Home » » Riset pasar dengan biaya rendah

Riset pasar dengan biaya rendah

Written By haris on Monday, May 17, 2010 | 2:08 PM


Untuk menjalankan bisnis secara sukses, Anda harus mengetahui pasar Anda secara menyeluruh. Riset pasar yang kuat dapat menyediakan bagi Anda serangkaian informasi mengenai nasabah , industri, dan pesaing Anda. Dalam fase permulaan bisnis Anda, riset pasar dapat membantu Anda menetapkan seberapa layak adalah sebuah ide bisnis. Dengan meluasnya bisnis Anda, Anda dapat menggunakan riset untuk mengasah program pemasaran, menetapkan sasaran dan mengadakan perbedaan produk atau jasa, mencari peluang pertumbuhan baru, dll.
Tantangan bagi banyak pemilik bisnis kecil adalah melakukan riset dengan anggaran yang ketat. Disini ada lima metode hemat biaya yang Anda dapat coba:
Berbicara secara langsung kepada nasabah dan bakal calon
Walaupun daftar pertanyaan yang diposkan secara langsung, kampanye pemasaran melalui telepon secara mendalam, kelompok fokus, dan segala macam teknik lain adalah metode yang efektif dari pengadaan survai terhadap nasabah dan bakal calon Anda, mereka juga bisa cukup mahal. Sebaliknya, Anda mungkin ingin mencoba beberapa versi tidak resmi dari metode ini.
Misalnya, daripada membentuk kelompok fokus resmi untuk mengevaluasi bagaimana nasabah Anda menanggapi produk atau jasa baru Anda, Anda dapat mengadakan pertemuan tidak resmi untuk mengumpulkan data. Undanglah 5-10 nasabah untuk makan siang, dan katakan bahwa Anda sedang mencari taksiran tidak resmi yang tak tercatat mengenai sebuah produk atau jasa yang baru. Kemudian sajikan presentasi kepada mereka dan minta masukan mereka. Sama halnya, Anda dapat menyuruh seorang di kantor Anda untuk menghubungi 15 atau 20 nasabah dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan survai yang sama. Walaupun Anda tidak akan memperoleh hasil ilmiah, Anda akan memperoleh beberapa masukan tentang kecenderungan umum dan malahan memperoleh beberapa ide baru dari nasabah.
Gunakan pelajar
Hubungi bagian pemasaran dari perguruan tinggi atau universitas setempat dan tanyakan apakah ada kelas pemasaran atau mahasiswa perseorangan yang mungkin tertarik untuk bekerja sama dalam sebuah proyek riset pasar. Proyek ini seringkali disambut gembira oleh mahasiswa sebagai cara untuk memperoleh pengalaman atau kredit khusus Disamping menghemat uang Anda, bekerjasama dengan mahasiswa juga dapat menyediakan ide yang segar mengenai cara merancang dan melakukan riset pasar Anda. Bilamana menghubungi perguruan tinggi atau univesitas, ajukan permohonan langsung ke pihak administrasi atau bagian studi pemasaran/ manajemen dari universitas.
Manfaatkan perpustakaan Anda
Referensi dari pustakawan adalah salah satu sumber daya yang belum dimanfaatkan oleh pemilik bisnis kecil. Perpustakaan umum mempunyai kekayaan fakta dan angka yang tersedia melalui berbagai direktori industri, abstrak pemerintahan (government abstracts), dan panduan referensi lainnya. Kunjungi bagian referensi dan bicaralah dengan pustakawan. Jelaskan setepat mungkin apa saja yang Anda cari, dan orang ini akan dapat mengarahkan Anda kepada sumber daya yang tepat.
Beberapa perpustakaan umum setempat tidak akan memiliki informasi bisnis sedalam dan seluas yang Anda cari. Jika demikian halnya di daerah Anda, cobalah perpustakaan dari perguruan tinggi atau universitas setempat, yang mungkin memiliki data seperti ini.
Akhirnya, Pusat Pengembangan Bisnis Kecil juga cenderung mempunyai perpustakaan riset yang terpusat khusus kepada kebutuhan bisnis kecil.
Hubungi asosiasi dagang Anda
Asosiasi dagang secara teratur mengumpulkan informasi mengenai industri mereka masing-masing dan menyediakannya untuk semua anggota asosiasi. Survai seperti ini seringkali meliput segala persoalan seperti biaya operasional perusahaan yang khas, kecenderungan pertumbuhan industri, peluang pasar baru, dll.
Laporan riset seperti ini seringkali hanya tersedia untuk anggota asosiasi, jadi Anda perlu bergabung agar dapat memperoleh akses. Untuk mencari asosiasi dagang bagi industri Anda, bacalah Gale Encyclopedia of Business and Professional Associations” (Gale Research), yang tersedia diatas meja referensi perpustakaan Anda.
Bacalah majalah dagang
Membaca majalah dagang, majalah, surat kabar dan berita berkala industri adalah cara yang baik sekali untuk belajar mengenai kecenderungan dalam industri Anda dan untuk mengetahui perkembangan terakhir. Mereka seringkali melaporkan kecenderungan industri dan segala persoalan kunci lainnya sebelum dikutip oleh pers umum. Anda juga akan menemukan banyak informasi mengenai pesaing Anda. Lagi pula, majalah dagang biasanya juga memuat artikel mengenai data riset terkini (untuk memperoleh angka kecenderungan) atau bahkan mungkin melakukan riset pasar kepemilikan.
Anda bisa mencari nama dari terbitan dagang dan bisnis yang relevan dalam direktori seperti “Bacon’s Guide to Periodicals” atau “Standard Rate & Data” (tersedia di kebanyakan perpustakaan). Hubungi pihak penerbitan dan minta formulir berlangganan — banyak yang disediakan secara bebas biaya kepada perusahaan yang memenuhi syarat dalam industri.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger