Home » » Serbia taklukkan Jerman 1-0

Serbia taklukkan Jerman 1-0

Written By Haris Ahmad on Saturday, June 19, 2010 | 10:21 AM

Jerman vs Serbia


Serbia membuka peluang melaju ke babak dua Piala Dunia setelah menekuk Jerman 1-0 dalam partai penyisihan Piala Dunia Grup D di Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth, Afrika Selatan, Jumat (18/6).
Jerman merupakan pemegang rekor tak pernah kalah di babak grup Piala Dunia sejak 1986. Selain itu, “Der Panzer” juga merupakan tim yang mencetak gol paling banyak sepanjang babak grup Piala Dunia.
Tetapi bertemu dengan Serbia, Jerman dibuat mati kutu. Ketajaman mengoyak jala Australia empat kali pada laga pertama tak terlihat di laga ini.
Serbia, seperti di laga pertama tampil disiplin di lini belakang dan seakan meniru ciri khas Jerman yang selalu tampil rapih bak sebuah cara kerja mesin.
Akibatnya, Jerman dibuat frustrasi sejak menit awal dengan melakukan sejumlah pelanggaran yang berbuah kartu kuning.
Hasil terakhir ini membuat peluang lolos ke babak dua cukup merata di Grup D. Jerman tetap memimpin dengan 3 poin namun unggul selisih gol, diikuti oleh Ghana di posisi kedua, dan Serbia di posisi ketiga, semua dengan tiga poin, hanya berbeda selisih gol saja. Australia yang tanpa poin di posisi keempat tetap punya kesempatan lolos bila mampu mengatasi Ghana.
Jalan pertandingan
Jerman mencoba mengambil kendali permainan sejak awal. Menit keempat, Mesut Oezil mengirim umpan kepada Sami Khedira. Umpan yang apik, tetapi sepakan voli Khedira masih belum menemui sasaran.
Masih tetap menguasai lapangan, Jerman kembali memetik peluang di menit ketujuh. Kali ini, umpan silang Thomas Mueller disundul Nemanja Vidic dan jatuh di depan kaki Klose, tapi sepakannya menyamping.
Serbia mencoba mencuri kesempatan di menit ke-13. Bola silang dari Dejan Stankovic mengarah kepada Milos Ninkovic, tapi tendangan Ninkovic menyamping dan belum mengubah keadaan.
Sebuah eksekusi tendangan bebas mengancam gawang Jerman di menit 32. Kali ini, eksekusi Alexander Kolarov tidak menemui sasaran karena melebar di kiri gawang Jerman.
Jerman kehilangan satu pemain di menit 36. Klose, yang sudah mendapat kartu kuning di menit 12, mendapat kartu kuning kedua karena melanggar Dejan Stankovic. Jerman pun harus bermain dengan 10 orang.
Cuma berselang dua menit, Serbia memetik untung dari kelebihan jumlah pemain itu ketika sontekan Jovanovic menembus gawang Jerman yang dikawal oleh Manuel Neuer.
Gol ini bermula dari umpan silang Milos Krasic ditanduk oleh Nicola Zigic ke arah Jovanovic yang dengan jitu menendang bola ke gawang Neuer dari jarak tiga meter. Gol, Serbia 1, Jerman 0.
Di menit terakhir babak pertama, Jerman hampir saja menyamakan kedudukan ketika tendangan keras Sami Khedira menghantam tiang gawang Serbia. Skor 1-0 pun bertahan sampai turun minum.
Tujuh menit babak kedua dimulai, Jerman kembali memetik peluang. Kali ini umpan Mueller dari kanan disambar oleh Bastian Schweinsteiger dari luar kotak penalti, tapi bisa ditahan oleh kiper Stojkovic.
Semenit berselang, Jerman lagi-lagi mengancam. Dari umpan terobosan Oezil, Podolski menerobos pertahanan Serbia dan menembak, tapi gagal jadi gol karena bola menyamping.
Menit 59, Jerman dihadiahi penalti karena Vidic menyentuh bola dengan tangannya di kotak penalti. Namun eksekusi Podolski gagal jadi gol karena ditahan dengan sempurna oleh Stojkovic.
Tujuh menit kemudian, Serbia hampir saja menambah keunggulannya. Dari umpan Krasic dari sayap kanan, Jovanovic menendang. Gol? Tidak, akrena bola membentur tiang gawang Jerman!
Di menit 70, Jerman mencoba menambah daya gedornya dengan memasukkan dua striker sekaligus, Geronimo Cacau dan Marko Marin untuk menggantikan Per Mertesacker dan Oezil.
Serbia yang unggul jumlah pemain sedikit tertekan tapi masih mencoba menyerang lewat counter attack. Menit 73, umpan lambung Krasic ditanduk Zigic, tapi menyerempet mistar gawang Neuer.
Sembilan menit menjelang akhir pertandingan, Zigic menyodorkan bola ke arah Gojko Kacar, tapi sepakan pemain yang bermain di Hertha Berlin itu melambung tinggi.
Di sisa waktu yang ada, Jerman terus mencoba menyerang untuk menyamakan kedudukan. Namun Serbia sudah sangat tenang dan tangguh sehingga keunggulan 1-0 mereka bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Jerman

Neuer - 5: Minim beraksi, meski Serbia mengancam beberapa kali gawangnya.

Badstuber - 5: Tak seperti Lahm, minim membantu tim saat menyerang. Kemampuannya bertahan juga tak cukup bagus.

Friedrich - 6: Tak banyak mendapat ujian, tapi bisa diandalkan dengan menutup ruang tembak pemain lawan.

Mertesacker - 5,5: Gol Serbia tak lepas dari kesalahannya, namun dia bisa menunjukkan penampilan yang meningkat seiring berjalannya waktu pertandingan.

Lahm - 6: Solid saat membantu serangan dan bagus dalam bertahan. 

Schweinsteiger - 5: Tak banyak mendapat kesempatan mengembangkan permainannya seiring keluarnya Klose karena kartu merah.

Khedira - 6: Bermain solid di lini tengah dan nyaris menjebol gawang Serbia dengan tendangan kerasnya. Dia hanya kurang beruntung.

Podolski - 5,5: Paling konsisten mengancam gawang Serbia, hanya saja dia kurang ganas dalam menuntaskan serangan, termasuk dalam eksekusi penalti.

Ozil - 5: Aksi individunya tak cukup abik di laga ini dan banyak kehilangan bola.

Muller - 5: Tak tampil eksplosif jika dibandingkan dengan laga pertama.

Klose - 4: Membuat kesalahan yang tidak perlu di paruh pertama, yang membuat timnya merugi.

Pemain Pengganti

Cacau - 5: Tak banyak memberi kontribusi.

Marin - 5: Kurang efektif membantu lini serang Jerman

Mario Gomez - 4: Tak menunjukkan kelasnya selama 15 menit berada di lapangan.



Serbia

Stojkovic - 7: Melakukan sejumlah penyelamatan penting, termasuk tendangan penalti Podolski.

Ivanovic - 5: Tak cukup produktif dalam membantu pertahanan.
  
Vidic - 5: Membuat satu kesalahan dengan melakukan handball di kotak terlarang. Beruntung wasit tak memberinya kartu merah.

Subotic - 5: Tak banyak menunjukkan penampilan impresif.

Kolarov - 5: Tak efektif di sektor kiri pertahanan Serbia, di mana ia kerap kecolongan oleh pergerakan Muller dan Lahm.

Stankovic - 6: Menjadi holding midfielder dengan baik dan memaksa pemain Jerman untuk lebih bermain dengan umpan silang.

Kuzmanovic - 5: Lebih banyak membantu pertahanan dibanding penyerangan dan bertugas dengan tidak cukup kontributif. Dia diganti di babak kedua.

Ninkovic - 6: Memiliki mobilitas tinggi di sektor tengah dalam menutup pergerakan Ozil.

Krasic - 7: Memberi andil besar atas terciptanya gol Serbia. Dia juga menunjukkan performa yang stabil di sektor kanan.

Jovanovic - 7,5: Tak hanya mencetak gol, dia juga kerap mengancam dengan tendangan kerasnya. Pantas disebut man of the match.

Zigic - 6,5: Sesekali mendapat bola, namun bisa efektif memaksimalkannya, meski tak cukup mengancam. Ia cukup kontributif di laga ini.

Pemain Pengganti

Kacar - 6: Tampil cukup mobil di lini tengah dan banyak membantu saat bertahan.

Petrovic - 5: Kurang efektif di sektor tengah.

Lazovic - NA
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger