Home » » Sony Ericsson W205

Sony Ericsson W205

Written By Haris Ahmad on Thursday, February 18, 2010 | 3:42 PM



Walkman Apik Kelas Middle Low
Slider kelas low end ini memang hadir dengan kelengkapan seadanya. Namun tetap memboyong ciri khas serial walkman yang kuat di sisi musik. Tampangnya juga lumayan keren.
Saat berbicara soal fitur musik pada ponsel, sulit untuk mengabaikan eksistensi serial walkman phone milik Sony Ericsson (Soner). Serial ini memang jadi andalan Soner untuk kategori ponsel musik. Dan kalau berbicara soal serial walkman phone, berarti membicarakan lini produk yang begitu beragam, mulai dari segmen bawah hingga kelas atas. Baru-baru ini, Soner kembali memperkaya serial walkman dengan seri baru, W205, yang ditempatkan untuk segmen menengah bawah.
Sebagai ponsel segmen menengah bawah, tentu saja fitur yang dibenamkan ke dalamnya merupakan fitur-fitur standar saja. Kalaupun ada fitur multimedia, namun dari jenis yang standar saja, seperti kamera yang (hanya) 1,3 Mpix. Namun begitu, fungsi musik tetap jadi fitur kuat di ponsel ini. Tak lupa dengan tampilan yang juga oke, khas serial walkman phone Soner.
DESAIN
Tampilan muka ponsel slider ini sangat kental dengan ciri khas walkman series Soner. Itu terlihat dari tombol navigasinya, yang juga berfungsi sebagai pengontrol fitur musik. Begitu pula dengan softkey yang ada. Ukuran dan bobotnya nyaman untuk genggaman tangan. Struktur slider-nya cukup kokoh ketika digeser-geser.
Pengujian: Meneliti detil rancangan ponsel.
Nilai: 3,2
Catatan: Meski dilengkapi dengan lubang neckstrep, tapi bobotnya sedikit berat untuk digantungkan di leher.
LAYAR
Disebutkan menggunakan layar jenis TFT 65 ribu warna. Namun tampilan layarnya sendiri kurang begitu meyakinkan untuk spesifikasi layar seperti itu. Tampilan layar masih menampakkan titik-titik pixels. Mungkin karena kerapatan pixel-nya tergolong rendah (hanya 128 x 160). Ukuran layar juga kelihatan agak kekecilan dibanding luas penampang depan ponsel.
Pengujian: Meneliti tampilan layar dengan membuka menu dan image.
Nilai: 2,8
Catatan:
KEYPAD dan TOMBOL
Seperti pada umumnya ponsel slider, landasan keypadnya agak sempit, meski masih enak untuk jangkauan jari. Tombol keypadnya sendiri berukuran besar dan empuk ketika ditekan. Tombol navigasi juga berfungsi sebagai pengatur fungsi pemutar musik.
Pengujian: Menelusuri tombol keypad dan mengetik pesan teks.
Nilai: 3
Catatan: Dilengkapi tombol pengatur volume di sisi badan ponsel.
KAMERA
Dengan kapasitas hanya 1,3 Mpix, tentu saja foto yang dihasilkan tak begitu tajam dan cemerlang. Masih terlihat bintik pixels ketika hasil foto dipindahkan ke layar PC. Dukungan pengaturan fotonya sendiri cukup lengkap, meski tak ada lampu kilat. Kamera juga bisa digunakan untuk merekam video.
Pengujian: Memotret dalam ruang serta merekam video.
Nilai: 2,9
Catatan: Karena memori internalnya kecil, atur penyimpanan foto dan video ke kartu memori.
PEMUTAR MUSIK
Termasuk dalam serial walkman, tentu saja fitur musik menjadi fitur utama. Kemampuan memutar musiknya lumayan baik,meski tak sedahsyat serial walkman untuk kelas di atasnya. Keluaran suara lewat speakernya tidak terlalu istimewa. Namun keluaran lewat headset cukup memuaskan. Tak ada pilihan equalizer. Namun masih menyertakan TrackID.
Pengujian: Memutar lagu dengan format MP3.
Nilai: 3,1
Catatan: Koleksi lagu harus disimpan di memori eksternal, karena memori internalnya tak memadai.
RADIO FM
Ini juga menjadi fitur andalan W205. Fitur radio ini baru bisa diaktifkan bila headset terpasang pada port-nya. Sebab, headset juga berfungsi sebagai antena. Namun begitu, keluaran suara radio bisa disetel pada speaker –dengan headset tetap terpasang. Kemampuan mencari dan menangkap gelombang siaran radionya cukup bagus.
Pengujian: Mengaktifkan radio dan mencoba moda pencarian channel secara otomatis.
Nilai: 3,1
Catatan: Bisa merekam siaran radio, dan memutarnya di media player.
GAMES
Sony Ericsson punya track record bagus dalam soal mobile game. Dan itu dituangkan dalam ponsel ini, yang dilengkapi game embeded yang cukup atraktif berbasis Java. Salah satunya adalah game bubble town, yang mengadopsi game sejenis untuk PC. Koleksi game bisa diperbanyak dengan download dari situs Sony Ericsson.
Pengujian: Memainkan game embedded.
Nilai: 3
Catatan: Ukuran layarnya yang kecil agak mengurangi keasyikan bermain game.
Kinerja
Tampang apiknya cukup dibarengi dengan kinerja yang apik juga. Ada beberapa catatan, memang, seperti keberadaan memori internalnya yang kecil, mengharuskan ketersediaan memori eksternal, demi menunjang kinerja optimal beberapa fitur. Fitur musiknya memang bukan yang terbaik dari kelas walkman series, namun masih memuaskan sebagai fitur hiburan.
Kinerja Baterai
Baterai standar yang digunakan pada ponsel ini diklaim bisa menunjang waktu siaga hingga 425 jam. Namun pada pengujian, konsumsi baterai terlihat boros. Pada pengisian penuh, dan digunakan secara minimal, tenaga baterai terkuras hanya dalam waktu dua hari saja.
SKOR AKHIR : 3
Hasil Pengukuran Audio :
Musik: 94,7 dB
Ringtone : 95,1 dB
Human Voice: 90,2 dB
selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger