Home » » Samsung Corby TXT

Samsung Corby TXT

Written By Haris Ahmad on Saturday, February 13, 2010 | 5:35 PM



QWERTY Mungil Padat Fitur
Corby TXT adalah jawaban Samsung Mobile untuk bertarung di pangsa ponsel QWERTY berharga murah di Tanah Air
Segmen ponsel berdesain QWERTY dengan harga murah memang memikat pasaran. Walau segmen tersebut didominasi oleh produk keluaran vendor merek lokal, bukan berarti vendor merek global tutup mata pada gurihnya segmen pasar ini. Salah satu vendor global yang mulai masuk di pasar ini adalah Samsung Mobile lewat seri Corby TXT. Sesuai dengan segmennya, Corby TXT disiapkan untuk melayani jaringan maksimal EDGE. Oleh vendornya, ponsel ini dirancang dengan desain daya pikat kuat dalam unsur model dan gaya. Salah satunya dibuktikan dengan adopsi solusi fashion jacket untuk gonta ganti back cover.
Sebagai produk baru, Corby TXT punya banyak fitur yang pas untuk selera anak muda. Sebut saja Radio FM dengan fungsi rekam, MP3 player, fake call, female jack 3.5 mm, bluetooth stereo dan kamera 2 Mpix. Kodrat sebagai ponsel messaging tentu harus berbekal kemampuan email dan instant messenger. Untuk dua fitur tadi, Corby TXT yang dibandrol Rp 1,5 juta sudah menyiapkan sesuatu yang cukup menarik l untuk penggunaanya.
DESAIN
Rancangan Corby TXT banyak terinspirasi dari lekukan mobil balap Ferrari dan lekukan celana jeans. Maka tak heran ponsel ini desain sudut sampingnya tak umum, yakni berkurva dan pop style kontur mengigatkan pada bentuk pesawat siluman.
Pengujian : Menjajal aspek ergonomis ponsel dalam beberapa penggunaan dan mencoba akses audio jack 3.5 mm. Back cover cukup mudah diganti-ganti sesuai selera pengguna.
Nilai :3,2
Catatan : Agak berbeda dari seri-seri ponsel Samsung terdahulu, Corby TXT mengusung slot charger micro USB
KEYPAD
Desain Corby TXT tergolong mungil untuk ukuran ponsel QWERTY, ini berdampak langsung pada ukuran keypadnya. Dalam alur keypad tak lupa disiapkan tuts akses langsung ke menu MP3 player dan tuts shortcut ke menu SMS.
Pengujian : Mencoba mengetik cepat, cukup mudah tapi diperlukan adaptasi sejenak karena ukuran tuts yang hanya 5 mm. Corby TXT dibekali tombol navigasi empat arah yang bisa di customized.
Nilai : 3
Catatan : Ada pengaturan keypad light dan guna membiasakan mengetik tersedia game khusus untuk melatih jemari.
LAYAR
Layar Corby TXT mengambil konsep landscape dengan ukuran 2.2 inchi. Kedalaman layar yakni 262 ribu warna TFT dengan resolusi 176 x 144 pixels. User interface (UI) mengenalkan pilihan themes kartun yang menarik. Tak lupa terdapat menu transition effect untuk menambah kesan dinamis.
Pengujian : menjajal beberapa fitur, termasuk layar kamera dan pemutar video. Adanya shortcut toolbar di home screen membuat navigasi menu lebih cepat.
Nilai : 3
Catatan : layar tidak dilengkapi sensor akselerometer.
RADIO FM
Radio FM merupakan menu tersendiri yang punya kemampuan rekam siaran langsung. Ditambah lagi fitur find music Shazam. Selain self tuning, radio bisa di set untuk berjalan background playing atau multi tasking.
Pengujian : Menikmati alunan radio lewat speaker on dan headset. Navigasi untuk pencarian frekuensi dilengkapi visual yang menarik.
Nilai : 3
Catatan : Shazam adalah fitur untuk mengenali identitas lagu lewat fungsi rekam. Aktivasi Shazam harus terhubung dengan internet. Koneksi radio tetap mengandalkan headset sebagai antena.
MUSIK
Spesifikasi pemutar musik mencakup repeat mode, shuffle, background playing, sound effect dan music auto off. Pemutar musik juga dilengkapi kemampuan bluetooth stereo dan find music Shazam.
Pengujian : Mendengarkan musik lewat headset stereo dan speaker on. Walau tak dilengkapi speaker stereo, kualitas pancaran suara jernih.
Nilai : 3.1
Catatan : Agar pemutar musik dapat berjalan multi tasking, perlu pengaturan terlebih dahulu.
KAMERA
Kamera 2 Mpix (1600x1200 pixels) menjadi fitur unggulan di segmen ponsel ini. Fitur pada kamera mencakup night mode, self timer, efek, frames, white balance, viewfinder mode dan multiple/mosaic capture. Tak ketinggalan brightness dan 11x zoom.
Pengujian : Memotret gambar dengan resolusi tertinggi.
Nilai : 3
Catatan : Zoom tidak bisa dilakukan bila menggunakan setting resolusi 2 Mpix. Lensa kamera tidak dibekali flash dan cermin untuk self portrait.
INTERNET
Corby TXT mengandalkan browser Net Front versi 3.5. Kelebihan browser ini sudah dilengkapi fungsi zoom in/out, virtual pointer, run java script dan play sound. Dan untuk kemudahan berbagi informasi, ada cara mudah untuk send dan copy URL lewat SMS, email dan bluetooth.
Pengujian : mencoba olah navigasi browser di beberapa situs tanpa display image. Meski teknologi sebatas EDGE, akselerasi internet browser terbilang berjalan cepat dan ringan.
Nilai : 3
Catatan : Fitur internet tidak bisa berjalan multi tasking.
CHATTING
Aplikasi chatting terdapat dalam menu messages. Dalam paket jual sudah terinstal aplikasi Mini Fring. Aplikasi ini berjalan di platform Java dan bersifat multi network, dapat menjalankan beberapa layanan chatt sekaligus.
Pengujian : menjajal chatting dengan Google Talk.
Nilai : 3
Catatan : koneksi untuk log in terasa agak lambat. Layanan chatt yang tersedia yakni MSN Messenger, Google Talk, ICQ dan AIM. Sangat disayangkan tidak ada layanan yang paling popular, Yahoo Messenger (YM). Aplikasi chat juga tak bisa berjalan multi tasking.
EMAIL
Masih dalam koridor menu messages. Corby TXT punya kemudahan setting email POP3. Layaknya ponsel Windows Mobile, untuk aktivasi cukup diperlukan input username dan password untuk Google Mail dan Yahoo Mail. Begitu juga mudahnya untuk setting email kantor. Total Anda bisa membuat 5 akun email.
Pengujian : menjajal akses email POP3 dengan Gmail.
Nilai : 3,2
Catatan : Untuk kemudahan penggunaan, gunakan time retrieve dan pengaturan limit size email dalam menu settings.
Kinerja
Bisa dibilang Corby TXT adalah ponsel QWERTY yang kaya warna. Terdapat kemudahan untuk mengakses beberapa widget layanan jejaring sosial pada menu Communities Kinerja ponsel ini termasuk lumayan, terutama untuk akses pemutar musik, email client, Radio FM dan internet browser. Walau disayangkan untuk internet browser dan aplikasi chatting tidak bisa multi tasking. Untuk mengatasi tidak adanya aplikasi YM, Corby TXT dalam paket jualnya mengusung aplikasi Chatbox dari Telkomsel. Ponsel ini memang dijual dalam bundling tanpa unlock dengan kartu Simpati Telkomsel dan tak tak memiliki kemampuan document viewer.
SKOR AKHIR : 3
Kinerja Baterai
Ponsel mungil nan tipis ini tidak termasuk golongan yang haus energi baterai.. Dengan berjalan di platform 2G maka bisa ditakar kekuatan dan daya tahan ponsel ini. Apalagi fitur yang digotong juga terbilang sederhana untuk kelas messaging. Corby TXT dilengkapi baterai standar Lithium Ion 800 mAh. Pihak vendor memberikan keterangan, waktu bicara dapat dicapai hingga 450 menit dan waktu siaga hingga 390 jam. Dalam uji coba, indikator baterai hanya berkurang 2 bar dalam pemakaian dua hari. Penggunaan dalam kondisi minimal.
Hasil Test Audio
Musik 112 dB
Ringtone92.3 dB
Human Voice92 dB
selular.co.id
Share this article :

2 Komentar:

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger