Sebelumnya saya pernah memberikan tutorial cara installasi wordpress di komputer lokal ( baca : belajar wordpress ). Bagi yang masih bingung atau ingin cara lebih cepat dan mudah, saya sudah membuat video tutorial yang berdurasi sekitar 5 menit agar lebih memudahkan.
Sebelum mengikuti langkah yang ada di video tutorial ini, silahkan melengkapi beberapa program/aplikasi yang diperlukan.
Program/Aplikasi yang diperlukan :
  • Web Browser, saya menggunakan mozilla firefox. Bisa juga menggunakan browser lainnya.
  • Applikasi kompressi file, saya gunakan 7zip (bisa juga menggunakan Winzip / Winrar ).
  • File wordpress yang bisa di download dari http://wordpress.org ( saya menggunakan wordpress 2.9.2 )
  • xampplite for windows ( saya menggunakan xampplite-win32-1.7.3.zip ), bisa download dari apachefriends.org ). Bisa juga menggunakan yang versi EXE.
Setelah file atau aplikasi diatas sudah tersedia, silahkan mengikuti langkah dalam video tutorial installasi wordpress di komputer lokal berikut :
Catatan :
  • Nama database tidak bisa menggunakan dengan spasi, sehingga saya menggunakan contoh nama database db_ebsoft.
  • Setelah database berhasil dibuat, kita otomatis akan mendapatkan username dan password bawaan. Username adalah root dan passwordnya kosong.
  • Nama folder wordpress akan menjadi nama yang di tuliskan di URL web browser. Pada contoh, nama folder wordpress adalah ebsoft, sehingga untuk membukanya, alamat yang harus dituliskan adalah localhost/ebsoft
  • Untuk masuk ke admin, tinggal menambahkan wp-admin, misalnya dari tutorial diatas menjadi http://localhost/ebsoft/wp-admin
copyright : ebsoft