Home » » Tips Membangun Kepercayaan Diri pada Anak

Tips Membangun Kepercayaan Diri pada Anak

Written By Haris Ahmad on Tuesday, June 21, 2011 | 1:03 PM


Tips Menolong Anak Mengembangkan
Rasa Percaya Diri
dan Penghargaan Akan Diri Sendiri



1. Beri anak pertanda kalo kita perhatian pada mereka, bisa dengan senyuman, sentuhan, atau perkataan bahwa kita menyayangi mereka
2. Mendorong anak melakukan hal-halnya sendiri dan akui usaha mereka dgn memberi pujian yg berarti (jangan cuma bilang bagus, tp bilang "hebat, itu nggak mudah lo ngerjainnya"

3. Berbicara dengan tenang pada anak, mereka bakal lebih mudah memperhatikan kita dan meniru perilaku tersebut

4. Anak-anak meniru perilaku kita baik dan buruk; jadi tak bisa salahkan mereka seandainya mereka mengambil contoh yg salah

5. Perlakukan anak dengan sabar dan penuh kasih sayang. Dengan cara itu mereka akan merasa dihargai sehingga mereka pula akan menghargai diri mereka sendiri sbg manusia

6. Anak senang membantu. Beri mereka kesempatan. Mungkin usaha mereka nggak sempurna, tp mereka bakal terus berusaha kalau mereka tau kita senang akan usaha mereka

7. Mendengar secara aktif. Dengan cara itu mereka lebih merasa kalo apa yg mereka katakan itu penting


8. Beri kesempatan mereka mengambil bagian di hampir semua aktivitas sehari-hari. (keuntungannya juga menolong orang tua menemukan bakat anak-anak)

9. Untuk anak berusia dibawah 3 tahun, beri mereka pilihan sederhana dari 2 atau 3 pilihan. (cth: Mau makan buah apel atau pir?). Anak berusia > 3 tahun kemungkinan bisa membuat pilihan mereka sendiri

10. Ajari kalimat-kalimat pada mereka seperti: Kalau kamu sudah selesai main sepeda nya nanti aku pinjam ya? ;Aku tidak suka kalau kamu memukulku; Aku butuh bantuan Ma, tolong

11. Pakai nama mereka kalau berbicara dibanding memanggil "sayang, adik, dll"

12. Hargai opini mereka

13. Hormati barang kepunyaan anak, jangan berlaku seenaknya
14. Ajarkan rasa tanggung jawab, pada mainan misalnya harus dijaga dan disimpan kalau sudah selesai dimainkan

15. Bantu anak mempelajari sesuatu

16. Pergunakan kaca atau foto untuk anak bisa melihat dan menghargai fisik mereka sendiri
Share this article :

3 Komentar:

  1. Tips yang bagus, moga meningkatkan kepedulian terhadap anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.
    Salam!

    ReplyDelete
  2. Dengan segala kerendahan hati, sekedar penyambung tali silaturahmi barangkali berkenan menerimanya.
    Silahkan dicek! http://kipsaint.com/isi/award-perekat-tali-kerabat.html

    ReplyDelete
  3. Tips yang sangat dan berguna untuk para orang tua untuk membantu dalam meningkatkan kepercayaan diri anak

    salam kenal

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger