Home » » Strategi Pemasaran dalam Unit Usaha : Mengelola Bisnis Layanan Kartu ATM

Strategi Pemasaran dalam Unit Usaha : Mengelola Bisnis Layanan Kartu ATM

Written By Haris Ahmad on Friday, May 21, 2010 | 2:14 PM


Menentukan strategi pemasaran dalam suatu unit usaha perlu mempertimbangkan daya tarik pasar dan kekuatan usaha. Pada layanan ATM, Daya Tarik Pasar adalah Faktor yang menjelaskan KENAPA PRODUK ITU MENARIK? / KENAPA HARUS ADA PRODUK ITU? Sedangkan Kekuatan Usaha adalah Faktor yang menjelaskan: KENAPA KONSUMEN INGIN MEMILIH PRODUK ITU?
A. Daya Tarik Pasar adalah Faktor yang menjelaskan KENAPA PRODUK ITU MENARIK? / KENAPA HARUS ADA PRODUK ITU?
Antara lain dipengaruhi faktor-faktor sbb:
1. Kebutuhan Pasar.
Pasar dalam hal ini masyarakat yang berkecimpung dalam dunia usaha membutuhkan suatu alat / media untuk mempercepat transaksiya. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu piranti yang efisien dan efektif untuk menunjang kelancaran usahanya.
2. Kebutuhan akan Teknologi
Dewasa ini pelaku usaha sangat mengandalkan teknologi untuk menunjang aktivita usahanya. Dengan perkembangan teknologi, aktivitas usaha menjadi lebih produktif dalam menaikkan value, efisien dalam hal waktu dan biaya, dan efektif efektif dalam nilai manfaatnya.
3. Persaingan Usaha
Dalam perjalanannya untuk memenangkan persaingan, para pelaku pasar memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya sektor perbankan. Pelaku usaha memanfaatkan jasa bank-bank yang yang telah ditunjang oleh teknologi komunikasii on-line agar transaksi bisa berlangsung dengan cepat dan mudah.
4. Pengaruh Lingkungan
Lingkungan menyumbang pengaruh yang cukup besar untuk membentuk perilaku pasar yang mengandalkan pada teknologi. Relasi / Mitra usahanya yang telah menggunakan teknologi canggih akan memaksa seorang pengusaha untuk menyesuaikan diri.
B. Kekuatan Usaha adalah Faktor yang menjelaskan: KENAPA KONSUMEN INGIN MEMILIH PRODUK ITU?
Antara lain dipengaruhi faktor – faktor sbb:
1. Biaya Lebih Rendah
Perusahaan yang mengutamakan profit akan berusaha untuk meminimalkan biaya produksi atau aktiviitas lainnya.
2. Kecepatan Transaksi
Dunia usaha membutuhkan transakksi yang cepat. Volume usaha yang besar serta kompetisi yang ketat mengharuskan para pelaku usaha untuk menggunakan sistem transaksi yang cepat.
3. Kepraktisan
Pelaku usaha dengan mobilitas yang tiinggi membutuhkan suatu piranti yang praktis, ringan dan dapat diandalkan.
4. Kualitas SDM
Dunia Usaha membutuhkan Sumber Daya Manusia yang unggul untuk mencapai tujuannya. Dalam memilih mitra kerja, pengusaha juga akan memilih insan yang berkualitas, untuk menjamin kelancaran aktivitasnya.
5. Reputasi Merek
Reputasi atau nama baik untuk menjamin kulitas pekerjaan / barang / jasa . BNI sebagai salah satu bank pilar di Indonesia , memiliki reputasi yang cukup di kenal masyarakat sebagai bank yang berpengalaman dalam transaksi baik dalam maupun luar negeri.
Berdasar perhitungan diatas didapat hasil:
A. DAYA TARIK PASAR (MARKET ATRACTIVENESS) ADALAH : 4.1
B. KEKUATAN USAHA (BUSINESS STRENGTH) ADALAH : 4.1
Maka rekomendasi strateginya adalah:
KATEGORI: RANGE STRONG-HIGH DENGAN REKOMENDASI STRATEGY:
LINDUNGI POSISI
1. INVESTASI UNTUK TUMBUH SECEPAT YANG DAPAT DITANGANI, antara lain dengan langkah – langkah sbb:
a. menambah jumlah mesin ATM di tempat-tempat yang strategis, sehingga nasabah mudah untuk mendapatkan mesin ATM BNI.
b. menambah fitur serta fasilitas yang tersedia di dalam layanan mesin ATM, sehingga nasabah semakin efisien dalam menggunakan waktunya , dengan prinsip satu kartu dengan multi manfaat.
c. menjalin kerjasama dengan merchant-merchant di seluruh dunia untuk memperluas jaringan, misalnya memasang mesin EDC (Electronic Data Capture ) BNI dengan supermarket, rumah sakit, SPBU, Toko dsb.
Lindungi Posisi
2. PUSATKAN USAHA DALAM MEMPERTAHANKAN KEKUATAN, antara lain dengan langkah – langkah sbb:
a. menjaga kualitas layanan kepada nasabah, dengan cara membuka on-line service 24 jam dengan kemudahan dalam hal penyampaian informasi dan handling komplain.
b. senantiasa proaktif dalam menggali kebutuhan nasabah , sehingga bisa disusun strategi pelayanan yang benar- benar tepat sasaran.
Share this article :

1 Komentar:

  1. salam kenal,,kunjungi blogku ya,,tukeran link ya,,link udah saya pasang ,,cari di links sahabat,,tolong link balik blogku

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger