Home » » Tips menggunakan Wi-Fi Handphone

Tips menggunakan Wi-Fi Handphone

Written By Haris Ahmad on Thursday, May 6, 2010 | 12:27 PM

Maraknya perangkat fitur Wi-Fi yang dikeluarkan oleh vendor diikuti pula oleh pihak yang menyediakan tempat-tempat berlabel hotspot. Tapi anehnya, banyak pemilik ponsel atau PDA phone yang tidak memanfaatkan fitur Wi-Fi saat berada di lokasi tersebut. Entah karena tidak mengerti cara pengaturan perangkatnya atau tidak mengetahui aturan main pengaksesan intenet yang diselenggarakan oleh provider.

Untuk itu, kami menurunkan tulisan mengenai cara setting dan aturan main pada tiga kafé yang sudah dilengkapi access point nirkabel. Sedangkan perangkat yang kami gunakan adalah O2 XDA IIi dan Nokia 9500. Sayangnya, satu perangkat lagi, Palm LifeDrive, absen dalam uji coba Wi-Fi kali ini.
Mc Café, Nokia 9500
Mengawali uji coba, kami datang ke Mc Café/Mc Donald yang berlokasi di Sarinah. Hotspot yang dikelola oleh Centrin mengharuskan pengunjung yang bukan member membeli prepaid. Gosok pelindung kartu untuk mendapatkan username dan password.

Karena hotspot ini menggunakan zero config, pengaturannya sangat mudah. Apalagi pemilik Nokia 9500, seperti pada screenshot, Anda tinggal mengaktifkan aplikasi browser dan memilih aksen Point. Gunakan saja Easy WLAN, tekan tombol command paling atas (Connect). Pilih WLAN Network, CentrinHotSpot, tekan Connect. Di browser akan muncul halaman milik Centrin. Masukkan username dan password. Pada browser ada informasi mengenai waktu yang tersisa untuk mengakses internet – tergantung pulsa voucher yang dibeli. Sekarang tinggal membuka situs yang mau diakses dengan menekan tombol comman paling atas (Open Web Browser). Ketik alamat situs, akhiri dengan menekan Go to.

Setting O2 XDA IIi
Sedangkan pada O2 XDA IIi, pengaturan sedikit lebih dalam ketimbang Nokia 9500. Ada beberapa cara setting untuk bisa mengakses internet nirkabel, tapi Phone.3 akan memberikan satu cara saja. Lakukan tap pada ikon Wi-Fi yang ada di pojok bawah layar untuk membuka Wireless LAN Manager. Klik ikon Wi-Fi (Wireless Manager) berwarna hijau di pojok kiri-bawah layar. Tap sekali ikon WLAN. Ikon berubah menjadi hijau, berarti Wi-Fi aktif. Tap ikon Network cards, ikon yang berada paling kanan. Centang  “Automatically connect…” untuk memberikan efek koneksi otomatis bila mendeteksi network nirkabel. Sebenarnya, di drop list menu bisa saja memilih All Available. Tapi karena yang mau dipakai adalah access point, pilih saja Only Access Point. Kemudian, buka tab Network Adapter. Sebenarnya, pengaturan default dari pabrik tidak memerlukan perubahan. Tapi untuk meyakinkan proses akses berjalan mulus, lakukan pengecekan. Supaya akses internet jadi default koneksi network wireless pada drop list My Network Card Connect to, pilih Internet. Andai mau modifikasi adapter, bisa saja, kalau hotspot memerlukan pengaturan khusus. Tapi secara default, telah di-setting dengan modus DHCP untuk mendapatkan IP secara otomatis.

Nah, sekarang pengaturan sudah beres. Kalau memang setting sudah oke, harusnya otomatis terkoneksi. Kalau belum bisa, coba buka jendela Configure Wireless Network. Lihat hotspot yang terdeteksi. Kalau ada hotspot yang dimaksud dengan status available. Tap-tahan kemudian pilih Connect. Sekarang, buka Internet Explorer. Tulis www.centrin.net.id. Sama seperti di atas, masukkan username dan password yang ada pada prepaid.

Mister Bean Coffe
Hal yang sama juga dilakukan jika Anda mengakses Wi-Fi di Mister Bean Coffee, Cilandak Town Square (CITOS). Perbedaannya hanya pada nama access point. Karena dikelola oleh CBN, makanya access point bernama CBNHotSpot. Saat mengakses di kawasan CITOS, banyak sekali access point yang terdeteksi, salah satunya M2 milik Indosat.

Kartu prepaid yang disediakan oleh CBN memiliki username dalam bentuk numerik 10 angka. Begitu juga dengan password-nya, tapi delapan angka. Coverage dari access point ini lumayan luas.

Planet Biz Café, Gratis!
Kalau di Planet Biz Café di kawasan perkantoran Mega Kuningan, Perkantoran Taman A9, Anda tidak memerlukan username dan password sama sekali karena fasilitas Wi-Fi diberikan gratis. Anda cukup memesan makanan atau minuman segar dan bisa browsing sepuasnya. Sedangkan nama access point yang digunakan adalah Linksys. Akses internet tanpa kabel di café ini di-support oleh PSN yang berkantor di sebelahnya.

Kalau di Planet Biz gratis, lain di Mc Café. Pada hotspot tersebut penjualan voucher dipaket bersama makanan/minuman. Voucher dengan nilai nominal 50 ribu dengan durasi akses dua jam dihargai Rp60 ribu. Tapi, pengunjung café mendapatkan satu regular Cappuccino dan Butter Croissant. Atau, boleh juga memilih Mc. Chicken 1.

Mister Bean Coffee lebih memilih menjual terpisah antara voucher prepaid CBN dan menu café. Nilai voucher CBN bervariasi, yakni 30 ribu, 50 ribu, dan 100 ribu. Sistem penghitungan pulsa adalah Rp220 per menit. Jadi, voucher dengan nilai nominal 50 ribu akan habis hampir empat jam.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger