Home » » Lijit: Mesin Pencari Untuk Blog Anda

Lijit: Mesin Pencari Untuk Blog Anda

Written By Haris Ahmad on Friday, May 14, 2010 | 2:09 PM


Dua minggu yang lalu, sebuah layanan mesin pencari khusus untuk para blogger diluncurkan. Namanya Lijit. Contoh tampilan widget Lijit bisa Anda lihat di bagiansidebar sebelah kanan blog ini.

Berbeda dengan kotak mesin pencari yang lain, misalnya Google Custom Search yang relatif terbatas fitur-fiturnya, Lijit memiliki sederet fitur bagus yang sangat bermanfaat bagi blog Anda.

Apa kelebihan Lijit?

Pertama, dan yang paling menarik, Lijit tidak sekedar sebuah mesin pencari. Lijit adalah juga sebuah statistic tool yang akan memberikan data-data penting berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan pengunjung blog Anda. Dengan menggunakan Lijit, Anda bisa mengetahui keywords apa yang paling banyak dicari oleh pengunjung blog Anda, dari mana mereka berasal, berapapage views blog Anda, serta apa artikel yang diklik oleh pengunjung dari hasil pencarian di blog Anda. Dengan tampilan stats graphic yang cukup bagus, Lijit akan memberikan data hasil pencarian berdasarkan "Summary", "Readers", "Searches" dan "Exposures".
Kedua, cara pendaftaran yang amat sangat mudah. Hanya butuh waktu tidak lebih dari 5 menit untuk membuat akun Lijit dan memasang widget Lijit yang bisa Anda customize sesuai kebutuhan Anda.
Ketiga, tampilan widget Lijit sangat mudah di-customize. Anda bisa memilih sendiri desain, warna dan ukuran widget Lijit di blog Anda. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan fitur tambahan seperti tampilan cloud tag "Popular Searches", "Content Icons", tombol "Surprise Me!", dan juga fitur "Explore" di bawah kotak pencarian Lijit.

Keempat, cara pemasangan widget Lijit amat sangat mudah. Untuk pengguna WordPress dan Blogspot, hanya dengan sekali klik, maka Anda akan mendapatkan widget Lijit terpasang dengan manis di blog Anda.

Kelima, Anda bisa mengubah tampilan widget Lijit melalui dashboard akun Lijit Anda tanpa perlu melakukan copy-paste ulang kode widget yang telah Anda ubah. Saat Anda mengubah widget Anda, secara otomatis widget Lijit di blog Anda juga akan berubah.

Keenam, pengunjung blog Anda akan mendapatkan 4 pilihan hasil pencarian yang berbeda berdasarkan 4 sumber pencarian yaitu dari blog Anda, konten Anda, network Anda dan dari internet. Dengan 4 pilihan ini, pengunjung blog Anda akan mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik dan lebih sesuai dengan apa yang dicarinya.

Setelah mencoba menggunakan Lijit selama beberapa hari ini, saya merasa sangat terbantu dengan fitur-fitur yang diberikan dan cukup yakin bahwa Lijit akan mendapatkan sambutan positif dari para blogger. Saking puasnya, bahkan akhirnya kotak pencarian Google Custom Search di bagian footer blog ini saya pun saya lepas. Sekarang saya cukup hanya menggunakan Lijit untuk blog ini. :)

Jika Anda belum menggunakan Lijit, saran saya, segera mendaftar dan pasangwidget Lijit di blog Anda. Saya jamin, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari Lijit.

Sekedar informasi, sejumlah blogger terkemuka seperti 
Jeremy Schoemaker (Shoemoney), Darren Rowse (ProBlogger) dan Bryan Clark (CopyBloggerjuga telah memanfaatkan Lijit.

Kini giliran Anda.

Silahkan klik disini untuk mendaftar Lijit. Jangan khawatir, sama sekali tidak ada link referral saya dalam link diatas. :)

Sekedar ingin berbagi. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

(Gambar diambil dari Lijit.com)

Medhy Aginta Hidayat

http://www.blogguebo.com/2008/08/lijit-mesin-pencari-untuk-blog-anda.html
Share this article :

1 Komentar:

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger