Home » » Ngemil Tapi Tetap Sehat

Ngemil Tapi Tetap Sehat

Written By Haris Ahmad on Thursday, June 10, 2010 | 10:38 AM

kebanyakan dari kita tak bisa menghindari ngemil, apalagi saat sedang bosan,kesal atau marah, ngemil jadi pelarian yang paling memuaskan. Tapi biasanya setelah itu Anda jadi merasa bersalah karena sudah terlalu banyak makan. 
Tetapi anda tak perlu merasa seperti ini jika Anda menjalani diet. Ngemil bukanlah hal yang salah jika dilakukan dengan terprogram dan terkontrol. Yang penting adalah bagaimana mengenali apa yang dibutuhkan tubuh Anda,tanda-tanda yang diberikan pada Anda, dan mempelajari bagaimana menanggapi semua tanda tersebut dengan baik hingga diet Anda tak perlu lagi disertai rasa bersalah. Berikut beberapa kunci ngemil sehat yang bisa Anda terapkan dalam diet Anda.
Keuntungan Ngemil
Ngemil tak selamanya buruk buat diet dan kesehatan, pada kenyataannya makan camilan dalam beberapa kali sehari malah membawa manfaat. Dengan panduan seperti berikut ini:
Ngemil Terkontrol : 
1. Makan makanan rendah lemak 
Seperti biskuit berbahan padi-padian, sedikit kue kering asin, buah segar atau sayuran malahan dapat membuat Anda menghindari nambah saat makan di jam makan berikutnya. Selain itu, sepanjang hari itu Anda sudah mengkonsumsi sejumlah kalori.
2. Energi Dan Nutrisi Ekstra.
Memasak makanan sendiri memang membutuhkan waktu di antara jadwal sibuk Anda. Makanan kecil jadi santapan yang lebih praktis dari pada Anda tidak makan sama sekali.
3. Memuaskan Rasa Lapar. 
Anak-anak, yang perutnya kecil memang hanya butuh sedikit porsi makanan dalam sekali makan. Tapi bagi orang dewasa dengan lebih banyak aktivitas dan membakar lebih banyak kalori akan lebih nyaman dengan makan sedikit tapi sering.
Pilih Makanan Kecil Yang Sehat
Pilihlah makanan yang dapat memenuhi rasa lapar Anda, isi tubuh Anda dengan energi dan nutrisi penting. Pilih beragam makanan untuk memastikan terpenuhinya nutrisi dalam tubuh. Dan buat acara ngemil Anda lebih menyenangkan. 
Berikut beberapa pilihan makanan kecil terbaik yang dapat Anda pertimbangkan:
Padi-Padian Penuh, Makanan berbahan padi-padian kaya serat dan karbohidrat kompleks. Makanan jenis ini akan memberi Anda energi dan membuat tetap bertenaga. Pilih biskuit berbahan padi-padian, atau kue kering yang bahan padi-padian.
Buah Dan Sayur, Makan buah dan sayur akan membuat Anda merasa kenyang. Selain sehat makanan ini tak mengandung lemak, sedikit kalori. Juga mengandung vitamin, mineral, serat dan nutrisi lainnya.
Kacang Dan Biji-Bijian, Kacang mengandung protein, yang membantu Anda awet kenyang. Kacang dan biji-bijian mengandung lemak tak jenuh, jenis lemak yang bagus buat kesehatan. Kacang-kacangan dan biji-bijian ini juga mengandung kalori tinggi, jadi jangan ngemil banyak-banyak.
Produk Susu Rendah Lemak, Keju, yogurt dan produk susu lain adalah sumber kalsium dan protein yang bagus, plus sejumlah vitamin dan mineral. Tapi produk-produk susu ini biasanya tinggi lemak, jadi pilih yang versi rendah lemak. Beberapa jenis yogurt biasanya ditambah gula, jadi pertimbangkan yogurt tanpa gula jika Anda ingin membatasi konsumsi kalori.
Ngemil terprogram.
1. Buat rencana camilan sepanjang minggu khususnya jika Anda bekerja di luar rumah. Buat daftar seluruh camilan untuk perbekalan sepanjang minggu dan persiapkan persediaannya sesuai daftar yang Anda buat.Beli beraneka camilan sehat supaya Anda tidak bosan.
2. Sejumlah penelitian menunjukkan orang-orang yang makan makanan sehat selama empat atau lima kali sepanjang hari lebih sedikit mengalami obesitas dari pada yang hanya makan tiga atau empat kali sepanjang hari.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger