Home » » Samsung SGH-S5233

Samsung SGH-S5233

Written By haris on Saturday, February 13, 2010 | 5:36 PM



Mencoba Jadi Rising Star

Disiapkan untuk pasar kelas menengah ke bawah, seri berjuluk Star ini sarat akan fitur hiburan. Mau chatting ataupun sekedar mengupdate facebook bisa dilakukan berkat adanya Widget Facebook dan aplikasi messenger.
Samsung kembali menawarkan ponsel layar sentuhnya. Kali ini disiapkan untuk pasar kelas menengah ke bawah. Kelebihannya, ponsel ini sudah bisa diajak masuk ke situs Facebook, bisa pula dipakai chatting karena ada aplikasi messenger, serta bagi-bagi foto lewat SharePix. Cuma sayang, dukungan koneksi internetnya hanya sebatas GPRS. Padahal, beragam aplikasi jejaring sosial itu akan lebih optimal bila menggunakan jalur 3G ke atas.

Ditelisik dari fitur dan teknologi yang ada di dalamnya, seri ini sangat pas bila dipadankan dengan LG KP500 Cookie. Fasilitas kamera dengan kekuatan 3,2 MP, kapasitas memori internal dan ketersediaan slot memori tambahannya keduanya tampil sama. Dalam hal desain dan proses pengoperasiannya pun sama persis, yakni minus keypad dan hanya mengandalkan layar sentuh. Sebagai ponsel kelas menengah bawah, dengan kemampuan seperti itu, S5233 Star berpotensi menjadi The Rising Star.

DESAIN
Inilah ponsel layar sentuh murni. Selain tombol terima/tolak panggilan, on/off dan tombol back, tak ada lagi tombol apapun untuk berinteraksi dengan ponsel ini. Semuanya dilakukan lewat layar sentuh. Sebagai ponsel touch screen, ukurannya cukup nyaman ketika digunakan, juga tak terlalu berat, dengan layar mendominasi bagian depan ponsel. Tampilan? Hmmm, boleh jugalah.
Pengujian: Menguji keergonomisan ponsel saat digenggam.
Nilai : 3
Catatan : Ada stylus pen untuk mengoperasikan layar sentuhnya.

LAYAR
Samsung terkenal piawai dalam teknologi layar ponsel. Dan itu diterapkan juga di ponsel ini. Tampilan layar begitu tajam dan cerah, dengan dukungan 262 ribu warna TFT. Ukuran layar juga sudah memperhatikan kenyamanan penggunaan, mengingat layar adalah media utama untuk interaksi pengguna. Layar sentuhnya juga responsif terhadap tekanan stylush pen atau jari.
Pengujian : Menampilkan menu-menu dan beberapa settingan personalisasi
Nilai : 3
Catatan : Dilengkapi tombol pengunci layar agar tak teraktifkan secaratak sengaja.

INTERNET
Menyikapi menggilanya facebook dan chatting di pengguna ponsel, Samsung membekali seri ini dengan aplikasi jejaring sosial tersebut. Penggunaan fitur itu sangat mudah, karena sudah tersedia akses menunya, dengan didukung setting otomatis. Persoalannya adalah, koneksi internet hanya didukung GPRS, yang jelas terasa kurang memadai untuk membuka Facebook, yang banyak tampilan image.
Pengujian : Masuk beberapa situs berita, Selular Online dan Facebook
Nilai : 2,8
Catatan : Lebih bagus kalau dibenamkan kemampuan 3G.

KAMERA
Samsung juga kampiun dalam urusan kamera. Pada ponsel ini, dibenamkan kamera 3,2 Mpix. Kualitas foto yang dihasilkan termasuk bagus, focus obyek lumayan tajam. Ditambah lagi dengan sejumlah fitur pendukung semacam pengaturan kamera dan image. Sayangnya tak ada lampu flash, yang membuat agak susah kalau memotret di kondisi kurang cahaya.
Pengujian : memotret di luar ruang dan dalam ruang
Nilai : 3,1
Catatan : Tombol zoom ada di bagian bawah saat kita memotret landscape.

MUSIK
Fitur pemutar musik menjadi salah satu menu hiburan yang bisa di pilih. Saat dicoba mendengarkan musik, suara yang keluar cukup bagus. Meski andalannya hanya pada sepeaker bagian depan. Kalaupun bosan dengan menu musik player ini, bisa menjajal fitur radio FM-nya. Namun seperti biasa, untuk mendengarkan siaran radio mesti ada koneksi headset sebagai antena.
Pengujian : Memutar musik dan menyetel radio
Nilai : 3
Catatan : ada settingan pilihan jenis lagu di tampilan pemutar musiknya.

KONEKTIVITAS
Fasilitas koneksi ke perangkat lain terdiri dari kabel data dan bluetooth. Kita bisa melakukan pemindahan data dari ponsel ke PC atau notebook dengan kabel data. Dalam paket penjualannya biasanya fasilitas kabel data sudah tersedia. Sementara untuk koneksi nirkabel, kita bisa menggunakan bluetooth. Kita bisa menemukan fitur koneksi nirkabel ini dalam folder applications.
Pengujian : Mentransfer foto ke PC dan ponsel lain dengan bluetooth.
Nilai : 3
Catatan : Ubahlah nama perangkat Anda agar lebih mudah dikenali.

MEMORI
Punya memori internal sebesar 80 MB, cukup memadai untuk menyimpan sejumlah data, termasuk file musik dan image. Tentu saja, kalau hanya mengandalkan memori internal, paling hanya sekitar 5 hingga 6 file MP3 yang bisa disimpan. Keterbatasan ini teratasi dengan tersedianya slot untuk memori eksternal, yang diklaim bisa menyimpan data hingga 8 GB. Sayangnya tidak hotswap.
Pengujian : Menyimpan foto dan video hasil jepretan kamera
Nilai : 3,1
Catatan : Sebaiknya menyimpan aplikasi tambahan pada memori eksternal

Kinerja
Secara umum kinerja ponsel ini tergolong baik. Meski ada keterbatasan dalam beberapa hal, tapi sebagai sebuah ponsel kelas menengah ke bawah, seri ini bolehlah jadi pilihan. Saat digunakan untuk memutar musik, melakukan telepon dan menerima telepon kinerjanya berjalan lancar.

Kinerja Baterai
Baterai yang dibekali di seri ini bertenaga hingga 1000 mAh. Dengan kekuatan sebesar itu saat diuji coba untuk bersiaga dalam 2 hari baterainya sama sekali belum menunjukkan penurunan dalam indikator bar yang totalnya 5 bar. Sayang data dari vendornya belum disertakan.

Hasil Tes Audio :
Musik : 100,4 dB
Ring Tone : 101,5 dB
Human Voice : 95,8 dB

Skor Akhir : 3
selular.co.id
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger