Home » » TINJAUAN PUSTAKA METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL EKONOMI

TINJAUAN PUSTAKA METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL EKONOMI

Written By Haris Ahmad on Friday, May 21, 2010 | 10:56 AM


LANDASAN TEORI

Salah satu syarat penelitian sebagai penerapan metode ilmiah adalah adanya Landasan Teori yang jelas. Pengertian dari landasan teori ini adalah teori-teori yang mendukung dan digunakan bagi perumusan variabel (indikator, parameter, dan teknik pengukurannya) serta keterkaitan antar variabel yang dijadikan sebagai sarana pencapaian tujuan penelitian. Landasan Teori dalam proses penelitian ilmiah pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian yaitu pelaksanaan Tinjauan Pustaka, berdasarkan rangkuman hasil Tinjauan Pustaka tersebut dilakukan perumusan Kerangka Berpikir.
Pengertian dari Tinjauan Pustaka ini adalah kegtiatan penelitian untuk terlebih dahulu mengkaji rekaman perkembangan darai bergam teori, hasil-hasil pednelitian yang pernah dilakukan serta pengalaman empiris dari pakar maupun praktisi yang memiliki kompetensi dengan tujuan penelitiannya baik yang berupa tulisan, rekaman suara, maupun pernyataan-pernyataan lisan dalam beragam media.
Isi dan informasi yang ingin dikumpulkan dari kegiatan Tinjauan Pustaka adalah :
  1. Teori-teori diawali dengan pernyataan tentang teori dasar (grand theory) dan dilengkapi dengan teori-teori lain yang berkaitan dengan tujuan penelitian.
  2. Hasil-hasil penelitian terdahului yang pernah dilakukan pihak lain, baik tentang penelitian serupa yang memiliki tujuan yang sama dengan yang dinyatakan dalam judul penelitian.
  3. Pengalaman empiris dan buah-buah pikiran yang dikemukakan oleh para pakar pada bidang ilmu yang relevandengan tujuan penelitian.
  4. Pengalaman empiris dan pernyataan-pernyataan yang disampaikan oleh para pejabat atau pada praktisi pada bidang-bidang yang berkaitan dengan tujuan penelitian.
  5. Data-data pendukung dan peraturan atau kebijakan yang relevan.
  6. Konsep-konsep tentang beragam variabel (indikator dan parameter).
  7. Metode penelitian yang pernah dilakukan.
  8. Teknik perumusan instrumen penelitian.
  9. Teknik-teknik pengukuran variabel dan analisis data.
Setiap penulisan karangan ilmiah tentu terdapat bab landasan teori. Pada ba landasan teori akan berisi tinjauan pustaka dan kerangka berpikir. Tinjauan pustaka adalah kumpulan dari beragam teori yang mendukung penelitian. Sedangkan kerangka berpikir adalah gambaran tentang keterkaitan antara variabel penelitian yang akan dikaji, yang dibangun oleh peneliti untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan penelitian berdasar hasil tinjauan pustaka.
Tinjauan Pustaka
Sumber dari tinjauan pustaka dapat berasal dari :
  1. Buku-teks, kaitannya dengan konsep maupun teori-teori, terutama yang merupakan teori dasar (grand theory) yang diperlukan.
  2. Jurnal-jurnal ilmiah pada bidang ilmu yang relevan terutama tentang:
-       hasil penelitian mutakhir
-       analisis lonsep atau teori-teori mutakhir
-       pemikiran-pemikiran para pakar
  1. Laporan penelitiian, yang berisi tentang hasil-hasil penelitian mutakhir di bidang ilmu atau topik penelitian yang relevan.
  2. Prosiding pertemuan ilmiah (seminar, simposium, lokakarya, diskusi panel, dll) yang seperti jurnal ilmiah, biasanya membahas tentang:
-       hasil penelitian mutakhir
-       analisis konsep atau teori-teori mutakhir
-       pemikiran-pemikiran para pakar
  1. Percakapan antar pribadi dengan pakar, pejabat, ataua praktisi terutama menyangkut:
-       perkembangan teori mutakhir
-       hasil penelitian yang dilakukan
-       kebijakan, peraturan, panduan kegiatan
-       analisis kebijakan dan peraturan
-       pengalaman praktis
  1. Jurnal/Majalah Ilmiah Populer, yang meskipun berisi informasi seperti laiknya Jurnal Ilmiah, tetapi disajikan dalam bahasa yang populer
  2. Media massa, yang memuat informasi-informasi aktual baik berupa: penemuan-penemuan, analisis teori, analisis kebijakan, dll
  3. Internet, yang dapat dimanfaatkan untuk mengakses informasi dari beragam sumber informasi, baik pusat-pusat informasi, lembaga penelitian, individu (pakar, pejabat, praktisi) bahkan media massa.
Hasil Tinjauan Pustaka
Tentang hal ini, hasil yang diharapkan dari tinjauan pustaka:
  1. Variabel-variabel penelitian yang akan dikaji, termasuk indikator-indikator dan parameter yang akan digunakan.
  2. Teknik-teknik pengukuran yang akan digunakan
  3. Bentuk keterkaitan antar variabel (hubungan, alur hubungan dll)
Sistematika Penulisan Tinjauan Pustaka
Hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam penulisan Tinjauan Pustaka adalah sistematikanya.
  1. Pertama-tama, yang harus ditulis adalah teori dasar (grand theory) yang dijadikan landasan melakukan kegiatan penelitian, yang umumnya diperoleh dari textbook.
  2. Uraian tentang  teori-teori pendukung yang berkaitan dengan variabel yang akan diteliti, yang sudah tersirat dalam Judul Penelitian / Tujuan Penelitiannya; berikut dengan parameter, indikator dan teknik pengukurannya.
  3. Uraian ini, umumnya bersumber dari textbook, dilengkapi dengan hasil-hasil penelitian yang dilaporkan dalam jurnal ilmiah, laporan penelitian, dan prosiding pertemuan ilmiah, dll
  4. Gambaran tentang keterkaitan antar variabel yang diperoleh dari pengalaman penelitian, atau pernyataan-pernyataan pakar / praktisi, yang banyak dijumpai pada jurnal ilmiah, jurnal / majalah ilmiah populer, media massa, internet, dll.



Kerangka Berpikir
Kerangka berpikir adalah gambaran tentang keterkaitan antar variabel penelitian yang akan dikaji, yang dibangun oleh peneliti untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan penelitian, berdasarkan hasil tinjauan pustaka.
Y         = f (a.b1 x 1, b2 x 2, b3 x 3, b4 x 4 ………bn x n, e)
Log Y  = a + b1 log x 1 + b2 l og x 2 +……..bn log x n + e
Dimana :
Y  = sikap petani terhadap KUT
A = intercept
b = koefisien regresi
x1 = luas lahan
x2 = jumlah tenaga kerja keluarga
x3 = kemudahan proses jumlah KUT
x4 = waktu (lamanya) realisasi KUT
e = tingkat kesalahan
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger