikel Baru 1-bit kapal, keyboard Grafis dioperasikan Yang antarmuka.
* 1997: Versi pertama dari EPOC32 Release 1 muncul pada CD Psion Seri 5 v1.0. 1997: Versi Pertama Dari EPOC32 1 Release muncul di ROM Psion Seri 5 v1.0. Sistem operasi EPOC32, pada saat itu hanya disebut sebagai EPOC, kemudian berganti nama Symbian OS. Sistem Operasi EPOC32, PADA ITU Saat Hanya disebut sebagai EPOC, kemudian berganti Nama Symbian OS. EPOC32 adalah sistem pengguna pre-emptive multitasking, tunggal beroperasi dengan proteksi memori, yang mendorong pengembang aplikasi untuk memisahkan program mereka ke dalam mesin dan interface. EPOC32 adalah pre-emptive multitasking sistem pengguna tunggal Aktiva lain, perlindungan Artikel Baru Memori, Yang pengembang untuk memisahkan program mendorong mereka Aplikasi ke KESAWAN antarmuka dan mesin.
* 1998: Pada bulan Juni Psion Software menjadi Symbian, perusahaan patungan besar antara Psion dan produsen ponsel Ericsson, Motorola, dan Nokia. 1998: PADA bulan Juni Psion Software menjadi Symbian, Anak patungan Besar ANTARA Psion dan Produsen ponsel Ericsson, Motorola, dan Nokia. Pada Release 6, EPOC menjadi hanya dikenal sebagai Symbian OS. PADA Release 6, EPOC Hanya menjadi dikenal sebagai Symbian OS.
* 1999: The Psion Seri 5mx, Psion Seri 7, Psion Revo, Diamond Mako, Psion netBook, netPad, GeoFox Satu, dan MC218 Ericsson dibebaskan menggunakan ER5. 1999: The Psion Seri 5mx, Psion Seri 7, Psion Revo, Diamond Mako, Psion netBook, netPad, GeoFox Satu, dan MC218 ER5 dibebaskan menggunakan Ericsson. Sebuah proyek telepon diumumkan di CeBIT, yang Illium Phillips / Accent, tetapi tidak mencapai rilis komersial. Sebuah Proyek Telepon diumumkan di CeBIT, Yang Illium Phillips / Accent, tetapi regular tidak mencapai rilis Komersial.
* 2000: Ponsel pertama, Ericsson R380 dirilis menggunakan ER5u pada bulan November. 2000: Ponsel Pertama, Ericsson R380 dirilis menggunakan ER5u PADA bulan November.
* 2001: Yang pertama ‘terbuka’ Symbian OS ponsel, Nokia 9210 Communicator, dirilis pada bulan Juni 2001. 2001: ‘Terbuka’ Yang Pertama ponsel Symbian OS, Nokia 9210 Communicator, dirilis bulan Juni 2001 PADA. Bluetooth dukungan telah ditambahkan. Bluetooth dukungan telah ditambahkan. Hampir 500.000 ponsel Symbian yang dikirimkan pada tahun 2001, naik menjadi 2,1 juta pada tahun berikutnya. Hampir 500.000 ponsel Symbian Yang dikirimkan PADA years 2001, naik menjadi 2,1 juta PADA years berikutnya.
* 2003: pengiriman pertama dari Symbian OS 7.0, dan 7.0 rilis Symbian penting yang muncul dengan semua antarmuka pengguna kontemporer termasuk UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A925, A1000), Seri 80 (Nokia 9300, 9500), Seri 90 (Nokia 7710), Seri 60 (Nokia 3230, 6260, 6600, 6670, 7610) serta beberapa FOMA telepon di Jepang. 2003: Pertama kiriman Dari Symbian OS 7.0, 7.0 dan rilis parts Yang muncul Artikel Baru * Semua pengguna kontemporer termasuk antarmuka UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A925, A1000), Seri 80 (Nokia 9300, 9500), Seri 90 Symbian ( Nokia 7710), Seri 60 (Nokia 3230, 6260, 6600, 6670, 7610) Serta beberapa FOMA Telepon di Jepang. Hal ini juga ditambahkan dukungan EDGE dan IPv6. Suami hal Juga ditambahkan dukungan EDGE dan IPv6. Satu juta ponsel Symbian yang dikirimkan di Q1 2003, dengan tarif meningkat menjadi satu juta sebulan pada akhir tahun 2003. Satu juta ponsel Symbian dikirimkan Yang di Q1 2003, tarif Artikel Baru meningkat menjadi Satu juta sebulan PADA years Penambahan 2003.
* 2004: Psion menjual sahamnya di Symbian. 2004: Psion menjual sahamnya di Symbian.
* 2006: 100 juta ponsel dengan Symbian OS dikirimkan. 2006: 100 juta ponsel Symbian OS Artikel Baru dikirimkan.
* 2008: Symbian diakuisisi oleh Nokia; Symbian Foundation terbentuk. 2008: Symbian diakuisisi Dibuat Nokia; Symbian Foundation terbentuk.


Kelemahan Symbian: Karna symbian punya sistem operasi terbuka, Hp jenis ini sangat rentan terhadap serangan virus seperti Cabir, Commwarrior, SymbOS.skulls. dan masih banyak lagi
Hp symbian gampang Hang, atao lambat dalam membuka gallery, lagu, serta SMS

Klo Hp cuma mensupport aplikasi dan games dalam format Jar.
Contoh Hp dengan system java adalah Nokia 5200, 5300, 5610, 5310, 6300, serta kebanyakan dari Handphone SE,Motorolla,dan Samsung.

Kelemahan Java:
Enggak bisa bebas dimasukkan segala macam aplikasi

Keunggulan Java:
Enggak bisa terserang virus Hp dan gampang Hang seperti layaknya Handphone dengan OS Symbian.

http://harisahmad.blogspot.com/2011/05/sejarah-sistem-operasi-mobile-symbian.html
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger