Home » » Nokia E72

Nokia E72

Written By Haris Ahmad on Thursday, February 18, 2010 | 4:00 PM



Multi-Chat dengan Kamera 5MPix
Inovasi dan tambahan fitur E72 terasa signifikan dibanding E71. Kamera sudah berkualitas 5 MPix, memori eksternal hingga 16 Gb, dan port headset universal 3,5 mm.
Nokia kembali menambah anggota keluarga E-series. Seri baru E72 ini, fisiknya mirip dengan seri pendahulunya E71. E72 –menurut Nokia- masih menyasar kalangan profesional yang menjadi target pemasaran seri E pada umumnya. Perbedaannya adalah pada sedikit sisi desain dan perbaikan di berbagai fitur multimedia.
Dari sisi desain, seri E72 nyaris tampak serupa dengan E71. Tampak dari depan hanya sedikit perubahan tatanan keypad. Hanya saja port headsetnya sudah menggunakan ukuran standar headset yakni 3,5 mm. Inilah perubahan yang cukup kentara dan bermanfaat. Sedangan dari sisi fitur dan teknologi, peningkatan yang berarti dibanding E71 adalah kualitas kamera yang sudah 5 MPix, memori internal lebih besar, dan dukungan memori ekternal hingga 16 Gb. Satu lagi yang menjadi andalan seri ini yakni fitur chat. Fitur ini baru pertama kali dibenamkan di seri Nokia. Fungsinya mirip aplikasi Ebbudy dan Mobinity keluaran InTouch. Di dalam fitur ini terdapat beberapa platform koneksi chat seperti YM, OVI, dan Gtalk.
DESAIN
Perbedaan ukuran dengan pendahulunya tidak begitu signifikan. Berdimensi 114 x 58,3 x 10,1 mm hanya ada perbedaan 1 mm dari sisi lebarnya. Sementara bobotnya hanya terpaut 1 gram lebih berat yakni 128 gram. Tampilan bagian muka ponsel ini dikelilingi bingkai stainless yang membuatnya nampak lebih eksklusif dan indah. Material yang digunakan juga cukup bermutu khususnya cover bagian belakang yang terbuat dari logam.
Pengujian : Menggenggam dan merasakan sisi ergonomisnya
Nilai: 3,7
Catatan: Tersedia sarung/pouch dari kulit dalam paket penjualannya
KEYPAD
Tampil QWERTY memang sudah jadi identitas serial ini. Terdiri dari jajaran keypad full sebagaimana seri sebelumnya, namun disempurnakan dengan tatanan yang lebih apik dan teratur. Tombol spasi hadir tidak terlalu besar dan panjang sebagaimana ponsel atau model QWERTY pada umumnya. Yang unik adalah tombol enter empat arahnya. Tidak perlu kita tekan, disentuh sedikit saja sudah bereaksi. Bolehlah tombol ini dibilang sebagai model sensitive keypad, meski berbeda dengan tombol jenis sensitive yang asli.
Pengujian: Mengetik SMS dan naskah panjang
Nilai: 3,4
Catatan: -
LAYAR
Dengan ukuran 31 x 48 mm, layar E72 termasuk lebar dan luas. Dukungan resolusi 240 x 320 pixels sangat terasa saat kita menampilkan gambar dan browsing internet. Layar cukup lega dan lapang. Ketajaman warnanya didukung oleh 16 juta warna dengan teknologi layar TFT. Terbukti saat melihat gambar khususnya memutar video, hasilnya jernih dan tidak patah-patah.
Pengujian : Menampilkan gambar dan video
Nilai: 3,8
Catatan: ada kain halus pengelap layar pada paket penjualannya
KAMERA
Inilah perbedaan yang menonjol antara E72 dan pendahulunya. Peningkatan kualitas kamera dari 3,2 MP menjadi 5 MPix sangat signifikan. Kinerja kameranya pun tergolong baik khususnya fitur autofocus. Memotret dalam cahaya minim bahkan dalam kegelapan pun bukan lagi masalah. Pasalnya lampu penerang alias flash tampil cukup prima dan terang. Fungsi lampu ini bisa juga dijadikan senter hanya dengan menekan tombol spasi beberapa detik.
Pengujian :Mengambil gambar dalam ruang cukup cahaya
Nilai: 3,1
Catatan: Video recordernya mampu merekam gambar dengan kualitas VGA
MEMORI
Bekal memori internal yang terbatas bukan lagi masalah. Banyaknya fitur di seri ini dan hanya berbekal memori internal sebesar 250 Mb sungguh sangat kurang. Nah, Nokia sudah menyediakan slot memori berjenis micro SD dengan daya tampung hingga 16 Gb. Untuk menghindari kinerja ponsel yang lemot, maka ada baiknya menyimpan data dan juga menginstal aplikasi hanya di memori eksternal.
Pengujian: Menyimpan berbagai jenis data dengan berbagai format dan ukuran
Nilai: 3,8
Catatan: Letak memori sudah hotswap, jadi tidak perlu melepas baterai
MESSAGING
Kemampuan berkirim pesan cukup mumpuni. Selain SMS dan MMS, ponsel ini juga sudah dibekali fitur push email. Kita bisa dengan mudah menerima email dan membacanya sekaligus membalasnya. Termasuk membuka dan membaca file sisipan dari teman atau rekan bisnis. Proses settingnya pun tidak berbelit-belit. Sangat mudah. Masukkan user id (misalkan user id email yahoo), lalu masukkan pula password, maka email akan terhubung. Setelah terhubung setiap email yang masuk akan diketahui sebagaimana SMS.
Pengujian : Menerima email dan membalasnya
Nilai: 3,3
Catatan: -

CHAT
Inilah fitur anyar yang baru dimiliki Nokia serial E. Namanya Chat. Fungsinya tentu saja sesuai dengan namanya yakni untuk chatting. Di dalamnya terdapat fitur chat yang cukup trend di kalangan chatter yakni Yahoo messenger. Ada pula OVI chat dan Google talk. Pada ponsel yang diuji coba SELULAR, aplikasi ini belum terinstal. Namun jangan khawatir kita bisa langsung menginstalnya dengan masuk ke menu applikasi kemudian Net Sett lalu pilih download dan media download (Wi Fi atau selular), nanti akan muncul berbagai aplikasi yang bisa kita download.
Pengujian : Menginstal dan melakukan chat dengan yahoo messenger
Nilai: 3,9
Catatan: Kita bisa mengaktifkan ketiga fitur chat sekaligus baik OVI, Google, dan YM.
INTERNET
Keluar masuk dunia maya dengan perangkat ini sangat baik. Namanya juga ponsel kantoran, fasilitas koneksi internetnya terbilang mumpuni. Jalur cepat HSDPA, 3G, GPRS, dan juga EDGE bisa berjalan dengan baik. Kalau sinyal HSDPA atau 3G lemah, maka akan bergeser langsung ke sinyal EDGE atau GPRS. Nokia juga sudah menyediakan jalur Wi Fi yang bisa dijadikan alternative pilihan. Tampilan layar saat berselancar dunia maya cukup baik dan full tampil seperti yang ada di layar PC atau notebook.
Pengujian : Membuka berbagai situs
Nilai: 3,5
Catatan: -
MUSIK
Meski hadir bukan sebagai ponsel musik namun seri E72 ini tampil cukup baik untuk fitur pemutar musiknya. Salah satunya adalah ketersediaan slot headset standar yakni 3,5 mm. Dengan slot ini semua headset yang ada di pasar dengan diameter standar bisa dipasangkan dengannya. Kita juga bisa mengatur berbagai fitur pendukungnya salah satunya equalizer, shuffle dan lainnya. Kita juga bisa berbelanja lagu via Nokia store dengan koneksi internet tentunya.
Pengujian : Memutar lagu dengan headset kabel dan A2DP
Nilai: 3,2
Catatan: Sudah menggunakan teknologi A2DP

OFFICE
Inilah sebenarnya fitur utama dan fungsi andalan dari serial kantoran ini. Boleh dibilang keberadaan fitur office di seri ini terasa bisa diandalkan. Selain format standar menu office baik word, excel dan power poin, ponsel ini juga juga sudah dibekali zip, pdf, dan lainnya. Fitur ini sangat berguna saat ingin membuka file sisipan dari email yang dikirim rekan bisnis atau kantor. Fungsi officenya sangat maksimal tak sekadar membaca dan mengedit, namun juga bisa membuka file baru.
Pengujian: Menulis naskah dalam format word, excel, dan power point. Memformatnya dalam zip untuk dikirim ke email.
Nilai: 3,9
Catatan: Kinerja aplikasi terasa cepat dan sempurna
Kinerja
Untuk urusan kantor dan dokumentasi plus hiburan, sepertinya sudah terwakilkan dengan memiliki ponsel ini. Secara umum kinerja seri E72 ini terbilang bagus. Digunakan untuk berselancar dunia maya terasa cepat. Merekam gambar dengan kamera cukup apik. Mengerjakan kerjaan kantor bisa juga di lakukan. Bosan dan ingin hiburan? Musik dan radio bisa jadi obatnya. Semua sudah jadi satu dan komplet dalam satu perangkat.
Kinerja baterai
Dibekali baterai bertenaga 1500 mAh ternyata teruji dan mumpuni. Untuk siaga saja, ponsel ini bisa bertahan hingga 576 jam. Sedangkan waktu bicaranya mencapai 14 jam nonstop.
SKOR AKHIR : 3,4
Hasil Uji Test Audio
Musik : 108,3 dBm
Human Voice: 99,1 dBm
Ringtone: 105,6 dBm
selular.co.id

Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger