Home » » Akhlak Kepada Sesama

Akhlak Kepada Sesama

Written By haris on Thursday, June 3, 2010 | 1:17 PM


Pengertian Akhlak Kepada Allah

Akhlak sendiri merupakan sebagian bentuk karakter seseorang yang terlahir dalam manusia yang pada hakekatnya akhlak merupakan sesuatu yang metafisik yang dapat membentuk keberadaan atau existensi  akhlak tersebut baik melalui perkataan, maupun perbuatan yang dilakoni oleh makhluk yang menyandang kapasitas sebagai manusia. Jadi akhlak kepada sesama adalah karakter yang di bentuk atau sikap , watak yang lahir dalam sumber baik dari hati ataupun dari emosional akal setelah menerima kondisi realitas sosial baik terlahir merupakan kondisi karakter yang terkadang memiliki nuansa ibadah ataupun sebaliknya.
Akhlak Kepada Sesama
Setelah mencermati kondisi realitas sosial tentunya tidak terlepas berbicara masalah kehidupan (problem of life). Tentunya kita tahu bahwa hidup itu sendiri  adalah masalah dan tujuan hidup adalah mempertahankan hidup untuk kehidupan selanjutnya dan jalan mempertahankan hidup hanya dengan mengatasi masalah hidup, itu pun hanya untuk kehidupan berikutnya. Kehidupan sendiri tidak pernah membatasi hak ataupun kemerdekaan seseorang untuk bebas berekspresi, berkarya dan lain sebagainya. Namun demikian sejatinya kehidupan adalah saling berketergantungan antara sesama makhluk dan dalam kehidupan itu pula kita tidak terlepas dari aturan-aturan hidup baik bersumber dari norma kesepakatan ataupun norma-norma agama, karena dengan norma  hidup kita akan jauh lebih memahami apa itu akhlak dalam hidup, dalam hal ini adalah akhlak antara sesama manusia dan  makhluk lainnya. Namun dalam hal ini juga kami mencoba untuk mempelajari akhlak yang khususnya adalah akhlak sesama manusia baik dalam kalangan umat muslim ataupun non muslim.
Akhlak kepada sesama muslim
Sebagai ummat pengikut Rasulullah saw tentunya jejak langkah beliau merupakan guru besar umat Islam yang harus diketahui dan patut ditiru, karena kata Rasulullah yang dinukilkan dalam sebuah hadis yang artinya “sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”
Yang dimaksud dengan akhlak yang mulia adalah akhlak terbentuk dari hati manusia yang mempunyai nilai ibadah setelah menerima rangsangan dari keadaan sosial. Karena kondisi realitas sosial yang membentuk hadirnya karakter seseorang untuk menggapai sebuah keadaan.
Salah satu contoh ketika kita ingin dihargai orang lain maka kewajiban kita juga harus menghargai orang lain, menghormati yang lebih tua, menyayangi yang lebih muda, menyantuni yang fakir, karena hal itu merupakan ciri-ciri akhlak yang baik dan terpuji. Contoh lain yang merupakan akhlak terpuji antara sesama muslim adalah menjaga lisan dalam perkataan agar tidak membuat orang lain yang ada di sekitar kita mudah tersinggung bahkan lebih menyakitkan lagi ketika kita berbicara hanya dengan melalui bisikan halus di  telinga teman dihadapan teman-teman yang lain, karena hal itu merupakan etika yang tidak sopan bahkan diharamkan dalam Islam.
Akhlak kepada sesama non muslim
Akhlak antara sesama non muslim, ini pun diajarkan dalam agama, karena siapapun mereka, mereka juga adalah makhluk Tuhan yang punya prinsip hidup dengan nilai-nilai kemanusiaan. Namun sayangnya terkadang kita salah menafsirkan bahkan memvonis siapa serta keberadaan mereka ini adalah kesalahan yang harus dirubah mumpung ada waktu untuk perubahan diri. Karena hal ini tidak terlepas dari etika sosial sebagai makhluk yang hidup sosial. Berbicara masalah keyakinan adalah persoalan nurani yang punya asasi kemerdekaan yang tidak bisa dicampur adukan hak asasi kita dengan hak merdeka orang lain, apalagi masalah keyakinan yang terpenting adalah kita lebih jauh memaknai kehidupan sosial, karena dalam kehidupan  ada yang namanya etika sosial.
Berbicara masalah etika sosial adalah tidak terlepas dari karakter kita dalam pergaulan hidup, berkarya hidup dan lain-lain. Salah satu example yang sederhana dalam hal ini adalah bagaimana kita menghargai apa yang menjadi keyakinan mereka, ketika upacara keagamaan sedang berlangsung sekalipun mereka hidup dalam minoritas sekalipun, memberi bantuan bila mereka terkena musibah atau lagi membutuhkan karena hal ini akhlak yang baik dalam kehidupan non muslim.

Kesimpulan Akhlak Kepada Sesama
Setelah menelaah dan memahami akhlak kepada sesama sebagai kesimpulannya adalah sesungguhnya dalam kehidupan, kita tidak terlepas dari apa yang sudah ada dalam diri kita sebagai manusia termasuk salah satunya adalah akhlak. Karena akhlak adalah satu predikat yang disandang oleh manusia akhlak akan berjalan setelah manusia itu sendiri berada dalam alam sosial.
Baik dan buruknya akhlak kepada sesama tergantung dari orang menjalani hidup, apakah membentuk karakternya dengan akal atau dengan hati karena keduanya adalah sumber.
Jadi kesimpulan akhlak antar sesama yaitu  sangat dianjurkan selama apa yang dilakukan punya nilai ibadah.
Penutup
Alhamdulillah, syukur kami kepada Allah karena atas campur tangan Allah kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Di akhir penutup makalah ini kami mengucapkan buat sahabat-sahabat kami yang sempat menyumbangkan ide, semoga idenya dapat bermanfaat bagi kalangan banyak.
Dan kami sadari dalam perumusan makalah ini berangkat atas kerja sama yang baik dari kelompok kami serta kekompokan yang utuh namun demi penyempurnaan makalah ini kami sangat mengemis sumbangan ide yang cerdas dari semua kalangan dalam penyempurnaan makalah ini
.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger