Home » » Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile

Perbedaan Opera Mini dengan Opera Mobile

Written By haris on Wednesday, February 24, 2010 | 5:56 PM


Ada dua produk browser untuk ponsel yang digelontorkan oleh Opera yaitu Opera Mini dan Opera Mobile. Tampilan keduanya khususnya Opera Mini 5 Beta 2 dengan Opera Mobile 10 Beta 2 hampir sama. Dimanakah letak perbedaannya? Dan manakah yang paling bagus? Berikut ini pemaparannya diambil dari blog Opera.
Opera Mobile 10 Beta
Persamaannya:
  • Tampilannya hampir sama.
  • Keduanya menggunakan Opera Presto browser engine (mesin browser yang sama).
Perbedaannya:
  • Opera Presto browser engine di Opera Mini letaknya ada di server Opera, bukan didalam aplikasi Opera Mini. Cara kerjanya alamat situs yang ingin kita buka dikirimkan ke server Opera. Server membuka alamat tersebut dan diformat ulang tampilannya (transcoding) baru kemudian dikirim kembali kedalam Opera Mini.
  • Di Opera Mobile, Opera Presto browser engine berada di dalam aplikasinya. Sehingga Opera Mobile membuka langsung situs yang ingin Anda buka tanpa melalui server Opera. (Kecuali jika Anda mengaktifkan fitur turbo).
Oleh karena itu Opera Mini bisa lebih ringan, hemat dan tidak terlalu berat dibandingkan dengan Opera Mobile. Namun kadang Opera Mini tidak bisa membuka halaman yang terlalu kompleks. Selain itu Opera Mini tergantung kepada server Opera. Jika servernya ngadat maka lambat juga untuk membuka situs.
Dilain hal Opera Mobile tidak tergantung kepada server Opera dan dapat membuka halaman seperti Opera Browser di komputer. Sehingga halaman yang kompleks mampu dibuka. Sayangnya hanya bisa dipakai di ponsel tertentu (Windows Mobile dan beberapa tipe Symbian/S60). Opera Mobile  lebih berat dari Opera Mini serta tentunya lebih menyedot data.
Jadi manakah yang terbaik? Semua ada kelebihan dan kekurangan jadi bisa dipakai keduanya tergantung situasi, kondisi dan tentu saja selera Anda
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger