Home » » Nokia 3720 Classic

Nokia 3720 Classic

Written By Haris Ahmad on Thursday, February 18, 2010 | 3:41 PM



Tak Mempan Percikan Air
Tidak membiarkan setitik debu dan setetes air melaju ke dalam tubuh, Nokia 3720 dilapisi lis karet yang menutup rapat segala ancaman tersebut.
Seri klasik Nokia memang mengedepankan bentuknya yang sederhana. Bukan geser atau lipat, melainkan batangan (bar). Tidak susah mengenali merk ponsel satu ini jika dilihat sekilas, memang benar-benar mengadopsi bentuk ponsel batangan Nokia biasa. Warna abu-abu gelap menyelubungi seluruh bagian tubuh dengan lis kuning menjadi penanda utama. Setiap bagian yang berpotensi kemasukan air, dirapatkan sedemikian rupa oleh lis kuning yang terbuat dari karet. Lis ini melingkari seluruh body.
Diciptakan anti debu dan cipratan air, Nokia 3720 classic tampak kokoh dan mantap. Kerapatan Keypad yang sangat rapat dengan bingkainya, serta port-port inti memiliki penutup pelindung. Selain itu, penutup baterai juga dikemas sangat rapat dengan moda penguncian, agar tidak mudah terbuka bila terjatuh. Dari segi fitur, varian terbaru Nokia di seri 3 ini tidak ada yang baru. Masih mengandalkan kamera 2 Mpix, bluetooth, internet dan memori eksternal.
DESAIN
Komposisi ukuran dimensi 115x47x15,3 mm dengan bobot 94 gram terasa pas di tangan. Rancangan yang kokoh, tanpa melupakan keluwesan dengan sudut-sudut body yang melengkung, meninggalkan kesan kaku sebuah ponsel out door. Komposisi layar dan keypadnya seimbang. Tiga lis karet yang melingkari body, berguna membuat ponsel tidak licin di tangan. Tiga port utama tersembunyi di balik penutup di bagian bawah. Baik penutup port dan baterai, dilapisi pinggiran karet untuk melindungi dari rembesan air dan debu.
Pengujian: Menggenggam dan merasakan dimensi ponsel
Nilai: 3,2
Catatan: Harus memutar kunci penutup baterai agar terbuka
KEYPAD
Terbuat dari karet dengan ukuran yang pas untuk jari. Hanya saja, tombol terasa agak keras ketika diditekan. Hal ini dikarenakan ketinggian keypad itu sendiri yang hampir rata dengan bingkainya. Jika kita terbiasa dengan keypad normal, hal ini tentu membutuhkan waktu penyesuaian yang lebih lama.
Pengujian: Menelusuri semua isi menu dan mengetik pesan singkat
Nilai: 3
Catatan : Memencet tombol eksekusi pada tombol navigasi harus benar-benar di tengah.
LAYAR
Ukuran layar Nokia seri 3 terbaru ini terbilang luas. Font-font besar memudahkan pengguna membaca intruksi di dalamnya. Display sebesar 2,2 inchi dengan kedalaman 16 juta warna sangat nyaman dinikmati. Di luar ruangan pun warnanya tetap cemerlang. Tampilan depan (standby menu) seri klasik terbaru ini mengikuti ponsel Nokia yang bersistem operasi Symbian. Terdapat shortcut-shortcut yang bisa diubah/diatur sesuai kebutuhan pengguna, atau dihilangkan sama sekali. Sangat berkesan smartphone.
Pengujian: Menelusuri menu, gambar dan video.
Nilai: 3,4
Catatan: Baik di dalam maupun di luar ruangan, warna layar tetap tajam dan jernih.
KAMERA
Kualitas kamera 2Mpix memang ukuran standart bagi ponsel kelas menengah, tapi dengan kedalaman 16 juta warna, ternyata hasilnya sangat berbeda. Meski tanpa lensa Carl-Zeiss, hasil bidikannya terbilang bagus. Fitur-fitur dalam membantu pemotretan pun ada. Mulai dari lampu kilat, pengaturan kamera, gambar, waktu, efek, dan white balance. Video dapat direkam dengan kualitas QCIF@15 fps tanpa batasan durasi, berdasarkan ruang memori yang ada.
Pengujian: Memotret dan merekam video
Nilai: 3
Catatan: Tidak ada mode malam
MUSIK
Meski tidak terlalu lengkap, Nokia 3720 mendukung file lagu berformat MP3, eAAC+, dan WMA. Suara yang dihasilkan melalui speaker ponsel berkualitas cukup baik. Tampilan tema player-nya lebih canggih dibanding ponsel Nokia terdahulu, menjadikannya berkesan modern. Masih menggunakan headset yang dipasang sebagai antena agar dapat mendengar siaran radio FM, 3720 bisa memindai otomatis dan menyimpan hingga 20 stasiun radio pilihan.
Pengujian: Mendengar musik dan memindai saluran radio otomatis
Nilai: 3,1
Catatan: Guna mendengar siaran radio, harus memasangkan headset terlebih dahulu
INTERNET
Fitur yang harus diperhatikan pada sebuah ponsel sekarang ini adalah kemampuannya menjelajah dunia maya. Nokia 3720 telah dibekali GPRS dan EDGE kelas 11 serta WAP 2.0 dan browser S40. Di dalam folder aplikasinya pun telah dibenamkan (sehingga tidak perlu unduh sendiri) opsi browser Opera Mini, layanan chatting eBuddy, dan shortcut menuju Facebook mobile. Jangan khawatir, kalau dirasa belum cukup, pengguna bisa mengunduh berbagai layanan internet lain yang berserakan di internet, karena 3720 mendukung Java MIDP 2.0, format paling populer.
Pengujian: Membuka Facebook mobile dan chatting di eBuddy
Nilai: 3
Catatan: Ubah pilihan ke otomatis agar tidak perlu melakukan pengaturan internet sendiri.
MESSAGING
Hampir segala jenis pesan dapat dilakukan oleh varian Nokia classic terbaru ini. Sebut saja pesan sederhana seperti teks, multimedia, dan email, dapat dilalapnya dengan mudah. Pesan lain yang juga bisa ditunaikan ponsel ini adalah pesan instant (chatting), pesan suara, dan pesan video.
Pengujian: Mengirim SMS dan MMS
Nilai: 3
Catatan: Jangan lupa mengecek kemampuan operator guna dapat berkirim pesan multimedia, suara maupun video.
MEMORI
Memori internalnya sebesar 20Mb. Hanya dapat menyimpan beberapa sekitar 5 file MP3. Tapi jangan khawatir, pembeli akan mendapat bonus kartu memori 1Gb pada paket penjualannya. Jika masih kurang, Anda dapat meng-upgrade-nya sendiri hingga maksimal 8Gb.
Pengujian: Memasang kartu memori dan menarik file dari kartu memori
Nilai: 3,3
Catatan: Pemasangan kartu memori sudah hot swap.
Kinerja
Ketahanan ponsel dalam segi material dan baterai memang sangat baik. Dalam pengujian desainnya terbukti tahan debu dan cipratan air –tapi tidak untuk terbenam di air. Kekokohan rancangan body itu dibarengi dengan kinerja fitur dan aplikasi yang berjalan baik. Termasuk dengan fungsi teleponi serta stabilitas penangkapan sinyal.
Kinerja Baterai
Menggunakan muatan yang lebih besar yakni 1050 mAh, 3720 diklaim dapat bertahan siaga hingga 408 jam dan bicara selama 7 jam. Setelah diuji, kelangsungan hidup ponsel ini memang jauh lebih tahan lama dibanding ponsel sekelas. Satu minggu berselang dari kondisi penuh, baterai hanya berkurang setengahnya dengan pemakaian standar.

SKOR AKHIR : 3,1
HASIL UJI TEST AUDIO
Music102,3 dBm
Ringtone98,8 dBm
Human Voice74,5 dBm
selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger