Home » » Spanyol ke final Piala Dunia (Spanyol 1-0 Jerman)

Spanyol ke final Piala Dunia (Spanyol 1-0 Jerman)

Written By Haris Ahmad on Thursday, July 8, 2010 | 8:56 AM

Spanyol Jerman


Carles Puyol mencetak satu-satunya gol untuk membawa Spanyol mengalahkan Jerman dan maju ke final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Pemain belakang Barcelona itu menyundul sepak pojok Xavi ketika pertandingan tinggal 17 menit lagi.

Spanyol akan berhadapan dengan Belanda yang mengalahkan Uruguay 3-2 sehari sebelumnya.

Dengan demikian akan muncul juara dunia baru karena baik Spanyol maupun Belanda sama-sama belum pernah memenangkan Piala Dunia.

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque membuat kejutan ketika memutuskan untuk tidak menurunkan striker Fernando Torres dari sejak awal dan menggantinya dengan pemain muda Barcelona, Pedro.

Keputusan itu terbukti tepat karena Spanyol menguasai permainan dari awal hingga akhir, menciptakan peluang demi peluang, dengan Pedro memainkan peran penting di dalamnya.
Tekanan


Pertandingan baru berjalan enam menit ketika Pedro memberi umpan terobosan kepada David Villa yang tinggal berhadapan dengan Manuel Neuer namun tak berhasil mencetak gol.

Lagi-lagi kesempatan tercipta untuk Spanyol, kali ini dimenit ke 14. Lewat umpan otak-atik dari tendangan sudut, Andres Iniesta melakukan umpan tarik tepat ke arah Carles Puyol yang berdiri bebas.

Namun Puyol terlalu bernafsu menyundul bola dan malah melambung jauh ke atas gawang.

Tekanan demi tekanan terus dilakukan, peluang demi peluang terus tercipta, walau tidak sebagus dua peluang yang tercipta di awal pertandingan.

Jerman baru benar-benar mengancam gawang Spanyol di menit ke 32 ketika tendangan Piotr Trochowski memaksa kiper Iker Cassilas harus menjatuhkan diri dan menepis bola.

Babak kedua tak jauh berbeda, dengan Spanyol terus menguasai pertandingan dan Pedro menteror pertahanan sebelah kiri Jerman.

Bukannya Jerman tak mampu menciptakan peluang. Peluang terbagus tercipta menit ke-69 ketika Toni Kroos berdiri bebas menerima umpan tarik Lukas Podolski, namun tendangannya terlalu lemah dan terlalu lurus ke arah Cassilas.

Puyol

93 Menit

Prit. Pertandingan usai. Spanyol 1-0 Jerman. Akan ada juara dunia baru dengan Spanyol bertemu Belanda. Keduanya belum pernah memenangkan Piala Dunia.

92 Menit

Spanyol membuang waktu dengan mengganti Xabi Alonso dengan Carlos Marchena.

90 Menit

Wasit keempat mengindikasikan tambahan waktu 3 menit. Jerman terkenal tak menyerah, tetapi kali ini hanya keajaiban yang bisa menyelamatkan mereka.

88 Menit

Tik Tok Tik Tok waktu semakin sempit untuk Jerman menyamakan kedudukan. Mereka malah kembali ditekan habis-habisan oleh Spanyol. Tendangan sudut demi tendangan sudut didapat oleh Spanyol.

82 Menit

Pedro tinggal menghadapi satu pemain bertahan Jerman, Torres berdiri bebas menunggu bola. Pedro menahan bola dan sebelum sempat mengoper, bola disambar pemain belakang Jerman. Pedro meminta maaf kepada Torres, tetapi bangku cadangan Spanyol marah-marah.

81 Menit

Perjudian terakhir Loew. Mario Gomez masuk menggantikan Sami Khedira. Spanyol membalasnya dengan Fernando Torres menggantikan David Villa.

78 Menit

Jerman berusaha untuk terus menyerang. Spanyol kini mengincar melakukan serangan balik.

Graham Taylor, komentator BBC dan mantan manajer Inggris

''Ironis permainan cantik Spanyol tidak menghasilkan gol, lewat sebuah tendangan penjuru malah tercipta gol. Berat sekarang Jerman.''

73 Menit

Golllllllllll. Spanyol 1-0 Jerman. Permainan cantik ditampikan Spanyol. Namun gol datang lewat tendangan sudut dan sundulan keras Carles Puyol. Efektif bukan cantik yang diperlukan.

69 Menit

Malah Jerman yang hampir memasukkan. Lukas Podolski melakukan umpan tarik bagus dari sayap kiri dan jatuh di kaki Toni Kroos yang berdiri bebas, tendangannya terlalu lemah dan diblok Iker Casillas.

Peter Huddersfield, penonton tv di Inggris

Bosssaaannnnnnn

65 Menit

Spanyol mulai frustasi. Berulangkali umpan tarik mereka lewat tanpa ada yang bisa memanfaatkannya. Fernando Torres mulai melakukan pemanasan.

63 Menit

Hampir saja. Lagi-lagi Spanyol. Sergio Ramos mengejar sebuah umpan tarik terjatuh karena bertabrakan dengan Lukas Podolski.

62 Menit

Joachim Loew tidak buang-buang waktu. Ditekan habis-habisan ia mengganti pemain, Toni Kroos menggantikan Piotr Trochowski yang kelihatan kehabisan tenaga. Kurang dari setengah jam lagi.

59 Menit

Jerman dikurung. Peluang demi peluang terus diciptakan oleh Spanyol. Gawang Jerman tak kunjung robek. Pedro menembak dari luar kotak penalti berhasil diselamatkan kiper Neuer, bola mental dikembalikan ke tengah kotak enam meter oleh Iniesta tetapi David Villa hanya terlambat sepersekian detik.

Mark Lawrenson, komentator BBC mantan pemain Liverpool

''Spanyol harus mengganti pemain, pemain mereka tak ada yang cukup bertenaga.''

54 Menit

Lagi-lagi Spanyol melakukan tembakan ke arah gawang dari luar kotak penalti, kali ini David Villa. Masih melenceng.

51 Menit

Pergantian pemain yang pertama. Jerome Boateng diganti Marcell Jansen. Sepertinya bukan karena cedera tetapi demi taktik. Hanya Joachim Loew (pelatih Jerman) yang tahu.

49 Menit

Xabi Alonso kembali mendapat kesempatan untuk melakukan tembakan keras dari luar kotak penalti. Hampir saja. Melenceng sedikit di kiri gawang Neuer. Semakin dekat.

47 Menit

Pedro menerima umpan di tengah lapangan, meliuk-liuk melewati berbagai hadangan pemain Jerman, memberi umpan datar kepada Xabi Alonso, tembak langsung melenceng.

Clarence Seedorf, komentator BBC dan mantan pemain nasional Belanda

''Kualitas Jerman hebat. Mereka mampu bangkit kembali setelah ditekan habis selama 25 menit pertama.''

45 Menit

Penalti!!! Bukan. Mesut Ozil menggiring bola di kotak penalti, dijegal Ramos. Wasit memberi isyarat lanjutkan permainan. Maaf separuh main. Turun minum.

44 Menit

Pedro menguasai bola di kotak penalti, harusnya melakukan umpan tarik, ia lebih memilih menggoreng bola. Boateng menutup kesempatan. Lagi-lagi hanya tendangan pojok.

37 Menit

Dominasi penguasaan bola Spanyol tak terbantahkan. Seperti kata Mark Lawrenson, terlalu banyak mengolah bola tanpa menggetarkan jaring gawang. Kalau penguasaan bola ada nilai golnya, Spanyol sudah unggul........

Mark Lawrenson, komentator BBC mantan pemain Liverpool

''Spanyol terkena sindrom harus mengoper bola dengan sempurna.'' (Ha ha ha ha .........)

32 Menit

Tembakan jarak jauh Piotr Trochowski melesat ke pojok kiri gawang Iker Cassilas. Untung Cassilas sigap dan sempat menepisnya keluar. Sepak pojok.

Chris Waddle, komentator BBC dan mantan pemain nasional Inggris

''Spanyol harus mendorong lebih banyak pemain ke depan. Jerman bermain sangat sabar dan menunggu kesempatan untuk melakukan serangan balik.''

28 Menit

Baru mempertanyakan tank Jerman yang macet, pemain Jerman mulai merangkai operan-operan bagus dan meningkatkan permainan. Belum berbahaya tetapi tanda-tanda......

25 Menit

Spanyol total memegang inisiatif permainan, hanya belum membuahkan hasil. Tank Jerman? Untuk sementara ini macet semua mesinnya.

22 Menit

Jerman melakukan serangan balik, pertahanan Spanyol agak kalang kabut, namun pemain Jerman salah kontrol.

18 Menit

Lagi-lagi pemain Spanyol lolos. Dari sayap kanan Ramos lolos sendirian dan melepas tembakan. Sudut terlalu sempit. Jarak terlalu jauh. Terlalu bernafsu. Sia-sia.

13 Menit

Otak-atik permainan dari sayap kanan Spanyol setelah tendangan pojok, umpan tarik Andres Iniesta dan Carles Puyol yang berdiri bebas sundulannya melayang jauh di atas mistar gawang. Jerman harus hati-hati. Spanyol semakin sering membuat peluang.

10 Menit

Spanyol benar-benar menguasai permainan dan menekan dengan sabar.

Graham Taylor, komentator BBC dan mantan manajer Inggris

''Pemain kelas dunia gugup? Kalau anda bermain hingga babak ini, pasti akan ada yang gugup.''

6 Menit

Umpan terobosan Pedro berhasil menyibak pertahanan Jerman, David Villa berhadapan dengan kiper Jerman Manuel Neuer namun tendangannya berhasil di blok.

4 Menit

Insiden. Bukan pemain tetapi penonton lari ke tengah lapangan.

3 Menit

Kedua kesebelasan membuka permainan dengan hati-hati. Tanpa Fernando Torres di depan, Spanyol untuk sementara lebih banyak menguasai permainan.


Jerman Jerman
Manuel Neuer
0
0
6.0
Cepat keluar dari posisinya untuk mencegah Villa menikmati gol pembuka. Brilian sepanjang babak pertama, sampai akhirnya takluk oleh tandukan Puyol.
Jerome Boateng
0
0
5.0
Terbukti kokoh menghadapi perlawanan Ramos di babak pertama, tapi kemudian kesulitan, dan di luar dugaan digantikan Jansen.
Arne Friedrich
0
0
6.5
Bertahan dengan baik, tapi dua kali gagal menguasai bola. Ia cukup mampu menahan Villa untuk membuat lini belakangnya aman.
Per Mertesacker
0
0
6.0
Nyaris membuat kesalahan bodoh sebelum babak pertama berakhir, tapi mampu menutup pertahanan dengan baik sampai Puyol membuat gol.
Philipp Lahm
0
0
6.0
Jarang terlihat melintas dari garis tengah. Ia mendominasi teritorinya, tapi tidak bisa menginspirasi rekan-rekannya.
Lukas Podolski
0
0
6.0
Dalam posisi sulit masih bisa mengirim umpan ke Toni Kroos, sayang tidak terjadi gol. Padahal itulah kesempatan terbaik Jerman.
Bastian Schweinsteiger
0
0
7.0
Masih yang terbaik di kubu Jerman, dengan kemampuan menyerangnya, tapi kesulitan menghadapi set-piece klasik Spanyol di lapangan tengah.
Mesut Özil
0
0
6.5
Kendati Spanyol hanya memberi sedikit bola, Ozil cukup bisa membuat La Furia Roja sakit kepala dan harus beberapa kali menjatuhkannya.
Sami Khedira
0
0
6.5
Sebagai gelandang bertahan, Khedira dipaksa lebih defensif, tapi menjalankan perannya dengan baik.
Piotr Trochowski
Terburuk Pertandingan
0
0
5.5
Ia tidak cukup bisa menjalankan peran Mueller, tapi dialah yang kali pertama melepas tembakan setelah Spanyol mendominasi menit-menit pembuka.
Miroslav Klose
0
0
6.0
Dipaksa bermain terlalu ke bawah, karena terlalu sedikit bola mengalir ke arahnya.
• Pergantian
Marcell Jansen
0
0
6.0
Tak beda dengan Boateng, pemain yang digantikannya, ia mampu menahan Ramos melakukan manuver menyilang.
Toni Kroos
0
0
5.5
Gagal memanfaatkan satu-satunya kesempatan menjadi gol.
Mario Gomez
0
0
Tidak Tersedia
Hanya punya sedikit waktu bermain.
Spanyol Spanyol
Iker Casillas
0
0
6.5
Hanya sekali kerja keras menahan tembakan Tochowski. Sukses menahan tembakan Kroos.
Sergio Ramos
0
0
7.0
Sepanjang laga menyulitkan pertahanan lawan, tanpa atau dengan bola.
Puyol
Terbaik Pertandingan
0
0
7.5
Inilah bintang Spanyol malam ini. Ia berperan luar biasa di pertahanan, dan mencetak gol. Ia membuat laga menjadi berbeda.
Gerard Piqué
0
0
6.0
Tidak terlalu meyakinkan ketika menghadapi Klose. Sering miskomunikasi dengan penjaga gawang.
Capdevila
0
0
6.0
Secara reguler membantu serangan ketimbang bertahan. Untungnya Jerman tidak bisa memanfaatkan kebiasaan buruknya terlanjur naik.
Andrés Iniesta
0
0
7.0
Ia sering melepas umpan mengesankan. Ia cerdas mengatur serangan, dan memainkan bola.
Xavi
0
0
7.0
Banyak melepas umpan yang membuat lini belakang Jerman kelabakan, tapi tidak bisa menggapai pemain yang bisa memanfaatkannya menjadi gol.
Busquets
0
0
6.0
Ia berpatroli, bukan mendominasi wilayah, lapangan tengah saat Spanyol membutuhkan ruang. Kontribusinya adalah sebagai mesin passing.
Xabi Alonso
0
0
7.0
Ia mampu menguasai lapangan tengah, menjaga keseimbangan lini belakang, tapi jarang mengancam dengan tembakan jarak jauh.
David Villa Sánchez
0
0
6.5
Gagal memanfaatkan peluang pertama. Ia sering berada sendirian di kotak penalti, dan diabaikan meski pada posisi bebas.
Pedro
0
0
6.5
Secara reguler gagal mendapatkan bola pada kesempatan pertama. Meski demikian dialah yang membuat Villa mendapatkan peluang pertama.
• Pergantian
Marchena
0
0
Tidak Tersedia
Terlalu sedikit waktu untuknya.
David Silva
0
0
Tidak Tersedia
Terlalu sedikit waktu untuknya.
Fernando Torres
0
0
Tidak Tersedia
Masih belum mampu mencetak gol.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger