Home » » i-mobile TV640

i-mobile TV640

Written By Haris Ahmad on Tuesday, February 16, 2010 | 2:38 PM



Masuk Ceruk Qwerty TV Tuner

Sebagai pionir di segmen TV tuner, i-Mobile menyertakan fitur andalannya ini untuk melengkapi ponsel qwerty terbarunya. Sayang layarnya agak kekecilan.

Meskipun eksistensinya tak begitu menonjol, namun i-Mobile termasuk vendor yang mampu menjaga konsistensinya di pasar dalam negeri. Itu dibuktikan lagi dengan merilis seri terbaru, i-Mobile TV640. Dan harap dimaklumi saja jika ponsel ini hadir dengan konsep qwerty. Maklum, sekarang lagi tren ponsel bergaya smartphone.

Seri terbaru dari vendor Samart asal Thailand ini, mengusung fitur TV tuner. Sejatinya, i-Mobile adalah pionir untuk fitur ini di Tanah Air. Selain TV tuner yang jadi andalan, ponsel ini juga dilengkapi fitur lain, yang di antaranya dual sim card GSM/GSM, kamera 3 MP berikut fitur-fitur penunjang kameranya, siaran radio dengan antena internal, dan kemampuan fitur rekam siaran TV dan radio.

DESAIN
Tampilannya tidak ada yang istimewa. Sama dengan ponsel-ponsel qwerty yang ada di pasaran. Ukurannya sebesar 10 x 62 x 11,7 mm dengan bobot 101 gram tergolong standar. Di bagian belakangnya selain terdapat kamera, juga ada speaker cukup besar yang bisa difungsikan untuk mendengarkan siaran radio dan musik tanpa menggunakan headset. Sedangkan di bagian kanan terdapat slot headset standart dengan ukuran 3,5 mm.
Pengujian : Menggenggam dan meneliti detil desain
Nilai : 3
Catatan : Ada list stainless di bagian kiri dan kanan serta atas

KEYPAD
Dari sisi ukuran dan desainnya, keypad ini tergolong sangat baik. Ukurannya tidak terlalu kecil dan nyaman saat dipencet. Apalagi desain keypad yang berkontur sangat memudahkan penggunanya untuk berpindah ke tombol-tombol lainnya. Jarak antar keypadnya memudahkan jari dalam mengoperasikan ponsel ini. Satu kelemahannya adalah penggunaan warna untuk identitas masing-masing keypad kurang nyaman di mata. Terutama untuk mengidentifikasikan keypad angka yang berwarna merah.
Pengujian : Menulis pesan SMS dan mengoperasikan keypad
Nilai : 2,9
Catatan : Adanya huruf-huruf Thai terasa sangat mengganggu

LAYAR
Berukuran 4,8 x 3,1 cm, luas layar nampak kurang proporsional dibanding dengan ukuran body ponsel. Ruang kosong yang ada di pinggir layar jadinya seperti mubazir. Terutama layar bagian bawah. Kelemahan ini sangat terasa saat kita melihat siaran TV, keberadaan layarnya memang terasa kurang. Resolusinya sebesar 320 x 240 pixels dengan kedalaman warna 262 ribu warna menggunakan teknologi layar TFT (thin film transistor), membuat tampilan layar cukup tajam.
Pengujian : Menampilkan foto dan video serta menonton siaran TV
Nilai : 3,1
Catatan : Akan jauh lebih baik dan lebih optimal bila menggunakan layar yang lebih besar.

KAMERA
Kualitas kameranya tergolong baik. Meski tidak mengadopsi jenis lensa mutakhir seperti merek-merek ternama, kinerjaq kameranya bisa diandalkan. Memotret di luar dan dalam ruang hasilnya cukup baik dan jernih. Termasuk memotret benda bergerak seperti mobil dan motor dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam.
Pengujian : Memotret kendaraan mobil dan motor yang sedang berjalan
Nilai : 3
Catatan : Ada fitur autofocus yang membantu mempertajam obyek foto.

INTERNET
Berselancar ke dunia maya cukup mudah. Fasilitas setting internetnya sudah tersedia lewat proxy. Anda tinggal memilih setting-an operator apa yang digunakan, ponsel akan otomatis mengatur parameter setting-an untuk koneksi internet. Jalur koneksinya terdiri dari GPRS dan EDGE, namun hal ini tergantung dari sinyal yang diperoleh dari operator terkait.
Pengujian : Keluar masuk berbagai situs dan eBuddy
Nilai : 3,2.
Catatan : Koneksi internet menggunakan sim card 1.

MESSAGING
Fasilitas pengiriman pesan terdiri dari SMS dan MMS. Untuk pesan teks, mampu menampung lebih dari 480 karakter. Meskipun pada proses pengirimannya pihak operator tetap mengenakan biaya dengan kelipatan 160 karakter per SMS. Kita juga bisa mengirim pesan gambar lewat MMS, gambar atau foto hasil bidikan kamera bisa langsung dikirim via MMS, secara otomatis fitur MMS ini akan mengompres foto menjadi lebih kecil.
Pengujian : Menulis SMS dan mengirimkannya
Nilai : 3
Catatan : Fasilitas email bukan bersifat push email.

KONEKTIVITAS
Memindahkan data dari dan ke perangkat lain bisa menggunakan fasilitas Bluetooth dan kabel data. Agar lebih mudah dan cepat, ada baiknya menggunakan kabel data. Bila kabel telah terhubung ke PC, maka posisi memori card ponsel layaknya seperti flash disk. Anda bisa dengan mudah memindahkan data.
Pengujian : Mentranfer lagu dan foto dengan kabel data
Nilai : 3
Catatan : Bila tidak digunakan, sebaiknya bluetooth dimatikan agar tak menguras baterai.

Kinerja
Secara umum I-Mobile TV640 tampil cukup baik. Mulai dari starting ponsel saat pertama kali diaktifkan, proses telepon, internet, kamera, dan siaran TV, berjalan baik dan tidak ada kendala yang berarti. Hasil rekaman siaran TV juga bisa dengan mudah diputar ulang. Demikian pula dengan rekaman siaran radio.

SKOR AKHIR : 3

Kinerja Baterai
Berbekal tenaga baterai 1000 mAh, baterainya diharapkan bisa digunakan untuk mengoperasikan ponsel non stop hingga 8 jam. Sementara untuk waktu siaganya tidak ada informasi dari vendornya.
Hasil pengujian, digunakan selama 2 hari dengan penggunaan standar SMS, telepon ala kadarnya, internet, dan membuka berbagai aplikasi, indikator baterai berkurang 1 bar dari 4 bar yang tersedia.

Hasil Pengukuran Audio

Music 98,9 dB
Ringtone 105,2 dB
Human Voice 74,4 dBselular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger