Home » » amerika serikat 1-2 Ghana

amerika serikat 1-2 Ghana

Written By Haris Ahmad on Monday, June 28, 2010 | 2:59 PM




Striker Ghana Asamoah Gyan mengatakan, kemenangan mereka atas Amerika Serikat di perdelapan final Piala Dunia 2010, bukanlah kemenangan Ghana semata. Hasil menggembirakan itu dipersembahkan untuk Afrika.

Dalam pertarungan babak 16 besar di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, Sabtu (26/6/10) malam atau Minggu (27/6/10) dinihari WIB, Gyan menjadi penentu kesuksesan Ghana. Dia mencetak gol pada babak perpanjangan waktu, yang membuat "The Black Stars" menang 2-1 dan berhak melangkah ke babak delapan besar.

"Kami adalah tim ketiga dari Afrika yang berhasil menembus babak perempat final," ujar Gyan kepada Associated Press, usai pertandingan. "Kami membuat semua orang senang, tidak hanya Ghana, tetapi seluruh Afrika."

Ya, seluruh Afrika pantas bangga dengan prestasi Ghana, karena hanya negara inilah yang masih bertahan di Piala Dunia 2010. Padahal, sebagai tuan rumah, Afrika berharap memiliki beberapa wakil yang bisa melewati babak penyisihan grup. Sayang, Nigeria, Aljazair, Kamerun, dan tuan rumah Afrika Selatan tersingkir.

Kini, Ghana akan menghadapi Uruguay di perempat final. Mereka akan memperebutkan tiket menuju semifinal.



AMERIKA SERIKAT

Tim Howard  6  -- Tak banyak bekerja keras, tapi ditaklukkan dua tendangan kaki kiri pemain Ghana. Salah menghitung pergerakan Kevin Prince Boateng sehingga tercipta gol pertama lawan pada menit kelima.

Carlos Bocanegra  6,5  -- Secara keseluruhan tampil baik, tapi tak mampu mencegah kecepatan Asamoah Gyan saat mencetak gol kemenangan Ghana.

Jay DeMerit  7  -- Tampil hebat dan sulit ditaklukkan, terutama karena Ghana lebih sering beraksi dengan Gyan sendirian di depan.

John Bornstein  6,5  -- Lebih berani naik membantu serangan sesudah turun minum, tapi jarang memberikan umpan yang efektif.

Steve Cherundolo  6  -- Penampilan konsisten Cherundolo sepanjang turnamen menguap pada pertandingan ini. Salah satu kecerobohan yang dibuatnya adalah ketika salah mengumpan dan berujung pelanggaran profesional terhadap Andre Ayew pada babak pertama.

Michael Bradley  7  -- Seperti biasa, Bradley membantu melapis pertahanan sekaligus menyokong serangan tim. Jarang melakukan penetrasi ke lini pertahanan lawan pada pertandingan ini.

Ricardo Clark  5,5  -- Pergerakannya tidak efektif dan sering bentrok posisi dengan Bradley. Pilihan yang tepat menggantikannya dengan Maurice Edu pada menit ke-30.

Clint Dempsey  7,5  -- Pemain Amerika Serikat yang paling sering dilanggar lawan. Salah satunya membuahkan hadiah tendangan penalti pada pertengahan babak kedua. Pergerakan Dempsey memang seringkali membahayakan pertahanan Ghana.

Landon Donovan  8  -- Inspirasi permainan Amerika Serikat. Sayang sekali tidak cukup memberikan inspirasi yang dapat memenangkan timnya.

Robbie Findley  5,5  -- Terlihat gentar menembus pertahanan Ghana yang mengandalkan kekuatan fisik. Kemampuan olah bola Findley hanya terlihat sesekali. Keluar digantikan Benny Feilhaber usai turun minum.

Jozy Altidore  7  -- Keunggulan fisik Altidore menunjukkan manfaatnya dalam pertandingan ini. Altidore juga mampu menjadi pemain yang memantulkan umpan-umpan dari lini kedua. Tapi, kemampuan itu tak ditunjang penyelesaian yang baik.

Pemain pengganti:
Maurice Edu  7  -- Mampu menyeimbangkan lini tengah Amerika Serikat sehingga Bradley lebih berani bergerak mobil.

Benny Feilhaber  5,5  -- Sebenarnya diharapkan bisa menghubungkan antarlini tim Amerika Serikat, tapi seperti Findley yang digantikannya, setelah digertak lewat gasakan Jonathan Mensah, Feilhaber jeri menembus tembok pertahanan Ghana.

Herculez Gomez  5
  -- Jarang mendapat kesempatan karena tidak dapat menguasai bola sebaik Altidore.


GHANA

Richard Kingson  8,5
  -- Beberapa kali melakukan penyelamatan penting yang menjaga Ghana tetap hidup selama 90 menit. Tampil luar biasa tenang di bawah gawang dan mematahkan semangat juang para pemain Amerika Serikat.

John Paintsil  6,5  -- Tampil baik pada babak pertama, tapi lebih banyak bertahan setelah jeda.

Hans Sarpei  6  -- Hanya mampu menjaga penampilan baik pada babak pertama. Usai turun minum, Sarpei kehilangan bentuk permainan hingga akhirnya keluar diganti pada menit ke-73.

Jonathan Mensah  6,5  -- Boleh dibilang melakukan beberapa penyelamatan berani. Tapi, saking beraninya menyebabkan satu kartu kuning dan satu hadiah penalti untuk lawan.

John Mensah  7  -- Tampil tenang dan memberikan komando lini pertahanan dengan baik sehingga tim tidak panik ditekan lawan terus menerus.

Samuel Inkoom  6,5  -- Tak mampu melapis sayap kanan tim sehingga Paintsil kerepotan meladeni serangan Amerika Serikat di sektornya.

Kevin Prince Boateng  7,5  -- Pemain paling dominan di lini tengah Ghana. Kerja kerasnya membuahkan gol pertama dan menjaga keseimbangan tim. Keluar digantikan Stephane Appiah karena menderita cedera di bagian paha.

Anthony Annan  7  -- Tertutupi dominasi permainan Boateng. Permainan Annan kembali berkembang setelah Boateng keluar.

Kwadwo Asamoah  6  -- Pemain ini memainkan peran sebagai penyokong Asamoah Gyan, tapi tak banyak mendistribusikan umpan-umpan efektif.

Andre Ayew  7,5  -- Pergerakannya paling merepotkan Amerika Serikat. Sayang sekali, Ghana jarang memanfaatkan kemampuan Ayew dalam pertandingan ini.

Asamoah Gyan  7,5
  -- Butuh pasangan sepadan di lini depan karena seringkali kalah dalam perebutan bola dengan bek Amerika Serikat. Namun, pada saat penting mampu mencuri kesempatan untuk menciptakan gol kemenangan Ghana.

Pemain pengganti:
Lee Addy  6,5  -- Lebih fokus bertahan sejak dimainkan pada menit ke-73.

Stephane Appiah  6,5  -- Mampu memberikan dukungan kepada Gyan meski baru dimasukkan pada menit ke-78. Kontribusi Appiah dalam menyerang lebih baik dibandingkan Kwadwo yang lebih lama bermain.

Sulley Ali Muntari  n/a 
 -- Hanya tujuh menit tampil sebelum babak kedua perpanjangan waktu berakhir.
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger