Monday, May 24, 2010

Cara Memperbaiki Evaporator Kulkas

Karena sulitnya mengambil es batu pada lemari es satu pintu/frezzer, membuat sebagian orang ceroboh menggunakan benda tumpul untuk mengangkat es batu yang sudah dipenuhi oleh bunga es.
atas kecerobohannya dapat membuat evaporator terkena tusukan benda tumpul tersebut, sehingga evaporator menjadi bocor dan anda sudah pasti mengeluarkan kocek untuk memanggil teknisi kulkas agar kulkas/frezzer menjadi normal kembali.

mengapa pada lemari es satu pintu bila lama beroperasi begitu banyak mengeluarkan bunga es?
jawabanya adalah lemari es satu pintu, evaporatornya tidak dilengkapi dengan heater seperti yang terdapat pada lemari es dua pintu.
pada lemari es dua pintu yang menggunakan fan motor pada bagian pintu atasnya, es batu dalam plastik yang sudah beku dapat dengan mudah kita ambil.

Bila sudah bocor, dapatkah evaporator diperbaiki kembali???
jawabannya...bisa, dengan menggunakan lem besi yaitu lem dalam tube kecil yang satu berwarna hitam dan yang satunya berwarna putih dan dapat anda beli pada toko bangunan.
campurkan dengan takaran yang sama antara putih dan hitam, dalam waktu lima menit lem akan menjadi keras seperti batu.

untuk hasil yang maksimal, usahakan sebelum menempelkan lem besi pada evaporator lemari es satu pintu yang tertusuk benda tajam, evaporatornya diamplas dan besihkan dengan lap kering terlebih dahulu.
dan anda pastikan dalam evaporator sudah tidak ada lagi tekanan sisa freon.
setelah diamplas sampai catnya hilang, barulah anda aduk lem tersebut.
setelah campurannya rata, tempelkan atau letakan pada lubang evaporator yg mengalami kebocoran tersebut dan biarkan sampai beberapa jam.
bila masih ada tekanan freon pada tempat yang bocor, biarkan sisa freonnya habis terlebih dahulu, setelah habis sisa freonnya barulah melakukan penambalan dengan lem besi tersebut.

cara diatas untuk menekan biaya pembelian evaporator, sehingga pengeluaran biaya perbaikan lemari es anda tidaklah begitu besar, cukup mengeluarkan biaya pengisian freonnya saja.


3 Komentar

Numpang tanya mas...Kulkas saya (LG 1 pintu) bisa dingin, tapi gak dingin2 banget, cuma ada bunga esnya sedikit sekali, dan berada pada evaperator bagian atas aja dan yang di bawah, samping kiri, kanan gak mengeluarkan bunga es sama sekali., ... kira2 itu dimna mas masalahnya?? Terima kasih

Reply

Numpang tanya mas...Kulkas saya (LG 1pintu) bisa dingin, tapi gak dingin2 banget, Hanya mengeluarkan bunga Es sedikit sekali, dan itupun hanya berada dievaporator bagian atas aja, dan yang di bawah, samping kiri dan kanan gak mengeluarkan bunga es sama sekali.,dan sudah saya cek dengan air sabun, dan hasilnya gakda yang bocor. ... kira2 itu dimana mas kerusakan/masalahnya?? Terima kasih 

Reply

kulkas tidak dingin karena 5K, yaitu karena masalah kompressor, kelistrikan, kebuntuan, kebocoran atau kleaning servis. kalo bisa dingin sampai muncul bunga es berarti besar kemungkinan bukan karena kebocoran. saudara dapat memeriksa kemungkinan yang lain yang telah saya sebutkan diatas

Reply

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik