Home » » analisa SWOT untuk blog

analisa SWOT untuk blog

Written By haris on Friday, May 7, 2010 | 9:11 AM


Bagi Anda yang sering terlibat dalam proyek atau bisnis, mungkin sudah tidak asing lagi dengan analisis SWOT yaitu Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (peluang), & Threats (ancaman). Strategi ciptaan Albert Humprey pada tahun 1960-an ini merupakan cara ampuh untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai sebuah tujuan.
Apakah strategi ini bisa diaplikasikan dalam ngeblog? Bisa. Setidaknya menurut saya karena saya sudah menerapkannya saat hendak membuat Blogodolar. Berikut sharing pengalamannya.
Pada bulan April lalu saya memiliki keinginan membuat blog bisnis yaitu blog yang bisa menghasilkan uang. Namun, saya bingung harus membuat blog seperti apa sehingga tujuan saya tersebut tercapai.
Analisis SWOT-lah yang menghapus kebingungan saya itu sehingga saya bisa mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.
SWOT Diagram

Kekuatan

Untuk mengetahui kekuatan, saya bertanya sendiri: Apa yang membuat blog saya beda dengan blog lain? Postingan apa yang akan saya tulis sehingga memberi manfaat bagi pembaca? Pengalaman apa yang bisa membawa saya exist di jalur ngeblog?
Setelah bingung berhari-hari, akhirnya ketemulah kekuatannya:
  • Saya berhubungan baik dengan para blogger di blog gratisan saya.
  • Saya memiliki beberapa pengalaman mengikuti training produktivitas dan kepribadian yang diselenggarakan perusahaan tempat saya bekerja. Ini modal untuk diinformasikan kepada pembaca

Kelemahan

Tidak seperti kekuatan, saya sangat mudah sekali mengidentifikasi kelemahan saya. Berikut kelemahan yang harus saya minimalkan agar tidak menjadi problem di kemudian hari.
  • Lemah dalam hal teknis ngeblog (misalnya CSS, HTML, database, dan php).
  • Lemah dalam optimalisasi social media tools (facebook, twitter, digg, technorati, stumble upon, youtube dan podcast).
  • Tidak memiliki pengalaman bisnis online.

Peluang

Peluang merupakan faktor eksternal. Saya mendefinisikan peluang sebagai 50 persen berhasil dan 50 persen gagal. Berikut peluang yang saya identifikasi:
  • Bergabung di komunitas blog terkenal.
  • Menjadi blogger tamu di blog lain.
  • Bermitra dengan blogger lain untuk membuat bisnis online.

Ancaman

Ancaman bisa datang dari internal dan eksternal. Ancaman eksternal antara lain:
  • Koneksi internet yang lambat.
  • Hosting yang down.
  • Kehilangan data blog.
  • Penurunan page rank oleh Google.
Itulah analisis SWOT yang saya terapkan dalam aktivitas ngeblog saya. Sekadar berbagi dan semoga bermanfaat.
Ngomong-ngomong, apakah Anda sudah tahu kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman blog Anda? Kalau belum, mengapa tidak segera dilakukan? Happy blogging ya :D
Sumber gambar: wikipedia
Share this article :

1 Komentar:

  1. Makasyih infonya sob... berarti pembuatan blog sobat diteliti dulu yaaa... klo aq sih cukup banyak pake feeling aza... yg qra2 aq sanggup dan sekiranya cocok dgn audiens... ya itulah yg aq pake... okelah kalaw begituw, lanjuuuttt dan semoga sukses yaaa... btw, jgn lupa mampir2 ke blog sederhana q yaaa... tengkyuuu >> http://salonoyah.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger