Home » » HT G31 Link

HT G31 Link

Written By Haris Ahmad on Tuesday, February 16, 2010 | 2:43 PM



Kombinasi Trackball dengan 3D Sensor

Ponsel ini cukup memadai untuk segmen harga kelas menengah. Sudah dibekali kamera megapixels, bluetooth stereo, navigasi trackball, dan 3D sensor
HT-G31 memang bukan ponsel pertama yang hadir dengan desain mirip BlackBerry Javelin, dan juga bukan pertama yang mengadopsi navigasi trackball. Tapi bisa disebut HT G31 tampil atraktif dengan penambahan fungsi layar yang berbekal 3D sensor, serupa dengan fungsi akselerometer pada ponsel-ponsel smartphone. Untuk operasional jaringan, seperti umumnya ponsel besutan Cina, G31 masih mengandalkan koneksi GPRS dengan penggunaan fitur dual on GSM-GSM.

G31 tampil apik dengan hadirnya aplikasi-aplikasi berbasis Java yang popular diunduh, sebut saja Facebook, Twitter, dan Opera Mini. Tidak itu saja, G31 juga menghadirkan lensa kamera 1,3 Mpix dengan resolusi sebenarnya. Fitur pemutar musik juga tampil atraktif, selain ada bekal bluetooth stereo FM radio, G31 juga dibekali audio efek, bass, dan play speed. G31 tidak dijual dalam paket bundling operator, sehingga bisa bebas digunakan pengguna operator GSM mana pun.

DESAIN
Desain ponsel qwerty ini termasuk kompak dan ergonomis. Materialnya lumayan tampil berkualitas dengan balutan elemen logam dan back cover yang dilapisi bahan dove. Mengikuti konsep desain BlackBerry, G31 juga dilengkapi tombol shortcut rekam suara, shortcut kamera, dan tombol pengatur volume. Untuk akses data dan charging, G31 mengandalkan slot micro USB.
Pengujian : Menjajal akselerasi dan utilitas beragam fungsi shortcut.
Nilai: 3,1
Catatan: Untuk koneksi audio headset, G31 menggunakan female jack 2,5 mm. Padahal kini lebih popular jack 3,5 mm.

KEYPAD
Susunan keypad mengacu 100% pada desain BlackBerry dengan kontur tuts bergelombang. Konsep ini menjadikan keypad ergonomis dalam pemakaian chatting. G31 juga dibekali trackball yang terbilang halus saat digunakan. Singkat kata, susunan keypad dan tombol menu ponsel ini sangat identik dengan BlackBerry. Yang membedakan terdapat dua tombol jawab untuk SIM 1 dan SIM 2.
Pengujian: Menjajal fungsi keypad dan trackball dalam beragam menu.
Nilai : 2,9
Catatan: G31 dilengkapi tombol pengunci dan tombol cepat modus diam pada sisi atas ponsel.

LAYAR
G31 punya kedalaman layar 262 ribu warna dengan resolusi 320 x 240 pixels. Pencitraan gambar yang dihasilkan bisa dikatakan cukup baik. Bentang ukuran layar yakni 2,4 inchi atau 50 x 40 mm. Untuk ikon menu di homescreen dan wallpaper identik dengan konsep BlackBerry terbaru. Tapi untuk mendalami lebih dalam isi tiap menu, baru terlihat nuansa ponsel Cina.
Pengujian: Memutar video player dan 3D sensor.
Nilai : 3
Catatan: Visual video player nampak kurang jernih. Untuk 3D sensor dapat digunakan dalam permainan dadu di menu motion games.

KAMERA
Untuk kelas ponsel merek lokal, kelengkapan fitur imaging G31 cukup memadai. Sebut saja antara lain white balance, night mode, pilihan efek, flash light, timer, contrast, dan anti kedipan mata (flicker). Resolusi maksimum kamera adalah 1600 x 1200 pixel dan resolusi terendah QVGA.
Pengujian: Melakukan pemotretan dengan seting resolusi tertinggi.
Nilai : 2,9.
Catatan: Hasil foto saat di transfer ke PC memperlihatkan ukuran resolusi yang sebenarnya (1,3 Mpix). Tapi sayang ketajaman pixels hasil foto masih terlihat rendah untuk kelas kamera megapixels.

PEMUTAR MUSIK
Pemutar musik bisa memainkan format MP3, AMR dan WAV. Audio player dilengkapi fitur-fitur penunjang seperti repeat, shuffle, background play, spectrum display, efek audio, dan bass enhancement. Bahkan efek audio bisa menghadirkan performa 3D sound, dan play speed setting. Saat lagu diputar lampu LED berpendar warna warni.
Pengujian: Menjajal kemampuan audio lewat speaker, headset dan bluetooth stereo.
Nilai: 2,7
Catatan: 3D sound hanya bisa dinikmati lewat headset dan tak ada bekal stereo speaker. Sedikit disayangkan handling navigasi musik lewat trackball kurang responsif.

CHATTING
G31 punya dua fitur chatting, yakni chat room pada menu messages yang berbasis SMS dan fitur chatting internet berbasis aplikasi Java. Untuk aplikasi Java, sudah dibenamkan aplikasi eBuddy versi 0.9.10. Dalam versi ini eBuddy bisa menjalankan 3 aplikasi chat sekaligus, yakni MSN, Yahoo Messanger (YM), dan AOL.
Pengujian: Menjajal chatting dengan akun YM dan MSN.
Nilai: 3
Catatan: Versi eBuddy terbatas pada 3 aplikasi chat, padahal di versi lain ada yang bisa mengakomodasi aplikasi chat lebih dari 3.

FACEBOOK
Seolah tak bisa lepas dari tren, G31 juga mengadopsi menu Facebook. Tapi Facebook di ponsel ini bukan berwujud sebuah aplikasi, melainkan sebatas link akses ke m.facebook.com. Hanya saja link tersebut diberi logo Facebook.
Pengujian: Menjajal olah menu Facebook, cukup nyaman dengan navigasi trackball.
Nilai: 3
Catatan: Dengan keterbatasan browser dan akses jaringan, Facebook hanya ideal menampilkan visual teks.

Kinerja
Meski hanya menyandarkan pada akses GPRS kelas 12, kinerja browser yang dipacu oleh Opera Mini cukup terlihat optimal, ditambah lagi dengan adanya navigasi trackball. Tapi sayang internet browser tak bisa berjalan multi tasking. Sebaliknya, fitur audio player dan FM radio bisa berjalan multi tasking. FM radio bahkan punya kemampuan rekam siaran. Untuk kinerja beragam aplikasi, terlihat cukup baik, dalam list menu Java sudah ditanam Opera Mini, eBuddy, dan Snaptu.

SKOR AKHIR : 2,9

Kinerja Baterai
G31 menggunakan standar baterai berkapasitas 1000 mAh. Tidak ada keterangan resmi tentang info waktu bicara dan waktu siaga. Tapi dalam uji coba, kinerja baterai tergolong hemat, termasuk untuk aplikasi internet. Kinerja baterai mulai banyak terkuras saat memainkan fitur pemutar musik dan bluetooth. Pada layar ponsel terdapat 3 indikator bar baterai, dalam penggunaan normal, 1 bar bisa mecapai waktu 12 jam. G31 juga cukup maju untuk ukuran slot kartu memori, yakni dengan sistem hotswap.selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger