Home » » Gangguan / kerusakan yang sering terjadi pada mesin pendingin AC

Gangguan / kerusakan yang sering terjadi pada mesin pendingin AC

Written By Haris Ahmad on Monday, May 24, 2010 | 2:58 PM


Gangguan yang terjadi pada AC tidak lepas dari tiga hal, yaitu AC tidak dingin, mengeluarkan suara berisik atau terjadi kebocoran di perangkat indoor. Yang paling mengesalkan tentu jika AC tidak lagi mengembuskan udara dingin. Tapi suara bising yang keluar dari perangkat indoor juga cukup mengganggu kenyamanan tidur dan kebocoran air benar-benar merepotkan karena mengotori ruangan dan bisa merusak dinding ruangan.
Berikut beberapa faktor yang menimbulkan gangguan pada AC dan cara penanggulangannya.
1. AC tidak dingin. Fungsi utama AC adalah untuk menyejukan ruangan, AC yang tidak dingin bisa disebabkan karena pengaturan suhu yang tidak benar. Pastikan angka pengaturan suhu pada remote sudah sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, pastikan filter atau sirip indoor AC tidak kotor karena kotoran dapat menghambat hembusan udara AC. Penyebab lainnya adalah freon AC habis atau terjadi kerusakan baik pada sistem kelistrikan AC maupun pada sistem pemipaannya seperti kebocoran kompressor, pipa, evaporator dan kondensor.
2. Suara berisik. Indoor AC yang berisik dapat terjadi karena penempatan dudukan indoor yang kurang baik, ada bagian body AC yang bergetar atau terjadi kerusakan pada bagian indoor. Berhati-hatilah saat ingin membetulkan dudukan indoor. Bila Anda tidak yakin dengan kemampuan sendiri dalam mengatasi masalah ini, segera hubungi ahli perbaikan AC.
3. Kebocoran indoor. Indoor unit kadang mengeluarkan tetesan air atau ’berkeringat’. Tapi bila sampai terjadi kebocoran, berarti ada yang kurang beres dengan AC Anda. Hal ini bisa disebabkan karena AC kotor sehingga mengganggu saluran pembuangan air. Penyebab lainnya adalah karena posisi indoor yang tidak rata atau posisi saluran pembuangan air kurang baik. Bila semuanya sudah diperiksa tapi kebocoran tetap ada, berarti terjadi kerusakan pada saluran penampungan air.
Rutin Dibersihkan
Tidak sedikit dari gangguan-gangguan AC di atas yang disebabkan oleh kotoran. Ingat, AC bekerja dengan cara menyedot dan menyaring udara luar untuk menghasilkan udara sejuk AC ke seluruh ruangan. Konsekuensinya adalah terjadi timbunan kotoran pada komponen AC yang berasal dari udara luar. Bila tidak sering dibersihkan, timbunan kotoran tadi akan menghambat sirkulasi udara dan membebani kerja kompresor dan komponen AC lainnya.
Ada dua proses pembersihan AC. Pertama, pembersihan kecil terhadap indoor unit yang bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. Komponen indoor yang mudah kotor dan harus dibersihkan adalah filter dan penutup AC. Kedua, pembersihan besar yang mencakup komponen evaporator pada indoor unit dan pembersihan pada outdoor unit (bagian luar). Pembersihan besar ini cukup dilakukan tiga bulan sekali.
Pada Umumnya AC sudah dipersenjatai dengan Berbagai macam Technology untuk menyaring partikel debu mikrospik, sekaligus membasmi jamur, bakteri dan menghilangkan bau tak sedap, Dan juga dilengkapi Dengan Mode Good’sleep yang membantu menciptakan atmosfer sejuk, sehat dan teratur sesuai kebutuhan tubuh saat tidur.
Dengan melakukan perawatan rutin terhadap AC, Anda tidak hanya mempertahankan udara sejuk di dalam ruangan tapi juga memperpanjang umur AC.

http://www.iyangmulia.com/?p=26
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger