Home » » Teknik Perbaikan Ponsel Nokia Seri E61

Teknik Perbaikan Ponsel Nokia Seri E61

Written By Haris Ahmad on Tuesday, July 6, 2010 | 1:30 PM

Tak akan ada habisnya jika kita membahas teknik perbaikan ponsel, anda bisa membayangkan jika dalam satu bulan ada lima bahkan sepuluh type ponsel yang di keluarkan, yang kesemuanya berbeda jalur dan bentuknya, maka akan berbeda pula cara menanganinya. Artinya akan ada banyak macam teknik perbaikan untuk berbagai type ponsel. Dan edisi ini kita akan coba mebahas kerusakan yang di alami untuk nokia type seri E61, ponsel keluaran tahun ini yang mempunyai bentuk yang sama dengan PDA. Ternyata ada beberapa kerusakan yang dapat kita perbaiki sendiri.Berikut ini beberapa masalah yang dapat terjadi pada ponsel Nokia E61
Kerusakan Jalur Switch On Off
Pada kerusakan ini ponsel tidak dapat di hidupkan secara normal, dengan menekan switch on off tetapi jika di sambungkan dengan charger ponsel ini akan memunculkan gambar pengisian pada layer, yangartinya program maupun komponenn lainnya masih berfungsi dengan baik. dibawah ini anda juga dapat download teknik-teknik jumper yang lebih lengka, sedangkan password untuk program teknik jumper dibawah ini adalah :rajaponsel
Atau anda bisa menggunkan alat flasher, restar ponsel pada keadaan normal, restart in normal mode. Jika pengecekan diatas berjalan baik tetapi ponsel tetap tidak bisa di hidupkan normal, maka kita perlu mengecek jalur switch on off nya seperti ada gambar berikut.
Pada gambar yang bertuliskan Power Switch adalah tombol untuk menghidupkan ponsel, dengan kode S4401 yang terhubung dengan komponen R4406 sebagai tahanan, anda bisa mengukur dari ujung switch sampai ke R4406 jika putus anda bisa menjumpernya, tetapi jika jalur tersebut tidak putus maka dari komponen R4406 yang bermasalahpada jalur ke IC Vilma atau IC Power. Jika IC tersebut yang rusak maka anda bisa merehot atau solder ulang. Jika belum berhasil maka IC tersebut harus diganti.
Kerusakan Joystik
Selain tombol keypad Ponsel ini juga dilengkapi dengan Joystik untuk pengaturan menu dan fungsi lainnya, jika ada kerusakan di joystick maka untuk memilih menu yang dinamis menjadi sulit, seperti pemilihan menu yang berada di tengah atau aplikasi yang sedang berjalan.
Joystick tersebut diatur oleh komponen atau IC yang terletak dekat dengan MMC slot, atau disebut driver, jika driver tersebut terangkat kakinya atau ada yang tidak terhubung maka fungsi joysti menjadi terganggu, untuk memperbaikinya pertama coba di rehot atau di panaskan dengan hot air atau di solder ulang pada kaki kakinya. Jika hal tersebut tidak berhasil maka kita perlu mengganti komponen tersebut, seperti pada gambar.
Kerusakan Pada IC LCD
Untuk pengaturan LCD ponsel ini mempunyai dua komponen sebagi penghubung antara LCD dan CPU, komponen sebagi jalur yang berfungsi untuk menyampaikan signal dari CPU hingga di tampilkan pada layer LCD, jika mengalami kerusakan maka LCD tidak dapat menamplkan gambar atau biasanya jika kedua komponen tersebut kaki kakinya adanya yang terlepas LCD akan bergaris atau gambarnya kabur, bahkan hanya menampilkan layar putih.
Langkah awal jika ponsel ada gejala kerusakan pada LCD biasakan untuk memeriksa kabel yang terhubung dengan konektor, dan periksa kaki kakinya karena konektor tersebut memakai kaki tembaga yang menempel di PCB, jika renggang coba di resolder kaki kakinya
Yang kedua perbaiki programnya, karena program juga berpebgaruh untuk menampilkan gambar pada LCD, anda bisa gunakan alat flasher pertama di unlock, jika belum berhasil baiknya di format ulang (di Flash)
Jka kedua langkah juga belum berhasil maka anda bisa mencoba untuk memanaskan kedua komponen ( pada gambar di bawah) tersebut hingga kaki kakinya menempel kembali, atau coba diangkat dan dipasang kembali. Namun jika komponen tersebut rusak maka harus diganti, tetapi jika komponen tersebut tidak ada penggantinya maka anda bisa melakukan cara singkat dengan menyambungkan jalur komponen tersebut seperti pada gambar berikut.
Lakukan dengan hati hati jangan sampai ada yang salah jalur, karena menyebabkan LCD tidak hidup. Atau blank.(By: www.rajaponsel.com)
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger