Home » » Kapan oli motor harus diganti?

Kapan oli motor harus diganti?

Written By Haris Ahmad on Saturday, June 26, 2010 | 2:29 PM

Biarpun sudah ada buku manual yang disediakan pabrikan untuk jadwal maintenance (service mesin, penggantian part, perawatan part, dsb), sebenarnya itu masih belum bisa mengakuratkan kapan sebenarnya kendaraan harus diganti olinya.

Setahu saya di buku manualnya kalo tidak mencapai Km tertentu maka pilihan waktunya adalah jangka waktu tertentu (yang lebih dulu tercapai yang digunakan), begitu bukan?

Hal tersebut memang ditujukan untuk mempermudah masyarakat umum yang sebagian besar awam akan kedetailan kondisi mesinnya, sehingga dibuatlah acuan yang memudahkan.

Menurut saya yang pantas dan seharusnya menjadi acuan adalah "seberapa banyak mesin bekerja" tidak terhadap waktu tidak terhadap jarak. Kan bisa saja mesin dinyalakan tapi tidak berjalan, dan bisa saja mesin tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama.

Nah lantas bagaimana mengestimasi kapan mengganti oli, ya kembali lagi ke kemampuan perkiraan pemiliknya. Kalo sering dibawa dalam kondisi jalanan macet atau suka digeber mencapai top speed / ditarik2, otomatis biarpun belum mencapai waktu / jarak acuan pedoman pabrik sudah seharusnya motor harus sudah diganti olinya, karena acuan yang digunakan pabrikan adalah asumsi sepeda motor anda dibawa normal tanpa di perlakukan ekstrim (seperti terkena macet setiap hari, dibuat kebut-kebutan sering2).

Kalo jarang terkena macet dan jarang kebut-kebutan pula, maka bisa digunakan standar acuan maintenance pabrik (pada umumnya sekitar 3000-4000 Km atau 3 - 4 bulan ; pilih yang lebih dahulu tercapai)

Nah kalo saya sendiri, mengganti oli setiap 2500 Km dan saya jarang pakai acuan waktu karena 2500 Km itu selalu saya capai kurang dari 1 bulan. (bandingkan dengan acuan pabrik : 3000Km atau 3Bulan).

Yah sekarang tergantung andanya aja bagaimana mengestimasi, setiap orang & mekanik sekalipun pasti punya saran masing-masing. Terlalu telat ganti oli efeknya tidak baik ke mesin, tetapi terlalu sering juga menghabiskan waktu & biaya. Jadi harus sesuai, seperti yang saya katakan di atas tadi.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger