Home » » MACAM MODEL DATA

MACAM MODEL DATA

Written By Haris Ahmad on Tuesday, October 18, 2011 | 2:15 PM


Adalah sekumpulan konsep-konsep untuk menerangkan data, hubungan-hubungan antara data dan batasan-batasan data yang terintegrasi di dalam suatu organisasi .
Jenisnya dibagi menjadi empat:
●Model data berbasis objek
●Model data berbasis record
●Model data fisik
●Model data konseptual

Model Data Berbasisi Objek
-Entity Relationship Model (ER Model)
Model yang menjelaskan hubungan antara data dalam database melalui persepsi bahwa real word terdiri dari objek-objek dasar yang tiap objeknya mempunyai hubungan yang saling terkait. Dalam ER model kita harus menentukan jumlah entity atau objek dasar yang dapat dikaitkan dengan entity lainya melalui relationship-set. 


-Semantic Model
Semantic model hampir sama dengan ER model, akan tetapi relasi antar objek dinyatakan dengan menggunakan kata-kata (semantic).




Model Data Berbasis Record
Model ini digunakan untuk menguraikan struktur logika keseluruhan dari suatu database dan untuk menguraikan implementasi dari sistem database (higher level description of implementation). Model data berbasis record ini dibagi menjadi tiga yaitu:
-Relational Model
Data serta hubungan antar data dipresentasikan oleh sejumlah table dan masing-masing table terdiri dari beberapa kolom yang namanya unik. Model ini berdasarkan notasi teori himpunan (set theory), yaitu relation.
Contoh: database Toko Kaset terdiri dari tiga tabel
●Kaset
●Pembeli
●Transaksi




-Hirarki Model
Data serta hubungan antara data dipresentasikan dengan record dan link (pointer), dimana record-record tersebut disusun dalam bentuk tree (pohon),dan masing-masing node pada tree tersebut merupakan record/group data elemen dan meiliki hubungan cardinalitas 1:1 dan 1:M.


-Networking Model 

Networking model menunjukan hubungan atau keterkaitan antar node dalam tree.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger