Ben M. Enis (1974:378) promosi diartikan sebagai “..as comunication that inform potential customers of the existence of product and persuade them that those product have want satisfying capabilities“. William J. Stanton (1981:445) menyatakan “basically, promotions is an exercise in information, persuation and conversely, a person who is persuaded is also beiong informed“
Promosi bisa diartikan sebagai sejenis komunikasi yang memberi penjelasan yang meyakinkan calon konsumen tentang barang dan jasa ataupun sebuah proses membagi ide, informasi atau perasaan audiens.
Faktor-faktor yang mempengaruhi promotion mix
Sehingga dalam strategi promosi kita kenal promotion mix atau bauran promosi yang dipengaruhi beberapa faktor penting, Stanton (1991:432) membagi kedalam beberapa faktor antara lain :
1. The amount of money available for promotion.
Usaha yang memiliki modal banyak tentu lebih memiliki kemampuan membaurkan elemen-elemen promosi dengan mudah.
2. The nature of the market.
Keadaan pasr menyangkut kondisi wilayah pemasaran secara geografis dimana konsumen bisa mengunjungi.
3. The nature of product.
keadaan produk ini menyangkut apakah produk untuk konsumen akhir atau konsumen industri.
4. The stage of the product’s life cycle.
pada tingkat mana siklus kehidupan produk sudah dicapai akan mempengaruhi promosi yang digunakan.
Sedangkan William J. schoel (1993:425) faktor-faktor yang mempengaruhi promotion mix adalah the marketer, the target market, product dan the situation.
Elemen-elemen promosi
1. Advertising.
John D. Burke (1980:9) mengartikan advertising sebagai “..Is a sales message directed at a mass audience that seeks through, persuation to sell goods, services or ideas on behalf of the paying sponsore“” sedang John W. Kennedy mengartikan advertisng sebagai “salesmanshif in print“
Media yang sering digunakan untuk periklanan atau advertising bisa melalui surat kabar, majalah, direct mail, TV, radio, bisokop,papan reklame, car card, lampu-lampu, katalog, telephon dan sebagainya.
iklan sering muncul terhabtung pada tipe dan daya tarik (appeal) yang diakibatkan oleh iklan tersebut. sehingga kita mengenal beberapap tipe iklan yang sering ditampilkan oleh televisi atau media lainnya antara lain :
A. Price advertising, iklan yang lebih menonjolkan harga yang menarik. Iklan :”Kamera saku;kamera masa kini, untuk siapa saja, fujica pocket 250, hanya Rp 17.000,- berikut tas dan film”
B. Brand advertising, iklan yang lebih memberikan impressi tentang nama brand kepada pembaca atau pendengarannya. Iklan : “Instant, kini Dancow instant lezat, hanya 4
- Sales promotion
- Public relation
- personal selling
0 Komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik