Home » » tips tidur dan bangun lebih segar

tips tidur dan bangun lebih segar

Written By Haris Ahmad on Friday, April 23, 2010 | 1:16 PM


Tidur merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tidur dapat melepaskan kepenatan kita selama satu hari penuh. Lama waktu tidur untuk orang dewasa adalah 8 jam. Namun ternyata tidak semua orang dapat tidur sesuai waktu tidur normal tersebut. Saat tidur, tubuh kita juga memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh juga membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Kurang tidur dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah, berkurangnya kemampuan berpikir. Akan tetapi, jika mata tidak bisa terpejam walaupun ada rasa kantuk ataupun tidak, bagaimana agar Anda dapat menikmati tidur nyenyak di malam hari?
Yang pertama, jangan makan berlebihan di malam hari. Usahakan agar makan malam Anda tidak melewati pukul 19.00. Perut yang penuh menyebabkan tubuh masih melakukan proses pencernaan, sehingga tubuh belum beristirahat. Walau bukan makanan berat, kurangi juga konsumsi makanan ringan di malam hari.
Selanjutnya, jangan melakukan kegiatan yang menyita pikiran menjelang tidur. Jangan biarkan kegiatan yang menyita pikiran itu dilakukan setelah jam 20.30 malam. Biarkan pikiran Anda rileks menjelang waktu tidur.
Mandi dengan air panas juga dapat membantu tubuh lebih rileks, yang dapat Anda lakukan 1 jam sebelum tidur.
Jangan lupa, minum susu panas. Hal ini diyakini dapat membantu tubuh lebih santai dan tidur Anda semakin nyenyak.
Tips selanjutnya dapat menggunakan wewangian atau musik slow sebagai pengantar tidur. Anda dapat menggunakan aroma terapi.
Ambillah buku kesayangan Anda dan bacalah. Buku membuat Anda berpikir tenang dan mempercepat proses agar Anda cepat tidur. Namun perlu diperhatikan juga pemilihan bukunya. Jangan membaca buku yang terlalu seru (misal buku tentang petarungan atau detektif) sehingga membuat otak Anda bekerja.
Dengan menarik napas dalam dan mengaturnya, Anda dapat terbiasa dan khasiatnya sama dengan saat Anda telah tidur nyenyak.
Dengan menulis buku harian, seolah-olah Anda meng-upload pikiran Anda ke sebuah buku dan meringankan pikiran.
Tips terakhir adalah jangan lupa matikan lampu kamar tidur. Bila Anda terbiasa tidur malam dan ingin tidur lebih cepat, maka upayakan agar Anda sudah berada di kamar setengah jam dari waktu yang Anda tentukan, matikan lampu dan cobalah untuk pejamkan mata.
Ketika Anda bangun di pagi hari nanti, Anda akan merasakan semangat untuk memulai hari baru. Semoga bermanfaat!



Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger