Home » » CSL Blueberry i9000

CSL Blueberry i9000

Written By Haris Ahmad on Tuesday, June 8, 2010 | 4:08 PM

Secara disain, CSL Blueberry i9000 tak ubahnya ponsel QWERTY Dual On yang banyak beredar di pasaran. Namun, dengan dimensi yang hanya 9,88 x 5,38 x 1,33cm ponsel ini menjadi yang paling mungil di kelasnya. Struktur keypad QWERTY-nya dibuat rapat dengan permukaan yang sedikit menonjol.
Bahan plastik glossi yang membungkus keypad terasa enak ditekan dan tidak terasa keras. Untuk ukuran sih memang terbilang kecil. Namun, tetap mudah diakses.

Tak seperti kebanyakan ponsel Dual On, CSL Blueberry i9000 tak menyediakan tombol cepat pilihan kartu SIM. Tapi, ketika ingin dial telepon pengguna akan diberikan opsi untuk menggunakan kartu SIM 1 atau SIM 2, setelah menekan tombol call.

Di jalur yang sama, tersedia shortcut menu dan navigasi empat arah dengan bentuk yang cukup unik. Secara umum, tak ada masalah di sisi keypad dan disain luar Blueberry i9000 ini. Semua panel bisa berfungsi dengan baik dan lancar.

Bahkan, dijajaran keypad paling bawah pengguna juga dimudahkan untuk mengakses beberapa fitur favorit lewat tombol shortcut, semisal messaging dan MP3.

Soal interface, CSL Blueberry i9000 dilengkapi LCD TFT Color berukuran 2.0 inci QVGA. Cukup jernih dan terang untuk menampilkan struktur menu grid khas ponsel QWERTY merk lokal yang banyak mengadopsi konsep BlackBerry.

Multimedia

Meski mungil dan masuk kategori entry level, nyatanya CSL Blueberry i9000 didukung oleh fasilitas hiburan yang cukup komplit. Tengok saja kamera. Untuk yang hobi jeprat-jepret, ponsel ini menyediakan resolusi 1.3 MP  (1280×1024 piksel) yang dilengkapi cermin khusus untuk melakukan “self-portrait”. Untuk hasil foto, sudah lumayan baik dan keren, meskipun kadang masih banyak dihiasi noise dan ketidakfokusan gambar saat dicapture. Wajar, kamera ponsel ini tak dilengkapi autofocus.

Selain untuk foto, kamera Blueberry i9000 bisa pula dimanfaatkan untuk merekam video. Format file videonya adalah avi. Sedangkan untuk kemampuan memutar video, player bawaannya bisa menayangkan klip berformat avi, 3gp dan mpeg4.

Berikutnya adalah audio player. Interface fitur ini lumayan keren. Tampilannya ala ponsel musik sejati yang mampu menampilkan pengaturan playlist dan pengelompokan file berdasarkan artis, album dan genre. Modus background playing pun disuntikan. Alhasil, sambil mendengarkan musik pengguna bisa mengakses fitur lain tanpa harus menutup audio player. Namun, fitur ini tak berlaku jika Anda membuka aplikasi Java maupun beberapa fitur multimedia lain.

Soal kualitas audio, tak perlu diragukan lagi. Musik yang keluar terdengar kencang lewat corong speaker di bodi belakang. Jika ingin lebih personal, Anda bisa menggunakan handsfree atau sekalian saja headset Bluetooth stereo yang mendukung profile A2DP.

Sebagai alternatif, ponsel ini juga menyediakan radio FM. Namun, untuk mengaktifkannya Anda harus mencolokan handsfree. Pasalnya, CSL i9000 tak dilengkapi antenna internal seperti kebanyakan ponsel sejenis. Ada 9 slot kosong yang bisa disisipi channel gelombang radio favorit. Sementara, untuk pemilihan frekuensi disesiakan dua opsi yakni manual dan auto search.

Facebook, Chatting dan Browsing

Seperti ponsel QWERTY Dual On kebanyakan, CSL i9000 juga dibekali sederet fasilitas online. Diantaranya Facebook dan Twitter. Untuk chatting, disediakan eBuddy, eMSN dan BeoFrenz.  Untuk yang terakhir disebutkan, selain menyediakan layanan chat standar juga sekaligus situs social networking yang menawarkan kemampuan “Share Picture” dan animasi lucu.

Nah, untuk mendukung kemampuan ini CSL Blueberry i9000 mengandalkan jalur data GPRS class 12. Selain itu, network ini bisa pula dimanfaatkan untuk menjelajah dunia maya. Browser yang digunakan adalah WAP standar, namun tersedia pula Opera Mini sebagai browser internet alternatif.

Hadirnya platform Java di CSL i9000 memungkinkan ponsel ini disuntikan aplikasi tambahan berbasis Java. Menariknya, Java di ponsel ini sudah mendukung kemampuan minimize aplikasi, yang oleh beberapa brand lokal disebut sebagai Java Multitasking. Otomatis, Anda bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa harus log out. Misalnya, saat menjalankan aplikasi chatting eBuddy,  Anda pun bisa membuka browser m.facebook.com tanpa harus signout eBuddy.
Hardware

Seperti disinggung sebelumnya, CSL Blueberry i9000 didukung dua slot kartu SIM. Sayang, untuk SIM 1 sudah dilock operator Indosat. Sedangkan SIM 2 free dan bisa disisipi kartu SIM operator apa saja. Layaknya ponsel sejenis, teknologi dua slot kartu SIM ini mendukung kemampuan Dual On. Artinya, dua kartu SIM yang disisipkan bisa aktif bersamaan. Namun hanya single standby. Artinya, ketika SIM 1 menerima/melakukan panggilan, SIM 2-nya tak bisa dihubungi.

kemampuan multimedia, CSL Blueberry i9000 dilengkapi memori internal sebesar 494 kb. Namun, untuk tambahannya disediakan pula slot kartu microSD yang support hingga kapasitas 2GB. Fitur Islami Ponsel ini juga dapat dimasukan ke dalam kategori ponsel Religi karena memiliki kelebihan adanya jadwal adzan/ adzan alarm di beberapa kota besar di seluruh dunia. Selain itu ponsel ini juga terdapat suara adzan serta dapat membantu anda dalam menentukan arah kiblat.

Infrared Sensor

Fitur unik yang dimiliki CSL Blueberry i9000 ini bisa dimanfaatkan untuk mengatur Call Mute, Magic Screen (merubah tampilan wallpaper), Magic Screen tone, Merubah track lagu (Magic music) dan Power saving mode hanya dengan menggoyangkan bodi ponsel yang berarti merubah sensor infrared yang ada di sudut atas bodi depan. Sejatinya, fitur ini sama persis dengan G sensor  alias Magic sensor yang juga banyak diterapkan di ponsel sejenis.

Baterai

Soal penyedia power, CSL Blueberry i9000 mengandalkan baterai lithium ion berkapasitas 1000 mAh. Kapasitas ini sebenarnya cukup besar untuk ukuran sebuah ponsel, namun karena didukung dengan teknologi Dual On serta tersedianya fasilitas multimedia yang lengkap, baterai ini Cuma bisa bertahan kurang dari 3 hari untuk penggunaan normal.

Kesimpulan

Dengan kisaran harga kurang dari sejutaan, CSL Blueberry i9000 cukup layak dimiliki. Selain disainnya yang mungil, ponsel ini juga disokong sederet fasilitas yang cukup komplit. Ada kamera, pemutar music dan video, radio FM, Dual On GSM-GSM, Bluetooth dan juga slot kartu microSD.

Spesifikasi:

Jaringan: Dualband GSM (900/1800 MHz) & Dual On GSM-GSM; Dimensi: 9,89×5,3×1,3 cm; Berat: 96 gram; Layar: 2.0 inci, TFT 262.144 warna, QVGA (320×240 piksel); Transfer data: GPRS; Kamera: VGA, Video recording; Memori eksternal: microSD; Messaging: SMS, MMS, Email; Konektivitas: Bluetooth (A2DP support), kabel data; Browser: WAP 2.0, Opera Mini; Fitur lain: Polifonik (MP3), MP3/MP4 Player, FM Radio, Java, facebook, eBuddy, eMSN, BeoFrenz, Twitter, Audio recording, CSL Fun Club, Islamic Features (Azan, Kiblat, Waktu Sholat, Al-Quran), Speakerphone, Game; Baterai: Lithium ion 1000 mAh; Standby: 250 jam; Talktime: 5 jam (theponsel)
 
Share this article :

0 Komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger