Home » » Samsung Omnia Pro B7320

Samsung Omnia Pro B7320

Written By haris on Tuesday, June 8, 2010 | 4:09 PM

Perang di segmen ponsel QWERTY memasuki babak baru. Trend yang dicetuskan Blackberry ini mulai menular ke beragam vendor. Samsung, Nokia dan LG adalah salah satu contoh vendor ponsel papan atas yang kini terus memperbanyak model QWERTY di pasar.
 
Giliran Samsung Omnia Pro B7320 tampil meneruskan sepak terjang pendahulunya GT-C6625. Omnia Pro B7320 muncul dengan kemasan lebih menarik ketimbang GT-C6625 (catatan: seri ini pun sudah di-update dengan tambahan Wifi – C6625W). Di kelasnya, Omnia Pro B7320 setara dengan Nokia E63 dan Blackberry Gemini. Bagaimana kehandalannya saat diuji Review1st?

FIRST LOOK

Samsung Omnia Pro B7320 hampir menyerupai GT-C6625. Bodinya lebar tapi ramping dengan keypad QWERTY ala Blackberry. Bedanya, kalau GT-C6625 lebih menyasar multimedia, ponsel ini membidik kalangan pebisnis dengan pewarnaan lebih elegan dan glossy. Di jajaran keypad QWERTY-nya terpasang tombol pintas untuk fitur seperti kamera, media player, messages dan browser internet.

Bahan baku yang membungkus Omnia Pro B7320 cukup bermutu, bahkan terbilang lebih baik jika dibandingkan Nokia E63 atau Blackberry Gemini. Tapi harus berhati-hati menggunakannya jika ingin awet, karena ponsel ini bukanlah produk dengan komponen anti gores.

FIRST IMPRESSION

HSDPA
Saat Review1st mengopreknya pertama kali, terungkap bahwa Omnia Pro B7320 sanggup menyediakan saluran data kecepatan tinggi. Lebih dahsyat dibandingkan dengan Nokia E63 dan Blackberry Gemini untuk mengakses internet. Jika support jaringan HSDPA dari operator tersedia, jelajah internet dijamin lebih cepat dari Blackberry Gemini atau Nokia E63.

Sistem Operasi
Samsung Omnia Pro B7320 ditunjang dengan Windows Mobile 6.1 Standard, namun jika pengguna berminat maka sistem operasi ini bisa diupgrade ke versi 6.5. Tapi Anda bakal kecewa jika membandingkan kemampuan operasinya dengan Nokia E63 atau Blackberry Gemini. Apa yang ditawarkan Windows Mobile 6.1 agak ketinggalan jaman.

Untung ponsel ini sudah memiliki prosessor 32 bit Qualcomm MSM 7201A ARM1136EJ-S dengan clock speed 528 MHz. Akselerasi dan kinerjanya nya cukup baik dan mampu bersaing dengan Nokia E63 atau pun Blackberry Gemini. Termasuk kemampuan multi tasking (membuka banyak aplikasi sekaligus).
 
Memori
Memori internal ponsel ini sekitar 100 MB dengan 256 RAM dan 256 ROM. Lumayan untuk menyimpan data dan file seperti foto atau lagu dalam ponsel. Jika masih kurang, ada slot memori eksternal berstandar MicroSD. Tinggal tancap kartu memori, maka kapasitas

Kamera
Jika Anda adalah kalangan yang sangat memperhatikan kemampuan kamera, cek baik-baik bagian ini. Samsung Omnia Pro B7320 sudah dilengkapi kamera 3,2 megapiksel di bodi belakang dan kamera video call di bagian depan (tidak bisa dipakai memotret, khusus untuk video call saja).

Fiturnya kurang sempurna, tanpa kemampuan autofokus dan lampu flash. Tapi hasil kameranya sudah cukup baik jika dipakai memotret di luar ruangan cukup sinar. Untuk kondisi gelap masih belum memuaskan. Kameranya bisa pula merekam video resolusi 320×240 piksel pada 12 fps (format 3gp).

Pengoperasian
Review1st mencoba mengakses menu ponsel ini, layar 2,4 inci LCD TFT 65 ribu warna dengan resolusi 320×240 piksel 2,4 inci. Sudah cukup nyaman di mata, tapi sayang karena vendor seharusnya menyematkan kemampuan warna lebih baik semisal 256 ribu atau 16 juta warna.

Keypad QWERTY pada ponsel ini kurang memuaskan, masih kalah dibandingkan Nokia E63 atau Blackberry Gemini. Tombolnya terasa keras saat dipakai mengetik pesan. Dan, sebagai tambahan, pengguna bisa mengganti menu awal dalam konsep grid dan list.

Aplikasi hiburan pada Samsung Omnia Pro B7320 sudah cukup lengkap. Ada Windows Media Player 10 Mobile yang untuk memutar klip video atau musik dan radio FM. Sound yang memancar cukup baik  berkat dukungan loudspeaker bermutu di bagian belakang ponsel.

GPS dan Wifi adalah kemampuan tambahan yang menyempurnakan ponsel ini. Wifi bisa digunakan mengakses internet gratis di area hotspot. Internet bisa dijelajahi dengan browser Internet Explorer. Sayang, kemampuannya masih kalah jauh dibandingkan browser pihak ketiga seperti Opera Mobile atau Skyfire untuk Windows Mobile.

Sementara via GPS, layanan peta digital bisa lebih maksimal. Tapi awas, vendor belum menyediakan aplikasi peta digital dalam Samsung Omnia Pro B7320. Fitur lain yakni MSN dan Windows Live untuk chatting dan shortcut mengakses Facebook sudah tersedia.

Terakhir, bagi para pebisnis, Review1st menemukan aplikasi Adobe Reader dan Pocket Office yang dilengkapi beberapa fitur seperti Word, Excel dan PowerPoint yang bisa terintegrasi dengan program PC. File dokumen dalam format tersebut bisa dibuka dan diedit dalam ponsel. Tapi, Anda tidak bisa membuat file baru dari aplikasi ini.  (Review1st)
 

Share this article :

5 Komentar:

  1. Nokia E63 masih menggunakan os symbian yang sekarang sangat ketinggalan jaman, e 63 juga sangat lambat dalam penerimaan gps (hasil review tabloid ponsel) dalam sistem operasi kedewpan yang lebih unggul adalah android, apple, dan windows. pada tahun ini windows akan merilis windows 7 untuk smartphone sehingga dari sisi operating sistem jelas kalah untuk nokia, untuk windows 6.x juga bisa diinstall aplikasi yang sangat penting untuk para traveller yaitu GARMIN MOBILE XT!!! Blackberry Gemini hanya mengandalkan fitur blackberry connect selain itu semua fiturnya standard.. jadi untuk apa buang2 uang hanya untuk membeli e63 atau blackberry gemini yang mahal. sedangkan kita bisa dapatkan semua itu hanya di samsung ber sistem operasi windows oleh raksasa software microsoft

    ReplyDelete
  2. iya bro. tapi pada dasarnya semua itu tergantung pada kebutuhan masing2. ketika kita lebih memilih untuk internet, android jawabannya. multimedia dipegang iphone, pebisnis dikuasai BB, kalau suka otak atik HP maka pilihlah symbian, karena symbian aplikasinya lebih banyak walaupun terkesan jadul. untuk HP yang berplatform windows tidak usah dipertanyakan lagi. kita sudah tahu bahwa mayoritas pengguna komputer menggunakan windows sebagai sistem operasinya

    ReplyDelete
  3. FYI, Samsung B7320 sudah terinstall Win Mod 6.5. Nokia E63 memang terasa lambat tapi mungkin setelah terinstall firmware terbaru akan teratasi masalah tersebut. Gemini sih OK lah tapi masing-2 punya kelebihan (antara B7320 vs BB Gemini) dan kekurangganya.

    ReplyDelete
  4. samsung saya media playernya gak mau main, gimana ya cara ngebaikinnya? ada yang punya tips gak? mohon pencerahannya gan.

    ReplyDelete
  5. pokoknya samsung b7320 omnia pro ni yng terbaik...
    @Djarot : hard reset ja...(tapi backup dulu datanya)
    teken tombol f(5) sammbil teken tombol power (dari keadaan mati)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar disini walaupun hanya "Hay". Kami akan menghargai komentar anda. Anda berkomentar saya akan berkunjung balik

 
Support : Aris Decoration | Galaxy Young
Copyright © 2014. All in here - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger