Home » » Imo S900 Android

Imo S900 Android

Written By Haris Ahmad on Tuesday, February 16, 2010 | 4:30 PM



Android Rasa Lokal

Kehadiran ponsel ini bisa dibilang sebagai terobosan berani dari IMO. Kinerjanya bagus, tapi untuk optimalisasi, perlu dukungan pengembang aplikasi, yang sayangnya saat ini belum banyak.

Meski diperkirakan di tahun-tahun mendatang Android bakal mengejar kepopuleran sistem operasi lain, seperti Windows Moble dan Symbian, namun pada kenyataannya saat ini sistem operasi dengan platform terbuka itu sama sekali belum populer. Bahkan perangkap ponsel yang sudah menggunakan sistem operasi ini, juga masih bisa dihitung jari.

Namun begitu, vendor lokal IMO melakukan langkah berani dengan merilis seri baru S900, yang menggunakan Android. Ponsel ini bahkan sudah masuk pasar sejak akhir November 2009 lalu, dengan kisaran harga Rp2,25 juta. Meski masih terdengar asing, namun ponsel Android ini diklaim mampu menghadirkan koneksi internet yang lebih mantap, lebih cepat, sehingga lebih asyik untuk mobile social networking. Namun, karena S900 masih berlisensi OHD (open handset distribution), belum mendukung Gmail, Google Maps, dan GMS (Google Mobile Services/akses bursa aplikasi Android Market).

DESAIN
Dimensinya masih tergolong agak tebal untuk ukuran ponsel sekarang. Dengan konsep full touch screen, sebagian besar bagian muka diakomodasikan untuk layar. Hanya terdapat 4 tombol eksekusi biasa (call, end call, menu, dan back) di bagian bawah layar. Lampu indikator yang berada di sebelah atas layar mengindikasikan baterai lemah atau koneksi jaringan Wi-Fi. Hanya ada satu port guna menampung 3 fungsi berbeda (charging, earphone, kabel data). Slot kartu Sim dan memori tambahan berada di samping kanan body (hotswap), sehingga tidak perlu buka penutup baterai untuk mengganti dan melepasnya.
Pengujian : Meneliti tiap lekuk body ponsel, menguji aspekergonomis di genggaman
Nilai : 3
Catatan : Pembantu layar sentuh, stylus, tersembunyi di bagian bawah belakang

LAYAR
Layar 2,8 inci mendominasi permukaan depan. Menyerupai kaca, pengguna dapat sekaligus bercermin pada layar. Dengan kedalaman warna yang standar, layar S900 terbantu karena adanya pengaturan ketajaman warna. Bila Anda banyak beraktifitas di luar ruangan, sebaiknya di-setting paling maksimal. Meski tidak bisa diutak-atik, tampilan menu utama dan menu siaga sangat baik. Tampilan menu yang user friendly, otomatis tidak akan menyulitkan pengguna ponsel amatir sekalipun.
Pengujian : Menelusuri tiap menu dan memainkan ketajaman warna
Nilai : 3,1
Catatan : Pada skala setengah saja, ketajaman warnanya sudah maksimal jika dalam ruangan

KAMERA
Kamera hanya berfungsi untuk memotret, tidak bisa digunakan merekam gambar alias video. Fitur pendukungnya pun sangat minim. Tak ada dukungan lampu kilat, serta pengaturan efek, pengatur kamera atau mode malam. Kita hanya bisa memotret dengan hasil kamera yang ada, tanpa suntingan. Dengan kualitas 2 Mpix, resolusi terbesar yang dihasilkan mencapai 1600x1200 pixels. Dengan cahaya yang cukup, bisa dihasilkan foto yang lumayan baik.
Pengujian : Membidik objek di dalam dan luar ruangan
Nilai : 2,8
Catatan : Sebaiknya cari pencahayaan yang cukup karena tidak ada pengaturan kamera atau gambar

INTERNET
Berselancar dengan Android terasa jauh lebih ringan dan sangat kencang. Dengan browser WAP versi 2.0/xHTML, sistem operasi buatan Google asli ini dapat menampilkan hampir semua situs. Namun sayang, ketika dicoba SELULAR, internet hanya bisa berjalan pada koneksi Wi-Fi saja. Sedangkan koneksi GSM tidak bisa sama sekali.
Pengujian : Browsing dan chatting selama 1 jam
Nilai : 3
Catatan : Selain kencang, koneksi pun stabil.

PEMUTAR MUSIK & VIDEO
Pemutar musik bisa melahap banyak format seperti MP3, MP4, AMR, OGG, dan WAV. Terjemahan audio-nya berantakan, jelas terdengar patah-patah. Ketika kita membesarkan volume paling maksimal, masih kurang nyaring terdengar. Meski tidak bisa merekam video, tipe ini bisa memutar file video hanya berformat 3GP. Hasil kerjanya cukup baik ketika memutar video, tidak patah-patah, tapi juga tidak 100% jernih.
Pengujian : Memutar musik & video
Nilai : 3
Catatan : Tidak ada fitur Radio seperti yang tertulis di box penjualan

KONEKTIVITAS
Penangkap sinyal Wi-Fi pada S900 sangat baik. Ketika diujicoba ber-chatting-ria selama 1 jam, koneksi lancar tanpa putus. Yang sangat disayangkan ketika kita sudah memasukkan kode kunci suatu sambungan Wi-Fi, S900 tidak otomatis menyimpannya. Sehingga kita harus memasukkan kode terus menerus setiap kali terhubung Wi-Fi dengan akun yang sama. Penyambung Bluetooth agak rumit dipasang dengan perangkat lain. Kabel data yang diberikan pada paket penjualan ternyata hanya sebagai alternatif mengisi baterai di PC, bukan untuk membaca memori di ponsel di komputer.
Pengujian : Berselancar di internet dan memasang Bluetooth.
Nilai : 2,8
Catatan : Pemasangan Bluetooth ke perangkat lain tidak berhasil

MESSAGING
Tampilan SMS pada tipe ini sangat berbeda dari ponsel kebanyakan. Bak message threat di situs jejaring sosial, pesan kita dari dan ke seseorang ditampilkan layaknya chat, menyambung vertikal ke bawah. Sehingga kita bisa membaca kembali setiap pesan yang kita kirim atau terima dari orang tersebut. Tapi belum secanggih Facebook misalnya, bisa ber-threat ke 20 orang sekaligus. Message threat tersebut tidak akan hilang sampai kita menghapusnya. Selain SMS, S900 juga bisa berkirim MMS dan email.
Pengujian : Berkirim SMS dan MMS
Nilai : 2,9
Catatan : Tidak bisa meneruskan SMS (forward)

KINERJA
Karena keterbatasan akan beberapa fitur yang tidak bisa diaktifkan, SELULAR tidak bisa menguraikan sebenar-benarnya. Tapi untuk fungsi paling dasar dari ponsel Android, berselancar di dunia maya, dapat dieksekusi dengan mudah dan ringan. Satu hal penting lain yang perlu disampaikan adalah lamanya waktu yang dibutuhkan ketika baru menyalakan ponsel. Setidaknya dibutuhkan lebih dari 1 menit untuk sampai ke posisi siaga.

KINERJA BATERAI
Baterai yang dibekali kali ini berkekuatan 1200 mAh. Ditaksir dapat bertahan hingga 300 jam siaga ternyata hanya mampu hidup aktif hingga 5 hari dengan pemakaian minimal.

SKOR AKHIR : 2,9

HASIL UJI TEST AUDIO
Music 105,5 dB
Ringtone 106 dB
Human Voice 107,1 dBselular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger