Home » » Nokia 5630 XpressMusic

Nokia 5630 XpressMusic

Written By Haris Ahmad on Thursday, February 18, 2010 | 4:02 PM



Eco-Phone Berfitur Komplet
Era produk ramah lingkungan dijawab Nokia lewat seri 5630 Xpress Music. Selain mengunggulkan musik, ada tips-tips seputar lingkungan menghiasi seri ini.
Jajaran Nokia Xpress Music bertambah satu lagi lewat seri 5630. Selain memiliki fitur komplet, kreasi desain maupun material yang diklaim ramah lingkungan mampu membuat seri ini berbeda. Bahan material yang bisa didaur ulang hingga 80% serta tidak adanya penggunaan bahan berbahaya bagi lingkungan seperti PVC, brominade, dan klor membuat seri ini pantas dijuluki sebagai Eco-Phone alias ponsel ramah lingkungan.
Tak sekadar ramah lingkungan, Nokia membesut seri ini dengan sejumlah fitur terkini seperti koneksi internet via HSDPA/HSUPA dan Wi-Fi. Juga disiapkan fitur standar lain seperti koneksi bluetooth, music player, radio FM, dan kamera 3,2 Mpix. Sebagai ponsel untuk penghobi musik, Nokia menyediakan port 3,5 mm yang memudahkan kita mengakses alunan musik dan siaran radio FM favorit. Selain fitur-fitur itu, ada aplikasi khusus Eco Zone yang menyediakan unduhan wallpaper bertema eco-minded serta tips dan tutorial lingkungan hidup.
DESAIN
Seri ini menggunakan form factor berbentuk bar dengan ketebalan relatif tipis. Dengan ukuran 112 x 46 x 12 mm dan berat 83 gram membuat ponsel ini terasa ergonomis dan nyaman digenggam. Tak banyak aksen dalam desain ponsel ini, tapi yang paling menyolok sebagai ponsel musik adalah keberadaan tombol musik di samping layar. Dengan tombol itu, pecinta musik bisa langsung terkoneksi dengan memencet tombol langsung tersebut.
Pengujian : Mengeksplorasi desain dan tampilan ponsel ini.
Nilai : 3,3
Catatan : tersedia dua warna ponsel yakni hitam beraksen merah dan abu-abu berakses krom dan biru
PORT
Sebagai ponsel musik, wajar bila seri ini dibekali port audio 3,5 mm. Dengan bekal itu, banyak stereo headset bisa kompatibel dengan ponsel ini. Selain port audio, ada juga micro USB connector yang berfungsi sebagai port data sekaligus charging baterai. Untuk memori, Nokia menyediakan slot yang memungkinkan kartu memori hot swap hingga kapasitas ekspan memori mencapai 16 Gb.
Pengujian : Menggunakan headset stereo Philips di port audio untuk mendengarkan siaran radio
Nilai : 3,3
Catatan : Headset stereo yang dicolok ke port audio bisa berfungsi sebagai antena eksternal radio FM.
INTERNET
Nokia membekali ponsel ini dengan komplet untuk akses internet. Tersedia akses via HSDPA dan HSUPA maupun lewat jalur Wi-Fi. Dukungan setting wizard memudahkan saat ingin mengakses internet via jalur operator. Sementara ketersediaan Nokia Web Browser juga memudahkan kita mengakses beragam aplikasi seperti chatting atau Facebook yang telah ditanam di ponsel berbasis Symbian60 ini.
Pengujian : Mengakses internet untuk masuk ke halaman Facebook dan Youtube
Nilai : 3,1
Catatan : Pastikan setting wizard operator diaktifkan kalau menggunakan jalur data operator saat akan mengakses internet.
KONEKTIVITAS
Untuk terhubung ke peranti digital lain, seri ini mengandalkan koneksi nirkabel bluetooth dan USB 2.0 untuk yang menggunakan kabel. Bluetooth ponsel ini menggunakan Bluetooth 2.0 yang tersemat teknologi A2DP dan mendukung perintah cetak ke printer tertentu. Dari pengujian, bluetooth bisa berfungsi baik ketika digunakan menerima dan mengirim berkas dari laptop ber-bluetooth.
Pengujian : Mengirim file foto ukuran 759 kb dari ponsel ke laptop butuh waktu 12 detik.
Nilai : 3,1
Catatan : Sinkronisasi via kabel mendukung platform Nokia Ovi Suite
MUSIK
Ini adalah fitur andalan yang dipunyai seri ini. Selain ada tombol shortcut musik, pengguna juga disuguhi kekuatan music playback dalam format MP3, AAC, WMA, eAAC, eAAC+, MIDI, dan WAV. Dukungan fitur musik ini juga ada radio FM yang dengan RDS. Pengujian yang kami lakukan mendapati, ketika digunakan menyetel musik lewat speaker, suara yang dimunculkan terbilang lumayan. Tapi tetap lebih jernih ketika kita menggunakan headset stereo.
Pengujian : Menyetel musik Where You Are dari Liza Oliver
Nilai : 3,1
Catatan : Pemutar musik bersifat multitasking sehingga sembari mendengar musik kita masih bisa mengakses menu lain di ponsel.
KAMERA
Nokia 5630 dibekali kamera 3,2 Mpix dengan sensor CMOS. Untuk penggunaan pada obyek kurang cahaya, Nokia menyediakan dual LED Flash. Sejumlah fitur fotografi juga melengkapi kamera yang punya 4x digital zoom ini seperti white balance, color tone, hingga red eye reduction. Dari pengujian tetap saja ketika memotret obyek kurang cahaya, gambar yang dihasilkan tidak terlalu tajam dan kerapatan pixels terlihat renggang.
Pengujian : Memotret di luar ruangan dengan resolusi maksimal
Nilai : 3
Catatan : Tersedia fasilitas photo editor untuk mengolah foto hasil bidikan.
GAMES
Salah satu fitur hiburan yang menyertai seri ini adalah games. Dengan platform N-Gage, kita bisa mengakses bermacam game di portal N-Gage, mulai dari balapan hingga olah angka Sudoku. Di portal tersebut disediakan versi games trial yang bisa didownload langsung ke ponsel. Sehingga kita bisa mencoba terlebih dulu keasyikan memainkan games sebelum membelinya.
Pengujian : Memainkan games Asphalt 4 dan Bounce versi trial
Nilai : 3
Catatan : Untuk memainkan games, orientasi layar tidak berubah menjadi landscape
SKOR AKHIR : 3
Kinerja
Ponsel berdesain ramping ini secara keseluruhan memiliki kinerja rata-rata. Starting-up hanya butuh waktu tujuh detik saja untuk menampilkan menu utama ponsel. Sementara untuk fitur dasar seperti voice call sinyal yang ditangkap juga terbilang baik. Aplikasi Facebook, Youtube, hingga Hi5 yang sedang kondang menjadi salah satu bawaan menarik yang bisa ditonjolkan di seri ini.
Kinerja Baterai
Nokia mengklaim ponsel ini Lithium Ion ini bisa bertahan hingga 350 jam waktu siaga dan 6,7 jam waktu pemakaian (2G) atau 4 jam untuk 3G. Dari pengujian, masa siaga itu memang tidak seperti klaim karena ketika dicoba bisa bertahan hingga enam hari. Bila digunakan untuk memutar musik terus menerus , akses internet plus bermain games N-Gage, daya tahan baterai lebih cepat terkuras.
HASIL TEST UJI AUDIO
Music105.7 dB
Ringtone100,7 dB
Human Voice103,5 dB
selular.co.id
Share this article :

3 Komentar:

  1. Hmm.. kapan ya bisa beli yang kaya gini?

    ReplyDelete
  2. sama, aku juga pengen hp ini. udah Xpress music, HSDPA, Wifi, prosesur yang sangat cepat (di kelas HP), menggunakan OS symbian. mantap lah

    ReplyDelete
  3. cara aktifin vibrating alertnya gimana sih kak? lalu, katanya kan ada fitur "say and play" nah itu gimana kak?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger