Home » »

Written By Haris Ahmad on Tuesday, February 16, 2010 | 4:31 PM


LG GW300
QWERTY Bar Gaya LG
Memang bukan kali pertama ini LG Mobile merilis ponsel dengan keypad qwerty. Namun seri ini kentara sekali dihadirkan untuk bersaing di pasar ponsel qwerty kelas menengah bawah.
Wajar saja jika LG Mobile, salah satu vendor papan atas asal Korea Selatan, tergiur untuk masuk ke ceruk pasar ponsel qwerty kelas menengah bawah. Maklum, segmen pasar tersebut memang lagi booming saat ini. Dengan bekal pengalaman sebagai pabrikan besar, dan nama yang juga sudah lama terkenal, LG Mobile merilis seri GW300 untuk menaklukkan para pesaing yang sebagian besar vendor-vendor lokal itu.
Seri ini dirilis untuk bertarung di segmen qwerty kelas menengah. Selain bentuknya yang setipe, juga fitur yang diusung merupakan fitur-fKentara sekali itur yang lazim ada di ponsel qwertty pada umumnya. Sebut saja antara lain, fitur jejaring sosial semacam Facebook, chatting dengan aplikasi eBuddy, dan email client. Dalam paket penjualannya, ponsel ini dilengkapi dengan silikon case yang berkualitas. LG GW300 memiliki satu slot SIM card saja, tidak seperti QWERTY lokal yang umumnya dual-on GSM. Fitur multimedia dan hiburan tergolong lengkap, mulai dari kamera 2MP, rekam video, pemutar musik, pemutar video, FM radio, wap browser, dan games (demo). Tak perlu berharap banyak untuk bermain internet dan messaging dengan kecepatan turbo karena LG GW300 masih mengandalkan teknologi 2G dan minus WiFi. Maklum, harganya dibandrol di bawah Rp.1.500.000,-
FACEBOOK
Para Facebookers akan dimanjakan dengan aplikasi khusus (client application) untuk mengakses Facebook. Ini bukanlah sekedar link ke m.facebook.com dari wap browser. Fitur-fiturnya cukup lengkap, seperti update status, memberi komentar, upload foto, mengirim pesan (inbox), meninggalkan catatan di Wall, dan mencari teman. Tampilannya terbagi dalam tiga kolom. Kolom pertama berisi urutan newsfeed, wall, photo, message, dan friends. Kolom kedua berisi detail dari masing-masing fitur yang ada di kolom pertama. Dan terakhir, kolom personal untuk update status, menulis wall, dan upload foto.
Pengujian: Meng-update status dan meng-upload foto.
Nilai : 4
Catatan: Meng-upload foto dengan ukuran 640 x 480 pixels membutuhkan waktu kurang dari 30 detik dengan kartu salah satu operator besar.
DESAIN
Meski keypadnya mengadopsi model QWERTY, tapi secara keseluruhan LG GW300 memiliki desain yang berbeda dari ponsel QWERTY lainnya. Dalam genggaman terasa cukup ringan dan ramping. Tombol-tombol utama terbagi tiga kelompok dalam tiga bulatan yang berjajar. Tombol navigasi lima arah berada di tengah dan ukuran bulatannya lebih besar. Ukuran tutsnya agak besar dan cukup empuk ketika digunakan. Ada dua tombol shortcut, satu untuk shutter kamera yang terletak di sisi kanan, dan satu lagi tombol volume. Slot micro SD tertata rapih di sisi kanan bagian bawah, di bagian atas terdapat lubang jack 3,5 mm untuk headset.
Pengujian: Meneliti bagian dalam dan luar bodinya.
Nilai : 3,3
Catatan: Back cover terbuat dari plastik dan dilapisi vernish warna silver.
KAMERA
Dibekali dengan kamera berkaliber 2 MP yang bisa digunakan untuk memotret dan merekam video. Beberapa pengaturan khas fotografi seperti effect, white balance, night mode, dan burst shot telah tersedia. Namun, untuk memotret pada kondisi kurang cahaya belum dilengkapi flash light. Hasil foto bisa disunting dengan beberapa pilihan seperti resize, rotate, insert text, special effect, frame, dan image deffect (mosaic, blur, distort). Di layar ponsel hasil foto terlihat bagus, namun bila dilihat di layar komputer tidak setajam di layar ponsel. Untuk merekam video resolusi yang dihasilkan hanya satu ukuran saja, yaitu 176 x 144 pixels.
Pengujian: Memotret objek di dalam ruangan dan di luar ruangan
Nilai : 3,1
Catatan: Tidak terdapat mode macro untuk memotret objek jarak dekat.
PEMUTAR VIDEO
Meski kameranya hanya mampu merekam video dengan resolusi maksimum 176 x 144 pixels, tapi saat dicoba memutar video dengan resolusi 320 x 240 pixels, berjalan dengan mulus. Video yang diputar dapat dipilih dengan mode full screen. Fasilitas lainnya adalah dapat mengambil screenshot (capture) dari video yang sedang diputar dalam format .jpg dan secara otomatis akan tersimpan dalam folder my images. Berkas video yang dapat diputar adalah format .3gp dan mp4.
Pengujian: Mengambil gambar (capture) dari salah satu berkas video.
Nilai : 3
Catatan: Tidak tersedia fasilitas video editing.
PEMUTAR MUSIK
Pada pengujian dicoba memutar salah satu berkas lagu. Kualitasnya tak perlu diragukan, baik dari headset maupun dari speakernya. Vokal Jason Mraz terdengar jernih saat lagunya yang berjudul I'm Your's diputar di ponsel dan tetap oke meski digeber pada volume maksimal (tidak pecah). Bila ingin lebih maksimal, kita bisa pilih-pilih equalizer seperti acoustic, vocal, piano, pure bass, XtraBass, clear, live, dan lain-lain.
Pengujian: Mentransfer beberapa berkas mp3 dan memutarnya
Nilai : 3,3
Catatan: Tidak ada tombol shorcut khusus pemutar musik.
FM RADIO
Auto scan atau pencarian frekuensi stasiun radio secara otomatis sudah umum melekat pada fitur FM radio di setiap ponsel. Tapi, LG GW 300 memiliki keunggulan lain selain auto scan, yaitu dapat menyimpan hingga 50 stasiun radio dalam channel list. Selain itu tak ada keunggulan lain seperti rekam siaran, track ID, dan fitur pelengkap lain. Kualitas penangkapan sinyal tergantung jarak kita terhadap lokasi stasiun radio dan kekuatan pemancarnya. Namun, bila sudah pas frekuensinya, suara terdengar jernih.
Pengujian: Melakukan pencarian stasiun radio secara otomatis
Nilai : 3,1
Catatan: Harus memasang headset sebelum mengaktifkan fitur ini.
INTERNET BROWSER
Ponsel ini memiliki aplikasi untuk berselancar internet yang terbatas, yaitu wap browser dan belum mendukung full HTML. Tersedia pula fasilitas untuk menyimpan alamat url (bookmark) seperti pada browser di PC. Uniknya pada wap browser ponsel ini adalah dapat berbagi (send link) alamat url yang sedang dikunjungi lewat SMS atau email. Halaman url yang pernah dikunjungi bisa disimpan (save page) dan dapat dibuka lagi kemudian (off line mode).
Pengujian: Membuka salah satu situs komunitas BlackBerry
Nilai : 2,8
Catatan: Tidak mampu membuka situs m.detik.com dan m.kompas.com, muncul pesan “insufficient memory. Unable to proceed”
KONEKTIVITAS
Kabel data USB dan bluetooth menjadi andalan untuk bertukar data dan bertukar informasi dengan ponsel atau laptop. LG GW 300 tergolong mudah melakukan pairing/bonding dengan ponsel atau laptop. Bluetooth profile yang ditawarkan cukup lengkap seperti dial-up, object push, file transfer, handsfree, headset, AV remote control, A2DP, printing, dan phonebook access. Sedangkan untuk kabel data USB memiliki dua pilihan saat disambung ke laptop/PC, yaitu untuk mass storage atau PCSuite.
Pengujian: Mengirim berkas foto sebesar 607 kb hasil jepretan kamera ke ponsel lain dalam waktu 14,22 detik
Nilai : 3,3
Catatan: Kabel USB cukup simpel, dapat difungsikan pula sebagai charger bila dicolok dengan charger adapter atau dicolok ke PC.

Kinerja
Secara umum untuk fungsi teleponi, SMS, musik, dan radio boleh mendapat acungan jempol. Tapi, untuk akses internet dan email tak bisa berharap banyak. Aplikasi untuk akses Facebook cukup dalam, menu> games & apps> applications> Facebook. Namun dalam posisinya sebagai ponsel qwerty untuk pasar menengah bawah, ponsel ini cukup menjanjikan dan bisa menjadi pilihan menarik.
Kinerja Baterai
Dalam masa pengujian baterainya mampu bertahan dalam dua hari pemakaian yang tidak terlalu berat. Misalnya, memutar 2-3 berkas mp3, mendengar radio selama sejam, melihat foto dan video dalam durasi yang tidak terlalu sering.
SKOR AKHIR : 3,2
Human Voice: 99.1 dB
Ringtone: 100.2 dB
Music:101.2 dB
selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger